Ayo Wisata Ke KenPark | Kenjeran Park Di Pantai Ria Surabaya

KenPark memang pada masa dewasa ini terbilang cukup populer dikalangan para penghobi travelling. Semenjak kemunculannya dalam background lokasi sebuah iklan provider seluler, seakan menjadi ajang promosi yang cukup berdampak positif bagi KenPark Surabaya. Terbukti kian ramainya pengunjung, terlebih kala waktu libur datang membuat angin segar bagi tempat wisata ini. Tak jarang dari para pelancong yang datang, banyak pula yang mengupload foto-foto di berbagai media sosial.

KenPark atau dikenal juga dengan Kenjeran Park merupakan sebuah kawasan wisata terpadu yang cukup luas, terdiri dari beberapa tempat wisata seperti arena kuda, waterpark, pemancingan, sirkuit balap gokart hingga sebuah rumah ibadah untuk yang beragama Budha atau yang sering dikenal dengan wihara/klenteng. Ya, untuk info tempat pariwisata di Indonesia khusus kali ini, akan mengulas tentang wisata religi di Surabaya yaitu tepatnya di KenPark. Secara umum dari kaca mata yang hanya seorang penggemar travelling, dapat mengunjungi dan melihat secara langsung suasana disebuah klenteng menjadi moment yang cukup ditunggu-tunggu. Pasalnya di KenPark inilah terdapat sebuah kawasan klenteng yang memang sengaja di desaign semirip mungkin dengan suasana layaknya sedang berada di Bejing, Tiongkok.

Dengan segala bentuk artsitektur unik dan pernak-pernik ala negeri tirai bambu inilah yang menjadi sebuah magnet yang menarik minat para wisatawan untuk dapat berkunjung secara langsung. Jika dalam beberapa kesempatan lalu, saya telah mengulas wisata religi di Gereja Ayam, Magelang dan Goa Gajah, Bali. Maka kali ini akan mencoba mengulas wisata ke KenPark, melihat keseruan apa saja yang terdapat ditempat wisata ini nantinya, ada baiknya kamu baca terlebih dahulu konten artikel kali ini.

Pada malam hari ini, saya akan memaparkan secara detail perihal ayo wisata ke KenPark atau Kenjeran Park di Pantai Ria Surabaya. Semoga informasinya dapat berguna dan membantu bagi kamu ataupun para pembaca budiman lainnya.

KenPark Surabaya
suasana pintu masuk KenPark di malam hari
Terletak di Jl. Kenjeran atau sekitar 1 Km dari Pantai Kenjeran Lama. Ya, memang berdasarkan letaknya KenPark terletak masih satu garis pantai dengan pantai kenjeran. Oleh karena alasan tersebutlah, banyak pula yang menyebut tempat ini dengan Pantai Kenjeran Baru ataupun Pantai Ria Kenjeran. Dengan harga tiket masuk yang terbilang cukup ekonomis yaitu sebesar Rp. 15.000/motor dengan 2 orang penumpang, kamu sudah dapat masuk untuk menikmati semua keindahan yang dimiliki tempat ini. Namun untuk biaya retribusi tiket masuk tersebut belum termasuk wahana waterpark, dimana untuk dapat masuk akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 10.000/orang dan untuk weekend sebesar Rp. 15.000/orang.

Keseruan sudah mulai terasa begitu saat mulai menginjakan kaki masuk kawasan KenPark, dimana terdapat berbagai ornamen-ornamen khas chinna yang menghiasi tempat ini. Terserbak bau dupa disudut-sudut bangunan klenteng, yang seakan membius diri ini tak sadar jika halnya sedang berada di Surabaya. Memiliki nama Klenteng Sanggar Agung, terletak di tepi pantai membuat suasananya begitu terasa syahdu dengan semilir angin berhembus. Bila kamu datang bertepatan dengan hari besar, biasanya klenteng sanggar Agung akan ramai dikunjungi oleh para umat untuk beribadah. Pasalnya memang area KenPark menjadi pusat sentral untuk beribadah para warga yang beragama Budha, bahkan tak khayal banyak pula yang rela datang dari luar kota Surabaya. Jika di tempat wisata Semarang terdapat Klenteng Tay Kak Sie ataupun Pagoda Avalokitesvara yang merupakan pemegang rekor Muri dengan bagunan pagoda tertinggi di Indonesia. Maka di Surabaya pun seakan ingin unjuk gigi, melalui Pagoda Tian Ti yang membuat diri ini takjub dan bibir pun berdecap kagum. Secara fisik bangunan pagoda di design sedemikian rupa, sehingga menyerupai layaknya temple of heaven di Chinna. Memang Pagoda Tian Ti tak begitu tinggi, hanya terdiri dari 3 lantai saja. Namun memang sedikit disayangkan, pasalnya melirik bagian dalam pagoda yang bisa dibilang kurang terus membuat sedikit miris melihat keadaannya. Akan tetapi tak perlu khawatir, potensi wisata masih banyak terdapat di kompleks klenteng ini terdapat beberapa tempat unik yang menjadi pelengkap kala berwisata ditempat ini.

KenPark Surabaya
Pagoda Tian Ti
Di beberapa bagian, terdapat banguanan unik yang terdiri dari sebuah bangunan klenteng utama, patung naga, patung budha 4 wajah, serta patung ganesha dan masih banyak lagi. Tak jauh dari tempat parkir kendaraan atau tepatnya didepan klenteng, dapat terlihat dengan jelas sebuah patung setinggi sekitar 20 meter dengan bentuk Budha yang memiliki 4 wajah. Warna emas dari kubah dan patung tersebut, kian menarik perhatian para wisatawan untuk dapat mendekat dan berfoto ria. Sungguh cantik bukan? tak berhenti disitu saja, masih terdapat ikon lainnya dari KenPark ini yakni sebuah patung dua buah naga yang terdapat diatasnya sebuah patung Dewi Kwan Im, lengkap dengan 4 dewa pengawal dan 2 dewi pendamping. Terletak tepat di bagian belakang bangunan klenteng, tepi pantai membuat suasana kian eksotis kala berdiri tepat dibawah patung ini. Berfoto merupakan hal wajib, mengingat ini adalah ikon dari KenPark Surabaya. Waktu terbaik untuk mendapatkan hasil foto terbaik adalah disaat sore hari, terlebih bilamana tiba saat sunset datang. Cahaya orange dari langit secara lembut tertangkap oleh lensa kamera dan menghasilkan foto yang indah.

KenPark Surabaya
Patung Budha 4 wajah

KenPark Surabaya
Patung Dewi Kwan Im
Lelah berkeliling di KenPark tak perlu khawatir, dimana sudah disediakan fasilitas food court yang memberikan aneka sajian khas chinna dan juga nusantara, siap menggoyang lidah dan mengisi perut kamu. Kala malam tiba, kelap-kelip lampu menerangi dan menghiasi beberapa bagian bangunan klenteng, seakan kian mempercantik bangunan ini. Sungguh pengalaman tak terlupakan dapat berlibur saat melancong ke kota Pahlawan ini. Melihat segala potensi yang dimilikinya memang pantas jikalau nama KenPark dijadikan sebagai salah satu tujuan tempat wisata di Surabaya yang wajib untuk dikunjungi.

Berdiri dibawah patung Dewi Kwan Im dan menatap langit luas, seraya membuat diri ini kian mengerti akan kehidupan, yang selalu membutuhkan tuntunan agama dalam menjalaninya. Tak peduli beda agama yang di yakini dan di percayai, pasalnya setiap hakekat agama merupakan sebuah nilai abstrak yang hanya dapat dirasakan oleh setiap individu yang mempercayainya. Agama merupakan jembatan penghubung antara manusia dan Sang Khalik. Tak ada agama yang paling benar atau pun keliru, yang ada hanyalah manusia BODOH yang selalu ribut mempertahankan persepsinya yang salah. Suatu keyakinan adalah ketenangan dalam hati yang tak bisa kita dapatkan tanpa perenungan yang mendalam. Cobalah berhenti untuk berkoar-koar dan mulailah berkaca diri, Apakah diri ini seorang umat yang taat? maka niscaya janji Tuhan, untuk kebahagiaanmu dunia dan akhirat.

Kamu dapat juga membaca tentang Suaka Elang Loji

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal ayo wisata ke KenPark atau Kenjeran Park di Pantai Ria Surabaya. Semoga kiranya informasi yang telah disampaikan dapat dijadikan sumber referensi tambahan bagi kamu ataupun para pembaca budiman lainnya, yang ingin mengunjungi tempat cantik ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel