Wisata Pantai Tanjung Bira Bulukumba Makassar

Wisata Pantai Tanjung Bira Bulukumba Makassar, merupakan salah satu pantai di Pulau Sulawesi bagian selatan yang namanya mulai populer dikalangan pecinta traveling domestik maupun manacanegara. Sebagai salah satu bukti, bahwa Indonesia memiliki kekayaan bahari yang menakjubkan tersebar dari Sabang hingga Marauke. Tak heran rasanya, jika kita berbesar hati menjadi warga negara Indonesia.

Jika dalam beberapa kesempatan lalu saya membuat artikel perihal wisata Wakatobi dan Taman Laut Bunaken. Maka kali ini saya mencoba mengulas tentang potensi lain di Pulau Sulawesi, yang tak kalah indah. Kota Makassar, selain terkenal dengan wisata Pantai Losari dan Masjid terapung Amirul Mukminin serta kuliner Es Pisang Ijo yang sudah populer ternyata juga menyimpan potensi wisata menarik lainnya. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Bira, pantai yang memiliki pasir putih bersih dan air biru laut yang jernih serta tebing-tebing karang menjulang sangat menarik untuk di explore lebih dalam. You can also read in English version (klik).

Pada siang hari ini, saya mencoba mengulas perihal wisata Pantai Tanjung Bira Bulukumba Makassar. Semoga dapat bermanfaat serta menambah wawasan tentang aneka surga yang terdapat di tanah bumi pertiwi.

Wisata Pantai Tanjung Bira Bulukumba Makassar

tanjung bira-min
ikon dari tanjung bira
Pantai Tanjung Bira terletak di kecamatan Bonto Bahari, Bulukumba Makasar atau total sekitar 5-7 jam perjalanan dari pusat kota Makasar.  Untuk mencapai pantai ini, dari Bandara Hasanudin anda dapat gunakan taksi ataupun pete-pete (angkutan umum di Makasar) untuk menuju Terminal Malengkeri sebagai start awal perjalanan.

Setibanya di Terminal Malengkeri, anda dapat menggunakan bus dengan biaya sekitar Rp. 70.000 atau anda dapat menggunakan Kijang (mobil pribadi yang disulap menjadi angkutan umum) dengan biaya perjalanan sekitar Rp. 80.000. Di karenakan mobil ini adalah angkutan umum, maka jangan heran jika anda harus menunggu hingga penuh dan bahkan terkadang isi penumpang melebihi kapasitas muatan. Memang sedikit kurang nyaman, namun untuk pilihan lainnya anda dapat menyewa rental mobil pribadi untuk dapat langsung mengantarkan hingga tujuan. Tentunya bisa dibilang ini adalah pilihan terbaik untuk lebih efisiensi waktu yang ada. Untuk harga sewa mobil, anda dapat bicara dan negosiasi langsung dengan pemilik karena biayanya bisa berbeda-beda.

Dari Terminal tersebut, anda langsung bertolak menuju Kota Bulukumba jarak sekitar 350 Km dengan lama perjalanan sekitar 4-5 Jam. Tiba di Bulukumba, anda juga dapat melihat proses pembuatan perahu phinisi. Ya, memang daerah Bulukumba memang terkenal dengan sentra pembuatan perahu tersebut. Bahkan pemintaan akan perahu tersebut banyak berasal dari Eropa, tak heran jika perahu buatannya sudah tersohor hingga mancanegara. 

Sebenarnya dalam perjalanan menuju Pantai Tanjung Bira, anda akan melewati beberapa sentra lain tempat pembuatan perahu phinisi lainnya. Anda dapat mampir ke Pantai Kaluku, bahkan anda dapat melihat proses pembuatan dengan skala perahu yang lebih besar di Pantai Panrang Luhu.

Making a boat phinisi at Tanjung Bira Beach
proses pembuatan perahu phinisi
the process of making a boat phinisi
produk perahu phinisi Bulukumba

Setelah puas melihat proses pembuatan perahu phinisi, anda dapat langsung menuju Pantai Tanjung Bira. Namun bila anda menggunakan Kijang, anda harus berganti kendaraan dan disambung dengan pete-pete untuk mencapai lokasi pantai dengan jarak sekitar 40 Km dengan lama perjalanan sekitar 1-2 jam. 

Lamanya waktu perjalanan seakan terbayar lunas, sesampainya di pantai. Mengingat pepatah lama "Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian", rasanya sangat tepat untuk menggambarkan perjuangan menuju pantai ini. Pasir putih sehalus bubuk dan biru jernih air laut seakan menyambut hangat kedatangan anda. Seakan mengajak anda untuk dapat tenggelam dengan suasana damai dan eksotisnya Pantai Tanjung Bira. Namun sedikit tips, bagi anda yang ingin berlibur usahakan jangan datang pada high season, karena biasanya pantai ini akan ramai pengunjung.

pantai
sisi kanan pantai
pantai 2
sisi kiri pantai

Sesampainya dipantai, anda dapat mencari hotel, resort ataupun guesthouse yang banyak tersedia. Anda dapat memilih Amatoa Resort yaitu merupakan resort terbaik dan fasilitas terlengkap dengan harga sekitar Rp. 1.200.000/malam. Anda juga dapat menginap di Anda Beach Hotel dengan biaya sekitar Rp. 925.000/malam ataupun anda dapat mencari guesthouse, dimana Sunshine Guesthouse yang paling populer dibandingkan yang lainnya dengan harga sekitar Rp. 150.000/malam. Hal yang menjadi daya tarik tersendiri adalah banyaknya penginapan yang memberikan fasilitas tangga, untuk turun langsung menuju laut. Sehingga anda dapat loncat (bila air sedang pasang) ataupun berenang di sea pool.

amatoa resort-min
amatoa resort
amatoa resort2-min
amatoa resort
cottage in Tanjung Bira Beach
guesthouses

Bermain pasir dipantai ataupun bersantai sambil menunggu sunset rasanya hal yang sangat umum dilakukan di Pantai Tanjung Bira. Bagi anda yang gemar dengan fotography, anda dapat mengabadikan setiap moment dengan hasil terbaik. Karena seluruh kawasan pantai ini mempunyai keunikan dan sangat fotogenik, sehingga foto yang dihasilkan pun sangat indah. 

Tanjung Bira Beach
foto ini diambil pada sisi kiri pantai
sunset-min
sunset moment

Bagi anda yang gemar dengan snorkeling ataupun diving, disinilah anda dapat melepaskan segala dahaga akan petualangan bawah laut. Karena diperairan Tanjung Bira, kegiatan ini adalah kegiatan wajib. Dengan mempunyai kekayaan bawah laut khas Pulau Sulawesi, kaya akan biota dan terumbu karangnya serta ombak yang tak terlalu besar namun terkadang arusnya lumayan agak kuat sehingga harus sedikit berhati-hati agar tak terbawa arus hingga terbentur dengan karang.

Dari bibir pantai, anda dapat melihat pulau-pulau disekitar yaitu Pulau Kambing dan Pulau Liukang Loe serta melihat lalu lalang kapal Fery dari dermaga menuju Pulau Selayar. Bila anda mempunyai waktu liburan yang agak panjang, tak ada salahnya untuk explore juga Pulau Selayar. Dimana anda dapat menyebrang dari dermaga dan dilanjukan menyebrang kapal fery dengan biaya sekitar Rp. 20.000. 

Kemudian untuk mengunjungi Pulau Kambing ataupun Pulau Liukang Loe, anda dapat negosiasi dengan pemilik kapal dengan biaya sekitar Rp. 250.000. Namun bila anda ingin paket lengkap mengunjungi Pulau Kambing, Pulau Liukang Loe dan Pantai Bara dengan biaya sekitar Rp. 450.000-Rp. 500.000 (include alat snorkeling).  Dimana nantinya anda diantar ke beberapa spot snorkeling yang terdapat di kawasan ini.

pulau kambing
pulau kambing
diving pulau kambing-min
spot snorkeling di pulau kambing
pulau liukang
pulau liukang loe

pantai bara
pantai bara

Untuk soal makanan, anda tidak perlu khawatir dimana anda bisa mencicipi aneka masakan khas hingga seafood yang ditawarkan oleh Warung Bambu dan D'perahu Resto. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan rasa makanannya pun sangat lezat, seakan membuat lengkap liburan anda di Pantai Tanjung Bira. Sedikit tips, bila anda ingin makan malam di Warung Bambu anda harus datang lebih awal jika tak ingin waitinglist dikarenakan kapasitas tempat dan juga selalu ramainya tempat ini.

d'perahu restoran-min
D'Perahu Resto
pantai tanjung bira
warung bambu

Sebuah catatan penting, bila anda traveling kemanapun diharapkan selalu menjaga kebersihan. Sejogjanya kita tetap menjaga dan melestarikan alam nusantara, terlebih lagi karena Indonesia telah dikarunai oleh Tuhan dengan keolakan alamnya. Sebuah nilai tambah yang dapat diambil dari perjalanan menuju Pantai Tanjung Bira, adalah sebagai tambahan wawasan tentang pembuatan perahu legendaris yang ada di dunia ternyata banyak diproduksi disini. Serta explore wisata di pantai ini, semakin membuat anda memahami salah satu potensi kekayaan wisata yang terdapat di Makassar.

Demikianlah ulasan saya kali ini, perihal wisata Pantai Tanjung Bira Bulukumba Makassar. Semoga dapat membantu dan berguna sebagai sumber referensi tambahan, bila anda ingin mengunjungi kota Makassar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel