Tempat Wisata Di Lombok atau Liburan Terbaik Di Pantai Lombok

Tempat Wisata Di Lombok atau Liburan Terbaik Di Pantai Lombok terletak di timur Pulau Bali, pulau ini menjadi banyak perbincangan orang di karenakan banyak potensi alam yang sangat indah di Pulau Lombok. Banyaknya wisatawan berasal dari lokal atupun mancanegara yang ingin berkunjung ke pulau ini, mungkin banyak dari mereka yang sudah sering mendengar Pulau Bali oleh karena itu banyak juga wisatawan yang menyebrang ke pulau ini. 

Dengan memiliki alam yang sangat indah dan juga ramah penduduknya oleh karena itu menjadi Pulau Lombok mulai menjadi destinasi untuk berlibur. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tempat-tempat wisata yang berada di Pulau Lombok. Berikut artikel tempat wisata di Lombok atau liburan terbaik di Pantai Lombok 

Tempat Wisata Di Lombok atau Liburan Terbaik Di Pantai Lombok

Tempat Wisata Lombok
peta lombok


1. Pantai Sire
berada di Utara Pulau Lombok dan berjarak sekitar 35 Km dari kota Mataram, pantai ini menawarkan keindahan alam pantainya. Memiliki hamparan pasir putih yang halus, air laut yang jernih serta terumbu karang yang masih sangat terjaga menjadikan pantai ini destinasi wajib jika anda berkunjung ke Pulau Lombok. Selain anda bisa bermain di pinggir pantai dan snorkeling, selain itu anda juga dapat merasakan memancing di pantai ini. Anda dapat menyewa perlengkatan alat pancing di sekitar pantai, kemudian juga bila cuaca cerah anda dapat melihat ke elokan Gunung Rinjani disisi kiri pantai ini.

Tempat Wisata Lombok
sunset di pantai sire

2. Pantai Kuta 
terletak di Desa Kuta, Mataram terdapat pantai yang sangat indah dan juga masih sangat asri. Pantai Kuta disebut juga oleh warga sekitar dengan "Pantai Merica" nama tersebut diambil karena Pantai Kuta memiliki pasir sehalus merica. Dikarenakan masih jarang di jamah oleh manusia sehingga pantai ini masih sangat terjaga keasriaanya sangat cocok bila anda mencari pantai yang tenang. Selain itu Pantai Kuta menjadi salah satu tempat berselancar terfavorite karena memiliki ombak yang bersar dan juga bersahabat, selain berselancar anda dapat juga snorkeling, memancing, menyelam dan menunggang kuda di pantai ini. 

Tempat Wisata Lombok
indahnya pantai kuta

3. Pantai Senggigi
pantai yang terletak di bagian Barat Lombok ini sudah mempunyai fasilitas yang cukup memadai seperti hotel, restoran dan bar. Sehingga merupakan pantai dengan tujuan wisata terbanyak di Lombok, selain mempunyai fasilitas yang lengkap pantai ini memiliki suasana pantai yang masih sangat terjaga. Dengan hamparan pasir putih bersih, ombak yang sangat tenang, air jernih sehingga anda dapat melihat dasar pantai serta ikan-ikan kecil tanpa alat bantu. Mempunyai bentang garis pantai yang panjang membuat anda nyaman bersantai, bermain sambil menunggu sunset bahkan jogging di bibir pantai menjadi kegiatan yang digemari di tempat ini. Pantai Senggigi memang merupakan pantai dengan spot untuk melihat terbenamnya matahari terbaik di Pulau Lombok.

Tempat Wisata Lombok
pantai senggigi

4. Pantai Mawun
terletak di Desa Tumpak, Pujut Praya termasuk pantai yang belum terpopuler pantai-pantai lainnya, namun ternyata Pantai Mawun memiliki potensi indah yang wajib diperhitungkan. Berada di bagian teluk yang diapit sisi timur dan barat dengan 2 bukit indah membuat pantai ini menjadi sangat eksotis, memiliki bentang garis pantai berbentuk tapal kuda dan terdapat pasir halus di tengahnya serta di sisi barat terdapat pasir agak kasar serta batu-batu karang menambah kekayaan pantai ini.

Tempat Wisata Lombok
pantai mawun

5. Pantai Tanjung Aan
berada tepat bersebelahan dengan Pantai Kuta Lombok dan Seger Beach, pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan begitu anda menginjakkan kaki di pantai ini langsung butiran pasir yang halus akan menyentuh lembut kaki anda. Pantai Tanjung Aan menjadi pantai yang tepat untuk anda berenang ataupun snorkeling karena memiliki ombak yang sangat tenang. Selain itu terdapat sebuah ayunan kayu di pinggir pantai dimana anda dapat berfoto di ayunan tersebut bersama sahabat ataupun kekasih menambah kesan romantis sekali. 

Tempat Wisata Lombok
suasana dari atas bukit di tanjung aan

Selain itu Pantai Tanjung Aan memiliki sisi lain pantai dengan memiliki sebuah batu karang besar yang memiliki bentuk seperti payung. Untuk ke Batu Payung anda harus berjalan menyusuri pantai kurang lebih 30 menit atau menyebrang menggunakan perahu sekita 15 menit karena letaknya yang berada dibalik bukit.

Tempat Wisata Lombok
ikon batu karang di tanjung aan

6. Pantai Bangko Bangko
terletak di Desa Batu Putih, Sekotong pantai ini berhadapan langsung dengan Nusa Penida Bali yang terlihat samar-samar dari garis pantai ini. Pantai Bangko Bangko memang tidak sepopuler Pantai Senggigi ataupun Kuta Lombok namun pantai ini memiliki reputasi yang cukup perlu diperhitungkan. Dengan pernah dinobatkannya oleh Organisasi Selancar Dunia sebagai nomor 10 ombak terbaik dengan menduduki posisi nomor 6 bahkan mengalahkan ombak-ombak yang ada di Bali. Selain berselancar anda juga dapat berenang ataupun snorkeling serta anda dapat tracking menyusuri hutan-hutan disekitar pantai ini yang memang menjadi tempat konservasi binatang dan juga tumbuhan-tumbuhan langka.

Tempat Wisata Lombok
cobalah gulungan ombak bangko bangko

7. Pink Beach
disebut juga dengan "Pantai Tangsi" terletak di Desa Sekaroh, Jerowawu berdekatan dengan Pantai Tanjung Ringgit. Di karenakan suasana pantai yang masih sepi maka sangat digemari oleh para wisatawan yang mencari pantai dengan ketenangan. Pantai ini memang masih tergolong masih perawan sebab itu jika anda kesini harap membawa sendiri bekal makanan dan juga minuman. Nama "Pink Beach" ini berasal dari pasir yang ada dibibir pantai berwana Pink atau merah jambu yang berasal dari pecahan terumbu karang berwarna merah muda.

Selain anda dapat bersantai disini anda juga dapat bersnorkeling untuk melihat keindahan bawah laut pantai ini namun anda harus membawa sendiri perlengkapannya atau anda dapat menyewa perahu nelayan sekitar untuk membawa anda bersnorkeling di pulau kecil dekat pantai ini. Kemudian anda juga dapat menyusuri goa peninggalan jaman Jepang yang akan menembus melewati bukit dan berujung di pantai kecil dibalik bukit tersebut. 

Tempat Wisata Lombok
eksotisnya pink beach

8. Pantai Seger
terletak berdekatan dengan Pantai Kuta Lombok hanya sekitar 15 menit berkendara saja, Pantai Seger ini terbagi menjadi beberapa bagian yang terpisahkan oleh bukit-bukit yang tidak terlalu tinggi. Di salah satu bagian terdapat sebuah resort serta bagian lain yang terdapat Monumen Putri Mandalika (legenda seorang putri suku sasak dari kerajaan asli Lombok).

Tempat Wisata Lombok
pantai seger

9. Pantai Sekotong 
daerah Sekotong merupakan daerah yang mempunyai keindahan terumbu karang yang masih sangat terjaga. Pantai Sekotong terletak di Kecamatan Sekotong, pantai ini memang menjadi spot untuk diving dimana selain terumbu karangnya dan juga banyak ikan-ikan kecil yang berwarna-warni. Pantai ini dikelilingi dengan bukit-bukit, air laut yang biru dan juga pasir putih yang bersih menjadi paket lengkap yang dapat anda dapatkan ketika mengunjungi pantai ini.

Tempat Wisata Lombok
pantai sekotong

10. Pantai Selong Belanak 
berada di Desa Selong Belanak, Praya Barat, pantai ini memiliki kelebutan pasir yang berbeda dengan pantai lain di Lombok. Dimana saat anda berjalan di pasir pantai ini maka anda akan merasakan pijatan-pijatan lembut di kaki anda. Pantai Selong Belanak ini mempunyai dasar pantai dengan pasir yang landai maka sangat cocok untuk anda bermain dan berenang bersama keluarga.

Tempat Wisata Lombok
suasana pantai selong belanak


11. Pantai Surga
seperti namanya pantai ini adalah salah satu surga yang berada di Lombok, berada di ujung teluk yang diapit oleh 2 tebing disisi kanan dan kiri membuat suasana makin eksotis. Banyak aktifitas yang anda dapat lakukan di pantai ini dari mulai hanya bersantai, berenang, snorkeling hingga berselancar bahkan anda juga dapat merasakan memanjat tebing untuk dapat melihat suasana pantai dari atas sambil bersantai di gazebo. 

Tempat Wisata Lombok
cantiknya pantai surga

12. Pantai Tanjung Bloam
tersembunyi dibalik hutan jati dan Dusun Tangsi, Desa Temeak, Jerowaru membuat tempat ini masih sangat sepi dan belum diketahui banyak orang. Di Tanjung Bloam terdapat tebing-tebing tinggi menjulang membuat pemandangan ditempat ini lebih eksotis. Pesona alam dengan hamparan pasir putih bersih dan juga air laut yang jernih menjadi sedikit serpihan dari surga yang ada di Lombok. Selain itu Tanjung Bloam menjadi daerah konservasi penyu laut sehingga garis pantai ini benar-benar dijaga keasriannya.

Tempat Wisata Lombok
pantai tanjung bloam

13. Pantai Nambung
Lombok memang menyimpan begitu banyak tempat-tempat indah, salah satunya adalah air terjun asin yang berada di Pantai Nambung. Air terjun ini di beri nama "Tanjung Jagog" berbentuk dari deretan-deretan batu karang yang besar dengan ombak yang kencang menerobos masuk ke kolam alami yang berada tepat dibawah batu karang tersebut. Namun air terjun tersebut hanya bisa dinikmati jika air laut sedang pasang saja kemudian jika air laut sedang surut anda masih tetap bermain dan berenang di kolam alam yang terbentuk dari karang.

Tempat Wisata Lombokv
air laut yang menerjang karang seperti layaknya ir terjun

14. Pantai Mawi
pantai ini berada diperbukitan yang jauh dari jalan umum terletak di kawasan selatan, Lombok Tengah. Saat anda berada di Pantai Mawi maka anda dapat juga melihat Pantai Selong Belanak, selain itu pantai ini memiliki ombak yang sangat pas untuk digunakan bermain selancar. Bukit-bukit kecil yang berjajar semakin mempesona kecantikannya menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Mawi.

Tempat Wisata Lombok
pantai mawi

15. Pantai Blongas
disebut juga dengan Tanjung Blongas karena pantai ini berupa teluk yang diterjepit diantara 2 bukit. Sehingga pantai ini sangat cocok untuk anda yang mempunyai hobi bertualang, karena untuk menuju pantai ini anda harus berjalan mendaki bukit sekita 20 menit dan menuruni bukit sekita 10 menit. Saat anda sampai di pantai maka anda akan disuguhkan pemandangan pantai indah yang dikelilingi bukit-bukit eksotis dengan pasir yang sangat putih dan deburan ombak yang tenang. Saat sore hari anda bisa kembali menaiki bukit dan menunggu saat sunset tiba, dimana anda dapat melihat pemandangan yang indah dengan paduan cahaya orange dari sang surya.

Tempat Wisata Lombok
pantai blongas

16. Pantai Mekaki
sesmpainya anda di pantai ini, anda akan disambut pantai dengan bulan sabit ini. Pasir pantai dengan butiran besar dan juga deburan ombaknya serta kombinasi hijau tosca dipinggir pantai yang kemudian makin membiru menuju tengah laut membuat anda sangat betah berlama-lama di pantai ini. Pantai Mekaki terletak di Jalan Raya Sekotong, Pelangan yang bisa anda capai dengan menggunakan motor dan juga mobil.

Tempat Wisata Lombok
pantai mekaki

17. Air Terjun Kerta Gangga
berada di Dusun Kertaraharja, Desa Genggelang, Gangga ini memilik 3 air terjun sekaligus dimana disini kita dapat menikmatinya dala satu kali kunjungan. Jika anda mencari cara lain menikmati alam Lombok anda bisa datang ke kawasan ini. Anda dapat mengunjungi air terjun pertama, memang butuh sedikit perjuangan karena harus menuruni anak tangga namun rasa lelah akan segera terbayar oleh kesejukan dan juga pemandangan indah air terjun ini.

Setelah puas anda dapat melanjutkan perjalanan ke air terjun kedua, dimana lokasi tidak jauh hanya terletak dibelakan air terjun pertama dengan pemandangan yang tidak kalah indah. Kemudian air terjun ketiga, untuk air terjun ini memang agak jarang dikunjungi mungkin karena lokasinya yang cukup jauh dari air terjun pertama dan kedua.

Tempat Wisata Lombok
air terjun kerta gangga

18. Air Terjun Sendang Gile
terletak di Desa Senaru, Bayan ini termasuk dalam kawasan Gunung Rinjani. Untuk menuju air terjun ini anda harus menuruni 200 anak tangga dan juga menyebrangi jembatan di lembah yang agak curam atau juga anda dapat menyusuri pinggir lembah dan mengikuti aliran irigasi serta menyebrangi jembatan bambu. Mitos yang beredar untuk Air Terjun Sendang Gile ini bila anda membasuh muka menggunakan air terjun itu maka dapat membuat awet muda setahun dari pada usia anda sebenarnya.

Tempat Wisata Lombok
air terjun sendang gile

19. Air Terjun Tiu Kelep
masih dalam satu kawasan dengan Air Terjun Sendang Gile, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 42 meter dan bertingkat-tingkat dan juga memiliki kedalaman hanya sepinggang orang dewasa serta dasar kolam yang tidak terjal membuat anda aman untuk berenang di tempat ini. Sama seperti Sendang Gile, air terjun ini pun mempunyai mitos yang hampir sama yaitu jika berenang di kolam air terjun ini dapat membuat tetap awet muda. Aliran kedua air terjun ini mepunyai satu sumber yaitu Danau Segara Anak yang berada di puncak Rinjani.

Tempat Wisata Lombok
sejuk air terjun tiu kelep

20. Pura Batu Bolong
merupakan sebuah pura yang terletak di atas batu karang besar, menurut legenda dahulu kala tempat ini sering dijadikan tempat pengorbanan gadis perawan untuk dimakan para ikan hiu di tempat ini. Selain itu dulu di tempat ini juga banyak para gaid perawan yang melompat terjun karena patah hati. Dari lokasi pura ini pun anda dapat melihat Gunung Agung Bali yang terlihat cukup jelas. Nama Pura Batu Bolong ini berasal dari sebuah batu besar dengan memiliki lubang di tengahnya. Untuk dapat mengunjungi tempat ini anda dapat menggunakan jalur dari Mataram menuju Pelabuhan Bangsal melalui jalur pantai maka anda pasti akan melewati Pura ini.

Tempat Wisata Lombok
eksotisnya pura batu bolong

21. Pura Gunung Pengsong
terletak di 9 Km selatan Mataram tepatnya di Desa Kuripan, Labuapi. Pura Gunung Pengsong merupakan pura pertama dan tertua di Lombok, saat kita berada di pura ini dapat terlihat jelas panorama indah Kota Mataram dan juga Lombok Barat dari berbagai arah. Selain itu anda juga dapat bercengkrama dengan penunggu pura ini yaitu sekawanan kera sungguh pengalaman menarik.

Tempat Wisata Lombok
terdapat monyet di pura gunung pengsong

22. Gili Air
untuk menuju ke Gili Air, Gili Nemo dan juga Gili Trawangan maka wisatawan harus melakukan penyebrangan melalui Pelabuhan Bangsal. Gili Air adalah pulau yang paling dekat dengan Lombok, pulau ini memiliki potesi laut yang sangat indah diantaranya adalah spot kuda laut, penyu laut, berbagai jenis ikan dan juga beraneka ragam penghuni laut lainnya.

Tempat Wisata Lombok
jernihnya perairan gili air

23. Gili Nemo
adalah merupakan pulau atau gili yang paling sepi diantara yang lain, selain tidak ada kendaraan bermotor dan juga penggunaan listrik yang dibatasi maka menambah kesan esklusif pulau ini. Di Gili Air anda dapat melihat banyak ikan dan juga penyu yang berenang di perairan dangkal. Sedangkan bagi anda yang suka dengan diving cobalah masukan Gili Nemo dapat list anda karena anda akan dapat meningkaati aneka terumbu karang, hiu karang serta penyu saat berada disini. Selain panorama tersebut di Gili Nemo juga terdapat penangkaran burung-burung langka dari berbagai negara. Kamu dapat membaca juga tentang Gili Kedis

Tempat Wisata Lombok
suasana gili nemo

24. Gili Trawangan
adalah pulau terbesar dari tiga pulau kecil disebelah Barat laut Lombok. Sama seperti di gili lainnya pada Gili Trawangan pun tidak ada kendaraan bermotor. Namun Gili Trawangan sudah lebih ramai dan juga penggunaan listrik sudah tidak dibatasi. Hampir setiap malam di tempat ini di gelar "Pesta" yang diatur secara bergantian membuat malam anda tidak akan pernah bosan. Selain memiliki suasana malam yang ramai, Gili Trawangan pun mempunyai keindahan bawah laut yang tidak kalah cantik. Air lautnya yang biru serta aneka ragam kehidupan lautnya membuat anda tidak ingin meninggalkan tempat ini. Selain pesona-pesona tersebut teryata Gili Trawangan mempunyai daya tarik lain yaitu anda dapat menyaksikan panorama sunrise dan juga sunset hal ini dikarenakan Gili Trawangan mempunyai pantai disisi timur dan barat.

Tempat Wisata LombokTempat Wisata Lombok
gili trawangan

25. Gili Nanggu
berada di selat Lombok atau di pesisir Barat Pulau Lombok, untuk mencapai Gili Nanggu cukup mudah anda hanya cukup menuju Pelabuhan Lembar dan kemudian menyebrang menggunakan speedboat sekitar 35-45 menit saja. Layaknya di Gili Trawangan, Gili Nanggu terdapat pantai cantik dengan hamparran pasir putih dan juga air laut yang biru. Suasana alamnya yang hening, membuat tempat ini sering dijadikan lokasi berbulan madu. Selain itu Gili Nanggu juga memberikan fasilitas lengkap seperti sebuah resort yang memberikan fasilitas lengkap seperti jogging trek, wahana water sport, perlengkapan snorkeling dan juga snoekeling. Dengan keelokan alam yang sanggup memanjakan pecinta wisata bahari, Gili Nanggu dapat memberikan kedamaian untuk anda. Kamu dapat membaca selengkapnya tentang Wisata Gili Nanggu.

Tempat Wisata Lombok
gili nanggu

26. Gunung Tunak
taman wisata alam ini memang sangat populer dikalangan wisatawan terutama di media sosial "instagram" karena Gunung Tunak memiliki panorama alam yang indah terlebih lagi jika diabadikan dalam foto. Dibandingkan dengan gunung lain, mungkin lebih tepat tempat disebut bukit karena memang tidak terlalu tinggi. Lokasi Gunung Tunak berdekatan dengan Pantai Kuta, Tanjung Aan, Mawun dan Selong Belanak.

Dengan memiliki pemandangan perbukitan, hutan dataran rendah, laut lepas dan juga padang rumput luas akan sangat memanjakan mata anda serta anda dapat melihat gili penyu yaitu sebuah pulau yang berbentuk penyu. Bagi anda yang suka dengan kegiatan petualangan dan juga pecinta alam memang sangat cocok bila anda masukan Gunung Tunak sebagai salah satu destinasi wajib yang perlu dikunjungi.

Tempat Wisata Lombok
gunung tunak

27. Gunung Ranjani
memiliki ketinggian sekitar 3.726 mdpl merupakan kawasan taman nasional, dengan memiliki hutan hujan pegunungan dan juga savana yang luas. Gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia membuat banyak para pecinta alam dan juga penghobi kegiatan outdoor datang ke gunung ini. Puncak Gunung Rinjani merupakan tujuan para pendaki karena apabila telah berhasil mencapai puncak ini maka ada kebanggaan dalam diri mereka. 
 
Untuk dapat mencapai puncak para pendaki bisa memilih 2 jalur pendakian yaitu melalui Jalur Sembalun kemudian turun kembali melalui Senaru jalur ini banyak dipilih pendaki karena bisa menghemat pendakian hingga 700 mdpl namun untuk jalur ini panas terik matahari begitu terasa karena harus melalui savana yang luas, kemudian Jalur Senaru memiliki cuaca yang tidak begitu terik bahkan bisa dibilang cukup sejuk namun jalur ini para pendaki harus melalui tanjakan tanpa jeda.

Puncak Rinjani mempunyai Danau Segara Anak, dimana biasanya disini lah para pendaki berkemah. Menurut mitos dikarenakan air danau ini sangat biru maka penduduk sekitar memberi nama "Laut Kecil". Danau ini memiliki ketinggian sekitar 2.010 mdpl serta kedalaman kurang lebih sekitar 230 meter. Berada ditengah danau anda dapat melihat Gunung Baru atau Gunung Barujari (merupakan anak Gunung Rinjani).  Dari danau perjalan menuju puncak kurang lebih sekitar 3-4 jam, namun ketika anda sampai diatas puncak pemandangan indah akan mengalahkan semua rasa lelah. Jika cuaca cerah maka dapat terlihat Gunung Agung di Bali, Gunung Raung di Banyuwangi dan Gunung Tambora di Sumbawa.

Tempat Wisata Lombok
gunung rinjani

Kepulauan Lombok memang memiliki banyak potensi alam yang dapat kita kunjungi seperti hutan, air terjun, gunung dan juga pantai-pantai. Tidak salah jika Lombok masuk dalam salah satu destinasi kebanggan Indonesia. Selain tempat-tempat wisata diatas masih banyak lagi potensi wisata yang dapat dikunjungi namun memang masih butuh sentuhan oleh pemerintah daerah setempat.

Demikian artiket saya mengenai tempat wisata di Lombok atau liburan terbaik di Pantai Lombok semoga dapat menambah wawasan anda mengenai tempat ini dan dapat dijadikan referensi sebelum anda berkunjung ketempat ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel