Wisata Pulau Kenawa Sumbawa Barat atau Kenawa Island

Wisata Pulau Kenawa Sumbawa Barat atau Kenawa Island, sebuah pulau cantik yang tak perpenghuni. Mungkin jika ada dari kamu yang belum mengenal pulau ini, baiklah coba saya jelaskan sedikit. Pulau Kenawa merupakan pulau mungil yang terletak diantara Pulau Lombok dan Sumbawa. 

Jika kamu sudah agak sedikit bosan dengan suasana wisata di Lombok, tak ada salahnya kamu coba untuk masukkan Pulau Kenawa dalam daftar list liburan kamu. Dahulu memang nama pulau ini tak begitu populer, namun semenjak banyaknya para traveler yang mengupload di media sosial Pulau Kenawa mulai menarik banyak perhatian. Keistimewaan pulau ini terletak diperairan biru nan jernih dan hamparan padang rumput savana yang hijau. Selain itu, terdapat pula sebuah bukit dibagian tengah pulau semakin membuat mata terpana. Sebelum lanjut, kamu juga dapat membaca juga wisata pantai papuma, Jember dan pulau sikuai, Padang.

Pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk mengulas perihal wisata Pulau Kenawa Sumbawa Barat atau Kenawa Island. Semoga dapat menambah wawasan kamu, tentang berbagai info tempat pariwisata di Indonesia.

Wisata Pulau Kenawa Sumbawa Barat atau Kenawa Island

Pulau Kenawa
selamat datang pulau kenawa


Untuk menuju Pulau Kenawa, kamu dapat memulai perjalanan start dari kota Mataram untuk menuju Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur. Dengan lama perjalanan sekitar 2 jam. Kemudian kamu dapat menyebrang menggunakan kapal ferry untuk menuju Pelabuhan Poto Tano, dimana harga tiketnya sekitar Rp. 20.000/orang. Setelah kamu sampai di Pelabuhan Poto Tano, kamu dapat berbicara dengan nelayan setempat untuk dapat mengantarkan kamu menuju Pulau Kenawa, biasanya mereka menawarkan jasanya dengan biaya sekitar Rp. 250.000-Rp. 300.000/perahu dengan kapasitas 10 orang (untuk pergi-pulang). Untuk perjalanannya tak memakan waktu yang lama, hanya sekitar 20-30 menit saja.

Seperti introduction diatas, Pulau Kenawa adalah pulau tak berpenghuni. Sehingga jika kamu berniat untuk bermalam di pulau ini, kamu diharuskan membawa perlengkapan camping. Tak ada fasilitas hotel/cottage, namun itulah nilai plusnya. Kamu dapat merasakan nuasana hidup bebas di pulau. Satu-satunya fasilitas yang ada di Pulau Kenawa adalah terdapat beberapa saung yang dapat kamu gunakan untuk beristirahat.  

Pulau Kenawa
camping di kenawa

Suasana pulau ini begitu sepi, terlebih kamu datang bukan bertepatan dengan high season. Seakan ini adalah pulau pribadi kamu. Dimana kamu bebas untuk menikmati semua keindahan yang telah disediakan pulau ini. Kamu dapat berjalan menyusuri padang savana, dengan rumput yang terhampar luas. Jika musim kemarau datang, biasanya rumut-rumput tersebut berubah warna menjadi kekuningan. Namun hal tersebut tetap saja membuat setiap bibir berdecak kagum.

Pulau Kenawa
view savana dari puncak bukit
Keseruan lainnya adalah kamu juga dapat tracking menaiki bukit, dimana kamu dapat melihat seluruh bagian pulau. Senja adalah waktu terbaik untuk mendaki bukit ini, sajian alam berua sunset akan memaparkan cahaya orange dilangit. Nampak samar-samar dari kejauhan gunung rinjani dan juga beberapa pulau-pulau kecil ikut mengintip menambah indah pemandangan ini. Kamu juga dapat berjalan kebagian barat pulau, dimana kamu dapat menjelajah hutan mangrove yang masih sangat sehat. Perihal keindahan bawah lautnya, tak perlu diragukan lagi. Sebuah ekosistem yang masih tertata dengan apik serta aneka biota laut, siap menunggu kamu untuk dapat berenang bersama. 

Dikarenakan kamu akan camping di Pulau Kenawa, tentu persoalan logistik dan obat-obatan menjadi prioritas utama. Jangan lupa juga untuk membawa lotion anti nyamuk. Soal sampah jangan lupa dibawa kembali ya. 

Berbagai cara untuk dapatkan keseruan dan keceriaan. Dari mulai habiskan liburan dengan cara menginap dihotel berbintang ataupun hanya sekedar camping, semua sah-sah saja. Semuanya mempunyai satu tujuan, sekedar lepaskan penat dan ingin membebaskan diri dari semua beban kehidupan sehari-hari. Ekspresikan diri, jangan batasi dengan paradigma yang salah dan nikmatilah serta pahami arti kehidupan. Niscaya kamu akan lebih mengerti tentang kekuasaan Tuhan.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal wisata Pulau Kenawa Sumbawa Barat atau Kenawa Island. Semoga dapat berguna dan dijadikan sumber referensi sebelum kamu mengunjungi pulau cantik ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel