Wisata Terbaik Di Taman Laut Bunaken

Wisata Terbaik Di Taman Laut Bunaken , jika sebelumnya saya mengangkat artikel tentang wisata Wakatobi atau liburan terbaik di Pulau Wakatobi maka kali saya coba mengangkat tentang Bunaken yang sama-sama terletak di Pulau Sulawesi. 

Bunaken juga memiliki kekayaan bawah laut yang legendaris, dimana terdapat 390 jenis terumbu karang serta 90 jenis ikan yang beraneka ragam. Pada tahun 2005, UNESCO menetapkan taman laut ini sebagai salah satu situs warisan dunia. Tidak mengherankan karena memiliki biota laut yang kaya, sehingga anda dapat beraneka terumbu karang dan juga ikan-ikan cantik.

Taman laut Bunaken menjadi surga bagi anda pecinta diving, snorkeling hingga fotografi air. Tempat ini memiliki banyak spot menyelam kurang lebih sekitar 39 spot yang mampu memuaskan rasa petualangan anda. Menuju Bunaken anda dapat terlebih dahulu ke Manado dan dilanjutkan dengan penyebrangan laut. Dimana ada dua alternatif melalui Marina Nusantara Diving Center (NDC), Molas serta melalui Marina Blue Banter. Berikut adalah beberapa spot destinasi wisata terbaik di Taman Laut Bunaken

Wisata Terbaik Di Taman Laut Bunaken 

Taman Nasional Bunaken
welcome to Bunaken

Spot diving di Bunaken atau Titik-titik Menyelam Terbaik

1. Bunaken Timur
dari namanya memang lokasi spot ini terletak di sebelah timur Pulau Bunaken. Anda dapat menyelam di titik ini untuk melihat beraneka ragam biota laut seperti penyu, pari elang, ikan hiu serta beberapa jenis ikan-ikan besar lainnya. Namun karena pada tempat ini arusnya cukup kuat maka anda harus sedikit berhati-hati.

bunaken east
snorkeling di bunaken timur

2. Madolin 
merupakan taman laut yang sangat indah dan menawan, dimana terdapat dinding karang dan juga puncak karang yang menjadi rumah dari ribuan jenis ikan seperti bannerfish, surgeonfish, unicornfish serta ikan penembak. Pada dinding karang ini terdapat banyak terumbu karang yang melambai-lambai terbawa arus sangat indah sekali.

Taman Nasional Bunaken
madolin spot diving

3. Tembok Lekuan
merupakan tembok besar yang terdiri dari 3 bagian yaitu Lekuan 1, 2 dan 3. Ketiga bagian tersebut merupakan spot terbaik yang ada di Bunaken, dimana memiliki dinding besar yang curam serta memiliki celah yang dalam. Anda juga dapat menjumpai spon raksasa dan kipas laut yang besar serta gerombolan Ikan Kaka Tua Besar juga penyu yang berenang dengan bebas disekitar tembok ini.

Taman Nasional Bunaken
tembok lekuan spot diving

4. Muka Kampung
atau sering disebut juga "Depan Kampung", dinamakan demikian karena memang spot ini terletak tepat didepan sebuah kampung atau desa. Dimana anda dapat menemukan aneka jenis ikan-ikan kecil yang berwarna-warni dan juga penyu. Bagi anda yang belum mempunyai lisensi diving anda dapat melakukan snorkeling di titik ini.

face village spot snorkeling
depan kampung spot diving termasuk perairan dangkal

5. Fukui Point
diberi nama sesuai dengan penemunya yaitu seorang keturunan Jepang. Di tempat ini mempunyai penyelaman yang berbeda dibandingkan dive spot lainnya yang ada di Bunaken. Bukan dengan dinding terjal, Fukui Point ini merupakan dasar landai (slope) dengan sedikit tebing (steep drops). Dengan memiliki kedalaman sekita 5-30 meter dibawah permukaan laut dan juga visibility sekitar 10-20 meter.

Taman Nasional Bunaken
fukui point spot diving

6. Reruntuhan Kapal
kapal ini milik pedagang Jerman pada tahun 1942, kapal ini memiliki pabjang sekitar 60 meter berada didalam laut dengan kedalaman sekitar 23 meter di bawah laut. Secara fisik kapal ini terbelah dibagian tengahnya yang memperlihatkan ruang kemudi serta pegangan kargonya. Kini reruntuhan kapal ini menjadi tempat tinggal para ikan dan merupakan spot favorite bagi driver profesional.

Taman Nasional Bunaken
reruntuhan kapal spot diving

7. Puncak Barracuda
merupakan titik terjauh penyelaman yang ada di Bunaken, bagi anda yang ingin melihat langsung Ikan Baracuda raksasa dan juga Ikan Tuna di habitat aslinya maka anda wajib menuju spot ini. 

Taman Nasional Bunaken
puncak baracuda spot diving

sebelum lanjut anda dapat membaca juga tempat wisata di Lombok atau liburan terbaik di pantai lombok

8. Siladen
tempat ini memiliki dinding-dinding karang yang tinggi dan halus sehingga membentuk panorama bawah laut yang sangat indah. Ditambah lagi koral dan juga aneka terumbu karang terlihat sangat hidup dan bergoyang-goyang ketika terbawa arus. Lokasi ini terdapat di laut dangkal ini membuktikan bahwa kekayaan lautnya yang sangat lengkap, anda dapat melihat ikan-ikan kecil dan juga schooling snappers yang berenang secara bergelombol dalam jumlah yang besar.

Taman Nasional Bunaken
siladen spot diving terletak di pulau siladen

9. Muka Gereja
merupakan tempat yang sangat indah yang sayang sekali untuk dilewatkan, anda dapat melihat ribuan ikan dan juga palung-palung yang terbentang menuju dinding-dinding laut.

Taman Nasional Bunaken
muka gereja spot diving

10. Tanjung Kopi
merupakan tembok kecil yang dihuni oleh Ikan Baracuda dan juga Ikan Sweetlip. Pada spot Tanjung Kopi memang jarak pandang kurang begitu baik hanya kurang dari 10 meter saja, namun yang membuat menarik adalah anda dapat melihat ribuan jenis ikan contohnya seperti Ikan Api Gobi dan Nudi Branch.

Taman Nasional Bunaken
tanjung kopi spot diving

Wisata Pulau

1. Pulau Nain
karena merupakan kepulauan maka hanya ada satu desa di tempat ini, namun untuk tempat tinggal para warganya tersebar diseluruh pulau. Pulau Nain terkenal dengan fenomena "Pasir Timbul" yaitu sebuah pulau berpasir putih yang hanya terlihat saat laut sedang surut saja.

Taman Nasional Bunaken
berfoto ria di pulau nain

2. Pulau Siladen
 memiliki keindahan laut dengan ikan-ikan yang berwarna-warni dan terumbu karang yang masih sangat terjaga serta sebuah goa. Pulau ini sangat tenang sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang ingin merasakan kedamaian yang jauh dari segala hiruk-pikuk. Di pulau ini anda akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan untuk bersantai ria dan juga berfoto-foto. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap seperti sebuah Katamaran (perahu kaca), dive center, cottage serta warung makan.

Taman Nasional Bunaken
suasana pantai di pulau siladen

3. Pulau Manado Tua
secara geografi, Manado Tua terletak di sebelah barat Pulau Bunaken. Pulau ini berbentuk sebuah gunung yang memiliki ketinggian sekitar 655 mdpl, gunung ini tidak berapi. Namun menurut beberapa penyelam pada kedalaman 150 kaki terdapat sebuah gunung berapi yang banyak mengeluarkan gelembung udara dan larvanya, serta dihiasi banyak ikan hiu berukuran besar seperti Hiu Putih, Hiu Kepala Martil, Hiu Kuning, Hiu Abu-Abu dan Hiu Pasir. Banyak kegiatan yang anda dapat lakukan di tempat ini seperti menyusuri keindahan taman laut dengan Katamaran (perahu kaca), diving, snorkeling, berfoto bawah laut, aneka watersport, jogging, bersepeda, lintas alam (trackking), berkemah, menikmati sunset hingga mempelajari sejarah Suku Bowontehu.

Taman Nasional Bunaken
pulau manado tua

4. Pulau Mantehage
pulau ini memiliki keunikan dimana hampir seluruh masyarakat pulau ini bekerja sebagai petani bukan menjadi nelayan pada umumnya. Hal ini terkait dengan peraturan daerah setempat yang membatasi penangkapan ikan. Saat anda memulai menjelajahi pulau ini anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa, mulai dari hamparan pasir putih dan air laut yang biru. Pesona pantainya pun sangat mempesona, daratannya didominasi hutan mangrove ditambah kekayaan biota lautnya. Jika anda berniat untuk bermalam di pulau ini anda tidak akan menemukan hotel atau homestay, namun anda dapat menginap dirumah warga sekitar. Dimana satu-satunya hotel hanya ada di Pulau Siladen yang berjarak sekitar satu pulau.

mantehage island
jernihnya periaran pulau mantehage

Kekayaan alam bahari Taman Laut Bunaken memang sudah tidak diragukan lagi, dimana letaknya di segita emas terumbu karang membuat kaya akan pesonanya. Namun hal ini tetap menjadi tanggung jawab kita bersama untuk melestarikan kekayaannya hingga nanti dapat tetap dinikmati generasi selanjutnya.

Demikian artikel wisata terbaik di Taman Laut Bunaken semoga dapat menambah wawasan anda dan dapat dijadikan sebagai referensi sebelum anda mengunjungi pulau ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel