Wisata Pulau Komodo | Spot Diving Terbaik Di Labuan Bajo

Wisata Pulau Komodo atau Spot Diving Terbaik Di Labuan Bajo berada di kepulauan Nusa Tenggara, pulau ini termasuk dalam Taman Nasional Komodo bersama pulau lain yaitu Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Motang dan banyak pulau-pulau kecil lainnya. Pulau ini adalah habitat asli dari reptil raksasa ini, di Pulau Komodo terdapat kurang lebih 2000 Komodo yang hidup di alam bebas. Anda dapat melihat langsung hewan ini dan cara dia mengintai mangsanya, namun perlu diperhatikan karena Komodo termasuk hewan yang agresif dan juga memiliki racun bakteri dalam air liurnya maka untuk mengelilingi pulau ini anda wajib ditemani oleh pemandu.

Pada Tahun 1986, UNESCO menetapkan Pulau Komodo dan pulau-pulau kecil disekitarnya sebagai salah satu warisan dunia karena Komodo hanya bisa ditemui di pulau ini. Selain memiliki hewan purba yang sudah melegenda yaitu Kodomo Dragon, pulau ini memiliki bentang alam dan kekayaan bahari yang sangat indah mempesonya. Kurang lebih terdapat 42 Spot Diving disekitar pulau ini menggambarkan bahwa tempat ini memiliki kekayaan bahari yang sangat indah.

Dalam kesempatan kali ini saya mencoba untuk mengangkat pulau legendaris ini dalam artikel saya. Dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan mengenai tempat wisata Pulau Komodo atau Spot Diving Terbaik Di Labuan Bajo berikut uraiannya

Wisata Pulau Komodo | Spot Diving Terbaik Di Labuan Bajo

Pulau Komodo
komodo dragon
WISATA LABUAN BAJO

Berada di ujung paling Barat Pulau Flores, lokasi kota Labuan Bajo sangat ideal karena berhadapan dengan dua pulau penting yaitu Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Maka kota Labuan Bajo adalah kota pelabuhan transit dan tujuan ke Flores. Memiliki pemandangan menarik dari bukit-bukit di sebrangnya, kapal-kapal wisatawan yang bersandar serta sunsetnya yang sangat memukau. Labuan Bajo dengan pelabuhan indahnya bisa menjadi destinasi liburan yang sangat ideal, karena dari tempat ini anda dapat menyebrang ke pulau-pulau sekitarnya seperti

1. Pulau Bidadari
terletak di Barat Laut dari Labuan Bajo, pulau ini memiliki pasir yang putih dan air yang sangat jernih sehingga anda dapat berenang, snorkeling dan sangat cocok bagi anda yang belajar untuk menyelam.

Pulau Komodo
suasana pantai di pulau bidadari

2. Pulau Seraya
terletak 10 Km dari kota Labuan Bajo, di Pulau Seraya ini anda dapat bersantai di atas hamparan pasir yang putih, juga bukit-bukit hijau, berenang di air yang jernih dan tenang serta air laut yang berwarna biru pirus. Pulau ini juga memberikan anda kesempatan untuk menjelajahi dunia bawah lautnya yang sangat indah, dimana anda dapat snorkeling dan juga diving atu menyelam.


Pulau Komodo
indahnya view pulau seraya

3. Pulau Kenawa
terletak sekitar 15 Km dari kota Labuan Bajo di perbatasan Taman Nasional Komodo. Pulau ini dianggap pulau yang paling indah di Asia Tenggara, dengan dikelilingi oleh terumbu karang yang sangat menakjubkan dengan ribuan spesies ikan, penyu, hiu karang dan yang menjadi sang primadona adalah ikan pari manta (manta ray). Kamu dapat membaca selengkapnya pada wisata Pulau Kenawa.

Pulau Komodo
savana di pulau kenawa

WISATA TAMAN NASIONAL KOMODO

Selain memiliki daya tarik melihat hewan purba legendaris yaitu Komodo Dragon di habitat aslinya, pulau ini juga menawarkan panorama alam yan sangat alami dan kekhasan alam seperti padang savana dan kehidupan bawah laut yang sangat indah. Dengan potensi baharinya anda dapat melakukan banyak kegiatan seperti memancing, snorkeling, diving, perahu kano dan sampan. Kemudian untuk di darat anda dapat melakukan kegiatan lain seperti pengamatan satwa (Komodo, Rusa, Monyet ekor panjang dan lain-lain), hiking dan tracking hingga berkemah atau camping. Berikut tempat wisata alam di Taman Nasional Komodo

1. Loh Liang di Pulau Komodo
merupakan pintu masuk untuk daerah wisata utama di Pulau Komodo. Aktifitas yang dapat anda lakukan di tempat ini seperti pengamatan satwa-satwa khas Taman Nasional (Komodo, Babi Hutan, Rusa, Aneka Burung), kemudian anda juga dapat mendaki Gunung Ara, menjelajahi area dari Loh Liang hingga Loh Sebita, Photo hunting dan Video shooting. Namun bagi anda para wisatawan wanita jika anda sedang berhalangan harap melaporkan pada pemandu atau rangger karena Komodo bisa mencium bau darah dari jarak yang sangat jauh.

Pulau Komodo
melihat langsung komodo di loh liang

2. Loh Sebita
merupakan kawasan hutan mangrove, tumbuhan mangrove yang bisa dijumpai ditempat ini seperti jenis Sonneritia Sp dan lain-lainnya. Kawasan ini biasanya digunakan untuk penelitian, namun banyak juga para wisatawan yang datang seperti long-trackking dari Loh Liang dengan perjalanan satu hari. Fasilitas di tempat ini sudah cukup lengkap seperti dermaga, pos jaga serta fasilitas lainnya. Saat anda menuju Loh Sebita, anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang indah berupa bukit-bukit yang hijau dan tinggi menjulang dengan padang savana yang luas. Untuk menuju Loh Sebita dari Labuan Bajo memakan jarak tempuh sekitar 5-6 jam perjalanan laut atau anda dapat melakukan long-trackking dari Loh Liang.

Pulau Komodo
loh sebita di pulau komodo

3. Pink Beach
merupakan pantai dangkal yang memiliki air jernih dan terumbu karang yang menakjubkan. Seperti namanya pantai ini memiliki pasir yang berwarna merah jambu atau pink, hal ini dikarena coral berwarna merah jambu yang hancur kemudian terbawa arus dan bercampur dengan pasir pantai. Fenomema alam ini semakin membuat unik pantai ini. Karena memiliki keindahan terumbu karangnya maka banyak para wisatawan yang berenang, snorkeling ataupun diving di sekitar pantai ini.

Pulau Komodo
pasir pantai yang berwarna merah muda

4. Loh Buaya Pulau Rinca
merupakan tempat pusat kunjungan Pulau Rinca, sebenarnya bagi para wisatawan yang ingin melihat Komodo dihabitat aslinya tidak hanya di Pulau Komodo. Lebih mudah melihat Komodo di Pulau Rinca dibandingkan di Pulau Komodo, karena memang Pulau Rinca tidak terlalu besar sehingga anda dapat dengan mudah menjumpai para kawanan Komodo. Bahkan hanya 100 meter ditempat pembelian tiket anda sudah dapat bertemu satwa purba ini. Selain itu anda juga dapat melakukan tracking menyusuri pulau dengan rute (Loh Buaya menuju Wae Waso), (Loh Buaya menuju Golo Kode) serta anda dapat juga mengamati tingkah para kawanan kekelawar dengan jumah yang besar di Pulau Kalong. Faslititas di Loh Buaya memang terbilang cukup lengkap seperti Pondok Wisata, Cafetaria, dan Shelter.

Pulau Komodo
melihat komodo di loh buaya

5. Pulau Padar
pulau ini terletak diantara Pulau Komodo dan juga Pulau Rinca, dimana pulau ini juga memiliki kekayaan potensi bawah lautnya yang sangat cantik sehingga sangat sayang jika anda lewatkan. Pulau Padar juga memiliki pantai merah muda atau Pink Beach seperti di Pulau Komodo dan juga Pulau Sabolon. Kemudian di sisi timur pulau ini terdapat pantai dengan susana tebing-tebing karang dan batuan kapur yang sangat besar serta terdapat pasir puti halus ditengah-tengahnya, serta di sisi selatan pulau terdapat bukit-bukit kecil yang sangat hijau dengan padang savananya. Untuk menuju Loh Buaya dari Labuan Bajo dengan jarak tempuh sekitar 30-40 menit saja sehingga mudah untuk dikunjungi para wisatwan.

Pulau Komodo
pemandangan pulau padar

sebelum lanjut anda dapat membaca juga wisata terbaik di taman laut Bunaken

Transportasi yang dapat digunakan untuk mengunjungi Pulau Komodo, anda dapat menggunakan transportasi Darat, Laut ataupun Udara. jika anda menggunakan transportasi udara, anda dapat terbang menuju Denpasar yang kemudian dilanjutkan dengan menyebrang ke Labuan Bajo menggunakan kapal Ferry.

Pulau Komodo
menggunakan kapal fery menuju pulau komodo

Menikmati pesona bawah laut Taman Nasional Komodo memang sangat mengagumkan dimana terdapat sekitar 42 Spot Diving dengan masing-masing tempat memiliki keunggulan serta keunikan. Untuk menikmati menyelam atau diving anda dapat menyewa Dive Club atau tempat penyewaan alat selam yang banyak tersebar di kota Labuan Bajo. Pastikan sebelum menyelam anda sudah memiliki lisensi diving atau anda juga bisa mengambil lisensi menyelam Labuan Bajo. Jika anda mengikuti One Day Trip mungkin anda hanya paling banyak melakukan 3 kali penyelaman, namun jika anda ingin melakukan lebih banyak penyelaman anda dapat mengambil paket Live on Boards atau bermalam selama beberapa hari diatas kapal namun untuk harganya biasanya bervariatif tergantung jasa penyelamannya.

Pulau Komodo
spot diving

LOKASI SPOT DIVING TERBAIK

1. Spot Diving di Labuan Bajo
  • Sebayur Kecil
  • Sabolon Besar dan Kecil
  • Seraya

2. Spot Diving Di Pulau Rinca
  • Cannibal Rock 
  • Torpedo Point
  • Crinoids Canyon
  • Yellow Wall

3. Spot Diving Pulau Komodo Bagian Tengah
  • Wainilu
  • Tree Sisters
  • Pillarstein
  • Tatawa Kecil
  • Tatawa Besar
  • Siaba Kecil
  • Siaba Besar
  • Pink Beach
  • Pengah Kecil
  • Mawan
  • Batu Bolong
  • Manta Point
4. Spot Diving Pulau komodo Bagian Selatan
  • Manta Alley
  • German Flag
  • Twins
5. Spot Diving Pulau Komodo Bagian Utara
  • Gili Lawa Darat Passage
  • Gili Lawa Laut Passage
  • Castle Rock
  • Crystal Rock
  • Toko-Toko
6. Spot Diving Pulau Komodo Bagian Barat
  • Tukoh Srikaya
  • Broken Hill
  • Wizard Hat
anda dapat membaca juga wisata Wakatobi atau liburan terbaik di Pulau Wakatobi

Taman Nasional Komodo memang menjadi daya tarik wisata yang sangat menarik, sangat wajar jika dijuluki dengan 7 Keajaiban Dunia. Tugas kita adalah tetap menjaga segala ekosistem yang ada agar tetap bisa dilestarikan. Dengan memiliki satwa primadona yaitu Komodo dan juga memiliki bentang alam yang alami serta kekayaan kehidupan bawah lautnya membuat tempat ini kian istimewa.

Demikianlah artikel tentang wisata Pulau Komodo atau spot diving terbaik di Labuan Bajo semoga dapat menambah wawasan serta dapat dijadikan referensi sebelum anda mengunjungi pulau ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel