Wisata Jogja Atau Tempat Terbaik Berwisata Di Kota Jogja

Wisata Jogja atau wisata terbaik di kota jogja dan sekitarnya sebagai daerah istimewa Jogja selalu mempunyai tempat tersendiri disetiap hati warga Indonesia. Tempatnya yang masih kental dengan nilai dan norma-norma adat, memiliki banyak bangunan-bangunan bersejarah serta masyarakatnya yang sangat ramah semakin membuat kota ini semakin istimewa.

Selain karena faktor-faktor tersebut Jogja terkenal pula dengan nuansa khas keraton dengan terdapat Alun-alun ditengah kota sangat cocok untuk anda yang ingin berlibur dan juga sambil mengenal adat budaya khas keraton.

Kota Jogja selain memiliki suasana yang unik dibandingkan daerah atau kota lain di Indonesia, juga memiliki banyak makanan khas berharga murah sangat cocok bagi anda pencita kuliner seperti nasi gudeg pawon, yanko, bakpia, geplak, aneka sate khas, oseng-oseng mercon dan aneka jenis angkringan dan masih banyak lainnya. Selain kuliner, juga menawarkan bentang alam yang sangat indah, hal ini terbukti makin banyak pantai-pantai indah dan tempat-tempat wisata terbaik di jogja dan lainnya yang wajib anda datangi jikalau anda datang ke Jogja.

Dalam kesempatan kali ini saya mencoba untuk mengulas perihal wisata Jogja atau tempat wisata terbaik di Jogja. Mudah-mudahan dapat memberikan info yang bermanfaat bagi anda jika ingin datang mengunjungi kota ini. Berikut tempat-tempat wisata yang ada sebagai berikut :

Wisata Jogja atau Tempat Wisata Terbaik Di Jogja

Wisata Jogja
kota Jogja
1. Pantai Timang
adalah pantai indah yang terdapat di daerah Gunung Kidul. Pantai Timang memiliki 2 sisi yaitu sisi timur hamparan pasir putih yang indah dan juga bersih kemudian sisi sebelah barat berupa karang-karang besar yang menjulang. Pada bagian tersebut terdapat batu yang sangat besar oleh masyarakat sekitar batu tersebut diberi nama batu panjang atau pulau panjang. Menariknya di Pantai Timang menawarkan bagi wisatawan yang memiliki nyali untuk bisa menyebrang ke pulau panjang tersebut untuk berfoto dan jika anda beruntung anda bisa mendapatkan udang lobster liar dengan menaiki kereta gantung atau gantole tradisional yang terbuat dari kayu dan bambu kemudian dihubungkan dengan tali plastik yang sangat kuat sehingga anda tidak perlu khawatir.

Saat berada diatas kereta gantung tradisional ini para wisatawan akan merasakan sensasi adrenalin yang terpacu karena melintasi laut dengan arus ombak yang kuat memecah batu karang disekitar pantai. Pantai Timang memiliki jarak tempuh sekitar 3 jam dari kota Jogja dan berlokasi di Pandukuhan Danggoolo, Desa Purwodadi kabupaten Gunung Kidul. Dari Kota Wonosari ibukota kabupaten Gunung kidul menuju Pantai Timang kurang lebih berjarak sekitar 35 Km.

Wisata Jogja
gantole tradisional

2. Pantai Pok Tunggal
berlokasi sebelah barat bersejajar dengan garis antai yang sama dengan Pantai Timang. Pada Pantai Pok Tunggal ini terbentang hamparan pasir putih yang sangat halus sehingga bisa merileksasikan telapak kaki anda jika berjalan telanjang kaki menyusuri bibir pantai ini. Dengan lokasi pantai yang dikelilingi oleh bukit-bukit tinggi makin menambah eksotis pantai ini. Terdapat pula payung-payung yang dapat anda dan anggota keluarga serta para sahabat untuk disewakan agar anda dapat bersantai menikmati sinar matahari khas pantai Gunung Kidul.

Wisata Jogja
suasana pantai pok tunggal

3. Pantai Ngetun
adalah teluk mungil yang sangat indah dan masih jarang terjamah sangat menambah kesan esklusif pada pantai ini. Dengan lokasi yang dihapit dan ditutup oleh bukit-bukit dengan hutan pohon-pohon tinggi menjulang sangat hijau dan rimbun sekali menambah kecantikan dan keasrian tempat wisata ini. Pantai Ngentun terletak masih sejajar dengan Pantai Timang dan juga Pantai Pok Tunggal sehingga anda dapat mampir sehabis bermain di pantai-pantai tersebut.

Wisata Jogja
view pantai ngetun dari atas bukit

4. Pantai Drini
Daerah Gunung Kidul memang memiliki garis pantai yang sangat indah untuk dikunjungi, banyak pantai dengan bentang alam yang sangat indah terhampar disini. Salah satunya seperti pantai Drini, seperti tipe pantai-pantai lainnya digaris Gunung Kidul ini yang memiliki karateristik pantai dengan batu-batuan besar. Namun uniknya pada Pantai Drini ini terdapat satu batu besar berbentuk seperti payung. Jika menikmati antai ini disore hari maka anda akan dimanjakan dengan pesona alam kemudian sinar senja matahari lembut memanjakan mata anda, sungguh suasana santai yang akan anda bisa rasakan di pantai ini. Kamu dapat juga membaca tentang Pantai Kukup yang masih dalam kawasan Pantai Drini.

Wisata Jogja
suasana pantai  drini

5. Laguna Wediombo
Bagi anda yang ingin merasakan sensai berenang di bibir pantai, wisata Jogja juga menyediakan kolam alami atau disebut juga dengan laguna. Jika anda ingin berenang di laguna tersebut maka anda harus berjalan menyusuri bukit ke arah timur. Lokasi Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Girisubo Gunung Kidul.

Wisata Jogja
laguna wediombo

6. Gunung Kidul
merupakan daerah agak gersang dan lumayan agak panas namun menawarkan pesona bentang alam dan pantai-pantai indah. Seperti contahnya Pantai Sundak, Pantai Indrayanti, Pantai Baron, Pantai Timang, Pantai Pok Tunggal, Pantai Ngetun, Pantai Seruni, Pantai Jogan, Pantai Siung dan Pantai Ngamblor. Daerah Gunung Kidul merupakan daratan tinggi terdapat bukit-bukit terhampar di daerah ini menambah komplitnya tempat wisata di daerah ini, contoh bukit yang terkenal adalah Puncak Kosakora dimana kita berdiri diatas puncak ini dapat menikmati pemandangan lepas hutan lembah dan juga pantai sungguh tempt yang indah. Baca juga tentang Gereja Ayam yang hanya berlokasi sekitar 42 Km dari kota Jogja.

Wisata Jogja
welcome to gunung kidul

7. Gumuk Pasir
berlokasi di daerah Parangtritis, Bantul memiliki sisi romantis dikarenakan terdapat ayunan kayu tradisional. Bagi anda penghobi seni foto atau sekedar kenang-kenangan anda wajib mencoba tempat wisata ini. Seperti ayunan kayu yang terdapat dibeberapa daerah seperti Pantai Karimunjawa, Gili trawangan dan juga Pantai Tanjung Aan Lombok. Namun Gumuk Pasir menawarkan sensasi romantis berbeda khas padang pasir Jogja, selain itu Gumuk Pasir memberikan untuk anda dapat mencoba wahana permainan sand boarding yang kemudian dapat ceritakan pada teman atau sahabat-sahabat lainnya.

Wisata Jogja
sand boarding

8. Kedung Pedhut Water Canyon
adalah kolam curug bertingkat yang diapit indah dengan hutan yang masih sangat alami dan disebut juga sebagai air terjun atau curug 2 warna karena memiliki perpaduan warna air berwarna putih dan hijau tosca. Di kolam Kedung Pedhut anda dapat mandi atau sekedar membasuh dan bermain air yang segar serta berfoto ria diarea ini. Sungguh pengalaman yang tidak terlupakan mengingat suasana santai ditempat ini. Tempat wisata ini terletak di daerah Kulonprogo tepatnya di dusun kembang, desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo.

Wisata Jogja
jernihnya kolam kedung pedhut

9. Water Castle Tamansari
tempat ini memiliki banyak kecantikan salah satunya dari segi artsitekturnya yang unik. Lokasi Water Castle terletak tidak jauh dari Keraton Jogja dan juga Alun Alun Kidul. Water Castle terdiri dari 2 bagian yaitu Umbul Binangun dan juga Pulo Kenongo. Tempat-tempat tersebut memiliki fungsi yaitu Umbul Binangun (kompleks kolam pemandian) dimana fungsinya dimana dini tempat kolam pemandian bagi sultan, para istri sultan dan para putri-putri sultan.

Kompleks kolam pemandian ini dikelilingi tembok tinggi dan di suatu tempat dalam bangunan ini ada ruangan khusus untuk bertemunya sang sultan dengan penguasa laut selatan, Kanjeng Ratu Kidul. Kemudian untuk Pulo Kenongo adalah Istana ditengah-tengah danau buatan dan danau ini dihubungkan dengan danau-danau buatan disekitar keraton. Istana Pulo Kenongo memiliki banyak ruangan dan juga terdapat sebuah aula tempat melakukan tarian sakral klasik bedoyo dan srimpi.

Wisata Jogja
suasana istana tamansari

10. Kaliadem
adalah kawasan hutan pinus di lereng selatan Gunung Merapi. Kaliadem memiliki nuansa berbeda karena para wisatawan dapat melihat lava dari Gunung Merapi. Banyak kegiatan alam yang dapat anda lakukan dan juga anggota keluarga serta para sahabat. Kaliadem dapat anda capai dari Jogja melalui Kaliurang.

Wisata Jogja
view gunung merapi dari kaliadem

11. Kalibiru 
adalah tempat wisata alam yang terletak disebelah barat kota Jogja untuk tepatnya di Desa Hagrowilis, Kulonprogo. Banyak fasilitas yang ditawarkan untuk anda para wisatawan yang sangat menarik. Diantaranya dimana terdapat pohon yang diberikan tempat berupa papan kayu diatas pohon tersebut, sehingga anda bisa duduk santai ataupun berfoto ria diatas sana dengan pemandangan lembah dan hutan pinus dibawahnya. Sungguh pengalaman yang menarik.

Wisata Jogja
berfoto ria di kalibiru

12. Goa Kalisuci
adalah tempat dengan paket wisata alam lengkap yaitu perpaduan antara caving (susur gua), rafting (arung jeram) dan tracking (berjalan kaki). Sangat cocok untuk anda pecinta bertualang dengan alam. Sensasi saat memasuki Goa kalisuci sudah mulai terasa saat anda mulai turun menuju sungai bawah tanah ditambah dengan air yang jernih dan suara-suara alam membuat anda terkagum, arus air yang lumayan deras membawa ban anda menyusuri kebawah hingga titik pemberhentian yang telah ditentukan.

Wisata Jogja
body rafting di goa kalisuci

13. Goa Rancang Kencana
berada di daerah Gunung Kidul ini mempunyai suasana yang hening dan juga sejuk. Goa Rancang Kencana Playen konon goa ini adalah saksi perjuangan para pahlawan kita dalam usahanya melawan Belanda di tanah Jogja. Karena itu gua ini diberi nama Rancang Kencono yang memiliki arti Rancang dalam bahasa jawa berarti rencana serta kencono berarti emas mulia, jadi Rancang Kencono dapat diartikan goa tempat merancang tindakan yang mulia. Lokasi tempat wisata ini trletak di Desa Bleberan, Playen Gunung Kidul.

Wisata Jogja
pintu utama goa rancang kencana

14. Goa Pindul
Dulu saat tahun 2013 tempat wisata ini sempat ditutup utuk umum karena sempat terjadi musibah warga sekitar, namun di 2014 setelah suasana kembali kondusif maka dibuka kembali. Di Goa Pindul anda dapat bermain air sepuasnya bersama seluruh anggota keluarga serta para sahabat dengan cara saling berpegangan satu sama lain sambil duduk diatas ban yang telah disediakan pihak pengelola. Kegiatan ini sangat menghibur dimana segarnya air didalam gua dan juga dinding-dinding gua yang sangat eksotis menambah seru suasana di Goa Pindul. Tempat ini berlokasi di Desa Beriharjo, Karangmojo, Gunung Kidul. Jangan lewatkan baca juga Wisata Bandung Dan Tempat Wisata Di Bandung

Wisata Jogja
body rafting di goa pindul

15. Goa Jomblang
terletak di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu Gunung Kidul dan Goa Jomblang menawarkan keindahan alam bagi anda pecinta alam yang memacu adrenalin. Pada tahun 2011 dalam acara Amazing Race America sempat memakai tempat ini sebagai arena dalam acara tersebut. Goa Jomblang ini adalah goa vertical sehingga membuat para wisatawan turun menuruni goa menggunakan tali dengaan teknik tertentu dan anda pun akan didampingi oleh seorang pemandu. Rasa takut bercampur dengan penasaran ketika anda turun menuruni goa ini, tapi saat anda sampai di perut goa maka anda akan takjub melihat suasana dan pemandangan yang sangat indah ditambah lagi saat adanya sinar matahari menembus dari atas mulut goa menambah eksotis goa ini.

Wisata Jogja
masuk ke dalam perut goa jomblang

16. Kebun Buah Mangunan
disebut juga sebagai bukit diatas awan karena Kebun Bunga Mangunan terletak diatas perbukitan dengan pemandangan yang sangat indah dan jika beruntung anda dapat menemukan moment dimana kumpulan awan yang menggumpal di kaki bukit berada tepat dibawah anda. Di tempat ini anda dan keluarga serta para sahabat dapat berbelanja aneka buah yang tentunya masih segar. Kebun Buah Mangunan terletak di desa Mangunan, kecamatan Dlingo, Bantul atau sekitar 35 Km dari kota Jogja.

Wisata Jogja
berfoto ria di mangunan
Jogja memang kota budaya yang memiliki bentang alam yang sangat memukau, diatas adalah bukti bahwa goegrafis kota Jogja menyimpan banyak potensi alam yang bisa anda jadikan pilihan di kala anda berlibur ke kota ini.

Kamu dapat membaca juga Wisata Pantai Greweng, Jogja.

Demikian artikel tempat-tempat wisata jogja atau tempat terbaik berwisata di Jogja semoga dapat menambah pengetahuan dan referensi anda tentang potensi wisata di tanah air kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel