Wisata di Pulau Bawean, Gresik Menjadi Wisata Terbaik di Jawa Timur

Wisata di Pulau Bawean, Gresik menjadi wisata terbaik di Jawa Timur, mungkin bagi kamu yang masih asing mendengar namanya saya coba jelaskan sedikit. Pulau Bawean, masuk dalam kabupaten Gresik karena lokasinya di laut jawa atau sekitar 120 Km sebelah utara Gresik.

Keadaan infrastuktur di Pulau Bawean memang sedikit boleh dibilang masih tertinggal dibandingkan daerah lain di Pulau Jawa. Ya, mungkin letak geografisnya yang terisahkan oleh lautan menjadi salah satu faktor utama. Akan tetapi sejak tahun 2006 telah dibangun sebuah bandara bernama Bandar udara Harun Thohir. Kemudian pada Januari 2016, bandara ini telah diresmikan oleh mentri perhubungan dan akan berjanji untuk memperpanjang lagi landasan jalur pacunya. Agar pesawat dengan ukuran lebih besar dapat mendarat, hal ini dilakukan tak lain agar perekonomian masyarakat Pulau Bawean dapat menjadi lebih baik lagi.  

Melihat potensi lain yang terdapat di pulau ini, melalui sektor pariwisata. Pulau cantik ini memunyai bentang alam yang sangat indah. Dengan berbagai jenis wisata yang ditawarkan, mampu untuk memuaskan dahaga kamu akan tempat-tempat yang wisata menarik. Sebelum lanjut, kamu juga dapat membaca wisata Pulau Kenawa, Sumbawa Barat dan Pantai Sulamadaha, Ternate.

Pada siang hari ini, saya akan mencoba mengulas wisata Pulau Bawean, Gresik menjadi wisata terbaik di Jawa Timur. Semoga dapat membantu dan berguna bagi kamu, mengetahui aneka info tempat pariwisata di Indonesia. 

Wisata di Pulau Bawean, Gresik Menjadi Wisata Terbaik di Jawa Timur

Pulau Bawean
peta lokasi pulau bawean
Seperti introduction diatas, memang saat ini sudah dibuka jalur penerbangan dari Surabaya menuju Pulau Bawean. Hal tersebut jelas, semakin membuat akses menuju pulau ini menjadi mudah. Jika sebelumnya untuk menuju Pulau Bawean, kamu harus menyebrang menggunakan kapal ferry dari pelabuhan Gresik. 

Untuk penyebrangannya, kamu dapat menggunakan beberapa jadwal. Berikut jadwalnya,

1. Bahari Ekspress 8E

Pulau Bawean
bahari express

Gresik-Bawean : Selasa, Kamis, Minggu
Bawean-Gresik : Sabtu, Senin, Rabu
Keberangkatan kapal pukul 09.00 pagi
Lama perjalanan sekitar 4-5 jam
Harga tiket 
*Ekonomi  : Rp. 132.500/orang
*Eksekutif : Rp. 146.500/orang
*VIP          : Rp. 162.500/orang
Lokasi pembelian tiket
*Kantor Bahari Ekspress cabang Gresik
Jl. Pahlawan no 39, Gresik
*Kantor Bahari Ekspress cabang Bawean
Jl. Dermaga no 8, Sangkapura

2. Gili Iyang

Pulau Bawean
gili iyang
Gresik-Bawean : Jumat pukul 21.00 malam
Paciran-Bawean : Rabu dan Minggu pukul 21.00 malam
Bawean-Gresik : Jumat pukul 09.00 agi
Bawean-Paciran : Sabtu dan Senin pukul 21.00 malam
Lama perjalanan sekittar 8-10 jam
Harga tiket
*Dewasa      : Rp. 76.000/orang
*Anak-anak : Rp. 59.000/orang
*Motor         : Rp. 19.000/motor

Untuk kamu yang ingin membawa kendaraan jenis mobil, bisa menyebrang melalui Paciran. Kemudian untuk tiket, dapat dibeli langsung di pelabuhan dengan persyaratan membawa fotocopy ktp 2 lembar.

3. Natuna Express

Pulau Bawean
bagian dalam natuna express
Gresik-Bawean : Senin, Rabu, Sabtu
Bawean-Gresik : Selasa, Kamis, Minggu
Keberangkatan kapal pukul 09.00
Lama perjalanan sekitar 4-5 jam
Harga tiket
*Ekonomi  : Rp. 132.500/orang
*Eksekutif : Rp. 146.500/orang
*VIP          : Rp. 162.500/orang
Lokasi pembelian tiket
*Kantor Natuna Express
Jl. Panglima Sudirman no 177, Gresik
*Kantor Natuna Express Bawean
Dermaga Sangkura depan mini market Indra Jaya

Pulau Bawean menyediakan beberapa destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Mulai dari danau, pantai hingga beberapa pulau-pulau kecil yang tak berpenghuni. Itu lah beberapa faktor yang membuat Pulau Bawean kian terasa spesial dihati para pelancongnya. Pulau Bawean memanglah tak luas, untuk mengelilingi pulau kamu cukup membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam. Namun untuk menuju tempat-tempat wisata, kamu membutuhkan waktu yang lebih.

Berikut adalah beberapa destinasi wisata yang terdapat di pulau cantik ini,

1. Danau Kastoba

Pulau Bawean
suasana danau kastoba
Merupakan sebuah danau yang telah ada sejak lama, Danau Kastoba terletak di tengah-tengah Pulau Bawean. Konon cerita terbentuknya danau ini adalah dahulu kala Pulau Bawean bernama Pulau Majeti. Kemudian kala itu pulau ini dikusai oleh Ratu Jin yang sangat bijaksana. Pulau Mejeti adalah suatu kerajaan yang sangat termasyur dan disegani oleh kerajaan lain di nusantara. 

Ditengah-tengah pulau, terdapat sebuah pohon sakti yang dapat menyembuhkan apapun dan menjauhkan segala bencana alam. Singkat cerita, suatu ketika sang Ratu Jin mengubah kebijaksaannya demi melindung ohon sakti tersebut. Oleh karen itu, ia memerintahkan 2 ekor burung gagak untuk melindungi pohon dari segala mara bahaya.

Suatu hari, ada seorang pemuda buta yang berjalan tertatih-tatih mencari obat demi kesembuhan matanya. Lalu kedua burung gagak tersebut merasa iba, diberikanlah 2 lembar daun pohon tersebut pada pemuda itu untuk kedua matanya. Maka benar saja, mata pemuda itu sembuh dalam seketika dan bisa melihat kembali. Namun, kebaikan burung gagak itu membuat sang Ratu Jin menjadi murka. Oleh sebabnya ia mencabut pohon sakti tersebut. Akibat dicabutnya pohon tersebut, maka tinggallah sebuah lubang besar yang kemudian berubah menjadi Danau Kastoba.

Fakta lainnya mengenai danau ini, dimana terdapat sebuah pusaran air yang langsung terhubug dengan laut jawa. Sehingga bila laut jawa sedang surut ataupun pasang, maka berpengaruh juga dengan Danau Kastoba. Dahulu pernah ada seorang warga yang tenggelam dalam danau ini, beberapa kemudian jasat dari warga tersebut ditemukan disekitar perairan Pulau Bawean.

Sebelum menuju danau, kamu akan disambut dengan Grojogan Candi Bawean. Terletak dekat dengan tempat parkir dan jalur trek menuju danau. Alam disekitar Danau Kastoba sangatlah asri dan juga rimbun. Terlepas dari unsur mitos yang menyelimutinya, danau ini memunyai pemandangan alam yang sangat indah. Terdapat sebuah bukit dengan ketinggian 225 mdpl. Sehingga kamu dapat trekking menyusuri jalan setapak untuk menuju puncaknya, lama perjalanan tersebut kurang lebih sekitar 30-40 menit tergantung kekuatan fisik kamu. Sesampainya dipuncak maka akan terlihat secara menyeluruh kecantikan Danau Kastoba. Jernihnya air, hutan dan biru langit seakan menjelma menjadi suatu keindahan yang tiada tara. 

Untuk mencapai lokasi Danau Kastoba, kamu dapat menggunakan motor dengan lama perjalanan sekitar 1.5-2 jam dari kecamatan Sangkapuara. Sungguh menarik bukan?

2. Air Terjun Laccar dan Penangkaran rusa Bawean

Pulau Bawean
air terjun laccar

Merupakan spot air terjun yang cukup asri dan memiliki air yang sangat dingin nan segar. Air Terjun Laccar diapit oleh tebing-tebing tinggi serta hutan, hempasan angin yang membawa embun-embun air sangat menyegarkan disaat menyentuh kulit. Memang air terjun tersebut tidaklah terlalu tinggi, namun terkesan sangat eksotis dan dibalut dengan apik dibalik rimbunnya hutan Bawean. 

Pulau Bawean
penangkaran rusa bawean

Pengangkaran rusa Bawean, pada awalnya penangkaran ini adalah milik pribadi masyarakat Bawean yang peduli dengan satwa-satwa liar yang ada di Bawean. Namun, pemerintah Gresik membeli lahan tersebut dan pengelola penangkaran tersebut. Selain rusa, memang terdapat banyak satwa lain khas endemik Pulau Bawean. Seperti Babi kutil, Babi Bagong, Babi Jawa. Khusus Babi kutil, menurut International Union for Concervation of Nature (UCN) adalah spesial babi terlangka didunia. Bahkan keterangan data dan informasi mengenai satwa ini terbilang sangat minim. Pulau Bawean ada saat ini tercatat memiliki 230 satwa babi dan semakin menurun populasinya, dikarenakan perburuan yang dilakukan oleh para petani pulau ini. Para babi dianggap merusak tanaman mereka, alhasil para babi sering kali ditangkap dan dibunuh.

3. Pulau Noko Selayar dan Pulau Gili Noko

Pulau Bawean
pulau noko

Untuk mencapai kedua pulau ini, kamu diharuskan menggunakan perahu nelayan setempat yang biasa disebutu dengan "klotok". Kamu dapat mencari klotok yang akan kamu gunakan disetikar dermaga Desa Daun Sangkapura, biasanya para nelayan menawarkan jasanya dengan biaya sekitar Rp. 100.000 untuk perjalanan pergi-pulang. 

Jika kamu ingin bermalam disalah satu pulau, bisa juga kamu meminta untuk dijemput keesokan harinya. Dimana kamu cukup bernegosiasi saja dengan pemilik kapal tersebut. Pulau Noko Slayar hanya berupa hamparan pasir putih ditengah lautan dan sedangkan Pulau Gili Noko, merupakan satu-satunya pulau yang berpenghuni. Kamu dapat bersosialisasi dan bercengkrama dengan para penduduk asli disana. Melihat secara jelas kehidupan mereka sehari-hari, jelas hal tersebut dapat menambah wawasan kamu.

Sebagai pulau kecil, memang tak ada fasilitas hotel/cottage. Sehingga kamu diharuskan berkemah, jika ingin menginap. Namun disitulah keseruan yang kamu dapatkan, kamu dapat merasakan suasana hidup bebas di pulau. Rasakan nuansa berbeda, saat berkemah dihamparan pasir putih nan halus ditengah laut jawa. 

Pulau Bawean
pasir putih di pulau noko

Keindahan kedua pulau tersebut memang tiada duanya. Pulau Noko, terletak sekitar 4 Km kearah tenggara Pulau Bawean dengan lama perjalanan hanya sekitar 45 menit. Dimana luas pulau ini hanya sekitar 5000 meter persegi. merupakan sebuah pulau yang terdiri dari hamparan pasir putih nan halus. Sungguh cantik bukan? Kamu dapat sepuasnya bermain pasir, memancing, snorkeling, diving ataupun hanya sekedar berfoto ria. Perlu kamu ketahui, alam bawah laut pulau ini masih terjaga dengan baik. Bahkan ada ungkapan, yang menyatakan ekosistem bawah laut di sekitar Pulau Gili lebih baik jika dibandingkan dengan yang ada di kepulauan Derawan, Berau. Sehingga sangat cocok bagi kamu yang gemar dengan snorkeling ataupun diving. Penasaran? coba buktikan sendiri, datang dan coba liat keindahan pulau ini.

4. Pulau Nusa, Pulau Cina dan Pulau Lulubi

Untuk menuju ketiga pulau ini, kamu dapat melakukan penyebrangan menggunakan klotok dengan lama perjalanan sekitar 45-60 menit. Sebagai start awal kamu dapat menuju kawasan Dedawang, Tambak atau sekitar 1.5 jam perjalanan dari Sangkapura.

Pada dasarnya untuk Pulau Nusa dan Pulau Cina, merupakan pulau berkarang dan tak berpenghuni. Sehingga suasananya tak begitu berbeda. Dimana kamu dapat trekking menyusuri bukit-bukit karang yang terdapat di Pulau Nusa, untuk melihat lukisan alam yang lebih indah. Puas nikmati keindahan tersebut, kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju Pulau Cina. Dinamakan seperti itu karena dahulu kala ada rombongan orang cina yang terdampar di pulau ini.

Tujuan berikutnya adalah Pulau Lulubi, pulau ini terbilang cukup asri sehingga agak nyaman untuk kamu beristirahat setelah melakukan perjalanan. Semilir angin laut dan hamparan pasir seakan menyambut hangat kedatangan kamu. Lelah dan lapar selepas melakukan perjalanan, kamu dapat menyantap perbekalan yang kamu bawah sebelumnya. Namun harus diingat, karena ini adalah pulau tak berpenghuni kamu diharuskan membawa segala sampah setelahnya.

5. Tanjung Ga'ang

Pulau Bawean
sunset di tanjung ga'ang

Merupakan spot terbaik yang ada di Pulau Bawean untuk menikmati senja atau sunset. Terletak di ujunung barat Pulau Bawean, membuat lokasi ini agak sulit untuk ditempuh. Kamu dapat mencapainya menggunakan sepeda motor, namun tetap berhati-hati karena jalurnya yang berkelok-kelok. 

Tanjung Ga'ang merupakan sebuah bukit karang yang langsung berhadapan dengan laut. Sehingga kamu akan dapat melihat paparan sinar orange dilangit kala senja datang. Sebelum menuju Tanjung Ga'ang, kamu diharuskan memarkir kendaraan kamu dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri sawah dan hutan sekitar 1 jam perjalanan. Namun lamanya perjalanan tersebut tak akan terasa, dimana pemandangan indah siap menjadi bonus dan teman selama perjalanan. Sebetulnya ada dua cara untuk menikmati pemandangan di Tanjung Ga'ang, pertama kamu dapat menaiki perahu untuk dapat melihat lebih dekat Tanjung Ga'ang atau kamu dapat menyusuri bibir tebing untuk melihat pemandangan laut lepas dari atas.

*Tips
Sebelum kamu mulai mengexplore pulau ini, alangkah baiknya jika kamu mencari warga sekitar untuk menemani sepanjang kamu berada disini. Hal tersebut dimaksudkan agar kamu lebih bisa mengenal tempat ini dan meminimalis segala kemungkinan yang tak diinginkan.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan. Oleh karena itu, tak heran jika terhampar begitu banyak gugusan pulau-pulau. Begitupun dengan masyarakatnya yang mempunyai banyak kebudayaan, seperti Pulau Bawean. Pulau ini pun memiliki kebudayaan unik dan juga sejarah yang sangat menarik untuk diketauhi. Seperti dari setiap perjalanan lainnya, tentu akan ada hal baru yang dapat kamu temui. 

Melihat sang fajar tenggelam nun jauh disana, terbesit sesuatu dalam benak. Tentang apa yang dilakukan hari ini, sudahkah kita lakukan sesuatu hal baik hari ini? dan biarkanlah apa yang sudah terjadi hari ini menjadi pembelajaran untuk hari esok. Semoga kian hari semakin kita dapat mengerti arti hidup ini dan berusaha untuk menjadi lebih manusiawi lagi.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal wisata di Pulau Bawean, Gresik menjadi wisata terbaik di Jawa Timur. Semoga dapat berguna dan menjadi sumber referensi, sebelum kamu ingin menguncungi pulau cantik nan elok ini.