Wisata Wakatobi atau Liburan Terbaik Di Pulau Wakatobi

Wisata Wakatobi atau Liburan Terbaik Di Pulau Wakatobi seperti yang telah diketahui bahwa Indonesia menyimpan banyak sekali surga-surga keindahan lautnya. Seperti halnya dengan Bunaken bahwa di Wakatobi pun mempunyai banyak spot-spot menyelam yang sangat indah. Wakatobi adalah sebuah pulau yang terletak di Sulawesi Tenggara. Nama Wakatobi ini diambil dari 4 nama pulau yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Tradisi masyarakat sekitar pun makin memperkaya kepulauan ini.

Untuk menuju Wakatobi, anda dapat menuju Bau-bau dan kemudian dilanjutkan dengan menyebrang lautan menuju Wakatobi. Pulau ini menjadi destinasi impian baik warga Indonesia maupun mancanegara. Saat anda berlibur ke Wakatobi kurang lengkap jika anda tidak menikmati pesona bawah lautnya yang legendaris, terdapat beraneka terumbu karang dan juga aneka satwa yang memiliki warna-warna cantik yang sayang jika anda lewatkan dimana anda dapat mencoba Scuba Diving, Freediving ataupun Snorkeling. 

Perairan Wakatobi memiliki satwa spesial dimana anda dapat melihat kawanan Paus Sperma (Physeter macrocephalus) yang biasanya datang pada Bulan November dan juga anda bisa melihat Ikan pari manta (Manta ray) karena hal itu lah membuat daya tarik tersendiri bagi pulau ini. Pada kesempatan kali ini saya mencoba mengangkat wisata Wakatobi atau liburan terbaik di Pulau Wakatobi seperti dibawah ini

Wisata Wakatobi atau Liburan Terbaik Di Pulau Wakatobi


Wakatobi
kehidupan biota bawah laut wakatobi

1. Taman Nasional Wakatobi
taman nasional ini memiliki sebanyak 25 spot penyelaman dengan memiliki 112 jenis terumbu karang dan juga 93 jenis ikan. Di tempat ini mampu memenuhi semua impian para wisatawan dengan menyelam melihat gua-gua bawah laut sepanjang karang.

Wakatobi
taman nasional wakatobi

2. Nirwana Beach
merupakan kawasan wisata bahari yang terletak di bibir pantai barat kota Bau-Bau yang memiliki keindahan dan juga keunikan. Di pantai ini anda dapat melakukan semua aktifitas watersport diving dan snorkeling untuk menikmati semua keindahan tempat ini. Selain memiliki potensi kelautan yang sangat indah, anda juga dapat mengunjungi sebuah Goa yang memiliki kolam pemandian alami air payau dengan panjang sekitar 50 meter. Oleh masyarakat sekitar goa tersebut diberi nama "Goa Moko".

Wakatobi
suasana pantai nirwana

3. Pantai Sousu
lokasi ini sangat dekat dan sering dikunjungi para turis, terletak tidak jauh dari Wanci (Ibukota Wakatobi yang terletak di Wangi-Wangi). Di pantai ini anda dapat melakukan kegiatan snorkeling dengan perairang yang tidak terlalu dalam namun memiliki aneka terumbu karang dan juga banyak terdapat ikan-ikan kecil.

Wakatobi
snorkeling di pantai sousu

4. Pulau Hoga
terletak dekat dengan Pulau Kaledupa, dimana Pulau Hoga selain memiliki pasir putih dan juga air yang jernih, di pulau ini terdapat 12 spot penyelaman yang memiliki kekayaan bahari yang sayang untuk dilewati. Selain anda bisa menikmati kekayaan bawah lautnya, di pulau ini terkenal dengan salah satu spot terbaik untuk melihat sunset dimana anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang indah serta cahaya orange yang sangat indah.

Wakatobi
cotages di pulau hoga

5. Pulau Runduma
tak jauh dari Tomia sekitar 4 jam perjalanan terdapat pulau surganya para penyu yaitu Pulau Runduma, dimana di pulau ini para penyu merasa tenang untuk bertelur karena ekosistemnya yang masih sangat dijaga. Sebenarnya Pulau Runduma merupakan pulau tidak perpenghuni, namun ada sekitar 140 kepala keluarga yang tinggal disini. Para warga ini sangat mencintai alam pulau mereka sehingga para penyu merasa nyaman tinggal berdampingan.

Wakatobi
penyu hijau di pulau runduma

6. Pulau Anano
dari lokasi Pulau Runduma anda dapat langsung menuju Pulau Anano yang tidak jauh letaknya. Dimana di pulau ini pun sama menjadi habitat alami tempat para penyu bertelur. Sehingga anda dapat melihat para tukik (anak penyu) yang berjuang keluar pasir dan berjalan berbaris menuju pantai untuk memulai hidupnya. Selain anda dapat melihat habitat langsung dari penyu di Pulau Anano ini pun anda dapat menyelam untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya dan juga anda dapat melihat moment terbenamnya matahari yang sangat indah di pulau ini.

Wakatobi
pulau anano juga menrupakan tepat favorite para penyu untuk bertelur


7. Pantai Cemara
dinamai "Cemara" karena memang terdpat banyak sekali tumbuh pohon cemara disekitar bibir pantai. Terletak di Pulau Wanci, pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, air laut yang biru, hijaunya pepohonan dan juga langit biru yang akan menemani siang anda di pantai ini. Lokasinya sekitar 15 Km dari pusat kota Wangi-Wangi, anda dapat menyewa angkot yang biasa mangkal di pasar dengan biaya sekitar Rp. 50.000 - Rp. 80.000 dengan waktu tempuh sekitar 20-30 menit.

Wakatobi
sunset di pantai cemara

8. Pulau Sawa
berjarak sekitar 30-40 menit dari Tomia, merupakan pulau tidak berpenghuni dan dikelilingi hamaran pasir putih dan memiliki banyak spot snorkeling. Sehingga sangat sayang jika anda lewatkan.

Wakatobi
suasana pulau sawa

9. Moli'i Sahatu
terletak di Desa Patuno, Wangi-Wangi, memiliki nama lain "Pantai Mata Air Seratus". Dimana di tempat ini sangat unik karena terdapat mata air tawar, selain itu anda dapat bermain dipasir putih yang halus dan juga berenang di air laut biru yang jernih.

Wakatobi
suasana pantai moli'i sahatu

10. Kolosoha Beach
disebut juga dengan "Pantai Soha", terletak di Pulau Tomia. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan juga air laut berwarna biru muda serta yang paling menarik adalah pohon-pohon kelapa yang tumbuh disepanjang pantai ini. Pantai Soha memang memiliki ciri khusus bagi para wisatawan yang datang yaitu pohon kelapanya, pohon kelapa di pantai ini memang sedikit berbeda dari tempat lain jika kita perhatikan dalam hasil foto-foto di pantai ini.

Wakatobi
suasana pantai kolosoha

11. Goa Lakasa
dari kota Bau-Bau, Goa Lakasa hanya berjarak sekitar 9 Km dan dapat diakses dengan mudah dengan kendaraan umum dengan jarak tempuh sekitar 30-40 menit. Nama goa ini diambil dari nama penemunya yaitu Pak Kasa dan untuk kata La yaitu nama imbuhan bagi laki-laki masyarakat Bau-Bau. Goa ini memiliki kedalaman sekitar 120 meter dan sumber mata air yang mengkristal serta stalaktit dan skalakmit yang sangat menakjubkan. Untuk menyusuri goa ini dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dan terdapat kolam-kolam mata air yang sangat jernih dan segar disekitar perjalanan.

Wakatobi
jernihnya goa laksa

12. Benteng Liya Togo
konstruksi benteng peninggalan Sultan Togo ini seperti susunan batu-batu tanpa menggunakan semen. Liya Togo adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Wangi-Wangi Selatan, disekitar benteng ini anda dapat melihat hamparan alam indah dan pepohonan yang mengelili tempat ini, serta dari kejauhan terlihat laut yang makin menambah eksotisnya benteng ini.

Wakatobi
pintu masuk benteng liya togo

13. Puncak Kahyangan
atau disebut juga dengan "Puncak Tomia" memiliki hamparan rumput hijau serta pemandangan yang alami menjadikan puncak ini sebagai objek wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan. Bukit Kayangan terletak di Kecamatan Tomia Timur, untuk menuju tempat ini sangat mudah karena dilewati oleh transportasi umum. Jarak tempuh dari Usuku (Ibukota kecamatan Tomia Timur) menuju bukit ini sekitar 25-30 menit. Daya tarik wisata ini, selain karena alamnya yang masih asri, juga bentuk daratan yang sangat unik. Kemudian para pengunjung dapat melihat pergantian warna langit saat proses tenggelamnya mataahari atau sunset. Bagi para pecinta Photography, tempat ini memberikan objek-objek landscape yang sangat menarik.

Wakatobi
puncak kahyangan

14. Desa Suku Bajo 
berkunjung ke Desa Suku Bajo Sampela yang terletak di Pulau Kaledupa, mungkin akan menjadi pengalaman unik dan berkesan anda. Dimana para warganya mendirikan perkampungan di atas laut atau di tengah laut. Dahulu para warga Suku Bajo sering berpindah-pindah atau nomaden namun sekarang mereka telah tinggal menetap. Sangat cocok untuk anda yang ingin mencoba cara kehidupan para warga Suku Bajo Sampela.

Wakatobi
anak suku bajo

Pulau Wakatobi memang menyimpan banyak potensi-potensi alam bahari yang sangat indah dan kita sebagai warga negara Indonesia wajib bangga serta ikut menjaga kelestariannya. Dari tempat-tempat diatas masih banyak lagi tempat wisata yang bisa anda kunjungi saat disini.

Demikian artikel tentang wisata Wakatobi atau liburan terbaik di Pulau Wakatobi semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda serta bisa dijadikan sumber referensi bila anda ingin berkunjung ke Pulau Wakatobi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel