Wisata Di Pulau Karimunjawa atau Liburan Terbaik Di Pulau Karimun Jawa

Wisata Di Pulau Karimunjawa atau Liburan Terbaik Di Pulau Karimun Jawa merupakan surga kecil yang terletak diujung Pulau Jawa. Dengan memiliki ekosistem yang masih sangat alami dan juga biota lautnya yang sangat beragam tempat ini menjadi salah satu destinasi favorite bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Memiliki kekayaan potensi bawah laut yang luar biasa serta bentang alam yang sangat eksotis mampu membuat anda seperti tidak ingin meninggalkan pulau ini.

Dengan memiliki bawah laut yang sangat indah, dimana terdapat sekitar 51 jenis genus, 90 jenis terumbu karang serta 242 jenis ikan. Di kawasan Taman Nasional Karimunjawa memiliki hamparan pasir putih dan juga air laut biru yang sangat jernih, sangat cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling dan juga menyelam (diving). Selain kegiatan tersebut anda juga dapat mengunjungi beberapa pulau-pulau yang berada dikawasan Taman Nasional ini, terdapat sekitar 27 gugusan pulau dimana yang paling populer diantaranya adalah Pulau Cemara Kecil, Pulau Cemara Besar, Pulau Cilik, Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil dan juga lain-lainnya.

Untuk mencapai Pulau Karimunjawa membutuhkan perjalanan yang cukup panjang, dimana anda dapat mengambil beberapa pilihan jalur, seperti Laut melalui via Semarang atau via Jepara dan juga Udara dengan menggunakan pesawat

Via Semarang
karena Pelabuhan Tanjung Emas adalah tempat penyebrangan yang dekat dengan Bandara Ahmad Yani ataupun Stasiun Kereta api maka jalur ini sering digunakan para wisatawan yang ingin menuju Pulau Karimunjawa. Dimana anda dapat melanjutkan perjalanan dari Semarang dengan menggunakan kapal motor KMC Kartini 1 dengan jarak tempuh sekitar 4 jam perjalanan, memiliki jadwal penyebrangan setiap hari Kamis dan Sabtu. 

Karimunjawa
KMC Kartini 1

Via Jepara
sesampainya di Kota Jepara anda dapat langsung menuju Pelabuhan Kartini, di pelabuhan ini tersedia kapal express Bahari 2C dan juga express bahari Cantika 89 dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan laut. Dimana memiliki jadwal penyebrangan setiap hari Senin, Selasa, Jumat dan Sabtu. Selain kapal cepat anda juga dapat menggunkan kapal Kmp Muria dengan lama perjalanan sekitar 6 jam sebagai alternatif penyebrangan.
Karimunjawa
bahari express 2C

*untuk saran setiap penyebrangan laut sebaiknya anda membooking tiket terlebih dahulu guna menghindari lonjakan penumpang

Via Udara
sebelumnya anda harus menuju Semarang ataupun Surabaya dan kemudian dengan menggunakan perusahaan pesawat perintis untuk melanjutkan terbang menuju Bandara Dewandaru. Anda bisa memilih menggunakan pesawat maskapai Susi Air ataupun pesawat maskapai Airfast Indonesia dengan lama penerbangan sekitar 40-45 menit.

Karimunjawa
pesawat milik Susi Air

Dalam kesempatan kali ini saya mencoba mengangkat potensi apa saja yang dimiliki wisata di Pulau Karimunjawa atau liburan terbaik di Pulau Karimun Jawa berikut uraiannya

Wisata Di Pulau Karimunjawa atau Liburan Terbaik Di Pulau Karimun Jawa


1. Alun Alun Karimunjawa
tidak seperti alun alun di beberapa daerah, alun alun Karimunjawa hanya berupa lapangan rumput yang besar dimana anda dapat menikmati aneka makanan dan minuman yang dijual oleh kios-kios sambil menikmati suasana malam pulau ini. Anda dapat mencoba aneka makanan seafood yang segar dengan harga yang murah sambil melihat langit malam yang cerah di Karimunjawa.

Karimunjawa
makan malam di alun alun pulau karimunjawa

2. Pulau Cemara Kecil
merupakan pulau yang tidak berpenghuni, dengan pantai yang landai dan juga perairan yang sangat jernih menjadikan pulau ini salah satu spot favorite untuk snorkeling. Di karenakan memiliki perairan dangkal maka perahu yang anda gunakan untuk menyebrang tidak akan bisa berlabuh atau mendekat ke pulau ini sehingga anda diharuskan berjalan menuju garis pantai. Pulau ini hanya memiliki luas sekitar 1.5 hektar dengan membutuhkan waktu untuk mengelilingi seluruh pulau hanya 15 menit saja. Selain melakukan kegiatan snorkeling dan juga diving di pulau ini juga sangat cocok untuk digunakan sekedar bersantai dihamparan pasir putihnya ataupun bakar ikan menjadi kegiatan yang jarang dilewatkan.

Karimunjawa
susana pulau cemara kecil

3. Pulau Cemara Besar
nama "Cemara" diambil oleh masyarakat sekitar karena di kedua pulau ini memang tumbuh banyak sekali pohon-pohon cemara, hal ini tentu saja membuat pulau ini menjadi lebih rindang dan sejuk. Untuk menuju pulau ini dari pelabuhan Karimunjawa membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit tepatnya berada di sisi timur Pulau Karimunjawa besar. Jika anda datang berkunjung, anda akan melihat begitu indahnya pulau ini karena memiliki perairan yang sangat jernih dan juga hamparan pasir putih yang begitu bersih akan membuat anda bettah untuk berlama-lama di Pulau Cemara Besar.

Karimunjawa
perairan pulau cemara besar

4. Pulau Gosong
sebenarnya pulau ini adalah beruba hamparan pasir putih yang hanya  muncul jika air laut sedang surut, pulau ini pun ukannya tidak begitu besar namun pemandangan dari Pulau Gosong ini sangatlah indah. Dimana banyak wisatawan yang rela berkunjung ke pulau ini hanya sekedar untuk bersantai dan bermain diatas pasir halusnya ataupun berfoto ria. Sebelum lanjut anda dapat membaca juga tempat-tempat terbaik di Bali atau liburan trbaik di Bali

Karimunjawa
pasir putih di pulau gosong

5. Pulau Cilik
pulau ini memang memilik ukuran kecil atau cilik sesuai dengan namanya, namun pulau ini memiliki perairan yang sangat jernih dan juga tenang. Terletak di sisi timur Pulau Karimunjawa, dikarenakan luas pulau ini hanya 2 hektar saja maka tidak butuh waktu lama untuk mengelilingi pulau ini. Terdapat dermaga yang dibuat untuk kapal-kapal wisata yang ingin merapat, begitu anda menginjakkan kaki di dermaga tersebut anda langsung disambut dengan ratusan ikan-ikan kecil yang berwarna-warni berenang disekitar dermaga.

Dengan memiliki air laut yang jernih maka anda tidak perlu membutuhkan alat bantu untuk melihat dasar lautnya dan rasanya sayang sekali jika anda tidak mencoba berenang, snorkeling ataupun menyelam di pulau ini. Terdapat berbagai jenis ikan yang dapat anda temui seperti angelfish atau ikan layaran, kerapu, kakap, ikan kepe-kepe atau butterfly fish dan juga ikan badut atau clown fish serta berbagai jenis terumbu karang seperti staghorn ungu, coral hijau dan biru dan juga karang-karang berupa daun atau foliase.

Karimunjawa
dermaga pada pulau cilik

6. Pulau Geleang
di pulau ini anda dapat melakukan aktifitas liburan yang santai dan jauh dari riuh masyarakat Karimunjawa. Kegiatan seperti berjemur, snorkeling atau bahkan hanya bersantai dan bermain dihamparan pasir pantai anda dapat lakukan di pulau ini dengan suasana yang tenang. Kombinasi air jernih dan juga pemandangan Pulau Karimunjawa yang berada disebrangnya memang sangat indah, berada di pulau ini memang merupakan pengalaman yang unik dan indah untuk dikenang sepanjang waktu.

Karimunjawa
suasana pantai di pulau geleang

7. Pulau Krakal
saat anda menginjakkan kaki di pulau ini, anda akan langsung disambut pasir putih yang bersih dan juga ikan-ikan kecil yang memiliki warna yang menawan. Pulau ini terbilang masih baru karena merupakan proyek kerjasama dengan investor Italia, jika proyek ini berhasil maka akan dilakukan kerjasama lain untuk pulau-pulau lainnya. Menariknya di Pulau ini anda dapat melihat panorama matahari terbit (sunrise) dan juga matahari terbenam (sunset) yang sangat indah dan eksotis sekali.

Kegiatan yang dapat anda lakukan di Pulau ini seperti makan malam bersama, snorkeling dan juga diving. Di mana anda dapat snorkeling diperairan yang jerih dan juga tenang sehingga aman sekalipun anda yang baru pertama mencobanya. Dengan segala fasilitas yang sudah cukup lengkap, membuat bermalam di Pulau Krakal menjadi destinasi wajib liburan anda. Anda dapat membaca juga wisata Pulau dan Pantai Ora atau Ora Beach

Karimunjawa
indahnya pulau krakal

8. Pulau Menjangan Kecil
salah satu spot snorkeling dan diving favorite yang disebut dengan Maer, spot ini terletak di sebelah barat Pulau Menjangan Kecil. Jarak pulau ini sekitar 30 menit dari Pulau Karimunjawa dengan menggunakan perahu kecil yang dapat anda sewa. Laut birunya yang bersih dan jernih tampak tenang dengan ombak yang tidak besar serta gradasi biru muda menuju biru tua tampak cantik bagaikan lukisan. Dengan perairannya yang tidak begitu dalam, cukup dengan kedalaman 20 meter saja anda sudah dapat menemukan aneka jenis terumbu karang yang berwarna warni dan juga aneka biota lautnya menjadi pemandangan yang sulit dilupakan. Terdapat juga area camping ground bagi anda yang ingin menikmati bermalam di pulau ini.

Karimunjawa
pulau menjangan kecil

9. Pulau Menjangan Besar
merupakan pulau terbesar ke 2 setelah Pulau Karimunjawa, pulau ini pun letaknya tidak begitu jauh dari pelabuhan Pulau Karimunjawa. Dimana untuk menuju pulau ini hanya perlu sekitar 10-15 menit saja. Pulau Menjangan Besar merupakan destinasi favorite para wisatawan karena di pulau ini terdapat penangkarang ikan hiu dan juga beberaba biota laut lainnya seperti penyu dan beberapa jenis ikan. Di dalam area penangkaran anda dapat merasakan sensasi andrenalin saa berenang bersama para kawanan ikan ganas ini serta berfoto ria untuk dijadikan sebuah kenang-kenang manis dari Pulau Menjangan Besar.

Karimunjawa
penangkaran hiu di pulau menjangan besar


10. Pulau Tanjung Gelam
merupakan sebuah tanjung atau daratan yang menjorok ke laut, sebenarnya tanjung ini menjadi satu dengan Karimunjawa namun kelihatan seperti pulau sendiri. Tanjung yang indah ini dengan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau kebiruan berpadu dengan pohon-pohon kelapa yang melambai-lambai membuat suasana begitu eksotis. Dengan memiliki air laut yang jernih, banyak wisatawan yang melakukan kegiatan berenang ataupun snorkeling disekitar pantai pulau ini. Tanjung Gelam terletak di ujung barat Karimunjawa, oleh karena itu dinobatkan sebagai tempat strategis untuk melihat matahari terbenam atau sunset. 

Karimunjawa
sunset terbaik di pulau tanjung gelam

Taman Nasional Karimunjawa memang menyimpan begitu banyak potensi dari mulai gugusan pulau-pulau eksotisnya hingga dunia bawah lautnya yang sangat menakjubkan. Tidak salah menjadikan pulau ini sebagai destinasi liburan anda, dengan panorama indah serta air laut yang jernih mampu membuat anda jatuh cinta terhadap pulau ini. Namun sebagai wisatawan yang bijak alangkah baiknya tetap menjaga dan merawat tempat wisata ini agar tetap alami dan juga asri sehingga dapat terus terjaga ekosistem yang ada.

Demikianlah artikel wisata di Pulau Karimunjawa atau liburan terbaik di Pulau Karimun Jawa semoga dapat menambah wawasan serta menjadi referensi sebelum anda mengunjungi pulau cantik ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel