Wisata Pulau dan Pantai Ora atau Ora Beach

Wisata Pulau dan Pantai Ora atau Ora Beach terletak di Pulau Seram, Maluku. Pantai ini disebut-sebut sebagai salah satu surga tersembunyi di Indonesia. Memiliki pasir pantai yang putih bersih dan juga air laut yang jernih membuat banyak wisatawan yang langsung jatuh cinta dengan tempat ini.

Karena memiliki sejuta potensi wisata, dalam kesempatan ini saya mencoba mengangkat hal apa saja yang di miliki oleh surga kecil ini. Melihat semua aspek pendukung serta potensi yang dimiliki rasa pantas jika saat saya mengulas perihal wisata Pulau dan Pantai Ora atau Ora Beach semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda mengenai kekayaan alam yang di miliki Indonesia. Anda dapat membaca dalam versi bahasa Inggris/English version (klik) dan 日本版 (klik)

Wisata Pulau dan Pantai Ora atau Ora Beach

Pantai Ora
pantai ora

Pantai Ora memiliki latar belakang panorama perbukitan hijau Taman Nasional Manusela dan juga tebing-tebing tinggi, ditambah lagi dengan resort yang berbentuk rumah panggung diatas laut menambah keunikan pantai ini. Dengan air laut jernih tepat dibawah resort ini dan juga jumlah resort yang esklusif yaitu hanya terdapat 7 buah kamar, membuat nuansa yang sangat hening dan juga tenang seakan anda merasa seperti hanya anda yang ada di pantai ini.

Keunggulan Pantai Ora memang terletak di kekayaan baharinya, selain memiliki air laut biru dan juga jernih serta mempunyai dunia bawah laut yang belum banyak tersentuh tangan manusia. Oleh karena itu masih terdapat banyak aneka terumbu karang yang masih sangat sehat dan juga biota laut perairan Pantai Ora yang beragam. Anda dapat melakukan kegiatan snorkeling dan juga menyelam untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Karena memiliki perairan yang sangat jernih maka anda tidak perlu menyelam terlalu dalam untuk menikmati segala ekosistem bawah lautnya, dimana untuk snorkeling anda hanya cukup dengan kedalaman sekitar 2-3 meter saja anda sudah akan menemukan aneka terumbu karang serta aneka jenis ikan-ikan kecil yang berwarna-warni. 

Pantai Ora
jernihnya perairan pantai ora

Pantai Ora memiliki banyak spot untuk snorkeling dan juga menyelam, diantara spot-spot tersebut ada spot favorite para wisatawan yaitu dimana anda dapat snorkeling tepat disamping tebing tinggi sehingga anda dapat melihat ekosistem bawah laut disekitar tebing tersebut. Seperti melihat tembok besar yang ditumbuhi banyak terumbu karang serta dihuni aneka jenis ikan-ikan lucu, membuat anda terhipnotis seakan tidak ingin pergi dari tempat ini. Terdapat juga sebuah panggung kecil ditengah laut dimana, tempat ini sering dijadikan spot untuk berfoto dan juga tempat menaruh barang kebutuhan selama  wisatawan bersenorkeling atau menyelam.

spot divin at Ora Beach
spot snorkeling di sisi tebing
Jika anda melakukan snorkeling ataupun menyelam hendaklah berhati-hati karena perairan dipantai ini termasuk perairan dangkal dan juga anda dapat terluka atau lecet serta merusak terumbu karang yang ada. Di Pantai Ora memang belum banyak yang menyediakan peralatan snorkeling ataupun menyelam, sehingga anda dapat membawa peralatan sendiri ataupun menyewa di daerah Kota Ambon terlebih dahulu. 

Pantai Ora
kehidupan bawah laut pantai ora
Untuk menuju Pantai Ora memang memerlukan perjalanan yang cukup panjang, terdapat 2 alternatif yang dapat anda gunakan yaitu jalur laut atau udara. Berikut penjelasannya

Jalur Laut
pertama anda harus terbang menuju Bandara Pattimura, Ambon. Kemudian anda melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Tulehu dengan menggunakan angkutan umum atau taxi. saat anda sampai di Pelabuhan Tulehu anda harus mencari kapal cepat untuk menuju Pelabuhan Amahai, Pulau Seram dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan laut dengan tarif untuk VIP sekitar Rp. 150.000/orang dan untuk ekonomi sekitar Rp. 92.000/orang. Dari Pelabuhan Amahai anda akan melanjutkan ke Desa Sawai dengan menggunakan angkutan umum atau menyewa mobil. Setelah sampai di Desa Sawai untuk sampai di Pantai Ora anda harus menyebrang sekitar 10 menit menggunakan kapal bermotor.

Jalur Udara
Anda dapat menggunakan jasa pesawat perintis menuju Bandara Wahai, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal cepat untuk menyebrang ke pelabuhan Amahai, Pulau Seram lalu dilanjtkan dengan perjalanan laut dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

sebelum lanjut anda dapat juga membaca wisata terbaik di Pulau Derawan 

Pantai Ora letaknya bersebelahan dengan Desa Saleman dan juga Desa Sawai, desa-desa ini menjadi alternatif anda untuk menginap selain di Ora Beach Resort yang tentunya dengan harga yang lumayan. Dimana harga yang ditawarkan resort ini untuk kamar terapung sekitar Rp. 750.000/malam dan untuk tipe kamar panggung sekitar Rp. 450.000/malam.

ora beach resort-min
ora beach resort
Selain kegiatan snorkeling dan menyelam di Pantai Ora, anda juga dapat mencoba kegiatan lain seperti menjelajah kawasan Taman Nasional Manusela dimana di tempat ini terdapat 117 spesies burung diataranya sekitar 14 jenis adalah burung endemik seperti kasturi ternate, nuri tengkuk ungu/nuri kepala hitam, nuri bayan, kakatua maluku serta raja udang dan lain-lainnya. Kemudian anda juga dapat mengunjungi pulau-pulau kecil dengan menggunakan perahu seperti Pulau Raja, Pulau Sawai, Pulau Kekelawar, Pulau Tujuh, Pulau Tengah dan Pulau Sapalewa. Serta anda dapat mengunjungi lokasi mata air Belanda disekitar pantai, diberikan nama "mata air Belanda" karena yang menemukan mata air bersuhu air yang agak dingin serta rasanya yang tawar ini, pertama kali adalah orang-orang Belanda.

Pantai Ora
mata air belanda

Pantai Ora memang memiliki sejuta potensi alam yang sangat menakjubkan, dengan di anugerahi kekayaan bawah laut serta ekosistem dan juga panorama sekitar yang indah tidak salah jika tempat ini dinobatkan masuk sebagai salah satu surga kecil di Indonesia. Menjadi tugas kita bersama untuk menjaga dan melestarikan tempat ini agar tetap menjadi kebanggaan kita bersama.

Kamu dapat pula membaca tentang Pulau Gili Nanggu Sekotong Lombok.

Demikianlah artikel tentang wisata Pulau dan Pantai Ora atau Ora Beach mudah-mudahan dapat menambah wawasan serta dapat menjadi referensi sebelum anda berkunjung ke pantai ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel