Wisata Pantai Klayar Pacitan

Wisata Pantai Klayar Pacitan, termasuk salah satu destinasi wisata kebanggan warga Pacitan yang sudah cukup populer. Dengan memiliki tekstur pasir pantai yang putih bersih serta tebing karang yang menjulang, menjadikan ciri khas pantai ini dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Pulau Jawa. 

Memiliki sejuta pesona Pantai Klayar menawarkan pada anda pengalaman liburan yang tak akan terlupakan. Dalam artikel kali ini, saya mencoba mengulas segala pesona yang terdapat di Pantai Klayar secara lengkap. Sebelum lanjut, anda dapat juga membaca wisata Jogja dan juga wisata Pulau Beitung.

Pada sore hari ini, saya mencoba mengulas secara detail wisata Pantai Klayar Pacitan. Semoga dapat berguna serta menambah pengetahuan tentang beberapa tempat wisata yang dapat dijadikan referensi destinasi wisata alternatif. 

Wisata Pantai Klayar Pacitan 

pantai klayar3-min
pantai klayar

Pada dewasa ini, banyak daerah-daerah yang sudah secara serius menggarap sektor pariwisata dengan bertujuan untuk lebih menggairahkan wisata pada masing-masing daerah. Dimana untuk beberapa tempat wisata sudah dilengkapi dengan berbagai sarana dan fasilitas pendukung yang cukup memadai. Termasuk daerah Pacitan yang mengembangkan kawasan Pantai Klayar, agar dapat dijadikan destinasi wisata alternatif bagi para wisatawan dari Pulau Jawa ataupun luar pulau.

Pantai Klayar terletak di Desa Kalak, Donorojo atau sekitar 40 Km kearah barat dari pusat kota Pacitan dengan waktu tempuh sekitar 60 menit. Apabila anda melakukan perjalanan dari arah Jogja dengan jarak tempuh sekitar 110 Km, anda akan melewati rute Jogja-Wonosari-Pracimantoro-Giribelah-Punung-Pantai Klayar. Untuk mencapai lokasi pantai memang dibutuhkan sedikit perjuangan, pasalnya jalur yang akan dilewati sedikit agak berat. Dimana jalan yang akan dilalui sedikit sempit dan berkelok-kelok serta ada beberapa bagian yang rusak atau berlubang. Sangat tidak direkomendasikan untuk menggunakan kendaraan jenis sedan. Namun dalam perjalanan menuju Pantai Klayar anda akan disuguhkan beberapa bonus seperti pemandangan perbukitan akan menemani anda sepanjang perjalanan.

Pantai Klayar
selamat datang di Pacitan
Pantai Klayar
rute jalan menuju pantai klayar

Memiliki hamparan pasir putih, kemudian air laut yang jernih dengan degradasi antara warna putih dan biru akan memanjakan setiap pasang mata yang memandangnya. Bentang pantai yang cukup panjang serta dikelilingi oleh bukit hijau akan membuat suasana nyaman langsung tercipta begitu anda menginjakkan kaki di pantai ini. Ditambah dengan berbagai bentuk unik batu karang tinggi menjulang, rasanya membuat Pantai Klayar kian eksotis. Pantai Klayar terbagi menjadi dua sisi, yaitu satu sisi adalah bebatuan karang yang unik serta sisi lainnya adalah tebing bukit tinggi yang hijau nan asri. Kedua sisi tersebut dipisahkan dengan sebuah batu karang besar ditengahnya, sungguh cantik bukan? 

Pantai Klayar
batu karang besar yang berada dibagian tengah pantai
Pantai Klayar
berbagai bentuk batu karang
Selain suasana pantai yang mempesona, Pantai Klayar juga mempunyai hal unik lainnya yang menjadi daya tarik tersendiri. Terdapat fenomena alam "seruling laut", yaitu sebuah suara yang dihasilkan karena adanya dorongan dari arus ombak yang kuat bertemu dengan udara kemudian menabrak celah karang. Lalu terdapat juga sebuah air mancur alami, yaitu sebuah semburan air laut setinggi 15 meter yang keluar dari celah batu karang. Hal tersebut terjadi karena adanya arus ombak yang kuat kemudian bertabrakan dengan dinding karang, sehingga menyebabkan dorongan kuat air keluar dari celah karang. Sepintas fenomena ini, hampir mirip seperti "Waterblow Nusa Dua, Bali". Namun bedanya jika di Nusa Dua semburan air lautnya terjadi dengan titik yang menyebar sehingga lebih besar, sedangkan di Pantai Klayar semburannya terpusat di satu titik saja.

Pantai Klayar
hati-hati dengan ombak klayar
Pantai Klayar
fenomena seruling laut

Karena letaknya dipesisir selatan, maka tak heran jika Pantai Klayar memiliki arus ombak yang cukup besar. Sehingga para wisatawan diharapkan berhati-hati jika ingin berenang dipantai. Bagi anda yang ingin bermalam tak perlu khawatir, sudah disediakan fasilitas homestay dan area camping ground,  toilet serta warung-warung makanan disekitar pantai. Dengan segala potensi yang dimiliki, rasanya pantaslah jika Pantai Klayar dijadikan salah satu destinasi wisata yang sayang jika dilewatkan.

Pantai Klayar
suasana pantai klayar

Sebagai rasa syukur atas kharunia Sang Pencipta alangkah baiknya, jika segala keindahan yang telah disediakan oleh alam hendaklah dijaga bersama agar tetap bisa diwariskan pada generasi selanjutnya. Demikianlah usalan saya kali ini perihal wisata Pantai Klayar Pacitan, semoga dapat berguna serta menambah wawasan tentang beberapa destinasi wisata yang ada di Indonesia. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel