Wisata Kuliner Di Solo atau Makanan Khas Kota Solo

Wisata Kuliner Di Solo atau Makanan Khas Kota Solo selain memiliki wisata alam, kota Solo juga memiliki aneka ragam kuliner khas yang tentunya sangat pas menggoyang lidah anda. Jika dalam artikel sebelumnya saya membahas potensi tempat wisata di Solo atau liburan terbaik di Solo maka kali ini saya akan kembali membahas kota ini dengan mengangkat wisata kuliner

Berikut adalah daftar tempat-tempat wisata kuliner di Solo atau makanan khas kota Solo yang wajib untuk anda datang jika anda sedang berkunjung ke kota ini.

Wisata Kuliner Di Solo atau Makanan Khas Kota Solo 

Wisata Kuliner Solo
para penjual jajanan

1. Ngarsopuro Night Market
terletak di Jalan Dipenogoro, Keprabon Banjarsari tempat ini hanya buka setiap hari Sabtu dan Minggu saja. Di tempat ini anda selain bisa menikmati berbagai jenis kuliner serta berbelanja aneka kerajinan dan juga membeli oleh-oleh khas. Selain bisa menikmati aneka makanan anda juga dapat berjalan-jalan sambil menikmati suasana malam kota Solo. Letaknya yang strategis, yaitu berada di depan Pura Mangkunegara dan berdekatan dengan Keraton Solo Surakarta membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan dan juga warga sekitar.

Wisata Kuliner Solo
ngarsopra night market

2. Timlo Sastro
memang banyak penjual Timlo namun sebagai rekomendasi rasa yang enak anda dapat mampir ke Timlo Sastro ini. Terletak di belakang Pasar Gede Timur, membuat selalu ramai dikunjungi para pelanggan. Timlo adalah semacam kaldu ayam yang berisi wortel, ati ampela, kentang, sosis solo dan daging ayam. Dimana biasanya disantap dengan nasi hangat dan kerupuk kulit.

Wisata Kuliner Solo
timlo sastro

3. Sate Buntel Tambak Segaran
Terletak di Jalan Tambak Segaran no. 39 ini dapat menjadi menu kuliner alternatif anda di kala berlibur ke kota Solo. Jika anda bosan dengan menu sate pada umumnya, anda dapat mencoba sate yang satu ini. Sate ini dibungkus sebelum dibakar, terdiri dari daging kambing cincang yang sudah diberi bumbu kemudian dibungkus dengan lemak kambing. Lemak kambing akan meleleh saat dibakar yang kemudian meresap membuat cita rasa yang unik.

Wisata Kuliner Solo
sate buntel

4. Soto Gading 
soto ayam ini sangat pas untuk sarapan pagi anda, dimana terletak di Jalan Brigadir Jenderal Sudiarto no. 35, Pasar Kliwon anda bisa mencoba soto yang sangat enak ini. Warung Gading ini sejak pukul 6 pagi sudah ramai pelanggan, dimana banyak juga para pejabat yang datang mampir untuk sarapan disini diantaranya yaitu Joko Widodo, Megawati, Agum Gumelar dan Mari Elka Pangestu.

Wisata Kuliner Solo
soto yang menjadi favorite pak jokowi

5. Nasi Liwet Wongso Lemu
terletak di Jalan Teuku Umar, Keprabon ini memang menjadi salah satu menu wajib jika anda datang ke Solo. Berdiri sejak 1950 tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Nasi Liwet ini terdiri dari nasi yang gurih dipadukan dengan suwiran daging ayam, telor rebus, sayur labu dan juga aren maka sangat pas sekali disantap sambil menyikmati malam kota Solo.

Wisata Kuliner Solo
nasi liwet wongso lemu

sebelum lanjut anda juga dapat membaca tempat wisata di Bogor dan kuliner di Bogor

6. Tengkleng Bu Edi
pada awalnya tengkleng adalah makanan bagi warga yang miskin. Dimana makanan ini terbuat dari tulang kambing dengan sedikit dagingnya. Tengkleng dimasak dengan dua cara dengan santan atau tidak. Rasa makanan ini segar, asam dan gurih tak heran menjadi makanan favorite di kota ini. Penjual tengkleng yang sudah terkenal adalah Bu Edi, dimana hanya buka di garupa Pasar Klewer dan tidak disediakannya bangku karena memang sempit. Namun anda jangan salah setiap harinya Bu Edi mampu mengahabiskan jualannya hanya dalam waktu 3 jam saja.

Wisata Kuliner Solo
tengkleng bu edi

7. Warung Selat Mbak Lies
terletak di Jalan Seragen tepatnya di Gang II no 42, memang untuk mencari tempat ini agak membutuhkan usaha karena memang tempatnya yang agak masuk kedalam. Namun tempat makan yang memiliki dekorasi berbagai ornamen keramik ini selalu ramai pengunjung setiap harinya. Selat sebenarnya adalah semacam "Salad", namun ejaan warga lokal lama kelamaan berubah menjadi "Selat". Seporsi selat terdiri dari potongan wortel, buncis, daun selada, acar mentimun, irisan bawang merah, kentang goreng, daging sapi yang dimasak seperti semur, galatin dan telur pindang.

Wisata Kuliner Solo
warung selat mbak lies

8. Galabo Solo
pasar malam Galabo yang berarti "Gladak Langen Bogan" terletak di Jalan Mayor Sunaryo. Pasar malam ini hanya buka dari pukul 5 sore hingga 5 subuh. Selain deretan tenda dan bangku, pasar malam ini dilengkapi pula dengan WiFi dan juga live music untuk menghibur para pengunjung. Kemudian anda dalam berjalan-jalan sambil mencicipi aneka makanan khas kota Solo.

Wisata Kuliner Solo
suasana dinner dibawah langit solo

9. Serabi Notusman
Jika Bandung terkenal dengan Surabi kemudian karena di Solo maka namanya berubah sedikit menjadi Serabi. Jajanan yang terbuat dari adonan tepung beras dan santan ini menjadi makanan favorite bagi warga Solo. Penjual Serabi yang cukup terkenal adalah Serabi Notusman, yang terletak di Jalan Moh. Yamin sudah berdiri sejak 1923. Serabi Notusman tidak dihidangkan dengan kuah, dan juga hanya terdiri dari dua varian rasa yaitu original dan coklat.

Wisata Kuliner Solo
serabi notusman

10. Pecel Ndeso
warung pecel Ndeso ini disebut juga dengan "Warung Ndeso Resto" yang beralamatkan di Jalan Dr. Soepomo no. 55,Mangkubumen. Selain anda dapat menikmati makanan dan minuman tradisional, anda juga dimanjakan dengan arsitektur dan dekorasi nuansa etnik Solo

Wisata Kuliner Solo
pecel ndeso

11. Roemahkoe Resto
atau dikenal juga dengan "Restoran Laras" yang beralamatkan di Jalan Radjiman no. 501. Menu andalan resto ini adalah Nasi Jemblung, yang terdiri nasi dan juga lidah sapi yang dimasak seperti semur. Penyajiannya pun unik yaitu nasi dibuat seperti cincin besar yang beralaskan daun pisang kemudian lidah sapi diletakkan di tengahnya, sungguh cantik sekalli dan membuat rasa nafsu makan anda tertambah. Kemudian untuk minumannya anda dapat memesan Cemol, yang terbuat dari air jahe, gula, serai, kelapa muda, kacang tanah sangrai dan irisan roti.

Wisata Kuliner Solo
nasi jumblung andalan roemahkoe resto

12. Cabuk Rambak
menu ini sangat populer bagi warga Solo, karena kuliner ini sangat enak disantap untuk sarapan dan siang serta malam hari. Cabuk Rambak terdiri ketupat yang diiris tipis, sambel wijen dan karak serta disajikan menggunakan daun pisang. Jika anda ingin mencicipi makanan ini anda dapat datang ke sekitar Stadion Manahan Solo yang biasanya banyak ibu-ibu yang menjajahkan makanan ini.

Wisata Kuliner Solo
cabuk rambak

13. Es Krim Tentrem
sama seperti kota-kota lainnya yang mempunyai tempat makan es krim legendaris, di Solo pun ada es krim legendari yaitu Es Krim Tentrem yang berdiri sejak 1952. Terletak di Jalan Urip Sumaharjo, tempat ini memiliki menu es andalah yaitu tutty fruity, rum 'n coffee, robin rose dan rainbow.

Wisata Kuliner Solo
es krim tentrem

14. Es Gempol Pleret Pak Suhar
terletak di Jalan Dr. Wahidin, tepatnya di samping Masjid Tegalsari. Es Gempol ini terbuat dari tepung beras dan dibuat bulat pipih serta Pleret terbuat dari tepung beras dan gula jawa. Kedua bahan tersebut dicampur dengan santan cair dan es batu, serta semcam saus yang terbuat dari gula jawa dan gula pasir.

Wisata Kuliner Solo
es gempol pleret

15. Tahok Pak Citro
makanan tradisional ini awalnya berasal dari pedagang Tionghoa, berasal dari dua kata yaitu "Toa atau Teu" yang berarti kacang kedelai dan juga "hoa atau hu" yang berarti lumat. Tahok memang tidak jauh berbeda dengan tahu, sama-sama berwarna putih dan teksturnya lembut. Tahok disajikan dengan campuran kuah yang terbuat dari gula jawa dan rempah sehingga ketika menyantapnya maka tubuh akan terasa hangat. Jika anda penasaran ingin mencoba silakan datang ke kios Pak Citro yang terletak di Pasar Gede.

Wisata Kuliner Solo
pak citro

Selain makanan dan juga tempat-tempat makan diatas kota Solo masih banyak memiliki aneka tempat wisata kuliner yang dapat anda kunjungi. Memang kota ini menawarkan banyak potensi wisata yang dapat anda gali.

Demikian artikel wisata kuliner di Solo atau makanan khas kota Solo semoga dapat menambah wawasan anda tentang makanan tradisional kita dan dapat dijadikan referensi kuliner sebelum anda datang ke kota Solo.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel