Wisata Pulau Sikuai atau Sikuai Island Padang Sumatera Barat

Wisata Pulau Sikuai atau Sikuai Island Padang Sumatera Barat, merupakan salah satu pulau cantik yang dijadikan salah satu destinasi favorite. Sebuah pulau dengan nuansa nyaman, asri dan memiliki perairan jernih dapat kamu temui disini.

Terletak tidak begitu jauh dengan Pulau Pagang, Pulau Pasumpahan dan Pulau Pamutusan kian membuat liburan kamu menjadi bervariasi. Pulau Sikuai memiliki luas kurang lebih sekitar 44.4 hektar. Dimana kamu dapat dimajakan dengan suasana eksotis yang dimiliki oleh pulau ini.

Pada pagi hari ini, saya mencoba kembali mengangkat pesona wisata lain di kota Ranah Minang yaitu wisata Pulau Sikuai atau Sikuai Island Padang Sumatera Barat. Semoga dapat menambah wawasan serta dapat dijadikan sumber referensi tentang destinasi-destinasi pilihan yang ada di Indonesia.

Wisata Pulau Sikuai atau Sikuai Island Padang Sumatera Barat


Pulau Sikuai
pulau sikuai

Seperti pulau-pulau kecil lainnya yang ada disekitar, Pulau Sikuai mempunyai suasana yang tenang dan nyaman. Terdapat berbagai jenis tumbuhan tropis dibagian tengah pulau dapat kamu temui disana.

Sejak tahun 1994, Pulau Sikuai ditetapkan menjadi salah satu destinasi wisata bahari. Dengan dilengkapi dengan fasilitas hotel resort, kian membuat lengkap paket liburan yang kamu dapatkan di pulau ini. Perihal untuk biaya menginap diresort memang beragam untuk type kamar dari kisaran sekitar Rp. 800.000/malam hingga Rp. 4.000.000/malam. Dimana terdapat sekitar 54 bangunan yang dapat kamu gunakan.

Pulau Sikuai
new sikuai island resort
Pulau Sikuai
dermaga pulau sikuai
Pulau Sikuai
kamar resort type panggung
Pulau Sikuai
suasana area resort
Pulau Sikuai
fasilitas kolam renang

Memang semenjak gempa bumi yang mengguncang kota Padang pada tahun 2009 lalu, ikut mempengaruhi keeksistensian pulau wisata ini. Dimana dari luas sekitar 2.4 Hektar yang sudah disulap menjadi area hotel resort, saat ini banyak yang sudah tak terurus. Namun hal tersebut tak membuat surut animo para traveler untuk dapat menikmati eksotisnya Pulau Sikuai.

Banyak keseruan yang kamu bisa dapatkan kala berlibur seperti snorkeling, diving, trekking hingga beberapa wahana air ataupun sekedar duduk bersantai dipantai disajikan dengan manis dan penuh kesan selama kamu disini. Sebelum lanjut ada baiknya kamu baca tentang Pulau Mandeh.

Pulau Sikuai
wahana perahu kano
Pulau Sikuai
view pulau sikuai dari atas bukit

Keindahan bawah lautnya tak perlu kamu ragukan lagi, aneka kehidupan serta ekosistem yang masih sangat baik dapat menghipnotis kamu untuk berlama-lama untuk tenggelam dalam yuphoria suasana pulau ini.

Pulau Sikuai terletak di kecamatan Bungus Teluk Kabung atau sekitar 50-60 menit dari pusat kota Padang. Perjalanan kamu dapat dimulai dari Dermaga Wisata Bahari di Jalan Batang Harau dengan menggunakan speeadboat milik PT Abadi Wijaya sebagai pengelola New Sikuai Island Resort. Penyebrangan dari dermaga ini kamu harus siapkan dana sekitar Rp. 250.000/orang untuk perjalanan pergi-pulang. Jika kamu ingin menggunakan jasa kapal nelayan, kamu harus bernegoasiasi dengan pemilik kapal dan biasanya mereka menawarkan jasanya dengan biaya sekitar Rp. 200.000. Selain itu kamu juga dapat menggunakan jalur lain seperti melalui Pelabuhan Muara atau Pelabuhan Bungus.

Pulau Sikuai
menuju sikuai

Memang melihat keadaan pulau saat ini, seperti agak disayangkan. Pasalnya pulau ini membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah setempat, mengingat banyaknya potensi yang dapat digali. Harapan saya semoga kedepannya Pulau Sikuai dapat bersinar kembali, seperti masa jaya dahulu bak mutiara biru ditengah lautan.

Tak diragukan lagi bahwa Indonesia adalah negara yang mempunyai wilayah bahari yang sangat mengagumkan. Terdapat begitu banyak pantai ataupun pulau yang dapat disulap menjadi destinasi-destinasi terbaik didunia. Perlu adanya kesadaran masyasrakat serta dukungan dari pemerintah guna dapat mewujudkan Indonesia mendapat pengakuan dari dunia akan keindahannya. 

Sejogyanya kita terus bersyukur terhadap Tuhan akan anugerah yang Ia berikan terhadap tanah air kita. Ikut serta menjaga dan memelihara apa yang telah ada. Perbuatan kecil kita sangatlah diperlukan untuk Indonesia dapat menjadi lebih baik lagi. Semoga kita dapat menjadi manusia yang lebih bijak dan bermartabat. Bangga rasanya menjadi bagian dari negara ini.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal wisata Pulau Sikuai atau Sikuai Island Padang Sumatera Barat. Semoga dapat berguna dan membantu kamu sebelum mengunjungi tempat ini.