Wisata Terbaik Di Pulau Derawan

Wisata Terbaik Di Pulau Derawan sebuah kepulauan yang berada di kabupaten Berau, Kalimantan Timur yang saat ini masuk ke wilayah Kalimantan Utara. Pulau Derawan memiliki kekayaan alam bawah laut yang sudah terkenal baik di Indonesia ataupun mancanegara.

Kepulauan Derawan memiliki empat kecamatan yaitu Derawan, Maratua, Biduk Biduk dan Berau. Di sekitar Pulau Derawan terdapat juga pulau-pulau yang cukup terkenal seperti Pulau Maratua, Sangalaki dan Kakaban. Kecantikan alam bawah lautnya memang sulit diungkapkan, dimana terdapat aneka ragam biota laut dan juga berbagai jenis terumbu karang yang masih jaga terjaga. 

Saat anda datang ke Kepulauan Derawan maka anda akan disuguhkan panorama alam dan juga kekayaan bahari, dimana setidaknya terdapat sekitar 460 jenis terumbu karang. Jumlah ini menjadi juara ke 2 setelah Kepulauan Raja Empat, Papua. Kemudian anda juga dapat bertemu dengan kurang lebih sekitar 870 jenis ikan seperti contohnya lumba-lumba, hiu, duyung, paus dan juga sang ikon yaitu ikan pari manta raksasa (Manta ray). Untuk membaca dalam bahasa Inggris/English version (klik)

Untuk menuju Pulau Derawan ada 2 cara yaitu jalur darat ataupun udara, berikut uraiannya
  • Jalur Darat
khusus bagi anda yang berdomisili di Pulau Kalimantan, anda dapat melewati rute Palangkaraya-Banjarmasin-Balikpapan-Samarinda-Tanjung Redeb-Tanjung Batu-Pulau Derawan.

  • Jalur Udara
dari kota asal anda sudah banyak penerbangan yang menuju Kota Balikpapan. Kemudian anda meneruskan dengan 2 jalur yang bisa anda pilih yaitu via Tarakan atau via Berau. Masing-masing jalur memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika anda memilih via Tarakan, kelebihan jalur ini adalah sudah banyak maskapai-maskapai yang menyediakan penerbangan ke Tarakan dibandingkan ke Berau. Namun setelah anda sampai di Tarakan untuk menuju Derawan jalur lautnya lebih jauh dan juga tidak ada speedboat reguler mau tidak mau anda harus menyewa perahu sendiri. Jalur ini sangat cocok bagi anda yang pergi secara rombongan dimana mahalnya harga sewa perahu dapat anda bagi rata. Kemudian jalur via Berau, jalur ini lebih mudah untuk anda yang pergi dengan jumlah orang sedikit. Setelah anda sampai di Berau, sudah banyak mobil-mobil travel yang siap mengantar anda ke Tanjung Batu lalu anda dapat meneruskan perjalanan menuju Derawan dengan speedboat reguler.

Dalam kesempatan kali ini saya mencoba mengangkat wisata terbaik di Pulau Derawan dalam artikel saya. Dengan tujuan dapat menambah wawasan anda mengenai pulau yang sudah tersohor kecantikan alam bawah lautnya.

Wisata Terbaik Di Pulau Derawan


Pulau Derawan

1. Pulau Derawan
di pulau ini anda dapat menginap di cotage yang telah disediakan, kebanyakan cotage berada diatas pantai sehingga anda dapat merasakan sensasi saat tidur dengan deburan ombak dibawah anda. Selain menyelam dan snorkeling ada fasilitas lainnya sudah disediakan oleh pihak pengelola anda dapat mencoba watersport dan juga anda bisa mengamati tingkah laku penyu-penyu besar bermain dipasir pantai.

Pulau Derawan
pulau derawan

2. Pulau Maratua
merupakan ikon terindah dari Kepulauan Derawan, pulau ini adalah pulau terluar yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia dan juga Laut Sulawesi. Untuk mencapai Pulau Maratua membutuhkan jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan laut dari Pulau Derawan. Pulau ini menawarkan banyak pesona bawah lautnya yang menjadi tujuan para dive atau penyelam profesional. Selain itu pulau ini juga memiliki goa dan danau yang wajib anda kunjungi. Pulau ini telah menyediakan resort-resort yang bagus dan juga terdapat pemukiman asli Suku Bajo. Namun untuk menekan buget anda dapat tinggal di rumah warga sekitar dengan harga yang relatif lebih murah. Daya tarik lain di pulau ini adalah sebuah danau yang dihuni oleh ratusan ubur-ubur jinak, sehingga aman untuk dapat berenang bersama.

maratua island
maratua island

3. Pulau Kakaban
pulau ini memiliki wisata unggulan yaitu Danau Kakaban, dimana air yang ada di danau ini berasal dari air hujan dan juga rembesan air laut melalui tanah sehingga membuat sebuah habitat endemik yang berbeda dengan danau di dunia. Di Danau Kakaban anda dapat menemukan ratusan ubur-ubur yang tidak menyengat, ubur-ubur itu terperangkap selama ribuan tahun yang lalu, kemudian ubur-ubur tersebut berevolusi dan kehilangan daya sengatnya. Terdapat ubur-ubur dengan jenis Golden Jellyfish dan juga Moon Jellyfish. Selain danau, pulau ini juga memiliki Kahe Daeng yang berarti "Lubang Ikan" yaitu sebuah goa sempit yang hanya muncul saat air laut surut, sehingga terumbu karang berwarna warni dan juga bintang laut dapat dengan mudah anda sentuh.

Pulau Derawan
danau kakaban


4. Pulau Sangalaki
pulau ini tidak terlalu besar dimana anda hanya cukup waktu sekitar 30 menit untuk dapat mengelilingi pulau ini. Pulau Sangalaki menyuguhkan untuk anda sebuah panorama alam yang sangat asri dan juga hamparan pasir putih serta pepohonan yang rindang. Dimana ini sangat cocok bagi wisatawan lokal yang kurang suka dengan matahari, berbeda dengan wisatawan mancanegara. Salah satu keunikan pulau ini adalah pulau yang disinggahi para penyu untuk bertelur sehingga didirikan konservasi penyu laut yang dikelola langsung oleh BKSDA Kabupaten Berau. Bagi para wisatawan yang ingin melihat langsung hewan lucu ini bertelur di malam hari harus ditemani seorang pemandu, karena penyu merupakan hewan yang sangat sensitif, jika ada sedikit saja cahaya maka penyu pun akan batal bertelur. Oleh karena itu para wisatwan hanya diperbolehkan mendekat jika penyu sudah mulai mengeluarkan telur-telurnya.

Pulau Derawan
obsevasi penyu hijau

Sebagai salah satu perairan yang memiliki kekayaan alam bawah lautnya, Pulau Sangalaki memang termasuk tempat wajib yang dikunjungi oleh banyak wisatwan. Terlebih di perairan pulau ini para penyelam dapat bertemu dengan Ikan Pari Manta Raksasa, dimana ikan ini biasa berenang bergelombol untuk mencari mangsanya yaitu hewan plankton, apalagi disaat terang bulan bahkan ikan pari manta yang berkumpul bisa mencapai 20 ekor lebih.

Pulau Derawan
manta point spot diving

Di pulau ini pun mempunyai banyak spot-spot diving sebagai bukti kekayaan alam bawah lautnya, berikut adalah spot diving yang terdapat di Pulau Sangalaki
  • Channel Entrance
  • Coral Gardens
  • Turtle Town
  • Sandy Ridge
  • Manta Run
  • Sherwood Forest
  • Manta Parade
  • Manta Avenue
  • Eel Ridge
  • Lighthouse
  • The Rockies
Kepulauan Derawan memang kepulauan yang memiliki pesona bawah laut yang mempesona, maka tidak heran kawasan ini pernah dicalonkan untuk menjadi situs warisan dunia UNESCO pada tahun 2005. Sebagai salah satu segitiga emas terumbu karang dunia sekitar 53% jenis terumbu karang terdapat di Kepulauan Derawan. Kemudian sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk terus menjaga dan melestarikan surga bawah laut ini.

Demikian artkel wisata terbaik di Pulau Derawan semoga dapat menambah pengetahuan dan juga dapat dijadikan referensi sebelum anda mengunjungi pulau ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel