Wisata Pantai Sulamadaha Tempat Wisata Terbaik Di Ternate

Wisata Pantai Sulamadaha Tempat Wisata Terbaik Di Ternate, merupakan pantai terbaik dengan memiliki air laut sebening kaca. Terletak di Ternate, Maluk Utara memang memiliki banyak pantai, namun rasanya Pantai Sulamadaha tetap menjadi primadonanya.

Sudah jelas menjadi salah satu destinasi andalan masyarakat Ternate, bagaimana tidak? pasalnya pantai ini mempunyai keunikan tersendiri, dimana air laut pantai ini sangat jernih sehingga dapat melihat dasar pantai tanpa alat bantu. Bahkan setiap perahu yang mengantarkan para wisatawan seperti melayang atau terbang. Namun memang fasilitas di Pantai Sulamadaha belum begitu lengkap, mungkin alasan terlogis karena agar tetap menjaga keasriannya. Sebelum lanjut, anda dapat membaca juga wisata Pantai Tanjung Bira dan Pantai Klayar.

Pada siang hari ini, saya mencoba mengulas perihal wisata Pantai Sulamadaha tempat wisata terbaik di Ternate. Kemudian akan mengupas lebih dalam potensi apa saja yang terdapat di pantai ini, sehingga kenapa menjadi wisata terbaik di Ternate?

Wisata Pantai Sulamadaha Tempat Wisata Terbaik Di Ternate

Pantai Sulamadaha
pantai sulamadaha

Jika di Kalimantan Timur terdapat Danau Labuan Cermin, maka di Maluku Utara terdapat Pantai Sulamadaha. Terletak di Desa Sulamadaha dengan jarak tempuh sekitar 14 Km dari pusat kota Ternate, membutuhkan waktu sekiatr 30-60 menit perjalanan. Anda dapat menggunakan angkutan umum, taksi atau mobil sewaan yang sudah banyak ditawarkan di sekitar Bandara Sultan Babullah. Dengan pantai berbentuk teluk, arus ombak pun sangat tenang sehingga anda tak perlu khawatir berenang di kawasan pantai ini.

Bagi anda pencinta snorkeling dan diving, jangan lewatkan pantai ini. Karena dengan perairan yang sangat jernih, maka anda sudah dapat bayangkan keseruan untuk menjelajah dunia bawah lautnya bukan? Ya, memang kegiatan tersebut sudah umum dilakukan para wisatawan untuk menikmati eksotisnya Pantai Sulamanda. Namun untuk diving, karena belum ada dive centre disini, anda harus membawa semua perlengkapannya atau dapat menyewa di pusat kota Ternate.

Bagi anda yang tak bisa berenang, tak perlu khawatir anda dapat menyewa pelampung sekitar Rp. 15.000-Rp. 20.000 ataupun menyewa ban sekitar Rp. 6000. Kemudian jika anda ingin mengelilingi hutan, anda dapat menyewa perahu kano dengan tarif sekitar Rp. 35.000.

Pantai Sulamadaha
sewa perahu kano milik nelayan

Selain anda dapat puas bermain di pantai, anda juga dapat menyebrang ke Pulau Hiri. Pulau Hiri adalah sebuah pulau dengan bukit ditengahnya. Konon pulau ini sempat dijadikan sebagai tempat pengasingan Sultan Muhammad Djabir Syah yaitu ayahanda dai Sultan Ternate, agar tidak ditangkap oleh Belanda pada masa itu. Untuk dapat menyebrang ke Pulau tersebut, anda cukup mengeluarkan sekitar Rp. 35.000-Rp. 50.000/orang.  

Pantai Sulamadaha
view pulau hiri dari bibir pantai sulamadaha

Potensi lainnya yang dimiliki Pantai Sulamanda adalah anda juga dapat berjalan sedikit sekitar 15-30 menit kearah kiri pantai, maka anda akan menemukan Teluk Saomadaha. Dimana teluk ini memiliki pasir yang halus dan juga perairan tenang serta memiliki air yang lebih jernih. Kehidupan bawah lautnya pun cukup menawan, dimana terdapat aneka ikan-ikan kecil berenang bebas dan juga beberapa jenis coral serta terumbu karang yang menghiasi dasar teluk.

Pantai Sulamadaha
teluk saomadaha
Pantai Sulamadaha
Holl Sulamadaha

Dengan adanya Pantai Sulamanda, rasanya semakin menambah kekayaan potensi wisata pantai-pantai cantik dan unik di Indonesia. Patutlah kita berbangga hati, namun sekedar bangga rasanya tak cukup untuk menjaga keasrian pantai-pantai tersebut. Dibutuhkan aksi nyata dari anda, bukan hanya sekedar bicara untuk ikut melestarikan alam nusantara. Cintailah alam, sebagaimana anda mencintai orang-orang spesial disekitar anda. Hal tersebut sebagai ungkapan rasa syukur terhadap atas segala kharunia Tuhan terhadap bumi pertiwi.

Demikianlah ulasan saya kali ini, perihal wisata Pantai Sulamanda tempat wisata terbaik di Ternate. Semoga dapat membantu dan bermanfaat menambah pengetahuan tentang kekayaan alam Indonesia, agar semakin meningkatkan rasa nasionalisme.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel