Wisata Danau Labuan Cermin Berau atau Labuan Cermin Lake

Wisata Danau Labuan Cermin Berau atau Labuan Cermin Lake merupakan sebuah danau yang memiliki kelebihan di banding dengan danau-danau lainnya di Indonesia. Kelebihan tersebut adalah airnya yang memiliki dua rasa,serta air yang sangat jernih. Hal tersebut membuat kecantikan dasar danau terlihat tanpa bantuan alat sedikitpun. Mengapa disebut dengan danau dua rasa? Sejernih apa danau ini? Baik lah, untuk menghilangkan rasa penasaran anda, maka saya akan mengupas segala keunikan dan keindahan yang ada di Danau Labuan Cermin ini.

Bila pada kesempatan lalu saya telah mengupas tentang pesona wisata di Kepulauan Derawan, maka saat ini saja akan mencoba mengulas pesona wisata lainnya yang masih terdapat di Kalimantan Timur. Dikenal juga dengan nama lain Danau Dua Rasa, disebut demikian karena Labuan Cermin memiliki keunikan dimana permukaan air danau perairan tawar dan sedangkan didasarnya memiliki perairan asin. Hal ini disebabkan karena yang menjadi sumber air danau ini berasal dari bebatuan kapur disekitar kawasan ini. Serta kejernihan airnya tidak perlu diragukan lagi, bahkan anda dapat melihat aneka karang serta ikan-ikan kecil yang berenang bebas dari atas permukaan danau tanpa alat bantu dan selain itu karena memiliki air yang jernih membuat terkadang tipuan visual pandangan anda, dimana terlihat dangkal padahal danau ini dibeberapa bagian memiliki kedalaman sekitar 4-5 meter. 

Pada siang hari ini saya akan mencoba mengulas lebih jauh perihal wisata Danau Labuan Cermin Berau atau Labuan Cermin Lake semoga dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda tentang destinasi liburan yang terdapat di Pulau Kalimantan.

Wisata Danau Labuan Cermin Berau atau Labuan Cermin Lake

labuan Mirror Lake, Berau
suasana di labuan cermin
Terletak di Kecamatan Biduk-Biduk, Berau atau tepatnya sekitar 250 Km dari Tanjung Reneb sebuah ibukota Kabupaten Berau dengan lama perjalanan sekitar 7-8 jam. Memang dibutuhkan pengorbanan demi hasil yang maksimal, ya saya rasa pepatah itu sangat tepat bila diaplikasikan dalam perjalanan menuju Labuan Cermin. Jika anda tertolak dari tempat wisata Kepulauan Derawan anda dapat mengambil long trip untuk sekaligus mengunjungi Labuan Cermin. Tentunya hal tersebut akan membutuhkan waktu liburan anda menjadi sedikit lebih lama, tapi hal tersebut untuk sebagian wisatawan bukanlah hal yang besar. Demi mendapatkan pengalaman liburan lengkap biasanya mereka rela untuk melakukannya. Dan sekarang semua tergantung anda? Ingin paket liburan seperti apa.

labuan cermin
jernihnya labuan cermin

Untuk perjalanan dari kota-kota besar diluar Pulau Kalimantan anda dapat menggunakan jasa maskapai penerbangan dengan tujuan Bandara Sepinggan, Balikpapan dan kemudian dilanjutkan kembali dengan penerbangan menuju Tanjung Redep, Bandara Kalimarau Kabupaten Berau. Kemudian anda dapat melanjutkan perjalan darat menuju Kecamatan Biduk-Biduk dengan menggunakan mobil travel untuk tujuan utama menuju Desa Labuan Kelambu dengan biaya sekitar Rp. 150.000 namun harga tersebut bukanlah harga tetap, dimana biaya dapat berubah ubah apalagi jika waktu liburan datang. Setelah itu anda dapat melanjutkan perjalanan untuk menuju dermaga tradisonal untuk menyewa perahu yang akan mengantarkan anda menuju Labuan Cermin dengan biaya sekitar Rp. 100.000 untuk satu kali jalan. Disekitar jembatan dermaga tradisonal tersebut juga telah banyak disediakan beberapa perlengkapan snorkeling yang dapat anda sewa seperti snorkle, pelampung dan juga kaki katak.

labuan cermin
welcome to labuan cermin

Setelah tertolak dari dermaga tersebut yang berlokasi di muara danau, anda akan dibawa menuju sisi dalam danau untuk mengunjungi sumber air Labuan Cermin dengan lama perjalanan sekitar 20 menit. Dalam perjalannya anda akan disuguhi hutan-hutan tropis dengan hijau pepohonan rindang menjulang tinggi serta bukit-bukit yang mengelilingi kawasan ini. Dibalik perbukitan itulah letak dari sumber air Labuan Cermin. Dengan memiliki birunya air serta tumbuhan bakau yang mengelilingi membuat seakan-akan tempat ini menjadi lebih private serta eksotis. Memang segala fasilitas saranan penunjang belum dikekola secara lengkap, hanya terdapat sebuah bilik untuk anda berganti pakaian namun hal tersebut tidak menurukan niat para wisatawan untuk melihat langsung kecantikan danau ini.

Labuan Mirror Lake
perahu wisatawan terlihat melayang

Berbagai kegiatan anda dapat lakukan di Labuan Cermin dari mulai berenang hingga snorkeling untuk menjelajah dunia bawah airnya dengan mengejar ikan-ikan kecil yang berenang bebas dan bahkan jika anda beruntung anda dapat bertemu dengan penyu yang berenang tenang tanpa rasa takut. Berenang di Labuan Cermin merupakan pengalaman yang tak terlupakan dengan suasana panorama alam yang begitu sejuk ditambah masih sangat asri serta batang-batang kayu yang terendam didalam air semakin membuat istimewa moment liburan anda. Menurut cerita yang beredar dimasyarakat sekitar, konon tempat ini adalah tempat mandi para Raja Berau sejak dulu kala. Sehingga keasrian kawasan ini dijaga secara turun temurun dan sekarang ikut menjadi tanggung jawab kita bersama untuk tetap menjaga ekosistem di Labuan Cermin ini.

Labuan Mirror Lake 2
bermain air sepuasnya di labuan cermin

Bagi anda yang mempunyai rencana menginap, anda dapat mencari penginapan yang banyak tersedia di Desa Labuan Kelambu dengan berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelolah. Setelah anda puas bermain di Labuan Cermin anda dapat mengunjungi pantai-pantai di Kecamatan Biduk-Biduk. Terdapat banyak pantai yang memiliki garis pantai yang panjang seperti Pantai Idaman dan juga Teluk Sulaiman dimana pertapan hamparan pasir yang terbentang luas serta pohon-pohon kelapa yang melambai-lambai menjadi tempat yang sangat cocok bagi anda yang mencari suasana pantai yang tenang.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal wisata Danau Labuan Cermin Berau atau Labuan Cermin Lake semoga dapat membantu serta menambah wawasan anda tentang aneka potensi wisata di sekitar Pulau Kalimantan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel