Wisata Pantai Greweng | Tempat Camping Seru Di Pantai Jogja

Pantai Greweng merupakan sebuah pantai kecil yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Sebelumnya, pernahkah kamu mendengar nama pantai ini? jika, belum cukup wajar memang. Dikarenakan pantai ini memang belum banyak promosi tentang pantai greweng. 

Tempat wisata Jogja memang seperti tak ada habisnya memberikan sejuta potensi yang dimilikinya. Salah satu daerah Jogja yaitu Gunung Kidul yang telah terkenal memiliki beberapa deretan nama-nama pantai yang sudah cukup populer, seperti Pantai Baron, Pantai Timang, Pantai Pok Tunggal, Pantai Drini hingga Pantai Wediombo yang terkenal memiliki sebuah laguna yang sering disebut dengan Laguna Wediombo, kemudian masih banyak lagi pantai di Jogja yang indah lainnya . Namun kali ini mari kita menengok sebuah pantai unik bernama Pantai Greweng, pantai ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki kegemaran akan kegiatan outdoor. Mengunjungi pantai greweng, kamu akan mendapatkan sebuah paket liburan lengkap yang terdiri dari trekking/berjalan kaki menyusuri sawah, kebun hingga hutan menuju lokasi pantai, dan setelah berada di kawasan pantai kamu dapat berkemah/camping bersama para sahabat. Sangat seru bukan? maka rasanya tak salah memasukkan pantai greweng masuk sebagai destinasi wisata pantai di Gunung Kidul yang patut untuk dikunjungi.

Pada siang hari ini, saya akan mencoba memaparkan secara detail perihal segala potensi wisata Pantai Greweng atau tempat camping seru di pantai Jogja. Semoga kiranya segala informasinya akan dapat berguna dan membantu bagi kamu atau para pembaca budiman lainnya yang ingin mengunjungi pantai cantik ini.

aliran arus pasang
welcome to Pantai Greweng
Pantai Greweng terletak memang berdekatan dengan Pantai Wediombo dan Pantai Jungwok, atau tepatnya di Desa Jepitu, Giri Subo, Gunung Kidul. Jika kamu berkendara dari Jogja arahkan kendaraan kamu menuju Wonosarin (pusat kota Gunung Kidul). Setibanya di Wonosari, arahkan kembali kendaraan kamu untuk menuju Pantai Wediombo melalui jalur Tepus. Ketika kamu menemukan pertigaan tepus ambil arah kiri dan ikuti saja papan rute petunjuk jalan menuju Pantai Wediombo dengan total jarak tempuh dari Jogja sekitar 2 jam perjalanan. Jika kamu telah sampai di lokasi Pantai Wediombo, kamu dapat memarkirkan kendaraan kamu disana, dan dari titik start ini mulailah perjalanan trekking kamu menuju wisata Pantai Greweng dengan menyusuri jalur setapak disebelah parkiran atas Pantai Wediombo. Tekstur jalan yang akan ditempuh berupa jalanan berbatu hingga menuju lokasi Pantai Jungwok, dengan total jarak sekitar 2 Km menuju Pantai Greweng. Ikuti jalan tersebut dan belok kiri lalu belok kanan. Dari jalan setapak yang dilalui nantinya akan terdapat beberapa persimpangan jalan setapak, yang akan melewati beberapa area persawahan milik warga sekitar. Setelah itu berjalan terus hingga menemukan persimpangan kedua dan ambilah arah kiri terus ikuti jalan tersebut, hingga menemukan persimpangan ketiga dan belok kiri kembali. Jika kamu merasa bingung, kamu tak perlu sungkan dapat bertanya pada para petani.

Dalam seperjalanan akan melewati bukit dan terdapat beberapa titik yang terdapat tebing bebatuan yang cukup tinggi disisi kanan jalur. Batu-batu tersebut berbentuk menumpuk antara satu dengan lain, hingga terbentuklah beberapa celah bebatuan yang secara sepintas seperti layaknya sebuah goa. Jika kamu memiliki waktu dan tak terburu-buru, kamu pun dapat masuk kedalam goa tersebut. Menurut beberapa warga yang saya temui, konon goa-goa tersebut kerap dijadikan tempat untuk bertapa. Cukup seram memang mendengarnya yang terkesan memiliki aroma mistis yang cukup kental, tetapi karena setiap manusia memiliki keyakinan terhadap setiap agama yang dianutnya, saya rasa tak perlulah khawatir yang berlebih selama bersikap sewajarnya dan tak arogan. Pada titik ini juga terdapat dua buah mata air yang terdapat dicelah-celah bebatuan. Untuk mata air pertama yang terletak disisi selatan, biasanya masyarakat sekitar sering menggunakannya untuk kegiatan mandi dan lainnya. Kemudian untuk mata air disisi utara, dapat kamu gunakan untuk keperluan minum. Tak terlalu jauh dari lokasi mata air tersebut pun sebenarnya terdapat sebuah jalan yang dapat digunakan untuk menuju lokasi pantai lainnya yaitu Pantai Sedahan.

jalur
trekking menuju Pantai Greweng
goa
suasana dalam Goa Greweng
Setelah melewati area bebatuan tersebut, maka kamu akan tiba di sebuah hutan yang tak terlalu rimbun dan terdapat pula sebuah ailiran sungai kecil. Tak terlalu jauh, maka kamu akan tiba di lokasi Pantai Greweng. Pasir berwarna kecokelatan bertekstur lembut seakan langsung menyambut kedatangan. Suara gemuru dari deburan ombak dipantai menjadi suara khas, begitu terasa damaikan hati ini. Pantai Greweng memang termasuk sepi pengunjung, mungkin karena letaknya yang cukup jauh dan terletak dibalik bukit, menjadikan kawasan ini sedikit private. Akan tetapi hal tersebutlah yang menjadi nilai "plus-plus" dari pantai cantik ini. Dimana kamu akan bebas sepanjang hari, menikmati segala keindahan dan melepas penat dari segala beban kehidupan.

hutan dan sungai
suasana hutan dan sungai
pantai greweng
tiba di Pantai Greweng
Jika berbicara fasilitas, memang pantai greweng tak memiliki fasilutas yang cukup lengkap seperti pantai-pantai populer lainnya. Dimana hanya terdapat 3 warung yang menjajahkan makanan/minuman yang buka secara 24 jam. Kemudian hanya terdapat sebuah toilet yang dapat digunakan untuk keperluan mck. Seperti dalam penjelasan diawal, memang pantai greweng dirasa sangat cocok bagi para penghobi kegiatan outdoor. Sehingga bila kamu ingin bermalam, kamu diharuskan berkemah. Seperti pada saat saya mengunjungi pantai ini, dimana sebelumnya sudah terdapat dua tenda yang berdiri, menurut pengakuan mereka para wisatawan asal Malang ini, mereka mengatakan sudah datang sejak pagi hari. Alasan tersebutlah yang menjadikan nama pantai greweng layak dimasukkan dalam list tempat camping di Jogja.

nikmati suasana pantai greweng
camping ceria di Greweng
suasana pantai greweng
suasana di Pantai Greweng
bersantai di greweng
bersantai di tebing sisi kanan
Pantai Greweng memiliki arus ombak yang cukup besar layaknya pantai-pantai lain yang secara karakteristik terletak di daerah selatan. Sehingga memang cukup berbahaya, bilamana ingin berenang. Namun tak perlu khawatir, kamu masih bisa untuk bermain disekitaran pantai. Pantai greweng itu sendiri terapit oleh dua buah bukit disisi kanan-kiri, sehingga seakan menjadikan pantai ini sebuah teluk kecil nan indah. Bermain, bernyanyi ataupun sekedar bersantai, semua dapat bebas kamu lakukan di pantai ini. Sungguh menyenangkan kala dapat berlibur di pantai greweng.

halusnya pasir pantai greweng
halusnya pasir Pantai Greweng
besarnya ombak di pantai greweng
ombak yang cukup besar
berfoto ria
berfoto ria di Pantai Greweng
malam di pantai greweng
seru dan hangatnya malam kami


*Tips
  • Bawalah alat penerangan, bila kamu ingin masuk kedalam goa.
  • Pakailah lotion anti nyamuk, bila memasuki kawasan hutan. Pasalnya cukup banyak nyamuk yang kawasan ini.
  • Jangan mendirikan tenda terlalu dekat dengan pantai, waspadai arus pasang diwaktu malam hari.
  • Jagalah kebersihan kawasan pantai.
  • Jangan membuang sambang sembarangan.
  • Bila ingin membakar kayu, sebelumnya galilah pasir pantai yang akan digunakan untuk menguruk bekas kayu bakar nantinya.
Saat senja datang di pantai greweng adalah mungkin waktu yang tepat untuk sedikit merenung. Seraya melihat keindahan alam yang tersaji di pantai greweng, menjadinya pengingat akan kebesaran Sang Khalik. Alam semesta diciptakan oleh Tuhan dengan berbagai hal menakjubkan yang tak bisa dihutung kiranya. Keindahan tersebutlah yang akan mampu terus dan terus seakan tiada hentinya membuat diri ini terkagum-kagum. Berpetualanglah melintasi pelosok negeri ini, nikmatilah segala hal hebat yang akan menantimu dan pastinya akan selalu ada hal menakjubkan yang siap menanti kedatanganmu.

Kamu dapat membaca juga tentang Pantai Balekambang  dan Air Terjun Madakaripura 

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal wisata Pantai Greweng atau tempat camping seru di pantai Jogja. Semoga dari segala informasi yang telah disampaikan dapat dijadikan sumber referensi tambahan bagi kamu ataupun para pembaca budiman lainnya, tentang berbagai info tempat pariwisata di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel