Wisata Di Pulau Oar Pandeglang Ujung Kulon | Tempat Wisata di Banten

Pulau Oar sepintas masih terdengar cukup asing ditelinga, namun kecantikan pulau kecil ini mulai dilirik oleh banyak traveller. Keindahan pulau ini memang sudah terasa begitu menginjakkan jemari kaki diatas pasir pantainya. Memiliki pasir putih nan halus dan perairan jernih, menjadi pesona tiada tara Pulau Oar. 

Letaknya yang tak terlalu jauh dari pusat ibukota Jakarta, membuat Pulau Oar mudah diakses, sehingga nama pulau ini mulai dijadikan pilihan liburan bagi kaum urban. Melihat segala potensi wisata Pulau Oar, memang menjadikan daya tarik lebih untuk dapat menghabiskan liburan bersama kerabat. Suasana yang hening, jauh dari keramaian menjadikan pulau mungil ini tempat yang sangat cocok untuk merefreshkan pikiran dari segala bentuk kepenatan. Kehidupan yang tat kala menuntut seseorang untuk dapat memenuhi segala kebutuhannya, membawa pada tingkat stress yang cukup tinggi. Oleh karena sebab itulah, mengapa setiap manusia membutuhkan waktu luang untuk sekedar melepaskan segala beban tersebut. Liburan adalah solusi tepat untuk menyalurkan dan meluapkan segala keluh kesah, terlebih setiap manusia bebas dan memiliki hak untuk mengespresikan dirinya.

Bukan rahasia umum lagi, jikalau tempat wisata di Banten memiliki banyak potensi wisata yang menawan. Terlebih untuk wisata di Pandeglang, seperti contohnya mulai dari Pantai Tanjung Lesung bahkan hingga Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon yang telah populer di kanca domestik maupun internasional. Keindahan panorama alam yang menyimpan banyak habitat alami aneka flora maupun fauna. Tak salah memang, jikalau tempat ini ditetapkan sebagai kawasan cagar alam. Selain tempat-tempat tersebut, ternyata wisata alam di Pandeglang, masih memiliki beberapa pesona lainnya, dari sektor bahari misalnya. Dimana terdapat dua buah pulau yang telah cukup populer menjadi destinasi tujuan wisata, seperti Pulau Umang dan Pulau Peucang. Namun selain pulau-pulau tersebut, dewasa ini telah hadir sebuah pulau mungil bernama Pulau Oar yang mulai naik daun perihal keeksistensiannya. Mengingat segala potensi yang ada di pulau ini, maka wajib rasanya untuk memasukkan namanya dalam list tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Pada malam hari ini, saya akan memaparkan secara detail perihal wisata di Pulau Oar Pandeglang Ujung Kulon atau tempat wisata di Banten. Semoga informasi kajiannya dapat dijadikan sumber referensi tambahan bagi kamu ataupun para pembaca budiman lainnya.

welcome pulau oar
welcome to Oar Island

Pulau Oar terletak tepatnya di Desa Sumur, Pandeglang. Menurut penuturan warga sekitar yang saya temui, Desa Sumur masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Berjarak sekitar 71 Km dengan lama perjalan sekitar 6-7 jam, kamu dapat menggunakan rute perjalanan Jakarta-Pantai Anyer-Pantai Carita, kemudian ikuti saja plang petunjuk jalan untuk menuju Labuan. Setelah itu ikuti saja jalannya hingga tiba di Desa Sumur. Untuk parkir kendaraan, kamu dapat memarkirkannya di area parkir Pelelangan Ikan atau bisa juga di rumah warga, namun untuk lebih meminimalis buged lebih baik kamu parkir dirumah warga saja dengan cukup membayar seikhlasnya.

Untuk menyebrang ke Pulau Oar, memang kamu diharuskan untuk menyebrang di Desa Sumur. Tak perlu khawatir, kamu dapat menggunakan jasa dari para nelayan setempat untuk mengantarkan kamu. Bila kamu mau, kamu dapat menggunakan seorang nelayan yang sewaktu lalu mengantarkan saya menjelajah tempat ini, hubungi saja "Pak Endang-087889204214". Dengan ramah beliau akan siap menemani perjalanan kamu. Perihal biaya, memang tak ada harga pasti dalam menyewa perahu yang akan digunakan untuk menyebrang. Kamu dapat menawar pada pemilik kapal langsung untuk mendapatkan harga terbaik. Sewaktu saya datang berkunjung, kami menggunakan jasa Pak Endang dengan biaya kisaran sekitar Rp. 500.000 untuk 9 orang (harga tersebut sudah termasuk pergi-pulang, biaya masuk pulau dan ijin untuk camping). Namun biaya tersebut belum termasuk untuk sewa alat snorkeling, biasanya untuk alat tersebut disewakan dengan biaya sekitar Rp. 45.000/orang (termasuk snorkel, pelampung dan fins).

menuju kapal
menuju perahu untuk menyebrang

Setelah menyebrang sekitar 15-20 menit, maka kamu akan tiba di Pulau Oar (tergantung kondisi lautan). Letaknya yang tak jauh dari Pulau Umang, membuat suasananya hampir tak berbeda jauh dari pulau populer tersebut. Tak seperti kebanyakan wisata pantai di Banten lainnya, yang sudah tercemar perairannya. Nyatanya di Pulau Oar masih memiliki perairan yang cukup jernih. Degradasi warna biru air lautnya kian terasa mendamaikan setiap pikiran. Terlebih dikarenakan Pulau Oar adalah sebuah pulau tak berpenghuni, sehingga kamu dapat bebas menikmati hari bercanda gurau dengan para sahabat.

pulau oar
view Pulau Oar dari kejauhan

Pulau Oar memiliki luas sekitar 5.2 Hektar dan hanya membutuhkan waktu sekitar 45-60 menit untuk mengelilinginya. Dengan komposisi pulau terdapat hutan, semak belukar dan beberapa lokasi yang banyak ditumbuhi pohon bakau. Trekking/berjalan kaki menyusuri kawasan pulau menambah seru saat berada di pulau cantik ini. Pada salah satu sudut pulau, terdapat sebuah bangunan tua yang tampak tak terawat. Menurut Pak Endang, beliau menuturkan bahwasanya dulu Pulau Oar adalah sebuah pulau pribadi. Dimana pemilik pulau tersebut, secara arogan melarang para warga sekitar untuk datang ke Pulau Oar tanpa izin terlebih dahulu. Geram akan perilaku tersebut, para warga membakar bangunan tersebut dan kemudian Pulau Oar menjadi pulau tak berpenghuni hingga saat ini.

Meskipun Pulau Oar adalah pulau tak berpenghuni, bagi kamu yang ingin bermalam di pulau ini tak perlu khawatir. Terdapat dua opsi antara lain kamu dapat menginap di Pulau Umang Resort atau berkemah. Dikarenakan sebab hanya memiliki buged yang minim, sehingga kami memilih untuk opsi ke-dua. Berkemah di pulau bertaburan bintang dimalam hari, tentu akan lebih mengasikkan bilamana kamu datang dengan jumlah rombongan. Bila kamu hanya ingin sekedar bermain di Pulau Umang, kamu hanya cukup merogoh kocek sekitar Rp. 150.000 namun hanya diberikan waktu berkunjung sekitar 2 jam saja. Bicara tentang fasilitas, Pulau Oar telah dilengkapi dengan fasilitas toilet, sumur air tawar dan beberapa saung. Sehingga kian lengkap bukan acara camping ceria kamu? Jikalau kamu kehabisan bahan logistik makanan, terdapat seorang penjual makanan keliling yang menyediakan teh, kopi hingga beberapa jenis rokok, namun dalam jumlah yang terbatas dan penjual itupun hanya ada dari pagi hingga sore hari saja.

camping ceria
camping ceria di Pulau Oar

makan siang
lafarrr menyerang
santai di pulau oar
jadi generasi nyender setelah kenyang
Seperti dalam beberapa penjelasan sebelumnya, yang menerangkan bahwasanya Pulau Oar memiliki periaran yang cukup baik. Kehidupan bawah lautnya yang masih terjaga, sehingga masih terdapat banyak biota bawah laut berserta beraneka ragam jenis terumbu karang. Terbukti dengan adanya spot snorkling yang berada di sisi kanan pulau, menjadikan kegiatan snorkeling adalah hal yang sangat direkomendasikan saat melancong ke pulau cantik ini. Selain itu tak jauh dari spot snorkling tersebut, terdapat sebuah bagan/tambak ikan yang dapat digunakan sebagai spot untuk bermain dan melompat.

snorkling di pulau oar
snorkeling di Pulau Oar

terumbu karang pulau oar
aneka terumbu karang

Pulau Oar
kehidupan biota bawah laut pulau oar
ikan di pulau oar
berbagai jenis ikan berwarna-warni
bermain di tambak
bermain di bagan/kerambah ikan

berfoto di bagan
foto dulu lah

Lelah bermain air seharian, kamu dapat bersantai menikmati suasana pantai dan menunggu moment sunset datang. Duduk dipantai seraya menikmati terpaan sinar orange dikejauhan membius mata, tak ingin rasanya beranjak dari surga Banten ini. Sungguh pengalaman yang cukup menyenangkan dapat berlibur di tempat wisata terbaik di Pandeglang ini. Pulau Oar memang menyuguhkan segala keindahan yang apik, sehingga memang cukup disayangkan bilamana tak dapat berkunjung ke pulau ini.

berfoto ria
ini bukan Benyamin

bermain di pantai
serunya Pulau Oar

sunset
sunset terbaik di tanah pesisir Banten

*Tips
  • Pandai-pandai menawar harga perahu yang akan digunakan menyebrang.
  • Bila berkemah, siapkan bahan logistik makanan dengan baik.
  • Simpanlah bahan logistik tersebut dalam tenda, pasalnya cukup banyak terdapat biawak laut di pulau ini.

Melihat segala yang tersaji di Pulau Oar, membuat diri ini takjub akan segala keindahan alam dan kuasanya Sang Pencipta. Hidup adalah serangkaian peristiwa alami dan spontan. Jangan pernah melawan kehidupan yang hanya akan menciptakan kesedihan. Biarkan realitas menjadi kenyataan dan biarkan semua mengalir secara alami. Bicara tentang hidup maka erat pula hubungannya dengan mimpi. Dalam mimpi, tak kenal kata penyesalan. Jika menyesal, itu berarti sama saja dengan mengejar bayangan kita sendiri, semakin dikejar, maka akan semakin jauh dari jangkauan.

Kamu dapat membaca juga tentang 3 Wisata Air Terjun Terbaik Di sentul Bogor 

Demikian ulasan saya kali ini perihal wisata di Pulau Oar Pandeglang Ujung Kulon atau tempat wisata di Banten. Semoga dari apa yang telah disampaikan dalam artikel ini dapat berguna dan membantu bagi kamu ataupun para pembaca budiman lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel