Menuju Pantai Nihiwatu Beach Sumba Barat Tempat Wisata Terindah Di Indonesia

Pantai Nihiwatu merupakan sebuah surga bahari yang telah cukup populer di kanca dunia wisata internasional. Memiliki berjuta potensi akan panorama alam yang mengagumkan, berupa pasir pantai yang bersih nan halus serta perairan dengan ombak terbaik membuat banyak para wisatawan mancanegara berbondong-bondong berkunjung ke Pantai Nihiwatu Sumba Barat.

Mengapa wisata Pantai Nihiwatu begitu terkenal? pasalnya menurut pemberitaan yang telah dilansir oleh CNN World's 100 Best Beaches in The World pada edisi 28/05/2013, dalam ulasannya tersebut, menyatakan bahwasanya Pantai Nihiwatu menjadi pantai terbaik di Asia. Bahkan pantai cantik ini masuk dalam posisi ke-17 dan mengalahkan Crane Beach Barbados Island, Sun Beach Islan Maldives bahkan hingga Hanalei Bay Hawai. Cukup membanggakn bukan, jika melihat prestasinya?

Tapi melihat kenyataan yang ada, cukup disayangkan memang. Pasalnya bisa dibilang pantai ini lebih terkenal di luar negeri dibandingkan di tanah air. Kenyataan tersebut memang mengaju pada jumlah wisatawan asal domestik yang berkunjung tak begitu banyak. Mungkin salah satu faktor eksternalnya ialah kurangnya promosi yang dilakukan, baik dari pihak Pemerintah Pusat ataupun Dinas Pariwisata setempat. Ya, mungkin saja hal tersebut beralaskan karena yang menjadi pihak pengelola Pantai Nihiwatu adalah pihak swasta yakni warga asing. Sehingga lebih gencar melakukan ajang promosi di luar negeri. Tak salah memang jika demikian adanya, tak dapat dipungkiri memang bahwa pihak Pemerintah dan dinas terkait belum mampu menciptakan wisata yang dapat bersaing di tengah derasnya persaingan pariwisata dunia. Melihat sumber potensi alam di Indonesia yang begitu melimpah, namun Pemerintah belum secara serius atau mungkin bisa saja SDMnya belum mampu  menggarap tempat-tempat wisata yang bertaraf internasional. Padahal sumber devisa negara akan mendapatkan banyak keuntungan bilamana banyak wisatawan asing datang berkunjung. Cukup prihatin bukan melihat kenyataannya?

Lokasi Pantai Nihiwatu terletak di Sumba Barat, bila dalam kesempatan lalu saya telah menguls potensi lain seperti wisata adat Kampung Tarung Waikabubak. Maka kali ini saya akan mencoba merivew tentang wisata pantai di Sumba Barat. Ingin tau lebih mendalam tentang Pantai Nihiwatu? ada baiknya kamu simak dalam konten artikel saya kali ini.

Pada siang hari ini saya akan memaparkan secara detail perihal menuju Pantai Nihiwatu Beach Sumba Barat tempat wisata terindah di Indonesia. Semoga kiranya dari segala informasi yang akan disampaikan dapat dijadikan sumber referensi tambahan bagi kamu ataupun para pembaca budiman dimanapun anda berada.

pantai nihiwatu
view suasana Pantai Nihiwatu
Tempat wisata di Sumba Barat memang seperti belum ada habisnya memberikan pesonanya yang mampu membuat siapapun kagum akan keindahannya. Berada dan bermain di pantai memang menjadi kegemaran siapapun, terlebih bilamana pantainya secantik Pantai Nihiwatu pastinya akan membuat betah untuk menghabiskan waktu. Memiliki bentang pantai sepanjang 2.5 Km yang memiliki hamparan pasir bersih nan halus. 

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Pantai Nihiwatu, dari domisi kamu saat ini kamu diharuskan menuju Bali dan melanjutkan terbang menuju Bandara Tambolaka, Sumba Barat, NTT (sama seperti ingin berkunjung ke Kampung Tarung). Setibanya di bandara tersebut, kamu dapat menyewa kendaraan mobil dengan biaya berkisar sekitar Rp. 500.000 (include bensin + supir), namun untuk harga tersebut bukanlah harga pasti sehingga dibutuhkan kemampuan kamu untuk tawar menawar. Dari lokasi bandara, kamu dapat langsung menuju Pantai Nihiwatu yang berjarak sekitar 30 Km dari pusat kota Waikabubak. Sebelum lebih lanjut, kamu dapat pula membaca Pulau Moyo Sumbawa

Seperti halnya pada pantai umumnya, banyak kegiatan yang dapat dilakukan. Seperti memancing, berjemur, bersepeda, bermain beberapa wahana air, berselancar hingga bersnorkeling dan juga diving. Namun untuk Pantai Nihiwatu, memiliki kehidupan bawah laut yang masih terjaga dengan baik. Terdapat berbagai terumbu karang dan juga biota laut berlimpah. Sehingga memang kegiatan ini menjadi sangat wajib bilamana berkunjung ke Pantai Nihiwatu. Bagi kamu penggemar kegiatan berselancar/surfing, maka pantai ini sangat recomended untuk kamu. Pasalnya salah satu alasan yang menjadikan Pantai Nihiwatu lebih baik jika dibandingkan pantai di Hawai, US adalah ombaknya. Tercatat sebagai salah satu pantai yang memiliki gulungan gelombang ombak sempurna yang bergerak dengan cepat membuat tantangan tersendiri bagi para surffers. Maka tak mengherankan bilamana banyak para surffers dunia yang tertarik ingin mencoba gulungan ombak khas Pantai Nihiwatu. Untuk dapat berselancar, sebaiknya kamu bukanlah seorang peselancar pemula, mengingat bahaya yang mungkin saja dapat terjadi.

Dikarenakan Pantai Nihiwatu sejatinya bukanlah pantai yang dibuka untuk umum. Sehingga bagi kamu yang ingin menikmati semua keindahannya haruslah menjadi tamu resort. Nah, dikarenakan sudah dilengkapi dengan resort yang memiliki fasilitas terbaik, sehingga bagi kamu yang ingin bermalam di Pantai Nihiwatu tak perlu khawatir. Kamu dapat bermalam di Nihiwatu Resort, dimana terdapat beberapa bangunan villa dan bungalow yang mengadap laut memberikan kesan nyaman. Bicara tentang fasilitas, rasanya tak perlu dipertanyakan lagi. Pasalnya dengan memiliki prestasi masuk sebagai salah satu hotel terbaik di dunia 2016, tentulah fasilitas bertaraf internasional dan sangat lengkap. Mulai dari pelayanan ramah, kolam renang pribadi dan restoran outdoor yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia dan masih banyak lagi.

view nihiwatu resort
view Nihiwatu Resort dari atas tebing
Suasana arsitektur dan ornamen bangunan resort yang memiliki paduan antara bangunan khas Sumba dan modern, sehingga menghasilkan nuansa nyaman dan begitu esklusif. Maka begitu banyak pasangan muda yang menjadikan Pantai Nihiwatu sebagai tujuan tempat wisata bulan madu yang begitu private. Untuk dapat menginap di Nihiwatu Resort, memang membutuhkan biaya yang tak murah. Dimana harga tersebut disesuaikan dengan type kamar yang akan kamu gunakan, namun secara umum rata-rata biaya menginap di hotel Nihiwatu Sumba Barat sekitar Rp. 8.500.000/malam keatas. Untuk harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu terlebih high season.

salah satu type kamar di nihiwatu resort
suasana salah satu type kamar
restoran di nihiwatu resort
salah satu restoran di Nihiwatu Resort
Dengan perawatan untuk tetap menjaga keasrian dan kebersihan area pantai, membuat banyak para wisatawan mengaku cukup puas kala berlibur di Pantai Nihiwatu. Meskipun untuk berwisata di pantai cantik ini memang membutuhkan biaya yang terbilang cukup besar, namun kamu akan mendapatkan pengalaman yang setimpal. Jika berkaca pada nasib pantai-pantai yang dibuka umum, maka kesan kotor dan kumuh akan langsung tercermin. Dimana banyak sampah berserakan, lalu lalang orang serta banyak pedangan yang bergantian menawarkan dagangannya. Bukankah itu kurang nyaman bukan? sebagai wisatawan tentulah kamu mencari nuansa nyaman agar dapat menikmati keindahan alam tanpa merasa terganggu oleh hal apapun. Disitu lah yang menjadi nilai lebih, kala kamu sedang berada di Pantai Nihiwatu yang notabenenya adalah pantai terbaik di Asia.

*Tips
  • Bila ingin menginap di Nihiwatu Resort, lebih baik kamu booking terlebih dahulu dengan mengakses web www(dot)nihiwatu(dot)com atau bisanya juga melalui via telepon dengan kontak yang sudah tercantum dalam website tersebut.
  • Bagi kamu yang tak ingin repot menyewa mobil, kamu dapat meminta pihak resort untuk menjemput di Bandara Tambolaka.
Melihat apa yang tersaji pada Pantai Nihiwatu, sejogjanya menjadi tamparan atas bangsa ini. Pasalnya begitu banyak potensi alam nusantara ini yang sejatinya tak bisa dimiliki sepenuhnya oleh bangsa ini. Apa yang salah? Nasibkah yang salah? atau Manusianya yang salah? sehingga sampai detik ini bangsa Indonesia masih saja dijajah dari segala aspek. Mengutip perkataan seorang Proklamatoor sekaligus Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno yang berpesan "Apakah kelemahan kita adalah kurang percaya diri sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri dan kurang mempercayai satu sama lainnya, padahal asalnya kita ini adalah rakyat gotong royong". Cobalah sejenak kita merenung dan memikirkan, kelak akan bagaimana nasib bangsa ini?

Kamu dapat membaca juga tentang Pulau Dodola dan Gili Labak.

Demikianlah ulasan saya kali ini tentang menuju Pantai Nihiwatu Beach Sumba Barat tempat wisata terindah di Indonesia. Semoga informasinya dapt berguna dan menambah wawasan bagi kamu atau para pembaca budiman, tentang berbagai info tempat pariwisata di Indonesia.