Wisata Gili Nanggu Menjadi Wisata Terbaik di Sekotong Lombok

Gili Nanggu merupakan sebuah pulau mungil yang terletak tak jauh dari Gili Trawangan, tepatnya di kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Jika bicara Lombok, memang sejuta kata tak cukup rasanya untuk dapat menggambarkan keindahannya. Dengan wisata andalan berupa keindahan pantai-pantainya serta kehidupan bawah lautnya akan membuat bibir setiap wisatawan berdecap kagum.

Dengan miliki beberapa destinati wisata yang sudah populer seperti Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Nemo, ternyata Lombok masih mempunyai kejutan lain untuk kamu para traveler. Sebuah pulau kecil yang masih cukup asing di telinga yaitu Gili Nanggu dan Gili Kendis. Memang secara karakteristik, untuk semua pulau disekitar Lombok hampir tak jauh berbeda. Persamaannya ialah sama-sama mempunyai pasir putih nan halus serta perairan yang masih terjaga, sehingga warna biru airnya masih sangat jernih. Namun perbedaannya, untuk Gili Nanggu ataupun Gili Kendis belumlah terlalu banyak terekpose, sehingga masih terbilang cukup sepi dari para wisatawan. Bagi kamu yang ingin mencari suasana liburan yang berbeda dan sedikit lebih private, maka kedua pulau ini menjadi jawaban terbaik untuk solusi bagi kamu. 

Daerah Sekotong Lombok Barat, memang lebih memiliki banyak gugusan pulau-pulau kecil atau Gili, jika dibandingkan dengan Lombok Utara. Maka tak diherankan jika memiliki banyak pantai dan pulau-pulau cantik yang masih jarang dijadikan sebagai tujuan wisata Lombok Barat. Sebab itulah keberadaannya masih cukup terjaga dengan baik. Mengingat akan hal tersebut, jika kamu tertarik ingin mengunjungi Gili Nanggu, maka ada baiknya kamu baca terlebih dahulu ulasannya dalam konten artikel saya kali ini.

Pada malam hari ini, saya mencoba memapaparkan secara detail perihal wisata Gili Nanggu menjadi wisata terbaik di Sekotong Lombok. Semoga kiranya dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu ataupun para pembaca yang budiman lainnya.

gili nanggu3
welcome to Gili Nanggu

Gili Nanggu Lombok memiliki luas total 12.5 hektar dan hanya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 20 menit untuk mengitari seluruh bagian pulau. Dengan memiliki panorama alam indah berupa hamparan pasir putih dan perairan jernih yang mengitarinya, akan terasa begitu mendamaikan pikiran dan hati yang telah penat oleh segala aktifitas dan rutinitas sehari-hari. Memiliki suasana yang tergolong masih sepi, sehingga Gili Nanggu acap kali dipilih sebagai destinasi untuk beberapa pasangan muda untuk bulan madu atau honeymoon di Lombok.

gili nanggu
jernihnya perairan Gili Nanggu
Meskipun tergolong masih sepi, namung jangan salah banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan di pulau ini. Dengan sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan yang dapat digunakan yaitu Gili Nanggu Cottages dan Bungalow. Penginapan tersebut akan memenuhi segala kebutuhan kamu selama berlibur seperti fasilitas peralatan snorkeling dan diving, beberapa wahana watersport, perahu kano, sepeda dan perahu jukung. Jika kamu membutuhkan permintaan khusus, kamu hanya cukup mengkonfirmasi saja dengan pihak penginapan di Gili Nanggu. Gili Nanggu Cottages memiliki tiga type jenis kamar yang dapat disewa, yaitu Standart Cottage, Sea View Cottage dan Bungalow. Untuk masing-masing type kamar memiliki tarif yang berbeda, agar lebih memudahkan kamu coba untuk reservasi terlebih dahulu. Cobalah untuk menghubungi pihak pengelola di nomor 081237972299/0878645820820.

gili nanggu4
Gili Nanggu Cottages dan Bungalow

gili nanggu5
salah satu jenis kamar
Dengan segala keindahannya, Gili Nanggu akan siap menyambut kedatangan kamu. Bagi kamu yang mempunyai hobi snorkeling, kamu dapat dapat menyalurkan hobi tersebut di pulau ini. Pasalnya dengan perairan jernih yang masih terjaga, sehingga kehidupan bawah lautnya masih memiliki biota laut sangat baik. Tak perlu jauh-jauh untuk apat melihat ikan-ikan kecil, dari bibir pantai saja kamu cukup lemparkan beberapa remah roti yang dihancurkan, pastinya akan mengundang para ikan tersebut untuk menghampiri. Kamu dapat membeli satu botol isi remah roti pada resepsionis cottages dengan harga sekitar Rp. 5000/botol.

Sebagai lokasi snorkeling, setidaknya terdapat dua spot terbaik untuk bersnorkeling ria di Gili Nanggu, yaitu di bagian timur dan selatan pulau. Dimana sudah banyak terdapat ikan dengan beraneka jenis berwarna-warni dan ukuran, serta berbagai terumbu karang siap menemani kamu selama berada di periairan pulau ini. Selain memiliki keindahan bawah lautnya, Gili Nanggu juga ditetapkan sejak 1995 sebagai tempat konservasi alam bagi penyu.

gili nanggu6
suasana pantai Gili Nanggu

Untuk akomodasi menuju Gili Nanggu tak perlu khawatir, pasalnya tterdapat dua opsi yang dapat digunakan untuk menuju Sekotong. Bila menggunakan jalur udara, sudah dilengkapi dengan Bandara Internasional Lombok yang dapat digunakan, kemudian kamu cukup menggunakan bus damri untuk menuju Pelabuhan Lembar. Setelah itu kamu dapat menyebrang dengan menggunakan perahu yang banyak bersandar dipelabuhan tersebut. Selain jalur udara, kamu juga dapat menuju Sekotong menggunakan jalur darat dengan lama perjalanan sekitar 40 menit. Sebelum lanjut kamu dapat juga membaca wisata Farm House Bandung.

Agar lebih memudahkan kamu dapat menggunakan opsi jalur udara saja, dimana setibanya di Bandara Internasional Lombok, kamu dapat menggunakan bis damri dengan tarif sekitar Rp. 15.000/orang. Kemudian kamu dapat turun di daerah Gerung Sapi, setelah itu kamu dapat melanjutkan perjalan menuju Pelabuhan Lembar dengan menggunakan angkutan umum, dengan biaya sekitar Rp. 10.000-15.000/orang. Namun biasanya para supir tersebut, meskipun tak semua tetapi banyak yang memanfaatkan para wisatawan untuk menaikan tarifnya, sehingga dituntut kamu untuk pandai-pandai menawar harga. Setibanya di Pelabuhan Lembar, sudah cukup banyak perahu yang menunggu, kamu cukup katakan saya ingin menginap di Gili Nanggu Cottages dan Bungalow. Dengan biaya penyebrangan sekitar Rp. 150.000/orang dan lama perjalanan sekitar 30-40 menit.

Sebetulya terdapat pula dua opsi pelabuhan yang dapat digunakan untuk menyebrang ke Gili Nanggu, pertama yaitu Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Tawun. Pada pelabuhan Tawun, sebenarnya sudah banyak jasa travell yang siap menemani kamu untuk dapat berkeliling ke tiga pulau sekaligus dalam satu hari yaitu Gili Nanggu, Gili Kendis dan Gili Sudak. Dimana kamu cukup meroggoh kocek sekitar Rp. 500.000 untuk menyewa boat selama satu hari. Bila kamu menggunakan jalur via Pelabuhan Tawun, maka kamu akan melewati terlebih dahulu Gili Sudak, Gili Tangkong dan barulah Gili Nanggu.

Melihat segala keindahan dan pesona yang terdapat di Gili Nanggu, seakan membuat diri ini tenggelam dan terhipnotis. Tersadar akan kuasa dari Sang Pencipta dan segala kharunianya yang telah diberikan pada alam, sehingga ribuan ucapan syukur terucap dari bibir yang penuh dosa ini. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki oleh manusia, rasanya tak mungkin untuk menyombangkan diri terhadapNya. Namun terkadang sifat kesombongan yang dimiliki oleh manusia, tak sengaja telah mendorong untuk menjauh terhadapNya. Berbeda halnya dengan Tuhan yang Maha Pengasih, Ia tetap saja memberikan pengampunan pada setiap hambaNya. Karunia paling berarti yang dihadiahkan oleh Tuhan bukanlah berupa uang ataupun barang, akan tetapi ialah kesempatan. Raihlah setiap kesempatan yang ada, niscaya kelak kita akan menjadi pribadi yang lebih baik.

Kamu juga dapat membaca Pulau Kenawa  dan Pulau Moyo 

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal wisata Gili Nanggu menjadi wisata terbaik di Sekotong Lombok. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat dijadikan sumber referensi bagi kamu atau para pembaca budiman lainnya, yang ingin berkunjung ke pulau cantik ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel