Wisata Bukit Alesano | Tempat Wisata Bumi Perkemahan Di Bogor

Bukit Alesano merupakan salah satu tempat wisata alam di Bogor yang patut untuk dimasukkan dalam list liburan, terlebih bila kamu adalah seorang yang gemar dengan kegiatan outdoor. Dengan menawarkan pengalaman seru melihat panorama alam dan kelap kelip lampu kota Bogor dan sekitarnya, menambah indah suasana malam kamu.

Seperti yang telah banyak diketahui, bahwasanya sudah banyak terdapat tempat kemah di Bogor sebagai contohnya Sukamatri ataupun Penangkaran Rusa Cariu. Menawarkan pada kamu yang sedang merindukan suasana alam ataupun pegunungan, namun tak punya banyak waktu bilamana diharuskan melakukan pendakian gunung terlebih dahulu. Ya, sekedar menyalurkan rasa rindu tersebut, saya rasa berkemah menjadi jawaban paling logis yang dapat dilakukan. Tak dapat dipungkiri, bahwasanya banyak orang berpendapat bila mendaki gunung memerlukan stamina tubuh yang prima, karena memang sangat menguras tenaga guna dapat mencapai puncak. Mungkin kamu setuju bukan dengan fakta tersebut? sama seperti halnya saya pun demikian. Oleh karena itulah, nilai plus dari kegiatan berkemah adalah kamu dapat menyalurkan hobi outdoor dengan merasakan suasana yang beratapkan langit malam bertaburan bintang, tanpa harus susah payah untuk mendaki terlebih dahulu.

Kota Bogor memang terkenal dengan suasana sejuk dengan panorama alam pegunung dan perbukitan yang menambah kekayaan alam khas kota yang berlogonya tugu kujang ini. Sejuta potensi dapat dikembangkan menjadi pilihan destinasi tempat wisata, jikalau dapat dikelola dengan baik. Tentu saja hal tersebut dapat berpampak positif terhadap pendapatan daerah atauppun income perkapita masyakarat sekitar. Namun guna mewujudkan hal tersebut haruslah didukung dari pihak pemerintah setempat dan juga pihak pengembang ataupun para investor. Seperti contohnya bukit alesano, mungkin sebagian dari kamu masih cukup asing bukan mendengar namanya? ya, terang saja pasalnya tempat kemah ini belum lama dibuka untuk umum. Menawarkan pemandangan kota Bogor dari atas bukit dan juga view puncak gunung gede pangrango tepat langsung berhadapan menambah kian eksotis. Sungguh cantik bukan? penasaran keseruan apa saja yang didapat pada bukit alesano, simak dalam konten artikel saya kali ini.

Pada siang hari ini, mencoba memaparkan secara detail pengalaman saya perihal wisata bukit alesano atau tempat wisata bumi perkemahan di Bogor. Semoga kiranya dapat berguna dan dijadikan sumber referensi bagi kamu ataupun para pembaca budiman lainnya, tentang berbagai info tempat pariwisata alternatif.
Bukit Alesano
berkemah di bukit alesano
Tepat tanggal 10/09/2016, saya mencoba mengexplore kecantikan pesona dari tempat wisata di Bogor lainnya. Seperti yang telah banyak diketahui, untuk tempat berkemah nama besar bumi perkemahan Cibubur sudah tak perlu diragukan lagi, mengingat segala sarana dan fasilitas sudah lengkap siap untuk memanjakan para wisatawan yang datang. Namun berbeda kali ini, saya mencoba untuk mereview bumi perkemahan bukit alesano, yang sedang terus berkembang dan naik daun saat ini. Namanya mulai diperbincangkan oleh para komunitas pencita alam yang gemar mencari tempat wisata baru untuk menyalurkan hasrat akan kegiatan outdoor.

Bukit Alesano terletak di Cipelang, Cijeruk, Bogor atau tepatnya berdekatan dengan Balai Embrio Ternak (BET), Kampung Pasir. Bila kamu berdomisi di kota Jakarta atau Bogor sekitarnya seperti saya, kamu dapat mengarahkan kendaraan kamu untuk menuju kearah Stasiun Kereta Api Batu Tulis, Bogor. Setelah itu ikuti jalan dan tak jauh kamu akan menemukan percahan jalur, ambil arah kanan yang terdapat jembatan besar. Kemudian ikuti saja jalannya hingga kamu akan melewati tempat argowisata Warso Farm. Dari tempat wisata tersebut, kamu bisa gunakan sebagai acuan dan berarti perjalanan kamu sudah hampir sampai. Tak jauh dari Warso Farm, terdapat pecahan jalan kembali yang terdapat sebuah plang kecil di sisi kiri jalan yang bertulisakan Balai Ternak Embrio, setelah menemukan plang tersebut, kamu dapat arahkan kendaraan kamu kekanan untuk menuju tempat tersebut. Ikuti jalan tersebut dan tak begitu jauh kamu akan menemukan sebuah jembatan yang terdapat sebuah plang besar Balai Ternak Embrio. Setelah menemukannya kamu dapat belok kiri di jembatan tersebut dan terus naik melewati beberapa portal dijalan teruslah menuju atas hingga bertemu dengan gapura besar pintu masuk Balai Ternak Embrio. Kondisi jalan pada titik ini sangatlah rusak, terdapat beberapa jalan yang sudah hancur dan digantikan dengan krikil ataupun bebatuan. Sebelum gapura tersebut terdapat sebuah jalan ke kiri dan kamu dapat mengikuti jalan tersebut, maka sampailah kamu di Bukit Alesano Campground. Memang untuk menuju bukit alesano belum terdapat rute jalan, tetapi kamu tak perlu khawatir, kamu dapat menanyakan pada warga sekitar untuk menuju Balai Ternak Embrio dan Bukit Alesano. Dari gapura tersebut akses jalan terkesan seadanya dan papan petunjuk pun masih sangat jarang. Ya, semua itu memang bisa dimaklumkan pasalnya sejauh ini bukit alesano hanya dikelola dengan usaha dan biaya swadaya dari masyarakat yang ingin memberikan sebuah pilihan tempat wisata baru untuk para wisatawan.

Bukit Alesano
menuju bukit alesano
Bukit Alesano
plang kecil dari BET sisi kiri jalan

Bukit Alesano
persimpangan jalan di sisi kanan dari plang kecil tersebut

Bukit Alesano
plang yang kedua di jembatan belok kiri ke atas


Bukit Alesano
portal dijalan dan terus naik ke atas
Bukit Alesano
kondisi jalan yang rusak
Bukit Alesano
ada pecahan jalan ambil sebelah kiri sebelum Gapura pintu masuk BET

Bukit Alesano
setelah pecahan tersebut jalan akan berubah kecil

Bukit Alesano
cukup untuk satu mobil

 
*Tips 
Jika menuju Bukit Alesano, kamu dapat juga menggunakan kendaraan roda empat, namun pilihlah jenis kendaraan yang cukup tinggi (jangan jenis sedan).

Setibanya ditempat parkir, kamu dapat memarkirkan kendaraan kamu dan mulai registrasi di sebuah pos. Kamu akan didata sesuai dengan jumlah rombongan kamu dan juga kendaraan, kemudian akan dikenakan biaya retribusi sebagai tiket masuk sekitar Rp. 10.000/orang dan tiket parkir Rp. 10.000/motor. Setelah rampung melakukan proses registrasi, kamu sudah bisa berjalan kaki sekitar 200 meter untuk menuju arena camping ground. Arena camping ground tersebut bertentuk bukit-bukit sehingga mengharuskan kamu memilih sendiri space mana yang akan digunakan untuk mendirikan tenda. Tak perlu khawatir dengan problem mck, karena bukit alesano sudah dilengkapi dengan fasilitas wc yang cukup nyaman. Untuk air bersih, kamu dapat menggunakan air dari atas gunung yang disambungkan dengan pipa peralon sepanjang area camping. Kamu hanya cukup tarik sambungan pipa peralon tersebut untuk mendapatkan air bersih. Cukup simple bukan?

Bukit Alesano
menuju area camping ground
Menikmati pemandangan kota Bogor dari atas bukit, memberikan pengalaman dengan cara lain untuk melihat kecantikan kota ini. Kelap kelip lampu kota, seakan bercampur padu dengan taburan bintang dilangit nan jauh diatas. Berkemah dan bercanda gurau bersama kerabat dan teman dekat, rasanya sangat pas untuk sekedar merefresh pikiran dari segudang penat dan juga rutinitas sehari-hari. Memasak logistik dan bermain kartu ataupun bernyanyi dengan diiringi suara gitar kian menambah seru kualitas malam berkumpul kali ini.

Bukit Alesano
kelap kelip kota Bogor
Bukit Alesano
masak yuk

Bukit Alesano
ngumpul deh biar anget
Tak terasa pagi mulai menjelang, sang surya pun mulai muncul dari peraduannya. Secercah sinar muncul dari ufuk timur, tepat disamping paras gagah dari puncak gede dan puncak pangrango yang seakan menyiapkan diri untuk menyambut hari ini. Embun pagi pun perlahan berganti dengan panas pagi yang segar menyentuh kulit, menambah semangat baru. Berfoto atauppun berselfie ria, rasanya menjadi hal wajib untuk mengabadikan moment ini.

Bukit Alesano
sinar pagi disamping puncak gede
Bukit Alesano
selamat pagi
Biasanya untuk dapat berkemah di bukit alesano, kamu diberikan waktu hingga pukul 11.00 siang. Pertama saya agak tak terima dengan pernyataan tersebut, namun lucunya setelah pagi berganti siang hari, barulah saya paham mengapa hal tersebut dilakukan. Pasalnya jika siang hari tiba, cuaca akan berubah menjadi panas dan itu sedikit membuat tidak nyaman bila berada berlama-lama disana. Matahari sudah lumayan tinggi, maka sudah waktunya untuk bersiap melangkah pulang.

Bukit Alesano
sarapan dulu biar gak pingsan

Bukit Alesano
good moment, good place and good coffee
Bukit Alesano
foto dulu
Sebuah intisari dari moment menghabiskan waktu bersama di bukit alesano adalah bersenang-senang dengan mengexpresikan diri dan luapkan segala emosi, yang terkadang terkekang oleh batasan-batasan dari rutinitas keseharian. Dengan gaya hidup di kota metropolitan inj, terkadang menimbulkan kebingungan dan ketidak nyamanan atas sesuatu, entah mungkin kebutuhan hidup ataupun problematika yang cukup sering mewarnai kehidupan sehari-hari. Moment berkumpul dengan teman atau sahabat, dirasakan hal paling bijak untuk dapat berbagi keluh kesah dan mendapatkan motifasi kembali untuk tetap melangkah maju, itulah yang menjadi point penting. Selalu mengingat, bersyukur terhadap kebesaran Tuhan dan berpegang teguh terhadap agama adalah hal wajib yang dilakukan agar dapat merasa tenang untuk melangkah di dunia ini. Apa mungkin itu yang disebut Keyakinan Iman? ataukah itu adalah Kedamaian? apapun itu, jika berbicara filsafat religi tentulah bersifat abstrak dan saya bukan pakarnya, oleh karena itu dikembalikan lagi terdahap setiap pribadi yang menjalankannya.

Kamu dapat membaca juga Pendakian Gunung Gede

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal wisata bukit alesano atau tempat wisata bumi perkemahan di Bogor. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu dan menambah wawasan bagi kamu ataupun para pembaca budiman lainnya, tentang berbagai info tempat pariwisata yang ada di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel