Menuju Ke Wisata Pulau Dodola Di Pulau Morotai Maluku

Pulau Dodola mungkin ada beberapa dari kamu yang masih merasa asing bukan? ya, terang saja memang pulau unik ini terbilang masih kurang promosi dan banyaknya informasi yang tersedia terkait Pulau Dodola ini. Cukup sayang memang mengingat sejuta potensi wisata yang terdapat ditempat ini.

Terletak di Pulau Morotai yang notabene termasuk dalam salah satu provinsi di Maluku Utara. Pulau Morotai bukan hanya dinobatkan sebagai pulau utara pada wilayah Indonesia, sehingga dipercaya masih menyimpah panorama alam yang belum banyak terjamah tangan manusia. Mengingat akan hal tersebut, rasanya sangat pantaslah jikalau pada kesempatan kali ini untuk mengulas tentang wisata Pulau Morotai. Salah satu tujuan wisata yang cukup populer di Morotai ialah wisata Pulau Dodola. Bagaimana tidak memiliki panorama alam akan pantainya membuat siapapun kagum. Untuk bawah lautnya, rasanya tak perlu dipertanyakan lagi. Penasaran dengan suasananya? kamu dapat membaca selengkapnya dalam konten artikel bawah ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas secara detail perihal menuju ke wisata Pulau Dodola di Pulau Morotai Maluku. Semoga dari informasi yang telah disampaikan dapat berguna bagi kamu ataupun para pembaca budiman dimanapun anda berada.

Pulau Dodola
welcome to Dodolan Island
Kecantikan dan keunikan Pulau Dodola memang mampu membuat bibir siapapun berdecap kagum. Letak strategis yang terbilang cukup jauh dari daratan utama, seakan membuat pulau ini terlindungi. Perairan jernih dan degradasi warnanya terlihat sejauh mata memandang. Daya tarik utama Pulau Dodola terdapat pada pantainya, dimana untuk Pantai Dodola memiliki warna pasir putih terbentang sepanjang garis pulau. Sebenarnya Pulau Doodola terdiri dari dua bagian yaitu Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Uniknya kedua bagian pulau ini dihubungkan dengan pasir pantai yang berbentuk layaknya sebuah jembatan. Jembatan pasir tersebut akan nampak jelas terlebih bila keadaan surut. Bayangkan kamu dapat menyebrang melewati jembatan pasir selama 10 menit untuk menyebrang pulau, yang di pisahkan periaran biru terlihat begitu menyenangkan. Punya hobi berfoto? puaskan hobi tersebut di tempat ini.

Pulau Dodola
suasana dermaga Pulau Dodola

Pulau Dodola
menyebrang ke Pulau Dodola Kecil
Seperti dalam penjelasan diawal, menjelaskan tentang kehidupan bawah laut Pulau Dodola. Memiliki terumbu karang yang masih terjaga dengan baik dan kekayaan berbagai jenis ikan beraneka ragam. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan terdapatnya kurang lebih sekitar 13 spot penyelaman tersebar sepanjang kawasan bahari Pulau Dodola. Dalam beberapa spot diving Pulau Dodola terdapat lokasi karamnya pesawat udara dan kapal perang yang karam. Tak mengherankan memang, pasalnya pada perairan inilah salah satu lokasi pada Perang Dunia ke 2 antara Jepang dengan pihak Sekutu. Penasaran akan keindahannya? cobalah untuk diving menyelami perairannya, maka kamu akan mendapatkan jawabannya.

Ingin berkunjung dan merasakan liburan di Pulau Dodola, kamu dapat datang terlebih dahulu ke Pulau Morotai. Dari domisili kamu saat ini, kamu menuju Ternate, lalu kamu dapat terbang menuju Pulau Morotai dengan sekitar 45 menit penerbangan. Setibanya di Morotai, kamu dapat menuju pelabuhan yang terdapat di kota Daruba. Kemudian menyebrang menggunakan speedboat selama 30 menit untuk tiba di Pulau Dodola. Untuk menyewa speedboat memang harga yang ditawarkan cukup mahal berkisar antara Rp. 500.000-Rp. 1.000.000, namun tak perlu khawatir, jika kamu datang dalam jumlah rombongan, tentu biaya tersebut dapat dibagi bersama. Dikarenakan kamu menyewa speedboat, kamu dapat mengunjungi beberapa pulau-pulau kecil disekitar perairan Pulau Dodola. Untuk perihal opasi lainnya, kamu dapat menggunakan perahu kecil yang biasa disebut "Katinting" oleh masyarakat sekitar. Untuk menyebrang menggunakan katining, kamu hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp. 300.000. Dengan akses yang mudah, maka tak heran jikalau Pulau Dodola menjadi salah satu tujuan tempat wisata di Pulau Morotai terfavorit. Kamu dapat membaca juga tentang tempat wisata terbaik di Ternate lainnya seperti Wisata Pantai Sulamadaha.

Letaknya yang strategis di bagian barat Pulau Morotai, membuat Pulau Dodola menjadi lokasi terbaik bilamana ingin menikmati moment sunrise terbaik. Cahaya sang fajar terlihat sempurna menyinari langit Pulau Dodola. Cukup romandis bukan? memang banyak wisatawan beranggapan Pulau Dodola sangat pas menjadi tujuan untuk berbulan madu/honeymoon. Ingin bermalam di pulau cantik ini? tak perlu khawatir. Dimana pihak pemerintah telah bekerja sama dengan pihak swasta untuk pengelola Pulau Dodola, tersedia beberapa bangunan cottage yang dapat kamu sewa dengan biaya yang terbilang terjangkau. Dimana harga perkamar bervariatif antara Rp. 300.000-Rp. 500.000/malam. Perihal fasilitasnya terbilang cukup lengkap, ditambah terdapat beberapa uniut jetski yang dapat disewa. Ingin merasakan sensasi lain? kamu dapat pula puaskan hobi outdoor kamu dengan berkemah/camping di sekitar pantai Pulau Dodola. Pastinya akan merasakan pengalaman liburan yang tak terlupakan, kala berada di pulau ini.
*Tips
  • Dikarenakan pulau tak berpenghuni, maka untuk listrik pun belum tersedia. 
  • Bawalah lotion anti nyamuk.
  • Untuk dapat menginap di cottage, kamu diharuskan memboking terlebih dahulu dengan menghubungi pihak Kantor Dinas Pariwisata yang terletak di kota Daruba.
Melihat segala keindahan yang tersaji dalam Pulau Dodola, membuat siapun terkagum dengan potensi wisata tempat ini. Bermain, berkeliling dan bersenang-senang sepanjang waktu di pulau tak berpenghuni ini, seakan menjadi layaknya pulau pribadi.

Berdiri dibibir pantai melihat panorama alam indah, membuat diri ini merasa kecil dan mengucap syukur atas segala kharunia dalam hidup. Jika dalam hidup ada harapan yang selalu berjalan sesuai dengan rencana, maka kita tak akan pernah belajar bahwa kecewa lah yang akan menguatkan diri kita. Kemudian jika kita gagal, kita bisa belajar dan memahami apa yang sebetulnya tak berjalan dengan benar. Kegagalan memberi peluang untuk kita mencoba cara-cara baru yang berbeda dan justru itulah yang membuat kita berkembang.

Kamu dapat membaca pula tentang Pantai Ora

Demikianlah ulasan saya perihal menuju ke wisata Pulau Dodola di Pulau Morotai Maluku. Semoga dari apa yang telah disampaikan dengan sepenuh hati ini, dapat membantu dan dijadikan sebagai sumber referensi bagi kamu ataupun para pembaca budiman lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel