Tempat Wisata Terbaik Di Pangandaran

Tempat Wisata Terbaik Di Pangandaran, terletak di kota Ciamis Jawa barat. Mendengar nama tempat ini pastinya sudah banyak yang mengetahui tempat ini, dengan memiliki potensi wisata yang sangat beragam dan juga panorama alam yang indah wajar saja jika tempat ini sudah populer. Bahkan untuk mendukung kegiatan pariwisata di Pangandaran, pemerintah selalu membangun fasilitas pendukung di tempat pariwisata yang baru. 

Dengan sudah memiliki akses menuju Pangandaran yang baik serta termasuk rute jalan yang jelas, maka sangat dimudahkan sekali untuk para wisatawan datang mengunjungi tempat ini. Pangandaran terletak di Selatan Jawa Barat memang memiliki garis pantai yang banyak tidak heran tempat ini banyak terdapat wisata pantai, baik yang sudah dikelola dengan baik ataupun yang belum dapat banyak sentuhan.

Tidak hanya mengandalkan tempat wisata Pantai Pangandaran dan juga Green Canyon, tempat ini juga menawarkan banyak tempat wisata lainnya yang tidak kalah seru dan wajib untuk anda dapat kunjungi. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini saya coba mengangkat kembali apa saja potensi tempat wisata terbaik di Pangandaran, berikut uraiannya

Tempat Wisata Terbaik Di Pangandaran

Tempat Wisata Pangandaran
green canyon
1. Citumang
terletak tidak jauh dari Pantai Pangandaran, dikenal juga dengan nama "Green Valey" merupakan destinasi wajib yang dapat anda kunjungi. Anda dapat mencoba body rafting atau menyusuri aliran air goa dengan menggunakan pelampung. Air yang jernih serta panorama perbukitan dan tebing-tebing tinggi akan menemani selama perjalanan menuju mulut goa. Sesampainya didalam goa anda akan kembali disuguhkan dengan eksotisnya dalam goa yang mempesona. Suasana Citumang adanya aliran sungai jernih yang membelah hutan jati dan dibeberapa titik anda dapat berenang dan juga melompat untuk menambah suasana adrenalin anda. Setelah puas bermain sepanjang aliran sungai ini, anda dapat juga menyusuri hutan selama kurang lebih 20 menit untuk menemukan mata air Citumang yang tersembunyi.

Tempat Wisata Pangandaran
bermain air di citumang
2. Santirah
selain wisata rafting di Citumang / Green Valey anda juga dapat mencoba wisata serupa di Santirah, terletak sekitar 15 Km dari Pangandaran anda akan disuguhkan air sungai yang jernih dan sejuk akan menemani selama bermain disini. Anda dapat mencoba body rafting atau river tubing, menyusuri sungai berarus dengan relief bebatuan mempesona ditambah air terjun dikanan dan kirinya serta anda dapat menyusuri beberapa goa. Sungai ini mengalir ke 31 goa yang ada dikawasan ini, terdapat banyak goa kars dengan stalaktit dan skalagmit indah. Banyak goa yang dapat telusuri diantaranya seperti goa lanang, goa kecapi, goa rerengan, goa siejen lawang langkaplancar, jojogan cintaratu dan lain-lainya.

Tempat Wisata Pangandaran
body rafting di santirah

3. Pantai Mandasari
Pangandaran mempunyai garis pantai yang panjang, banyak terdapat wisata pantai yang cukup mempunyai potensi seperti Pantai Mandasari salah satunya. Pantai ini memang menyembunyikan sejuta keindahan, terdapat pula pohon-pohon ketapang yang berjajar apik sepanjang pantai. Berada di Kecamatan Cimerak, Pangandaran atau tepatnya sekitar 50 Km dari Pantai Pangandaran.

Tempat Wisata Pangandaran
berkemah di pantai mandasari

Memiliki ombak yang cukup besar membuat pantai ini sebagai destinasi para wisatwan untuk berselancar. Ombaknya yang cukup sulit untuk ditaklukan membuat tantangan tersendiri bagi para peselancar, namun kita anda bermain di pantai ini harus agak berhati-hati karena banyak hewan bulu babi yang berbawa oleh arus laut dan terselip diantara karang-karang. Di pantai ini pun terdapat arena camping ground bagi anda yang suka berkemah dan juga arena pacuan kuda, dimana di arena ini menjadi tempat diselenggarakan PON XIX 2016.

Tempat Wisata Pangandaran
suasana pantai mandasari

4. Pantai Karang Nini
terletak di Desa Emplak, Kalipujang kurang lebih sekitar 80 Km dari kota Ciamis kearah selatan. Pantai Karang Nini adalah perpaduan antara wisata pantai dengan hutan jati yang sangat rimbun. Pantai ini menghadirkan susana yang berbeda karena disekitar pantai terdapat banyak sekali pohon jati tinggi menjulang yang langsung disambung dengan pasir pantai yang bertemu dengan ombak yang saling berkejaran, sungguh suasana yang begitu damai dapat langsung terasa begitu anda sampai tempat ini. Nama "Karang Nini" ini diambil oleh para masyarakat karena dibagian dari pantai ini terdapat batu karang yang menyerupai seorang nenek (dalam bahasa sunda berarti Nini).

Pantai ini juga menawarkan panorama Pulau Nusa Kambangan yang terlihat samar-samar di ufuk timur dan juga beberapa potensi wisata lain seperti Teluk Pananjungan serta kelokan rel kereta api peninggalan Belanda yang hilang diujung terowongan. Kemudian anda dapat menuju ke Mata air sumur tujuh yang dipercaya oleh warga sekitar dapat membuat awet muda dan mampu menyembuhkan berbagai penyakit, bermacam goa juga tersebar dikawasana ini seperti Goa Dompet, Goa Panjang, Goa Peret dan Goa Pendek. Kemudian anda juga dapat mampir ke Mahapati Bagaspati Aquarium alam di muara Cipangbokongan, untuk melihat aneka ikan-ikan kecil dan juga terumbu karang saat air laut sedang surut.

Tempat Wisata Pangandaran
pantai karang nini
 
sebelum lanjut anda dapat membaca juga wisata Pulau dan Pantai Ora atau Ora Beach

5. Pantai Batu Hiu
sebuah pantai dengan tebing karang tinggi yang menjulang, terletak di Desa Ciliang sekitar 14 Km dari Pangandaran kearah selatan. Pantai ini diberi nama "Batu Hiu" karena ada sebuah karang yang tidak jauh dari garis pantai yang berbentuk sirip ikan hiu. Untuk dapat menikmati keindahan pantai ini, anda dapat memasuki pintu masuk yang dibuat seperti mulut hiu, kemudian menaiki bukit batu karang besar yang banyak ditumbuhi pohon pandan wong, anda akan disuguhkan panorama laut lepas berwarna biru serta ombak yang kian menambah kesan dramatis di pantai ini.

Tempat Wisata Pangandaran
view pantai batu hiu dari atas tebing

6. Pantai Karang Tirta
dilokasi ini anda dapat melakukan kegiatan bersampan, memancing hingga berkemah. Terletak di Desa Sukaresik, Sidamulih atau lebih tepatnya kearah Pantai Batu Hiu langsung belok kiri. Selain itu pantai ini sangat cocok untuk melakukan kegiatan outbond karena memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan seperti memiliki sungai, hutan, kolam,sawah, muara, delta dan lain-lainnya. Selain kegiatan diatas anda juga dapat belajar tari ronggeng, melihat proses pembuatan wayang golek atau mencicipi makanan khas daerah ini yaitu Pindang Gunung (sejenis sup ikan).

Tempat Wisata Pangandaran
suasana pantai karang tirta

7. Pantai Keusik Luhur
pantai indah ini memiliki perpaduan panorama pantai dan juga pegunungan. Terletak di Desa Kertamukti, Cimerak atau dengan jarak tempuh sekitar 45 Km dari Pangandaran ke arah selatan. Menjadi lokasi terbaik untuk menikmati keindahan pantai ini, jika anda berdiri di atas bukit sambil melihat laut lepas serta ombak yang menabrak dinding karang sehingga membuat suara keras dan juga buih-buih ombak putih yang menawan. Di beri nama "Keusik Luhur" ini berasal dari "Keusik artinya pasir dan Luhur artinya tinggi" yang mempunyi arti gelombang laut yang mengangkat pasir atas batu karang yang tinggi.

Tempat Wisata Pangandaran
karang besar di pantai keusik luhur

8. Pantai Batu Karas
terletak di Desa Batu Karas, Cijulang atau tepatnya dengan jarak sekitar 34 Km dari Pangandaran. Pantainya yang landai dan juga birunya air laut serta ketenangan susana pantainya seakan menyambut anda untuk segera berenang. Pemandangan laut lepas serta diiringi dengan angin yang bertiup pelan makin menambah keeksotisan pantai ini. Berbagai kegiatan dapat anda lakukan disini seperti perahu, berselancar ataupun berkemah. Sungguh menjdi pengalaman yang tidak dilupakan.

Tempat Wisata Pangandaran
suasana pantai batu karas

baca juga wisata terbaik di Pulau Derawan

9. Pantai Karapyak
terletak di Desa Bagolo, Kalipucang atau sekitar 20 Km dari Pantai Pangandaran maka anda akan sampai di pantai ini. Dimana pantai ini mempunyai kelebihan yaitu garis pantai sepanjang 5 Km dengan hamparan pasir putih dan juga batu-batu karang yang indah. Keindahan pantai ini makin terasa saat air laut surut dimana banyak terumbu karang serta ikan-ikan kecil berwarna-warni berenang disela-sela karang. Kemudian aneka biota dan juga molusca serta karang-karang putih yang terhampar menggoda anda untuk mengumpulkan sovenir laut ini.

Tidak hanya itu anda dapat menyusuri muara sungai Citanduy atau disebut juga dengan Segara Anak. Dimana aliran air jernih ini dan juga suasana hutan membuat pikiran anda menjadi tenang, dan juga Pantai Karapyak sangat dekat dengan Pulau Nusa Kambangan. Dimana anda cukup menyewa sebuah perahu saja untuk dapat menginjakkan kaki di pulau penuh misteri tersebut.

Tempat Wisata Pangandaran
birunya periaran pantai krapyak

10. Cagar Alam Pananjung
objek wisata ini menjadi objek hutan satu-satunya di Pangandaran, dimana memiliki sumber daya hayati berupa flora dan juga fauna serta keindahan panorama alamnya sehingga tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Banyak ditumbuhi dengan pohon-pohon berumur lebih dari 50-60 Tahun dengan jenis dominan seperti kisegel, laban, merong dan lain-lainnya. Serta terdapat pula pepohonan kondang dan benda, kemudian terdapat hutan pantai terdapat dibagian timur dan barat yang ditumbuhi dengan tumbuhan Barringtonia seperti butun dan ketapang.

Tempat Wisata Pangandaran
rusa di taman wisata pananjung

Dengan kekayaan floranya, tempat ini juga menjadi habitat alami bagi berbagai fauna seperti monyet ekor panjang, lutung, kalong, tando, banteng, rusa, landak serta berbagai jenis reptil seperti tokek, biawak dan juga beberapa jenis ular. Selain itu Taman Wisata Alam Pananjung juga menawarkan banyak tempat wisata lain dalam kawasannya seperti goa-goa yang tersebar, serta Batu Kalde yaitu salah satu peninggalan sejarah jaman Hindu. Kemudian berbagai potensi cagar alam darat dan juga lautan menjadi primadona yang menarik untuk dikunjungi seperti contok cagar alam darat yaitu padang pengembalaan Cikamal yaitu padang rumput luas sekitar 20 ha yaitu habitat para rusa dan juga banteng. Kemudian cagar alam laut yaitu Batu Layar, Cirengganis dan Pasir Putih makin menambah lengkap Taman Wisata Alam ini.

Dengan segala potensi wisata dan juga panorama Pangandaran memang menjadi destinasi alternatif untuk berlibur ditambah lagi dengan biaya yang tidak begitu besar makin membuat Pangandaran selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Namun butuh peran serta seluruh elemen yang ada agar makin membuat tempat ini agar lebih baik dan dapat berkompetisi dengan daerah wisata lainnya.

Demikianlah artikel tentang tempat wisata terbaik di Pangandaran mudah-mudahan dapat menambah wawasan serta menjadi referensi anda sebelum mengunjungi tempat ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel