Panduan Liburan Ke Wisata Kawah Wurung Di Bondowoso Jawa Timur

Kawah Wurung merupakan salah satu tempat wisata di Bondowoso yang cukup populer. Berbagai wisatawan asal domestik hingga mancanegara berbondong-bondong datang demi bisa mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. 

Wisata Kawah Wurung memiliki potensi berupa alam perbukitan nan indah terbalut dengan padang savana terbentang sejauh mata memandang. Keindahannya mampu membuat mata dan hati menjadi tenang menikmati segala yang tersaji di alam ujung Pulau Jawa. Mengingat segala potensi tersebut, maka tak jarang banyak lokasi ini menjadi tujuan bagi penghobi fotografi maupun olahraga outdoor, seperti bersepeda, offroad bahkan hingga paralayang ataupun gantole. Sebagai tujuan wisata andalan di Kabupaten Bondowoso, kehadirannya mampu memberikan dampak positif bagi prekonomian warga sekitar. Tak bisa dipungkiri memang, banyaknya jumlah wisatawan yang hadir memberikan angin segar bagi warganya. Sehingga memang pihak pemerintah setempat terus memberikan mendukungan dari berbagai aspek guna tetap menjaga keeksistensian Kawah Wurung. Dengan perbaikan dalam akses jalan contohnya, sehingga para wisatawan cukup mudah untuk menuju lokasi tempat wisata ini. 

Udara nan segar dan alam yang asri memang memberikan pengalaman yang berbeda, dimana seakan menyatu dengan alam dapat memberikan ketenangan lebih kala berada ditempat ini. Lokasi Kawah Wurung terbilang cukup mudah untuk dituju, pasalnya masih satu jalur untuk menuju salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang cukup populer yakni Gunung Ijen. Memberikan suatu pengalaman liburan yang cukup lengkap dapat menikmati beberapa lokasi berlibur, sehingga cukup banyak memang terdapat penginapan yang dapat digunakan untuk bermalam. Bagaimana ingin berkunjung pula ke Kawah Wurung? ada baiknya kamu simak terlebih dahulu panduan lengkapnya dibawah ini.

Pada malam hari ini saya akan memaparkan secara detail perihal panduan liburan ke wisata Kawah Wurung di Bondowoso Jawa Timur. Semoga segala informasi yang terkandung dapat diterima dan bermanfaat bagi kamu atau para pembaca budiman lainnya.

kawah wurung
welcome to Kawah Wurung
Kawah Wurung berlokasi di Desa Jampit, Sempol dengan lama perjalanan sekitar 120 menit dari pusat kota Bondowoso. Untuk menuju lokasinya seperti dalam penjelasan di awal sebetulnya cukup mudah. Dimana masih satu arah untuk menuju Kawah Ijen yang hanya ditempuh sekitar 20-30 menit saja, untuk lebih tepatnya kamu dapat mengikuti rute dibawah ini.
  • Via Banyuwangi
Bila kamu menggunakan rute ini, sebetulnya cukup mudah. Dimana cukup arahkan kendaraan kamu untuk menuju Paltuding (Pos Pendakian Gunung Ijen). Ikuti terus jalan tersebut, sudah terpadapt pula plang rute yang cukup jelas, sehingga kamu dapat mudah menemukannya. Disisi kiri jalan terdapat sebuah persimpangan jalan, ikuti plang rute tersebut akan mengarahkan kamu untuk menuju area Perkebunan Kopi. Pasalnya pintu masuk menuju kawasan Kawah Wurung memang mengarah ke perkebunan tersebut dan beberapa are permukiman warga, kemudian untuk biaya retribusi yang dikenakan sebagai tiket masuk Kawah Wurung cukup murah, dimana kamu hanya dikenakan biaya sekitar Rp. 3000/motor (incude biaya parkir). Cukup terjangkau bukan?

*Menggunakan Angkutan Umum
Bila kamu menggunakan jasa transportasi umum, kamu dapat menggunakan bis antar kota dengan jurusan trayek Surabaya/Malang-Banyuwangi. Setelah tiba di Banyuwangi, kamu dapat lanjutkan perjalanan menuju Kawah Wurung dengan menggunakan mini bus.
  • Via Bondowoso
Bila kamu melalui jalur ini, kamu dapat langsung mengarahkan kendaraan kamu untuk menuju Wonosari. Kemudian terdapat persimpangan jalan antara Situbondo dan Gunung Ijen/Kawah Ijen, ikuti arah menuju Kawah Ijen. Setelah itu arahkan untuk menuju Desa Sempol, dari desa ini perjalan sudah cukup dekat dengan Kawah Wurung, hanya sekitar 15-20 menit saja. Ikuti arah untuk menuju Kawah Ijen tersebut, maka kamu akan tiba di kawasan Kawah Wurung.

*Menggunakan Angkutan Umum
Dari Bondowoso, kamu dapat menggunakan mini bus yang menuju Sempol. Kemudian bisa langsung menuju Kawasan Kawah Wurung.

Dengan akses yang cukup mudah dari jalan beraspal hingga rute plang yang cukup banyak tersedia. Sehingga mampu diakui mempermudah para wisatawan untuk menuju Kawah Wurung. Mungkin selain keindahan potensinya, akses yang mudah pun ikut berperan dalam tingginya pariwisata di Bondowoso ini. Kawah Wurung secara sepintas memiliki bentuk seperti sebuah kawah besar dengan bentuk layaknya sebuah mangkuk, kemudian tepat ditengah kawah tersebut terdapat sebuah bukit. Dikelilingi oleh padang rumput savana terbentang diseluruh bagian membuat indah kala memandangnya. Warna hijau rumput begitu mendominasi, kemudian jika musim kemarau datang rumput-rumput tersebut akan berubah kecoklatan, namun tetap saja indah untuk dipandang. Sepintas teringat akan "Bukit Teletubies" pada Gunung Prau Dieng , savana di Gunung Merbabu atau Pulau Kenawa Lombok? ya, memang keadaannya hampir mirip namun bentuk cekungan dan bukit ditengahnya itulah yang menjadi pembeda nan uniknya.

kawah wurung2
suasana di Kawah Wurung
Jika kamu berkunjung ke tempat cantik ini, cobalah datang mengunjungi "Bukit Cincin", dimana sebuah bukit dan memiliki cekungan kecil dipuncaknya layaknya sebuah cincin. Lokasi ini lah yang menjadi salah satu lokasi terfavorit para wisatawan untuk berfoto. Rumput yang berlimpah disekitar Kawah Wurung dimanfaat bagi para warga untuk menggembala aneka hewan ternak, hal tersebut menambah kesan alami kala berada di Kawah Wurung. Namun memang cukup disayangkan, pasalnya disudut-sudut masih saja terdapat sampah, mungkin hal ini dapat menjadi catatan bagi Pemkot dan Dinas terkait untuk segera melakukan koreksi terhadap kinerja selama ini. Mungkin sebagai aksi kecil dan nyata, pemerintah untuk menambah sarana tempat sampah yang telah ada. Diharapkan dengan ditambahnya jumlah tempat sampah dapat menekan para wisatawan untuk membuang sampah sembarangan.

Lelah dan lapar sehabis berkeliling Kawah Wurung, sudah tersedia beberapa warung yang siap menyambut kedatangan kamu. Perihal harga pun tak jauh berbeda, sehingga tempat wisata Kawah Wurung memang menjadi pilihan destinasi wisata yang dapat dinikmati oleh semua lapisan kalangan masyarakat. Bagi kamu yang ingin bermalam dan melanjutkan perjalanan menuju Kawah Ijen ataupun sebaliknya, kamu dapat memilih ingin menggunakan beberapa nama penginapan yang tersedia sepanjang jalur perjalanan. Hal tersebut menjadi fasilitas yang cukup menambah minat para wisatawan untuk datang berlibur ke Kawah Wurung. Melancong ke Kawah Wurung, memang menjadi pengalaman unik yang tak terlupakan, dimana dapat menikmati panorama alam yang indah sepanjang hari.

*Tips
  • Hati-hati di area perkebunan kopi, pasalnya bila musim penghujan datang maka jalurnya akan sedikit licin. Sehingga diperlukan fokus dalam mengendalikan laju sepeda motor.
  • Gunakan GPS pada smartphone sebagai pegangan dalam perjalanan.
  • Bawalah powerbang yang cukup untuk menunjang segala aktifitas smartphone tersebut.
  • Jangan "BUANG SAMPAH SEMBARANGAN".
Pengalaman menghabiskan waktu bersama alam, menjadi pengingat akan diri ini yang seharusnya jangan pernah menyerah dan tetap berjuang. Seperti layaknya rumput, yang sering kali dipandang sebelah mata oleh banyakan orang. Namun nyatanya rumput tetaplah memberikan manfaat bagi hewan ternak. Dari kejadian tersebut, dapat dipetik sebuah hikmah, bahwasanya Tuhan memberikan suatu manfaat dan tujuan bagi setiap mahkluknya. Jika selama ini kamu masih belum merasa berguna bagi orang-orang disekitar yang dicintai. Tak perlu kecil hati dan jangan pernah sesekali menyesali hidupmu. Percayalah bahwa hari baik akan membawa mu pada kebahagiaan, sedangkan hari buruk akan membawa mu pada pengalaman.

Kamu dapat juga membaca tentang Gili Kedis.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal panduan liburan ke wisata Kawah Wurung di Bondowoso Jawa Timur. Semoga informasinya dapat menambah wawasan kamu atau para pembaca budiman lainnya, tentang beberapa rekomendasi info tempat pariwisata di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel