Segarnya Wisata Di Curug Putri Kencana | Air Terjun Di Sentul Bogor

Curug Putri Kencana atau yang dikenal juga dengan air terjun Putri Kencana memang memberikan pengalaman seru saat bermain air di kolam alami. Dengan kesegaran air yang menyatu dengan alam yang masih asri membuat siapapun betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Wisata air terjun di Bogor atau curug di Bogor memang cukup banyak, tak mengherankan memang. Pasalnya dengan kondisi goegrafis dataran tinggi dan terdapat beberapa gunung seperti Gunung Salak, Gunung Gede dan juga beberapa gunung lainnya. Membuat kota Bogor menjadi pusat hilir air yang cukup pening dirasakan keberadaannya. Khusus untuk dearah Sentul pun, banyak pula terdapat lokasi tempat wisata air terjun di Sentul yang dapat dijadikan beberapa rekomendasi bagi kamu yang ingin berlibur dari penat rutinitas ataupun sekedar menghabiskan waktu libur. 

Letaknya yang tak terlalu jauh dari pusat ibukota seperti Jakarta, ataupun beberapa kota pendukung seperti Bogor, Bandung, Sukabumi ataupun kota-kota lainnya, menjadikan alasan terlogis tempat wisata ini selalu ramai diserbu oleh para wisatawan. Selain alasan tersebut, terdapat pula banyak pilihan air terjun/curug yang dapat dipilih, letak lokasinya pun juga cukup saling berdekatan, sehingga dapat dicapai dalam satu hari atau one day trip. Khusus bagi kamu yang mempunyai kegemaran akan kegiatan outdoor, mengunjungi beberapa air terjun di Sentul ini tak boleh dilewatkan, pasalnya selain bisa puas bermain di kolam air terjun, kamu juga dapat bercamping ceria di area camp ground yang sudah tersedia. Seru bukan? Namun sebelumnya, ada baiknya kamu simak terlebih dahulu konten artikel kali ini.

Pada siang hari ini, saya akan memaparkan secara detail perihal segarnya wisata di Curug Putri Kencana atau air terjun di Sentul Bogor. Semoga informasinya dapat berguna dan membantu bagi kamu ataupun para pembaca budiman lainnya, yang ingin berlibur di tempat wisata cantik ini.

camping ceria di curug putri kencana
camping ceria di Curug Putri Kencana

Seperti pada penjelasan di awal yang menyatakan bahwasanya terdapat banyak lokasi air terjun di sekitar Sentul yang dapat kamu pilih. Diantara lain contohnya seperti Curug Luewi Hejo, Curug Luewi Pariuk, Curug Luewi Demang, Curug Putri Kencana dan masih banyak lagi curug-curug lainnya. Namun khusus pada hari ini, saya akan lebih menitik beratkan pada wisata Curug Putri Kencana. Pasalnya dari sederet nama lokasi air terjun, tentulah memiliki beberapa nama air terjun terfavorit yang sering dikunjungi oleh banyak para wisatawan. Oleh karena alasan tersebutlah, nama Curug Putri Kencana layak dimasukkan dalam lits liburan kamu, mengingat segala potensi yang dimilikinya sehingga mampu menarik banyak minta orang untuk mengunjunginya secara langsung. 

Letaknya di sebelah kanan sebelum Curug Leuwi Hejo, atau tepatnya dari arah Sentul menuju Jungle land Sentul. Kemudian setelah menemukan pintu masuk utama Jungle land, arahkan kendaraan kamu untuk ambil arah kanan menuju permukiman warga. Setalah itu akan ada pecahan jalan untuk menuju Gunung Pancar dan Pemandian Air Panas. Kamu dapat ambil arah kiri ke arah Gunung Pancar/Ecopark, lalu ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan jembatan dan kamu dapat belok kanan ke sebuah gang, yang tak jauh dari jembatan tersebut untuk sampai di Curug Putri Kencana. Disekitar jembatan tersebut pun sudah banyak petunjuk rute jalan menuju Curug Putri Kencana. Jika kamu ingin menuju Curug Leuwi Hejo/Curug Barong, dari jembatan tersebut kami dapat lurus saja dan ikuti papan rute petunjuknya. Cukup mudah bukan?

jembatan
lewati jembatan ini

Sesampainya di tempat parkir kendaraan, maka sampailah kamu di kawasan Curug Puri Kencana. Namun sebelumnya kamu akan dikenakan biaya retribusi untuk tiket masuk sekitar Rp. 15.000/orang dan parkir kendaraan Rp. 5000/motor. Setelah mengurus segala biaya retribusi tersebut, maka kamu akan langsung memulai perjalanan trekking menuju lokasi curug Putri Kencana. Semangat mulai terpacu menapaki jalan setapak sepanjang sekitar 500 meter. Jalur dengan kontur tanah dan diawali dengan masuk ke area perkampungan warga serta persawahan, menemani diawal perjalanan ini. Pada titik-titik tertentu pada jalur terdapat tanah merah yang bilamana musim penghujan tiba, akan menjadi licin pastinya. Kemudian bilaman kamu yang berniat untuk bermalam, kamu dapat bercamping ceria di area campground yang sudah disediakan. Pihak pengelola memang telah mempersiapkan segala kebutuhan para wisatawan seperti area camp yang cukup luas, bersih dari sampah hingga fasilitas toilet dan juga musholah. Untuk biaya ijin mendirikan tenda, kamu hanya akan dikenai sekitar Rp. 25.000/tenda.

pos masuk
pos pintu masuk

Curug Putri Kencana
tiket masuk
petunjuk
petunjuk jalan
pecahan jalan
pecahan jalur
Perihal untuk urusan perut bagi yang sedang lapar, tak perlu khawatir rasanya. Pasalnya terdapat beberapa warung yang siap menyambut kedatangan kamu. Bagi kamu yang ingin camping, kamu pun dapat membeli bebarapa makanan sekedar untuk melengkapi perlengkapan logistik kamu. Terdapat pula warung yang dilengkapi dengan bale-bale bambu yang memiliki view menghadap ke air terjun/curug. Berjalan kaki/trekking sekitar 20-30 menit, kamu akan menemukan Curug Cikujang, dengan tinggi sekitar 4 meter dan memiliki aliran dari sungai sadon. Kemudian kamu akan menyusuri tepi sungai untuk menuju Leuwi Pariuk dan Leuwi Damang. Setelah melewatinya maka kamu akan sampai di Curug Putri Kencana dan diakhir terdapat Curug Leuwi Cibaliung.

berenang di curug putri kencana
berenang yuk

segarnya air curug
segarnya Curug Putri Kencana
bersantai di curug putri kencana
santai ria kawan

Kolam-kolam alami yang berundak-undak terbentuk dari susunan bebatuan dengan berbagai ukuran dan warna air tosca yang jernih, seakan memanggil untuk sesegera mungkin berenang didalamnya. Terlebih memang kondisi badan yang mulai menurun dikarenakan lelah seperjalanan, pastinya akan segar kembali. Kesegaran air kolam yang berasal langsung dari aliran air terjun tak perlu dipertanyakan lagi bukan? tentu saja membuat siapapun betah berlam-lama berenang di Curug Kencana ini. Bagi yang ingin sedikit memacu adrenalin, kamu dapat mencoba sensasi melompat kedalam kolam dari atas jembatan bambu dekat area camping. Sebetulnya terdapat pula sekitar 5 air terjun/curug lainnya di kawasan Curug Putri Kencana. Sehingga kamu pun dapat puas menjelajah ke semua air terjun dalam satu kawasan, ke 5 curug tersebut ialah Curug Pariuk atau sering disebut juga dengan Curug Luewi Pariuk, Curug Luewi Demang, Curug Luewi Baliung, Curug Luewi Panjang dan Curug Love. Untuk Curug Love, merupakan curug terjauh dengan waktu tempuh sekitar 40-60 menit berjalan kaki. Jalurnya akan melewati hutan bambu untuk menuju lokasinya.

selamat pagi
ngopi yuk

Melihat segala potensi yang dimiliki rasanya pantaslah, jika nama Curug Putri Kencana dimasukkan dalam list tempat wisata di Bogor, yang patut untuk dikunjungi. Senang rasanya hati dapat sedikit menyatu dengan alam, memberikan sejuta ketenangan kala berada di tempat wisata Sentul yang satu ini.

*Tips
  • Gunakanlah alas kaki yang baik, nyaman dan anti slip. Bila menggunakan sendal, gunakanlah jenis sendal yang memiliki tali di bagian belakang.
  • Siapkan uang receh, untuk solusi bilamana dijalan menuju lokasi terdapat aksi pungli yang dikenakan.
  • Bila kamu menggunakan provider 3, maka tidak ada sinyal dikawasan curug.
Berdiri memandang alam sekitar Curug Putri Kencana, membuat diri ini terkagum dan bibir yang penuh dosa ini mengucap syukur. Sebenarnya alam telah menyediakan semua kebutuhan kita. Untuk keinginan kita pun alam telah menyiapkannya. Hanya saja, semua itu perlu sedikit usaha untuk mencarinya. Renungilah tentang alam semesta ini, walaupun manusia mampu hidup jutaan tahun, belum tentulah dapat mengungkap segala rahasia alam. Maka barulah kamu akan terkesima dengan luasnya hikmah yang belum sempat kamu petik. Pada saat mencapai titik itulah, bahwasnya dibalik semua ini, hadirlah sosok Sang Pencipta dengan segala kebesaranNya. Bersyukur adalah hal wajib untuk selalu ingat akan padaNya.

Kamu dapat juga membaca Kenpark Surabaya 

Demikianlah ulasan kali ini perihal segarnya wisata di Curug Putri Kencana atau air terjun di Sentul Bogor. Semoga apa yang telah disampaikan dapat dijadikan sumber referensi, sehingga diharapkan akan mendapatkan tempat di hati para pembaca yang budiman sekalian.