Tempat Wisata Kuliner Di Kota Semarang

Tempat Wisata Kuliner Di Kota Semarang sebagai Ibu Kota propinsi Jawa Tengah, kota ini memang menawarkan berbagai tempat wisata untuk anda yang datang ke kota ini. Adapun tersedia aneka kuliner khas kota ini dengan resep-resep andalan yang siap menggoyang lidah anda.

Jika dalam kesempatan yang lalu saya mencoba mengulas perihal tempat wisata terbaik di kota Semarang dan sebagai pelengkap informasi anda, saya akan coba merivew pula tentang aneka makanan khas kota ini. Bila sudah mempunyai daftar list tempat berlibur di kota Semarang, tidak ada salahnya juga anda membaca artikel ini sebagai referensi tambahan.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai tempat wisata kuliner di kota Semarang semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda perihal serba serbi di kota ini.

Tempat Wisata Kuliner Di Kota Semarang

Wisata Kuliner Semarang
kota Semarang
1. Warung Makan Gudeg & Opor Mbak Tum
kios yang beralamatkan di Jalan MT Haryono, Mataram Semarang ini buka sore hari hingga tengah malam, merupakan tujuan banyak wisatawan yang ingin merasakan suasana malam Kota Semarang sambil menyantap aneka menu ditempat ini. Warung ini mempunyai menu-menu yang menggoda lidah anda seperti Nasi Gudeg, Ayam Goreng, Lontong Opor, Koyor, Babat Goreng dan sambal khasnya yang menjadi daya tarik tersendiri.

Wisata Kuliner Semarang
warung Mba Tum selalu ramai pegunjung

2. Nasi Gandul Pak Subur
tempat wisata kuliner ini buka di sore hari hingga tengah malam yang beralamatkan di Jalan KH Ahmad Dahlan sebrang RS Telogorejo. Nasi ini memang merupakan makanan khas Kota Pati, namun bagi anda yang tidak sempat mampir ke kota tersebut tidak perlu khawatir karena anda dapat datang ke Nasi Gandul Pak Subur ini. Racikan nasi dengan kuah santan kecap yang gurih, ditambah dengan potongan daging sapi dan jeroan yang empuk serta telur ini siap disajikan diatas piring beralaskan daun pisang sangat menggoda untuk segera dinikmati bersama teh tawar hangat.

Wisata Kuliner Semarang
cobalah nasi gandul

3. Lumpia Semarang
merupakan jajanan khas kota ini, memang banyak tempat yang menjajahkan kuliner yang satu ini. Namun hanya ada beberapa tempat saja yang sudah puluhan tahun berjualan lumpia yaitu Jalan Pemuda, Jalan Mataram, Gang Lombok serta Jalan Pandanaran. Yang uniknya setiap tempat pasti memiliki ciri khas tersendiri walaupun masih dalam ikatan keluarga. Lumpia yang dijual Gang Lombok yang paling tertua, di tempat ini menyediakan lumpia dengan 2 jenis yaitu basah dan goreng. Terletak tepat didekat Klenteng Tay Kak Sie sekitar Pasar johar tempat ini menawarkan lumpia dengan rasa yang sangat nikmat.

Wisata Kuliner Semarang
lumpia khas Semarang

sebelum lanjut anda juga dapat membaca wisata kuliner Bandung atau makanan khas Bandung

4. Mie Siang Kie
terletak di gang yang sama dengan Lumpia Semarang yaitu di Gang Lombok, tempat ini menawarkan mie pangsit pada anda pecinta masakan dengan bahan dasar daging babi. Perpaduan resep rahasia dan juga mie kuah kaldu, ayam suwir sawi rebus serta pangsit isi daging babi sehingga menghasilkan cita rasa tersendiri.

Wisata Kuliner Semarang
lezatnya mie siang kie

5. Rumah Makan Asem-Asem Koh Liem
terletak di Jalan Karang Anyar, tempat wisata kuliner ini mempunyai aneka masakan rumahan namun dengan rasa yang lezat seperti nasi langgi, lontong cap gomeh, bandeng sarden dan kikil lombok ijo. Selain menu tersebut rumah makan ini menawarkan menu andalah yaitu Asem-asem. Makanan ini terdiri dari daging sapi yang dipotong dadu dimasak berkuah kecoklatan bening dengan rasa asam manis menyegarkan. Rasa asam ini berasal dari belimbing wuluh yang dicampur dalam kuah dengan paduan rasa pedas dari cabai.

Wisata Kuliner Semarang
wajib rasanya untuk datang ke warung Koh Liem

6. Tahu Gimbal
makanan ini terdiri dari potongan tahu goreng, lontong, tauge, telor ceplok, rajangan kubis mentah dan gimbal. Gimbal yang dimaksud ini bukanlah rambut ala penyanyi reggae, namun yang dimaksud gimbal adalah bakwan udang. Kemudian semua bahan tersebut dijadikan satu dan disiram dengan saus kacang petis udang. Para pedagang Tahu Gimbal biasanya banyak mangkal di Taman KB, depan SMA 1 Semarang. Namun sajian Tahu Gimbal yang terkenal ada di Jalan Plampitan.

Wisata Kuliner Semarang
tahu gimbal

7. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar
berada di belakang Gereja Blenduk di kawasan Kota Tua, ini menawarkan gulai kambing yang berbeda dengan tempat lain. Jika umumnya gulai kambing dengan dimasak menggunakan santan sehingga menghasilkan kuah yang kental, maka ditempat ini tidak seperti itu. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini kelapa tidak digunakan sebagai santan, namun diparut dan kemudian disangrai kering lalu ditumbuk halus bersama bumbu-bumbu lain sehingga menghasilkan kuah yang bening yang membuat cita rasa yang unik.

Wisata Kuliner Semarang
gulai kambing bustaman

8. Tahu Pong
jajanan ini sangat pas saat dimakan hangat-hangat waktu sore sambil minum teh tawar hangat. Tahu ini mempunyai tampilan tahu goreng gurih didalamnya tidak diberi isi atau kopong sesuai dengan namanya. Biasanya tahu pong disajikan dengan telur bulat yang digoreng dan juga gimbal udang. Jajanan tahu pong yang terkenal bisa anda dapatkan di Jalan Gajah Mada, sebrang Gereja Bethel.

Wisata Kuliner Semarang
tahu pong

9. Leker Paimo
bagi penggemar kuliner khas Semarang tentu sudah mengenai kue ini. Sudah ada sejak 1993 berlokasi di Jalan Karanganyar depan SMA Loyola, tidak jauh dari Asem-asem Koh Liem. Yang membuat istimewa Kue Leker ini adalah saus pedasnya dan juga berbagai varian rasa didalamnya, meskipun kue ini disajikan secara serdehana namun banyak sekali peminatnya. Adapun varian rasanya antara lain pisang, coklat, caramel, pisang coklat, pisang coklat keju, mayonaise serta sosis mozarella. 
Wisata Kuliner Semarang
laker paimo

10. Nasi Ayam Semarang
secara sepintas ada kemiripan antara Nasi Ayam Semarang dengan Nasi Liwet Solo, nasi ayam ini terdiri dari nasi gurih, suwiran daging ayam, sambel labu, krecek, dilengkapi dengan aneka tahu sesuai selera anda yang kemudian diguyur dengan kuah santan kuning setelah itu anda bisa tambahkan sambel, aneka sate jeroan dan juga kerupuk. Anda dapat mencoba Nasi Ayam ini dibeberapa tempat seperti Nasi Ayam Bu Wido berada di Jalan Melati Selatan, Nasi Ayam Bu Nyoto yang buka dimalam hari di Jalan MT Haryono serta Nasi Ayam Karangkojo depan RS Telogorejo.

Wisata Kuliner Semarang
wajib coba nasi ayam

11. Waroeng Semawis
 merupakan tempat atau pasar kuliner yang digagas oleh komunitas pecinan, tempat ini hanya buka dimalam hari sehingga anda dapat mampir sambil menikmati suasana malam kota Semarang. Selain itu tempat ini hanya buka pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Pasar Semawis ini menawarkan berbagai masakan Indonesia dan Oriental, namun bagi anda umat Muslim harap berhati-hati karena ditempat ini banyak menjajahkan makanan dengan olahan dari daging babi. 

Wisata Kuliner Semarang
cicipi semua di pasar kuliner ini

12. Super Penyet 
tempat ini memang tidak pernah sepi pengunjung, terletak di Jalan Gajah Mada no. 7 ini memang menawarkan menu kuliner tradisional Indonesia, udang goreng, ayam goreng serta tahu tempe penyet dengan harga yang terjangkau.

Wisata Kuliner Semarang
rumah makan super penyet

13.  Bebek Goreng Pak Tori
jika anda penyuka daging bebek maka anda wajib datang dan mencoba Bebek Goreng Pak Tori ini, terletak di Jalan Raya Gunungpati KM 15. Tempat ini menyajikan olahan daging bebek yang empuk dan gurih serta sambel yang terdapat 2 jenis yaitu merah untuk pedas dengan tingkat sedang serta hijau untuk rasa yang lebih pedas.

Wisata Kuliner Semarang
bebek pak tori sangat terkenal di Semarang

14. Kedai San Bao Long
tempat wisata kuliner ini berlokasi di Jalan S Parman no. 76 ini memang agak unik karena menempati bagunan kuno dengan desain Belanda yang elegan. Kedai ini menawarkan masakan dengan cita rasa yang berkelas terdiri dari berbagai menu seperti bistik sapi dan ayam, cap cay pekojan dan kapuran, bebek panggang, gumari ala San Bao Long, aneka makanan asian food serta bebek peking.

Wisata Kuliner Semarang
bistik sapi ala san bao long

15. Restoran Pesta Keboen
tempat wisata kuliner berkonsep tempo dulu ini terletak di Jalan Veteran no. 29 memiliki area indoor dan juga outdoor. Dengan desain unik yang menonjolkan sisi tempo dulu maka anda akan diajak seperti bernostalgia di tempat ini. Makanan yang ditawarkan ditempat ini terdiri dari berbagai makanan khas Indonesia yang bisa anda coba.

Wisata Kuliner Semarang
tampak depan resto pesta keboen

16. Toko Oen
didirikan sejak 1936 ini memang masih sangat terjaga interior dan juga eksterior bangunannya, dahulu tempat ini merupakan tempat makan orang Belanda pada masa itu. Berloksi di Jalan Pemuda no. 52 ini menyajikan berbagai menu makanan, dengan menu andalan seperti steak dan juga huzarensla atau salad ala Belanda. Selain itu tempat ini juga menawarkan masakan ala Indonesia dan juga es krim dengan berbagai varian rasa.

Wisata Kuliner Semarang
ruang dalam toko oen

Semarang memang terkenal dengan kota pelabuhan sehingga banyak culture ditempat ini, sehingga makin menambah kekayaan dan juga keunikan tempat ini. Selain memiliki tempat-tempat wisata dan bersejarah, ternyata Kota Semarang juga mempunyai tempat-tempat wisata kuliner yang sangat sayang jika anda lewatkan.

Demikian artikel yang saya buat tentang tempat wisata kuliner di Kota Semarang yang dapat anda buat sebagai refrensi jika anda mampir atau berlibur ke kota ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel