Tempat Wisata Di Solo atau Liburan Terbaik Di Solo

Tempat Wisata Di Solo atau Liburan Terbaik Di Solo memiliki potensi wisata yang beragam menjadikan kota ini sebagai destinasi liburan yang dikunjungi banyak para wisatawan. Dengan menawarkan berbagai wisata seperti wisata budaya, wisata sejarah, wisata belanja hingga wisata kuliner yang anda dapat baca di wisata kuliner di solo atau makanan khas kota Solo membuat kota Solo menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Tengah. 

Dengan memiliki budaya warisan kerajaan Mataram, kota ini mempunyai culture yang sangat kuat. Sehingga banyak nilai-nilai yang dapat dipelajari dari kota Solo. Bermodalkan potensi wisata yang ada di kota ini, maka pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk mengangkat kota Solo dalam artikel siang ini. Berikut tempat wisata di Solo atau liburan terbaik di Solo yang dapat anda kunjungi

Tempat Wisata Di Solo atau Liburan Terbaik di Solo

Tempat Wisata Solo

1. Air Terjun Grojogan Sewu
tempat wisata ini bisa dijadikan alternatif liburan yang seru dan menarik. Terletak di Tawangmangu, Karanganyar di lereng Gunung Lawu. Di tempat ini terdapat banyak air terjun dari yang memiliki ketinggian sekitar 80 meter hingga air terjun yang tidak terlalu tinggi namun memiliki pancuran yang luas. Jika anda datang saat musim penghujan maka anda seperti berdiri dan dihujani oleh air yang berasal dari ai terjun ini. Di kawasan Grojogan Sewu memiliki iklim sejuk dan juga rindangnya pepohonan membuat anda menjadi nyaman saat berlama-lama di tempat ini. Fasilitas yang diberikan pun cukup lengkap seperti taman satwa, kolam renang hingga tempat-tempat makan yang siap melayani anda.

Tempat Wisata Solo
air terjun grojogan sewu

2. Air Terjun Segoro Gunung
terletak di Desa Segoro Gunung, Ngargoyoso Karanganyar memiliki panorama keindahan dan keasriannya yang mampu menarik banyak wisatawan untuk datang berkunjung. Air terjun Segoro Gunung memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan mempunyai batuan alam yang masih alami sehingga melukiskan keindahan alam sesungguhnya. Selain memiliki air terjun tempat ini juga menawarkan potensi wisata lain seperti bumi perkemahan, sumber mata air Gunung Lawu "Mata Air Parang", Goa Jepang, kebun strawberi dan kebun teh serta masih banyak lagi.


Tempat Wisata Solo
air terjun segoro gununug
3. Air Terjun Parang Ijo
berlokasi di Girimulyo, Ngargoyoso Karanganyar atau sekitar 20 menit dari Candi Cetho. Dengan memiliki pemandangan indah saat berada dibawah air terjun ini, bersih airnya dan segar sehingga membuat suasana menjadi dingin. Selain memiliki air terjun yang indah tempat ini pun menawarkan fasilitas lain yang cukup lengkap seperti sebuah menara, play ground anak, kolam renang dekat dengan air terjun hingga warung-warung makanan tersedia disini.

Tempat Wisata Solo
air terjun parang ijo
4. Air Terjun Jumog
untuk sampai ke lokasi air terjun maka anda harus menuruni sekitar 116 anak tangga namun anda tidak akan merasa lelah karena pemandangan sekitarnya sangatlah indah dan hijau. Setelah anda selesai menuruni anak tangga tersebut anda masih harus berjalan sekitar 100 meter melewati bukit. Air Terjun Jumog memang belum lama dibuka sebagai tempat pariwisata, dahulu tempat ini ditutup oleh rumput ilalang dan juga semak belukar namun para warga dan juga pemerintah setempat berkerja sama untuk membuat akses dan membersihkan air terjun ini.

Tinggi air terjun ini sekitar 30 meter dan aliran airnya pun sangat jernih sangat segar bila anda dapat berendam ataupun sekedar bermain ditempat ini. Air terjun Jumog memberikan banyak fasilitas selain tempat-tempat makan anda pun dapat berfoto disebuah jembatan dengan latar belakang air terjun ini hingga berenang di kolam dekat air terjun.

Tempat Wisata Solo
air terjun jumong

5. Waduk Gajah Mungkur
terletak sekitar 6 Km di selatan kota Wonogiri, waduk ini dibuat dengan membendung sungai Bengawan Solo yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa.  Danau ini berfungsi selain menyediakan sumber air minum serta sumber tenaga listrik bagi kota Wonogiri dan sekitarnya. Selain itu danau ini menyati tempat wisata yang indah karena bentang waduk yang luas serta pemandangan disekitar yang masih hijau alami oleh pepohonan. Di Waduk Gajah Mungkur ini anda dapat menaiki perahu, bebek air, memancing serta mencoba gantole. 

Tempat Wisata Solo
waduk jati luhur

anda juga dapat membaca wisata Jogja atau tempat terbaik berwisata di kota Jogja

6. Candi Cetho
selain memiliki Candi Pramdanan yang sudah sangat terkenal kota Solo juga mempunyai beberapa candi yang tak kalah indahnya. Candi Cetho terletak di Desa Gumeng, Ngargoyoso Karanganyar ini contohnya, dengan memiliki pemandangan sekitar candi yang indah mampu menarik banyak wisatawan untuk datang ke tempat ini. Dengan berada dilereng Gunung Lawu yang memiliki ketinggian 1.400 mdpl sehingga memiliki cuaca yang sejuk. Berdasarkan sejarah Candi Cetho ini dibangun pada masa Kerajaan Majapahit, namun sampai saat ini bangunan ini tetap kokoh berdiri. Saat anda berada di Candi Cetho anda dapat melihat pemadangan kota Solo yang tertata sangat apik.

Tempat Wisata Solo
suasana candi cetho

7. Kampung Batik Laweyan
sebagai kota pengerajin batik yang ada di Indonesia, maka di Solo banyak terdapat sentra-senttra pengerajin kain batik. Kampung Laweyan salah satunya, hampir sebagian warganya menjadi pengerajin bakit. Sehingga anda dapat melihat langsung pengerjaan kain batik disini. Kampung ini terletak di Jalan Sidoluhur, Desa Laweyan dikampung ini anda juga dapat membeli oleh-oleh atau cindramata kain batik khas kota Solo.

Tempat Wisata Solo
kampung nelayan

8. Pasar Klewer
selain anda dapat membeli kain batik di Kampung Laweyan ada juga Pasar Klewer yang menyediakan berbagai jenis dan motif kain batik khas Solo, Yogyakarta, Pekalongan serta Banyumas dengan harga yang murah. Pasar tradisional ini terletak di Jalan Doktor Radjiman, tepatnya sebelah Alun Alun Lor Solo.

Tempat Wisata Solo
pasar klewer

9. Pasar Antik Triwindu
memiliki nama lain "Pasar Windujenar" berada di pusat kota Solo, tempat ini telah lama menjadi destinasi wisatawan yang unik dan juga menarik. Karena di pasar tradisional ini dikenal sebagai pusatnya barang-barang antik, bahkan pasar ini sudah ada sejak jaman kemerdekaan dan arsitektur kayunya sampai saat ini tetap dipertahankan.

Tempat Wisata Solo
pasar antik triwindu

10. Keraton Solo
merupakan salah satu istana Kesultanan Surakarta yang juga merupakan peninggalan Kerajaan Islam Mataram yang masih tersisa selain Keraton Yogyakarta. Keraton Solo ini juga sampai saat ini masih digunakan sebagai tempat tinggal Sultan Surakarta beserta keluarga kerajaan. Banyak tempat yang menarik disini yang memiliki arsitektur nuasana Jawa bisa anda kunjungi. Dimana budaya Jawa Mataram masih sangat dijunjung tinggi ditempat ini, terbukti sering diadakannya upacara-upacara adat dan juga aturan-aturan adat Jawa yang masih digunakan sampai saat ini khususnya di kalangan keluarga keraton.
Tempat Wisata Solo
keraton solo

11. Pura Mangkunegara
setelah kerajaan Mataram dipecah oleh Belanda menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Kesultanan Surakarta. Kemudian Kesultanan Surakarta pun terbagi menjadi 2 kembali yaitu Kesultana Surakarta dan Mangkunegara. Perpecahan ini terjadi melalui perjanjian Salatiga pada tahun 1755. Sebagai Raja Mangkunegara adalah Raden Mas Said yang bergelar Mangkunegoro 1, seperti halnya Keraton Surakarta di Pura Mangkunegara ini juga memiliki arsitektur khas Jawa Kuno yang sangat kental. Di tempat ini anda dpat mempelajari warisan budaya serta sejarah yang ada di tanah Jawa.

Tempat Wisata Solo
pura mangkunegara


12. Taman Hiburan Rakyat Sriwedari
merupakan taman yang sangat bersejarah bagi kota Solo, dimana sejak dulu tempat ini sering dijadikan tempat pertunjukan kesenian khas Jawa Tengah yaitu Wayang Orang, Ketoprak dan lain-lainnya. Namun sekarang tempat ini disulap lebih modern dimana terdapat beberapa fasilitas tambahan seperti tempat bermain anak, mini waterpark, serta panggung pagelaran musik tradisional dan dangdut.

Tempat Wisata Solo
taman sriwedari

13. Museum Radya Pustaka
terletak dekat dengan Kompleks Taman Sriwedari, museum ini merupakan museum tertua di Indonesia. Di dalam museum ini terdapat berbagai barang pusaka dan juga peninggalan-peninggalan yang berhubungan dengan Solo dan juga Keraton Mataram. Namun sayangnya, Museum Radya Pustaka sempat mempunyai cerita buruk yaitu sempat dicurinya beberapa benda pusaka yang dilakukan oleh oknum keluarga kerjaan. Tapi kasus ini telah ditangani dengan baik oleh pihak kepolisian. Kejadian ini mengajarkan pada kita bahwa betapa kita kurang menghargai sejarah bangsa sendiri, dimana seharusnya kita dapat menjaga warisan-warisan leluhur kita. Selain Museum Radya Pustaka, kota Solo memang banyak sekali terdapat museum-museum lainnya yang dapat anda kunjungi seperti Museum Sangiran, Museum Purbakala Sangiran, Museum Pers, Museum Lukis Dullah, Museum Danar Hadi dan lainnya.

Tempat Wisata Solo
museum radya pustaka
14. Pandawa Waterpark
satu-satunya waterworld yang ada di Solo, terletak di . Tempat ini memiliki konsep berdasarkan tokoh pewayangan Jawa yaitu Pandawa. Di tempat ini anda dapat bermain aneka wahana air seperti action river, fantastic slide, warm spa, sight tower, bima slide, raft slide, bungy jumping dan lain-lainnya. Fasilitas pendukungnya pun cukup lengkap seperti tempat bermain khusus anak dan foodcrout hingga fasilitas lainnya.

Tempat Wisata Solo
kolam pandawa waterpark

15. Taman Balekambang
terletak di Jalan Balekambang no.1, Banjarsari taman ini memiliki luas 5 hektar. Di tempat ini terdapat banyak pohon-pohon besar yang sudah berusia ratusan tahun. Taman Balekambang memelihara beberapa aneka hewan diantara seperti monyet-monyet kecil, aneka burung, berbagai jenis reptil, rusa serta angsa. Fasilitasnya pun beragam antara arena tempat bermain anak hingga internet geratis untuk para pengunjung.

Tempat Wisata Solo
taman balekabang

16. Taman Satwa Taru Jurug
dibangun sekitar tahun 1878, tempat ini sangat cocok untuk bersantai sambil melihat aneka flora dan juga fauna. Terletak di timur kota Solo, koleksi di kebun binatang ini terbilang relatif lengkap. Anda dapat membawa putra dan putri anda sebagai pelajaran pengenalan anak terhadap binatang dan juga habitatnya.
Tempat Wisata Solo
pintu masuk

Solo memang kota yang sangat unik dan menarik untuk di kunjungi. Begitu banyak potensi wisata yang dapat anda temui di kota ini. Beberapa tempat-tempat diatas adalah sebagian kecil tempat wisata yang berada di kota Solo ternyata kota ini masih banyak memiliki tempat yang bisa anda kunjungi.

Demikianlah artikel tempat wisata di Solo atau liburan terbaik di Solo somoga dapat membantu anda dalam mengenali kota ini. Serta dapat dijadikan sebagai bahan referensi sebelum anda mengunjungi kota Solo.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel