Tempat Wisata Di Bogor dan Kuliner Di Bogor

Tempat wisata di bogor dan kuliner di bogor memang menyimpan banyak potensi wisata dan juga terkenal dengan aneka kuliner yang cukup menarik. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta maka tempat ini banyak diserbu oleh para wisatawan untuk melepas penat atau berlibur. Kota dengan lambang senjata kujang ini memang memiliki cuaca yang sejuk dikarenakan memang termasuk daerah dataran tinggi, selain kota ini terkenal dengan kebun raya dan juga istana kepresidenan ternyata juga memiliki banyak potensi lain yang menarik seperti panorama alam dan juga aneka kuliner khas sunda.

Para warga Jakarta dan sekitarnya dengan mudah menuju kota Bogor karena aksesnya yang mudah melalui jalan tol Jagorawi ini juga termasuk yang menjadi alasan kenapa kota Bogor selalu ramai dikunjungi wisatawan. Terlebih jika waktu libur telah tiba maka sudah bisa dipastikan kota Bogor akan dipadati oleh para wisatawan, mereka mempunyai tujuan yang banyak untuk dapat menghabiskan waktu liburan diantaranya yang tetap menjadi primadonanya adalah kawasan Puncak dan sekitarnya.

Untuk mengetahui potensi apa saja yang terdapat di kota Bogor ini, pada kesempatan kali ini saya akan coba mengulas tentang kota ini. Bertujuan untuk dapat menambah pengetahuan anda yang ingin berkunjung ke kota Bogor. Berikut ulasan tentang tempat wisata di Bogor dan kuliner di Bogor

Tempat Wisata Di Bogor dan Kuliner Di Bogor


Tempat Wisata Bogor
ikon tugu kujang khas kota Bogor

WISATA DI BOGOR

1. Situ Gede
terletak dikawasan hutan penelitian Departemen Kehutanan RI, danau ini memiliki suasana yang sejuk dan juga hutan hujan yang sangat lebat. Dimana ditempat ini anda bisa bermain sepeda air, memancing dan juga berjalan santai menyusuri hutan disekitar danau. Situ Gede memang telah banyak menarik para wisatawan bahkan dikarenakan keindahannya tempat ini sering dijadikan lokasi syuting pembuatan film atau sinetron.

Tempat Wisata Bogor
suasana situ gede

2. Telaga Warna
berada di kawasan Puncak tepatnya di Desa Tugu, Cisarua menawarkan pada anda yang ingin merasakan suasana lain kota Bogor. Telaga Warna memiliki air yang sangat tenan, suasana hutan yang rindang dan juga anda dapat sedikit bercengkrama dengan monyet liar penghuni hutan disekitar telaga. Bagi anda yang mempunyai hobi fotography maka anda wajib memasukan Telaga Warna dalam list tempat wisata liburan anda karena kecantikan warna air dapat anda abadikan dalam foto.

Tempat Wisata Bogor
sejuknya telaga warna

3. Kebun Buah Warso Farm
kebun buah yang satu ini milik seorang pensiunan TNI bernama Soewarso Pawaka, nuansa dan dekorasi di sebagian tempat sangat terasa kental dengan berbau TNI. Di Warso Farm merupakan surganya bagi anda pecinta buah durian, memang buah durian merupakan andalan yang dimiliki oleh Warso Farm. Kebun ini berlokasi di Jalan K.H. Halimi, Cipelang Cijeruk.

Tempat Wisata Bogor
keluarga saya saat warso farm

Anda bisa membeli buah durian yang disediakan kios dekat pintu masuk Warso Farm, kemudian buah durian yang anda telah dibeli dapat anda bawa kerea perkebunan dan sambil bersantai bisa anda santap bersama seluruh anggota keluarga. Sungguh pengalam yang mengasikkan dapat berkumpul bersama keluarga sambil bermain diperkebunan. Tempat argowisata ini mempunyai area yang lumayan luas terdiri dari kebun durian, kebun jambu monyet, kebun nangka, kebun rambutan dan kebun buah naga.

4. Air Terjun Bidadari
berada di Sentul Paradise Park tepatnya di Desa Bojongkoneng, memiliki tinggi air terjun kurang lebih hingga 75 meter dengan debit air yang jatuh cukup deras. Jika anda berdiri di sekitar air terjun maka sangat terasa sekali kesegaran dari embun-embun air yang terbawa oleh angin lembut. Air yang berlimpah dimanfaatkan oleh pihak pengelola untuk membuat kolam-kolam pemandian agar para wisata bisa bermain dan berendam merasakan kesegaran air terjun ini. Kolam yang disediakan antara lain wave pool, kolam arus dan lazy pool untuk anak-anak.

Tempat Wisata Bogor
serunya air terjun bidadari

5. Danau Lido
untuk menemukan danau ini tidak sulit karena letaknya di Jalan Sukabumi tepatnya di Desa Wates Jaya, Cijeruk. Di danau ini anda dapat bersantai dan bercengkrama dengan anggota keluarga sambil bermain beberapa wahana air seperti sepeda air, perahu tradisional dan juga speedboat. Suasana sepi dan nyaman menjadi daya tarik Danau Lido, jika anda ingin merasakan langsung suasananya silakan datang langsung ketempat ini.

Tempat Wisata Bogor
danau lido

6. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
bagi anda yang gemar dengan kegiatan alam dapat coba datang langsung ke kawasan taman nasional ini. Dimana di tempat wisata ini anda dapat tracking, berkemah serta melihat langsung flora dan fauna liar yang terdapat di kawasan ini. Ragam flora khas pegunungan di taman nasional ini sekitar kurang lebih 200 spesies anggrek, 150 spesies tumbuhan paku-pakuan dan 870 spesies tumbungan bunga.

Serta anda dapat mengunjungi sebuah tempat bernama surya kencana untuk dapat melihat hamparan tanaman bunga edelwies yang sangat populer dikalangan pencinta alam. Untuk hewan atau fauna Taman Nasional ini tercatat memiliki aneka jenis binatang yang beragam seperti Anjing Ajag (Cuon Alpinus), Lutung Surili (Presbytis Comata), Owa Jawa (Hylobates Moloch), Macan Tutul (Panthera Paradus) serta aneka burung-burung. Kamu juga dapat membaca Pendakian Gunung Gede via Jalur Cibodas.

Tempat Wisata Bogor
bunga edelweis

7. Curug Ngumpet
sesuai dengan namanya memang anda harus sedikit berjuang menuju air terjun ini. Curug Ngumpet berada di kawasan Gunung Salak, Pamijahan Bogor. Secara sepintas air terjun ini seperti tersembunyi diantara tebing-tebing tinggi. Namun jika anda sampai di curug ini maka anda tidak ingin kembali karena suasananya yang sejuk dan juga hening membuat seolah-olah hanya anda yang berdiri didepan air terjun ini. Sebelum lanjut kamu juga dapat membaca Wisata Curug Putri Kencana Sentul.

Tempat Wisata Bogor
suasana curug ngumpet

8. Curug Pangeran
berada tidak jauh dari Curug  Ngumpet merupakan bukti bahwa Bogor masuk sebagai salah satu daerah pegunungan yang memiliki banyak air terjun. Curug Pangeran merupakan air terjun dengan karakteristik sekitar curug terdiri dari kolam-kolam yang terbuat dari batu-batu besar alami. Sehingga anda dapat aman bermain dan berendam merasakan segarnya air terjun ini. Kamu juga dapat membaca Wisata Curug Leuwi Hejo.

Tempat Wisata Bogor
curug pangeran

9. Curug Seribu
berada dikawasan Gunung Bunder atau Gunung Salak Endah, sudah sejak dulu air terjun ini terkenal untuk daerah Bogor dan sekitarnya. Ditempat ini banyak terdapat bumi perkemahan bagi anda penyuka kegiatan outdor. Curug Seribu memang bukan air terjun yang dikhususkan untuk digunakan berendam karena dikolam bawah air terjun ini terdapat pusaran air yang siap menarik siapa saja yang berenang disekitar air terjun ini.

Oleh karena itu tempat wisata ini sering memakan korban yang masih saja bandel untuk berenang padahal di sekitar curug sudah diberi tali dan juga tanda-tanda dilarang keras untuk berenang. Bahkan sempat pada tahun 2012 tempat ini sempat ditutup karena memakan korban kembali, namun setelah suasana kondusif maka curug dibuka kembali dan dilakukan beberapa perbaikan diberbagai sektor. Saat ini para warga sekitar ikut menjaga area ini dan siap menegur keras terhadap wisatawan yang bandel dan nekat berenang di curug, dikarenakan jika terjadi lagi insiden maka tempat ini terancam akan ditutup oleh pemerintah setempat. Kamu juga dapat membaca Wisata Curug Hordeng, Sentul Bogor.

Tempat Wisata Bogor
curug seribu
Tempat Wisata Bogor
menuju curug seribu

Tempat Wisata Bogor
buka hemmock di curug seribu
10. Curug Cigamea
berada dekat dengan Desa Cibatok yang merupakan pintu masuk menuju Taman Nasional Gunung Haimun Salak. Curug ini terkenal dikalangan para pencinta alam, dimana anda dapat sekedar duduk bersantai sambil melihat air terjun ini atau bermain air sambil melepas lelah karena anda harus berjalan sekitar 700 meter sebelum air terjun ini.

Tempat Wisata Bogor
curug cigamea

11. Bumi Perkemahan Sukamantri
jika anda sudah merasa penat dengan hiruk pikuk Ibu Kota Jakarta, maka anda harus mencoba datang ke tempat wisata ini. Dimana Bumi Perkemahan Sukamantri menawarkan suasana sejuk dan hening jika anda datang ketempat ini, banyak kegiatan yang anda dapat lakukan diantaranya camping atau berkemah, outbond serta menimkati kawasan hutan sambil bersepeda santai. Tempat ini berlokasi di Taman sari Bogor, jika anda berkendara dari Bogor anda kearah Ciapus saja. Fasilitas yang diberikan tempat ini sudah lengkap seperti sudah ada fasilitas mck yang tersebar banyak, sudah banyak sumber mata air dan juga sudah ada warung yang siap memberikan segala kebutuhan anda selama disini.

Tempat Wisata Bogor
berkemah di Sukamantri

12. The Jungle Waterpark
sejak diresmikan pada tanggal 16 Desember 2007 tempat wisata ini banyak menarik wisatawan, karena sambil menikmati cuaca khas Bogor yang sejuk anda sekeluarga dapat bermain aneka wahana air. Selain wahana air The Jungle juga memberikan fasilitas lain seperti Bird Park, Flying Fox, Arena Gokart, The Biggest Aquarium, The Ghost House dan 4D Cinema. Lokasi tempat ini berada di kawasan Perumahan Bogor Nirwana Residence (BNR) dengan latar belakan Gunung Halimun Salak.

Tempat Wisata Bogor
kolam rekreasi The Jungle

sebelum lanjut anda bisa membaca juga Wisata Bukit Alesano dan tempat-tempat wisata di bali atau liburan terbaik di bali

WISATA KULINER

1. Bir Kocok
berbeda dengan namanya minuman khas Bogor ini tidak sama sekali mengandung alkohol. Minuman yang terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis dan gula aren. Minuman ini disebut Bir Kocok karena proses pembuatannya dikocok hingga berbuih dan berbusa seperti minuman beralkohol dan kemudian disajikan dengan es batu. Bir Kocok bisa anda dapatkan di Gang Aut Suryakencana.

Tempat Wisata Bogor
minuman bir kocok

2. Asinan Jagung Bakar
tempat kuliner yang mempunyai menu andalan yaitu jagung manis bakar yang kemudian dicampur dengan air cuka, cabai dan juga gula pasir. Sehingga terciptalah sebuah rasa manis dan asam tercampur menjadi satu. Tempat ini berlokasi di Gang Aut, di Jalan Surya Kencana dengan punya jam buka 09.30 hingga 16.30 WIB setiap harinya.

Pizza Kayu Bakar Kedai Kita
cicipi asinan jagung bakar

3. Pizza Kayu Bakar Kedai Kita
beralamatkan di Jalan Pangrango no. 21 ini memang tempat makan yang sudah cukup terkenal. Tempat ini menawarkan wisata kuliner yang unik karena menyajikan menu Pizza Kayu Bakar, dimana karena dibakar menggunakan kayu dalam sebuah tunggu maka pizza di Kedai Kita memberikan rasa pizza yang gurih dan lezat untuk anda.

Tempat Wisata Bogor
menu pizza unggulan

4. Macaroni Panggang
wisata kuliner selanjutnya adalah tempat yang kami rekomendasikan di Jalan Salak no. 24, Babakan. Macaroni panggang ditempat ini mempunyai rasa yang khas dan juga crunchy sehingga banyak para pelanggannya selalu datang kembali jika sedang berada di Bogor.

Tempat Wisata Bogor
macaroni panggang yang aling direkomendedkan di Bogor

5. Death by Chocolate & Spaghetti
sebuah tempat makan di Bogor dengan menu andalah berupa coklat dan juga spaghetti, selain itu tempat ini juga mempunyai desain yang unik dengan mengusung tema-tema seram agar sesuai dengan nama tempat ini. Jika anda ingin mencoba langsung makan ditempat ini, silakan langsung menuju Jalan Ciremai no. 22.

Tempat Wisata Bogor
cobalah kelezatan cokelat disetiap gigitan

6. Pia Apple Pie
adalah tempat wisata kuliner yang sayang jika anda lewatkan. Beralamatkan di Jalan Pangrango no. 10, tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan terlebih lagi jika weekend datang. Ditempat ini anda dapat mencoba berbagai rasa varian dari pie dan juga pie yang berbentuk hati, sangat cocok sebagai oleh-oleh untuk orang-orang tersayang.

Tempat Wisata Bogor
pie apple

7. Lasagna Gulung
merupaka tempat yang masih sama pemiliknya dengan Macaroni Panggang, oleh sebab itu lokasinya berada persis disamping Macaroni Panggang. Lasagna ini masih masuk dalam keluarga pasta, dengan cara masak di gulung menggunakan keju, saus susu dan juga saus tomat khas sehingga rasanya tidak diragukan lagi.

Tempat Wisata Bogor
menu lasagna gulung yang menjadi unggulan

8. Bapatong
tempat wisata ini mempunyai menu kuliner khas Bogor yang banyak di buru oleh orang. Sebenarnya nama Bapatong ini adalah sebuah singkatan dari Bakso Ketupat Gentong dan berbeda dengan bakso pada umumnya bakso ini berbentuk kotak seperti dadu yang terbuat dari iga sapi serta potongan ketupat berbentuk dadu.

Tempat Wisata Bogor
bapatong

9. Cungkring
maksudnya bukan seperti tubuh yang kurus kering dan tinggi, tetapi Cungkring yang dimaksud adalah sebuah kuliner khas Bogor yang terbuat dari kepala sapi dan kikil yang dimasak dengan campuran bumbu kuning yang khas. Kemudian ditambahkan dengan bumbu kacang dan lontong. Bila anda ingin mencoba kuliner yang satu ini, anda dapat langsung menuju Jalan Suryakencana namun lebih baik anda datang sekitar pukul 7 pagi karena biasanya di jam 9 pagi Cungkring sudah habis terjual.

Tempat Wisata Bogor
cungkring

10. Momo Milk Barn Cafe
bertempat di Jalan Kantor Pos Baranangsiang no. 6 ini menawarkan konsep tempat yang sangat nyaman sehingga anda dapat berkumpul bersama keluarga ataupun para sahabat sambil menikmati berbagai varian rasa susu yang segar. Jangan khawatir mengenai harga karena anda dapat menikmati aneka susu dengan harga kisaran Rp. 5000 sampai dengan Rp. 30.000 saja.

Tempat Wisata Bogor
nikmati aneka varian rasa susu

11. Rumah Cup Cake
bagi anda yang suka dengan kuliner yang manis anda wajib  datang ke tempat ini, karena di tempat ini anda dapat mencoba aneka cupcake dengan berbagai varian rasa serta tampilannya yang unik dan juga lucu-lucu. Di tempat ini juga menerima pesanan kue ulang tahun, jika anda ingin datang ketempat ini bisa datang ke Jalan Artzimar no. 14 Bantarjati.

Tempat Wisata Bogor
aneka cup cake

12. Mimi Cucu
bertempat di Jalan Lodya atau dekat Hotel Amaris di Jalan Padjajaran. Kedai unik ini masuk dalam salah satu tempat nongkrong untuk anak-anak muda di Bogor. Tempatnya yang berdesain unik serta menyajikan minum dengan menggunakan dot dan botol bayi dengan ukuran agak besar.

Tempat Wisata Bogor
salah satu kreasi unik dalam mengemas makanan dan minuman

sebelum lanjut anda juga dapat membaca wisata kuliner bandung atau makanan khas bandung

13. Warung Gumbira
berlokasi di Jalan Pangrango 1 dekat dengan Taman Kencana, karena ditempat ini memiliki nuansa yang nyaman dan juga desain tempat yang sengaja dibuat agar para pelanggan merasa seperti dirumah sendiri. Selain makanan dan minuma yang enak tempat ini menyajikan fasilitas internet yang cepat sehingga kebanyakan yang datang kesini adalah mahasiswa dan juga para pelajar.

Tempat Wisata Bogor
memiliki konsep unik yang sangat nyaman

14. Lemograss
tempat yang satu ini menawarkan nuansa nyaman dan desain tempat yang menyerupai cafe di Bali. tempat ini mempunyai tagline Mordern Kopitiam atau dalam bahasa melayu bermakna warung kopi. Selain kopi ditempat ini pun mensajikan aneka kuliner khas Sunda dan juga masakan ala Westren.

Tempat Wisata Bogor
lemograss

15. Waroeng Taman
berlokasi di Jalan Taman Kencana 1 ini berkonsep membuat anda merasakan makan di taman yang sangat hijau dan ditumbuhi aneka bunga. Dengan didesian semi indoor yaitu dengan disain memiliki atap namun tidak memiliki dinding sehingga cuaca khas Bogar dapat terasa sekali disini. Sebelum lanjut kamu juga dapat membaca Wisata Suaka Elang Loji, Bogor.

Tempat Wisata Bogor
waroeng taman yang selalu ramai pengunjung

16. Nicole's Kitchen & Lounge
berada dikawasan Puncak Cipanas, tempat ini memiliki dekorasi berwarna putih cerah dan interior yang unik menciptakan suasana yang nyaman dan enak untuk lama-lama ngebrol ditempat ini. Sebagai saran jika anda ingin ketempat ini akan lebih berkesan saat malam hari, karena dekorasi pencahayaan yang baik dan juga sambil menyaksikan live music.

Tempat Wisata Bogor
tempat asik yang dekat dengan puncak

17. Two Story
merupakan cafe yang terletak di Jalan Pajajaran Indah V no. 7 tempat ini memiliki 2 lantai dengan dekorasi yang keren sehingga banyak anak muda di Bogor yang senang datang ketempat ini. Two Story selain menawarkan tempat yang nyaman dan juga keren, tempat ini menyajikan makanan yang enak mulai aneka kuliner Indonesia hingga masakan westren.

Tempat Wisata Bogor
tempat favorite bagi remaja Bogor

18. Tier Siera Resto & Lounge
terletak di Jalan Ahmad Yani no. 48 ini anda dapat menikmati makanan dengan nuansa panorama pegunungan. Tempat ini memiliki menu yang direkomedasikan yaitu cemilan berupa donat kampung dan juga steak sebagai makanan beratnya.

Tempat Wisata Bogor
menikmati hidangan dengan udara yang sejuk

19. Cafe Gumati
tempat dengan konsep romantis ini terletak di Jalan Paledang no. 26-28 memiliki desain yang sangat bagus dan sangat cocok bila anda datang bersama sahabat atupun pasangan anda. Sekidit tips untuk anda, jika ingin datang ke Cafe Gumati lebih bagus saat malam hari karena tempat ini dihiasi lampu-lampu yang akan menambah suasana menjadi lebih syahdu.

Tempat Wisata Bogor
suasana caffe gumat

20. Monarchy Bistro
berlokasi yang dekat dengan Two Story tepatnya di Jalan Pajajaran V no. 37 ini memiliki menu andalan aneka masakan ala barat dan juga desain tempat yang keren membuat tempat ini selalu ramai pengunjung. Bahkan anda harus memesan reservasi terlebih dahulu jika tidak ingin menunggu atau masuk dalam waiting list. Dibangun dengan konsep minimalis dan juga mempunyai interior dindingnya banyak dihiasi dengan mural yang didominasi warna hitam dan putih. Monarchy Bistro mempunyai tempat yang luas terdiri dari area indoor dan outdoor, sangat pas untuk menikmati suasana malam kota Bogor.

Tempat Wisata Bogor
interior yang unik

Bogor memang kota yang banyak mempunyai potensi diberbagai sektor, selain memiliki beberapa universitas yang memadai dan wisata alamnya yang beragam serta aneka wisata kuliner yang banyak bisa anda didapatkan. Jika anda berasal dari jakarta anda bisa menuju kota ini melalui tol dengan jarak tempuh sekitar 60 Km dengan prediksi waktu sekita 30 menit (terkecuali saat macet).

Demikian sedikit info tempat wisata di bogor dan kuliner di bogor yang bisa saya sampaikan.  Mudah-mudah dapat berguna untuk anda lebih mengenal kota ini dan bisa dijadikan referensi sebelum anda berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel