Wisata Pulau Moyo atau Moyo Island Sumbawa

Wisata Pulau Moyo atau Moyo Island Sumbawa salah satu pulau mungil yang kecantikannya sudah mulai populer dikalangan para traveler. Mungkin sudah banyak yang mengexpose kecantikannya melalui dunia maya ataupun media sosial. 

Jika sebelumnya saya telah mengulas wisata Pulau Kenawa, maka saat ini saya mencoba kembali mengulas potensi wisata lain di Sumbawa. Pulau Moyo sebuah pulau yang terletak disebelah utara Sumbawa. Pulau ini memiliki luas sekitar 350 Km2 dan dikelilingi dengan ekosistem terumbu karang yang sangat beragam.

Kecantikan pulau ini, sudah banyak dikenal oleh kalangan traveler mancanegara dibandingkan di Indonesia. Bahkan banyak selebriti ataupun para toko internasional pernah melancong ke Pulau Moyo, siapa saja para tokoh tersebut? Diantaranya adalah Mick Jagger, Alm Lady Diana dan puteranya Pangeran William, David Backham, petenis Maria Sharapova serta mantan kiper Manchester United Edwin Van De Sar. Para tokoh tersebut telah mengungkapkan rasa ketertarikan dan kagum terhadap segala keindahan Pulau Moyo. Kamu tertarik juga untuk mengunjunginya? Simak terus ulasan saya kali ini.

Pada Malam hari ini, saya mencoba mengulas perihal wisata Pulau Moyo atau Moyo Island Sumbawa. Semoga dapat membantu dan menambah wawasan kamu, tentang beberapa info tempat pariwisata di Indonesia.

Wisata Pulau Moyo atau Mayo Island Sumbawa

Pulau Moyo
peta lokasi pulau moyo

Untuk menuju Pulau Moyo, hampir serupa seperti rute untuk menuju Pulau Kenawa.  Yaitu kamu dapat menuju Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur sebagai start awal. Setelah itu kamu dapat melakukan penyebrangan untuk menuju Pelabuhan Poto Tono. Kemudian disambung dengan perjalanan darat kearah Sumbawa Besar sekitar 1-2 jam menuju Pelabuhan Muara Kali. Sesampainya di pelabuhan tersebut, kamu diharuskan mencari perahu nelayan untuk mengantarkan kamu ke Pulau Moyo. Atau kamu juga bisa menyembrang menggunakan perahu bermotor, namun perahu tersebut beroperasi hanya 2 kali perhari. Dengan jam keberangkatan pukul 09.00 dan 11.30.

Namun bila kamu ingin menggunakan jalur darat, kamu juga bisa menuju dari Sumbawa Besar ke Desa Ai Bari. Sebuah kamung nelayan, dekat pesisir yang terletak sekitar 20 Km utara dari Sumbawa Besar.

Jika kamu ingin memilih jalur udara, kamu dapat menuju kota Mataram. Dimana terdapat maspakai pesawat perintis yang membuka jalur penerbangan untuk menuju Sumbawa Besar, dengan lama penerbangan hanya sekitar 30-40 menit. Penerbangan tersebut dibuka untuk hari Selasa dan Jumat. Kemudian kamu lanjutkan perjalanan dari Pelabuhan Muara kali untuk menuju Pulau Moyo.

Keseruan yang dapat kamu temui jika mengunjungi Pulau Moyo adalah menikmati pantai indah nan bersih, snorkeling, diving, trekking untuk menuju Air Terjun Mata Jitu, mengamati aneka satwa-satwa endemik dan keseruan lainnya. Keindahan panorama alam dan kekayaan bawah lautnya tak perlu kamu ragukan. Pasalnya karena pulau ini relatif masih sepi pengunjungi, sehingga kebersihan dan keasriannya masih sangat terjaga.
Pulau Moyo
garis pantai di pulau moyo
Pulau Moyo
jernihnya perairan pulau moyo

Pulau Moyo
view pantai dari atas tebing

Bentang alam di Pulau Moyo terdiri dari savana hijau dan hutan tropis. Sehingga jika kamu trekking masuk kedalam hutan untuk menuju lokasi Air Terjun Mata Jitu, akan terasa sekali nuansa petualangannya. Untuk menuju lokasinya, kamu diharuskan berjalan sekitar 3 Km dengan lama perjalanan sekitar 20-30 menit. Keindahan air terjun tersebut tak perlu dipertanyakan lagi. Dari semua tokoh-tokoh dunia yang pernah mengunjungi pulau ini, pasti mereka akan rela masuk kehutan demi melihat langsung keeksotisan air terjun ini.

Pulau Moyo
air terjun mata jitu

Pulau Moyo
air yang berwarna hijau tosca

Pulau Moyo
beberapa undakan kolam

Air Terjun Mata Jitu dinilai cukup unik dan berbeda, jika dibandingkan dengan air terjun lainnya. Aliran air yang begitu jernih dan berwarna hijau tosca layaknya seperti air laut dan bebatuan yang ada disekitar bukanlah batuan keras namun seperti batuan kapur. Sehingga terkesan layaknya stalaktit yang ada didalam gua. Selain faktor tersebut, bentuk air terjun pun memiliki beberapa undak-undakan. Membuat layaknya seperti kolam renang alami yang telah dibentuk oleh alam. Sehingga kian mempercantik Air Terjun Mata Jitu jika dipandang. 

Sebenarnya para wisatawan yang datang ke air terjun ini, dilarang untuk sekedar mandi ataupun berenang, namun tak erlu kkhawatir karena sudah disediakan tempat untuk mandi dan berenang. Hal tersebutlah, yang membuat air terjun ini tetap terjaga keasriaannya.

Untuk menikmati semua keindahan Pulau Moyo, banyak orang yang mengira butuh biaya yang cukup besar. Padahal semua itu tergantung, ingin seperti apa dan bagaimana liburan yang kamu inginkan? Jika menginginkan liburan dengan tema backpaker yang tidak membutuhkan biaya cukup besar, itupun bisa kamu lakukan. 

Mengenai penginapan yang disediakan pun cukup relatif. Bila kamu memiliki buged yang tak begitu banyak, sudah tersedia berbagai pilihan homestay dengan harga yang rafiatif pula. Harga menginap homestay berkisar antara Rp. 200.000-Rp. 700.000/malam. Namun jika kamu menginginkan fasilitas yang cukup lengkap, kamu dapat coba menginap di Amanwana Hotel dengan biaya sekitar Rp. 8. 724.000-Rp. 16.917.000/malam tergantung type kamar. Perihal fasilitasnya, Amanwana Hotel merupakan hotel dengan fasilitas terlengkap yang ada di Pulau Moyo

Pulau Moyo
amanwana hotel
Begitu terhampar luas berbagai tempat destinasi wisata yang ada di Indonesia. Tak jarang, banyak pula yang menyebut bahwa Indonesia, memiliki banyak surga yang tersembunyi. Sebagai salah satu contoh, Pulau Moyo. Melihat dari semua segala potensi wisata yang ada dan keindahan alamnya. Memang patutlah kita merasa bangga. 

Melihat segala keindahan Pulau Moyo, maka terbesit dalam benak pikiran. Alangkah kuasa dan begitu kayanya Sang Pencipta, begitu mudahnya Ia menciptakan alam ini. Semakin merasa kecil dan takut rasanya diri ini, melihat begitu kuasanya Ia. Sebagai mahkluk ciptaannya, rasanya pantaskah kita untuk menyobongkan diri? maka bijaklah kita untuk mengenali terlebih dahulu siapa kita dan barulah kita akan mengenal siapa Tuhan kita.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal wisata Pulau Moyo atau Moyo Island Sumbawa. Semoga dapat berguna dan menjadi sumber referensi bagi kamu, sebelum kamu mengunjungi pulau cantik ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel