Tempat Wisata Terbaik di Semarang atau Liburan Terbaik Di Semarang

Tempat Wisata Terbaik Di Semarang atau Liburan Terbaik Di Semarang selain memiliki wisata kuliner yang beragam, kota yang terkenal dengan lumpia ini ternyata juga menyimpan kekayaan panorama alam yang indah dan juga memiliki banyak tempat-tempat bersejarah.

Dikenal sejak dulu sebagai kota pelabuhan Semarang menjadi pintu keluar masuknya segala jenis barang dagang yang kemudian dipasarkan ke daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Hal tersebut membuat kota ini sangat kaya dengan unsur-unsur budaya yang beragam. Jika dalam artikel sebelumnya saya mengangkat materi tentang tempat wisata kuliner di Kota Semarang maka sekarang saya coba kembali membahas kota ini dari sektor pariwisata.

Kota Semarang memiliki panorama alam yang terdiri dari pegunungan dan juga pantai, selain terkenal dengan Lawang Sewu ternyata masih banyak tempat-tempat wisata menarik yang dapat kita kunjungi. Berikut adalah tempat wisata terbaik di Semarang atau liburan terbaik di Semarang

Tempat Wisata Terbaik Di Semarang atau Liburan Terbaik Di Semarang

Tempat Wisata Semarang
kawasan simpang lima
1. Umbul Sidomukti
merupakan wisata dengan panorama pegunungan yang ada di kota ini, dimana di Umbul Sido Mukti kita dapat bermain dengan fasilitas berupa outbond, adrenaline games, camping ground, pondok wisata, kolam renang alam, meeting room dan juga pondok lesehan. Di tempat ini sangat cocok dengan anda yang mencari ketenangan dari penatnya rutinitas sehari-hari. Umbul Sido Mukti terletak di Desa Sidomukti, Bandungan.

Tempat Wisata Semarang
kolam umbul sidomukti

2. Pondok Kopi Umbul Sidomukti
saat anda datang mengunjungi wisata alam Umbul Sidomukti, anda dapat mampir ke tempat ini untuk menikmati pemandangan alam yang sangat indah sambil menikmati secangkir kopi. Di tempat ini menawarkan banyak menu minuman tradisional dan juga makanan khas Indonesia, namun karena cuacanya yang cukup dingin karena berada di ketinggian sekita 1.700 mdpl ini maka kopi atau minuman hangat lain akan cepat dingin bahkan dalam hitungan menit saja.

Tempat Wisata Semarang
pondok kopi umbul sidomukti

3. Candi Gedong Songo
terletak di lereng Gunung Ungaran tidak jauh dari kawasan Bandungan, merupakan salah satu tempat favorite menikmati akhir pekat di Kota Semarang. Tidak hanya pemandangann alam, disini anda juga bisa menikmati mahakarya budaya peninggalan kejayaan di masa lalu. Sebenarnya ada sembilan stupa candi di tempay ini, namun 2 diantaranya sudah berbentuk reruntuhan. 

Tempat Wisata Semarang
suasana candi gedong songo

4. Royal Dome
ditempat ini anda dapat bermain air dan juga berenang dengan nuansa yang berbeda, kolam renang yang ada disini adalah kolam air asin dengan whirlpool (kolam yang digunakan untuk spa) yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh yaitu membuat seperti pijatan, membersihkan pori-pori kulit, melancarkan peredaran darah, melawan penuaan kulit dan juga lebih higienis dibandingkan dengan kolam biasa.Selain fasilitas tadi ternyata Royal Dome Center juga menawarka fasilitas lainnya seperti fitnes center, tenis meja, billiard, squash dan arena playground outdoor.

Tempat Wisata Semarang
fasilitas kolam renang di royal dome

5. Eling Bening Ambarawa
udara yang sejuk dan panorama pegunungan menjadi daya tarik kawasan wisata Eling Bening yang terletak di Jalan Kartini Tambakboyo, Ambarawa. Selain memiliki keunggulan alam yang indah tempat ini memberikan fasilitas lain seperti kolam renang, cafe, restoran, camping ground, childern playing ground, archery area, hills ttracking area, outbond, stage ceremonial and show, sound system outdoor hingga metiing room.

Tempat Wisata Semarang
suasana eling bening

6. Goa Kreo
merupakan goa yang dipercaya sebagai petilasan Sunan Kajijaga saat mencari kayu jati untuk membangun Masjid Agung Demak. Kata Kreo berasal dari kata Mangrehoyang berati menjaga atau pelihara. Oleh karena itu goa ini disebut Goa Kreo yang mempunyai banyak kera-kera yang menjadi penunggu goa ini. 

Tempat Wisata Semarang
goa kreo

Di kawasan goa ini dibangun juga sebuah waduk yang saat ini menjadi terkenal karena keindahannya yaitu Waduk Jatibarang yang berfungi sebagai menjadi pengendali banjir, menjaga ketersediaan air minum dan juga sebagai pembangkit tenanga listrik.

Tempat Wisata Semarang
waduk jatibarang


7. Gunung Telomoyo
gunung ini memang tidak terlalu tinggi hanya memiliki ketinggian 1.894 mdpl dan biasa jika ingin ke gunung kita harus capek-capek mendaki namun di gunung ini kita bisa menaiki kendaraan untuk sampai kepuncaknya bahkan jalurnya pun sudah diaspal sehingga mudah untuk aksesnya. Di puncak Gunung Telomoyo ini terdapat stasuin pemancar, tower dan juga antena. Keunikan lainnya di gunung di terdapat landasan paralayang tertinggi di Jawa Tengah bahkan di Indonesia. Sehingga anda dapat berfoto ria di landasan tersebut namun harus tetap berhati-hati. Selain itu terdapat juga sebuah curug atau air terjun ditengah-tengah gunung yang dapat menyegarkan anda saat lelah dalam perjalanan.

Tempat Wisata Semarang
landasan paralayang di gunung telomoyo

8. Pantai Marina
pantai ini termasuk pantai yang sering ditanggi para wisatawan dan juga warga Semarang, disini anda dapat menghirup segarnya udara pantai dan juga sambil memandang lautan lepas. Berbagai fasilitas pun ditawarkan di tempat ini seperti perahu wisata, sewa mobil mainan atau ban untuk berenang. Pantai Marina berbeda dengan pantai lain yang memiliki cuaca panas, di pantai ini mempinyau hawa yang sejuk dikarenakan memiliki pohon-pohon yang rindang.

Tempat Wisata Semarang
pantai marina

9. Pantai Maron
pantai ini terletak tidak jauh dari runway Bandara Ahmad Yani, Semarang sehingga saat ini bermain dipantai ini banyak pesawat lalu lalang diatas kita menambah keseruan tempat ini. Selain itu ditempat ini juga terdapat hutan mangrove yang sudah dibuat fasilitas jembatan yang mengelilingi hutan tersebut. Namun memang agak sedikit disayangkan jalur menuju Pantai Maron berupa tanah yang dipadatkan sehingga anda harus berhati-hati terlebih jika cuaca sedang hujan serta jangan menggunakan mobil jenis sedan. Namun keindahan Pantai Maron memang mempunyai daya tarik sehingga banyak orang yang rela menempuh jalur tersebut agar bisa menunjungi pantai ini.

Tempat Wisata Semarang
sunset di pantai maron

10. Pantai Tirang
sebenarnya pantai ini airnya lebih jernih dari pada Pantai Marina dan juga lebih bagus dibandingkan Pantai Maron yang agak kumuh. Tapi disayangkan akses jalan ke Pantai Tirang masih belum digarap dengan baik, jalannya yang belum aspal dan juga tidak bisa masuk mobil membuat para wisatawan agak sulit mencapai pantai ini. Namun karena air laut bening dan juga suasana pantainya yang masih asri, pantai ini tetap ramai dikunjungi para wisatawan.

Tempat Wisata Semarang
suasana pantai tirang

11.  Puri Maerokoco
terletak di Komplek Maerokoco PRPP, Jalan Puri Anjasmoro. Merupakan Jawa Tengah dalam skala mini atau replika yang diharapkan dapat menjadi tempat rekreasi budaya dan edukasi, dengan berkosep Taman Mini Jawa Tengah ini diharapkan menjadi promosi mengenai potensi kabupaten atau seluruh kota di Jawa Tengah. Dengan harga tiket yang ekonomis tempat ini mampu menawarkan banyak fasilitas wahana permainan diantaranya becak air, bombomcar, bianglala, komidi putar, kids park, istana anak-anak Indonesia, kereta gantung, desa wisata, kolam renang waterboom, pasar apung, museum iptek, outbond, gedung opera, kolam pancing serta hutan mangrove.

Tempat Wisata Semarang
berlibur di puri maerokoco

12. Pagoda Avalokitesvara
berada dikawasan Viara Buddhagaya Watugong ini dinobatkan oleh MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Dengan memiliki tinggi 45 meter terdiri dari 7 tingkat, sangat indah jika kita datang dimalam hari dimana kita dapat berfoto dengan latar belakang pogoda dengan kelap-kelip lampu kota Semarang begitu cantik.

Tempat Wisata Semarang
pintu masuk pagoda

13. Klenteng Sam Po Kong
tempat ini sangat menjadi favorite wisatawan terutama dengan keturunan Chinna. Klenteng ini disebut juga dengan nama "Gedong Batu", komplek klenteng ini terdiri dari berbagai anjungan yaitu klenteng besar, goa Sam Po Kong, klenteng Tho Tee Kong serta 4 tempat pemujaan ( Kyai Juru Mundi, Kyai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi dan Mbah Kyai Tumpeng). Bentuk bangunan klenteng merupakan bangunan tunggal dengan atap susun, klenteng ini juga tidak memiliki serambi yang terpisah sehingga berbeda dengan klenteng lainnya.

Tempat Wisata Semarang
tampak depan klenteng sam po kong

14. Klenteng Tay Kak Sie
merupakan klenteng tertua yang didirikan sekitar 1746 yang terletak di Jalan Gang Lombok no. 62, Pecinan. Tempat ini sangat ramai dikunjungi para wisatan, khusus keturunan Chinna mereka datang untuk beribadah dan untuk para wisatawan lainnya biasa datang seker untuk berfoto. 

Tempat Wisata Semarang
arsitektur bangunan klenteng tay kak sie

15. Gereja Blenduk
terletak dikawasan kota tua yang banyak terdapat gedung-gedung bersejarah yang sangat ramai dikunjungi wisatwan. Salah satunya yaitu Gereja Blenduk ini, memiliki arsitektur yang unik dengan kubah merah di atapnya yang menjadi ciri khas gereja tua ini. Banyak wisatawan yang datang untuk beribadah atau berfoto disini.

Tempat Wisata Semarang
gereja bleduk

16. Masjid Agung Jawa Tengah
sebuah masjid yang terletak di Jalan Gajah Mada, Sambirejo ini memiliki arsitektur yang sangat megah dengan memiliki luas tahan 10 hektar dan juga bangunan perpaduan Jawa dengan Yunani membuat masjid ini sangat cantik. Di Masjid Agung Jawa Tengah memiliki Al Quran dan Bedug berukuran raksasa yang dapat anda liat disana.

Tempat Wisata Semarang
masjid agung jawa tengah

17. Masjid Baitulrahman
dibangun pada tahun 1968 masjid ini terletak Jalan Simpang Lima, Pekunden menjadi masjid kebanggan warga Semarang. Selain kawasan Simpang Lima merupakan pusat kota Semarang dan juga bentuk masjid seperti limasan yang memiliki luas 11.765 m2 ini telah menarik banyak wisatawan. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat beribadah saja, melainkan juga sebagai pusat dakwah agama Islam.

Tempat Wisata Semarang
tampak depan masjid baitulrahman

Selain memiliki tempat wisata diatas, Kota Semarang memiliki banyak tempat-tempat menarik yang dapat kita kunjungi seperti Museum, Taman Marga Satwa dan juga beberapa Curug atau air terjun. Kota ini memang sangat unik karena memiliki culture budaya yang beragam.

Demikian artikel yang saya buat mengenai tempat wisata terbaik di Semarang atau liburan terbaik di Semarang, semoga dapat menambah pengetahuan dan juga dapat digunakan sebagai referensi anda sebelum mengunjungi kota ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel