Wisata Bogor Penangkaran Rusa Cariu Agata

Wisata Bogor atau Penangkaran Rusa Cariu Agata, merupakan sebuah penangkaran rusa yang terletak tepatnya di Jonggol, Bogor. Wisata ini dapat menjadi wisata alternatif bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang sudah merasa bosan dengan destinasi wisata seperti Puncak, Bogor atau sekitarnya.

Beberapa waktu lalu saya telah mencoba mengulas tempat wisata serta kuliner terbaik di Bogor, maka dalam kesempatan kali ini saya mencoba kembali mengangkat potensi wisata lainnya yang masih berada di sekitar Bogor. Penangkaran Rusa Cariu Agata, merupakan alternatif wisata yang sangat cocok bagi anda dan kelurga yang ingin merasakan suasana sejuk sambil bermain dengan para rusa. Tentu hal tersebut sangat mengasikkan sekali. Sebelum lanjut kamu juga dapat membaca wisata gunung tertinggi di Pulau Dewata.

Pada siang hari ini saya mencoba mengulas pengalaman pribadi, perihal wisata bogor Penangkaran Rusa Cariu Agata. Semoga dapat membantu anda untuk menambah wawasan tentang destinasi alternatif di sekitar Bogor.

Wisata Bogor Penangkaran Rusa Cariu Agata

Penangkaran Rusa Cariu
rusa jantan

Penangkaran Rusa Cariu Agata terletak tepatnya di daerah Jonggol. Merasa sangat familiar dengan Jonggol? yaa, memang beberapa waktu lalu sebuah stasiun televisi lokal menayangkan sebuah sinetron yang sempat hits. Soundtrack sinetron tersebut yang menggunakan sepenggal kata "di Jonggol..". Sehingga membuat nama daerah tersebut kian dikenal masyarakat luas.

Untuk menuju penangkaran rusa tersebut bila anda berdomisili Jakarta dan sekitarnya, maka anda dapat melewati rute Cibubur-Mekarsari-Jonggol-Tamansari-Cariu. Kalau kamu lewati jalan tol kamu bisa keluar di pintu tol Cikeas. Kemudian bila anda berada di Bogor dan sekitarnya anda dapat melewati rute Puncak-Cianjur-Cariu.

Penangkaran rusa ini terbilang memang masih baru maka tak heran jika dikatakan masih tergolong sepi pengunjung. Namun fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola sudah cukup lengkap mulai dari kamar mandi, warung-warung makanan hingga arena camping. Untuk dapat masuk ke Penangkaran Rusa Cariu Agata kamu akan dikenakan biaya tiket sekitar Rp. 5000/orang. Sebelum masuk ada baiknya kamu membeli beberapa makanan berupa ubi-ubian, yang nantinya akan diberikan pada rusa-rusa. Harga makanan rusa tersebut sekitar Rp. 10.000/ember. Cukup ekonommis bukan? (harga update 30/05/2016).

Setelah kamu membayar tiket masuk, maka kamu akan melewati jembatan gantung terbuat dari bambu sekitar sepanjang 25 meter untuk masuk kedalam hutan. Lalu kamu akan sedikit berjalan menanjak sekitar 200-250 meter untuk menuju penangkaran.


Penangkaran Rusa Cariu
jembata gantung
Penangkaran Rusa Cariu
foto-foto dulu
Jika telah melewatinya, maka kamu akan langsung menemukan pintu masuk penangkaran dan kamu langsung melihat jembatan yang terhubung ujungnya dengan tangga untuk turun ke area penangkaran. Penangkaran ini berbentuk padang savana yang cukup luas dan dikelilingi hutan. Sehingga tak heran cuaca di daerah ini sangat sejuk dan cukup tenang.
Penangkaran Rusa Cariu
diambil dekat jembatan masuk

Penangkaran Rusa Cariu
rusa jantan dari kejauhan
Setelah menuruni tangga tersebut kamu tak dapat langsung bertemu para kawanan rusa. Karena biasanya para rusa bersembunyi dibalik pepohonan dihutan. Oleh karena itu kamu harus memanggil para rusa tersebut dengan bunyi-bunyian, contohnya seperti "cek-cek" agar para rusa datang menghampiri kamu. Selain rusa di penagkaran ini juga terdapat fauna lainnya seperti kancil, trenggiling dan beberapa jenis burung.



Penangkaran Rusa Cariu
 informasi aneka flora
Penangkaran Rusa Cariu
informasi aneka flora
Setelah para rusa datang, jangan lupa untuk memberikan ubi yang telah kamu beli sebelumnya. Kamu dapat merasakan berada sangat dekat dengan para rusa, tak perlu khawatir meski para rusa jantan memiliki tanduk yang sangat tinggi namun para hewan ini terbilang jinak. Jika kamu ingin mengunjungi Penangkaran Rusa Cariu Agata, jangan lupa untuk membawa kamera. Karena kamu dapat mengabadikan seiap moment dengan hasil foto yang sangat indah.

Penangkaran Rusa Cariu
rusanya jinak banget
Penangkaran Rusa Cariu
langsung dihampiri rusa
Penangkaran Rusa Cariu
memberi makan
Tak hanya dapat bermain dengan kawanan rusa, kamu juga dapat bermain hammock untuk menikmati suasana savana yang sangat hijau dan asri atau sekedar duduk-duduk santai sambil memperhatikan para rusa. Mengenai makanan dan minuman, kamu dapat membeli diwarung yang telah disediakan pihak pengelola. Warung tersebut hanya terdapat di depan pintu masuk utama dan pintu masuk penangkaran saja.
Penangkaran Rusa Cariu
berselfie ria
Penangkaran Rusa Cariu
bersama rusa
Penangkaran Rusa Cariu
bersantai dengan alam
Bahagia itu tak perlu mengeluarkan banyak biaya, contohnya dengan kamu berlibur bersama keluarga mengunjungi Penangkaran Rusa Cariu Agata kamu sudah mendapatkan paket kebahagian lengkap. Dimana kamu dapat mengenalkan hewan rusa pada putra atau putri anda. Lalu bercengkrama dengan hewan tersebut dan dapat bersantai dengan suasana yang sagat asri. Tentu hal tersebut mampu menyegarkan pikiran yang penat oleh rutinitas sehari-hari.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal wisata Bogor Penangkara Rusa Cariu Agata. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan perihal destinasi wisata alternatif di sekitar kawasan Bogor dan sekitarnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel