Ayo Kunjungi Pantai Kukup Beach Gunung Kidul Tempat Wisata Di Jogja

Pantai Kukup salah satu pantai cantik yang berada di kota Jogja. Seperti yang telah kalian ketahui, bahwasanya memang kota Gudeg ini memiliki berjuta potensi wisata Yogyakarta mulai dari wisata budaya, wisata kuliner hingga wisata alam yang mengagumkan. Maka tak heran jikalau Kota Jogja begitu populer bahkan hingga mancanegara. 

Apakah kamu tau luas kota Jogja? Daerah Istimewa Jogjakarta memiliki luas wilayah sekitar 3.185,80 Km/segi, terdiri dari sekitar satu kotamadya dan empat kabupaten, terbagi menjadi 78 kecamatan dan 438 desa/kelurahan. Untuk kabupaten Gunung Kidul merupakan wilayah perbukitan batu gamping (limestone) yang kritis, tandus dan selalu kekurangan air. Namun siapa sangka, Tuhan Maha Adil sehingga menganugerahkan alam Gunung Kidul yang kaya akan potensi bahari.

Beragam tempat wisata di Jogja memang memiliki daya tarik tersendiri, sehingga besar animo para wisatawan asal domestik hingga mancanegara tak pernah surut. Sebagai salah satu lokasi yang memiliki banyak pantai-pantai cantik yakni Gunung Kidul, menjadi lokasi terfavorit untuk menikmati wisata pantai di Jogja. Memiliki garis pantai yang panjang dan juga dikelilingi oleh tebing-tebing kapur, serta perairannya yang jernih merupakan ciri khas dari pantai di Gunung Kidul. Seperti yang telah kamu ketahui memang di Gunung Kidul terdapat banyak lokasi wisata pantai seperti Pantai Baron, Pantai Drini, Pantai Pok Tunggal, Pantai Nglambor, Pantai Jogan, Pantai Greweng dan masih banyak lagi pantai-pantai cantik lainnya. 

Wisata Pantai Kukup terbilang belumlah bersifat komersil sehingga biaya untuk keperluan selama berlibur pun terbilang cukup terjangkau. Mengingat semua potensinya sehingga pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terlebih bilama mana waktu libur tiba. Penasaran akan suasana Pantai Kukup? kamu dapat menyimaknya pada konten artikel saya kali ini.

Pada malam hari ini, saya akan mengulas perihal ayo kunjungi Pantai Kukup Beach Gunung Kidul tempat wisata di Jogja. Semoga informasinya dapat dijadikan sumber referensi yang dapat menambah wawasan kamu ataupun para pembaca budimana sekalian.

pantai kukup
view Pantai Kukup
Sebagai tujuan wisata andalan setelah Bali, kota Jogja memang memberikan sensasi liburan yang selalu membuat rindu akan suasananya. Pihak Pemprov dan Dinas Pariwisata setempat pun selalu memberikan perbaikan atas saranan dan fasilitas penunjang kegiatan pariwisata Jogja. Dimana saat ini tercatat pula bermunculan tempat wisata baru yang kian menambah pilihan lokasi objek wisata di Jogja. Pantai Kukup terbilang telah dibuka sebagai tempat wisata untuk umum lebih dahulu jika dibandingkan dengan Pantai Indrayati, sungguh disayangkan entah alasan apa Pantai Kukup kalah pamor dengan Pantai Indrayati, sehingga jumlah wisatawan pun merosot tajam tak seperti sewaktu masa jayanya. Namun karena alasan itulah, saya rasa lebih nyaman kala berada di Pantai Kukup. Hal positifnya dikarenakan banyak para wisatawan yang menuju Indrayati, membuat suasana Pantai Kukup lebih sepi. Sehingga kamu dapat bermain di pantai ini dengan lebih nyaman. Sebelum lanjut, kamu juga dapat membaca tentang Umbul Ponggok.

Lokasi Pantai Kukup terletak di Jl. Pantai Selatan Jawa, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul atau tepatnya searah dengan Pantai Baron dengan jarak sekitar 1 Km dari pantai tersebut. Bila kamu dari arah pusat kota Jogja kamu dapat menggunakan rute jalan Jogja-Wonosari-Pantai Kukup dengan total jarak sekitar 62 Km. Dari Jogja menuju Wonosari, kamu dapat melalui jalur lingkar luar selatan (ring road selatan) arah timur menuju Jl. Raya Wonosari. Dari kota Wonosari, kamu dapat mengunjungi pantai ini dengan menggunakan dua jalan alternatif, yakni 
  • Pertama, setelah kamu melewati alun-alun Wonosari belok kanan lewati Desa Kemandang ke arah Pantai Kukup. Jalur yang dilewati berkelok-kelok dan memiliki pemandangan yang indah yakni wilayah perbukitan batu gamping. Sebelum tiba di Pantai Kukup, akan ada sebuah pos retribusi dan nantinya kamu akan dikenakan biaya tersebut. Setelah itu terdapat pertigaan yakni ke arah kiri menuju Pantai Kukup dan kanan ke arah Pantai Baron.
  • Kemudian jalur alternatif kedua yakni dengan melalui Pantai Krakal. Bilamana kamu ingin menggunakan jalur ini, dari alun-alun Wonosari kamu belok kanan dan ikuti petunjuk sama seperti penjelasan diatas. Namun ketika kamu bertemu dengan Desa Mulo belok kiri menuju Girisubo. Ikuti terus jalan tersebut hingga melewati pertigaan Desa Sidoharjo dan Desa Tepus. Tak begitu jauh maka kamu akan menemukan Pantai Krakal, kemudian ikuti marka petunjuk jalan kearah Barat sepanjang 6.5 Km, maka kamu akan tiba di Pantai Kukup. Sama seperti jalur diatas, terdapat pos retribusi sekitar 3 Km sebelum kamu memasuki kawasan Pantai Krakal.
Bila kamu menggunakan kendaraan umum untuk menuju Pantai Kukup, kamu dapat menggunakan bis dengan jurusan trayek Jogja-Wonosari, kemudian setibanya di pusat kota Wonosari perjalanan kamu akan dilanjutkan dengan minibus untuk menuju Pantai Kukup dengan total perjalanan sekitar 60 menit. Sebelum lanjut, kamu juga dapat mengunjungi Gereja Ayam, karena lokasinya hanya 42 Km dari Jogja.

welcome to pantai kukup
welcome to Pantai Kukup

Setibanya di kawasan wisata Pantai Kukup, kamu akan tiba disebuah lokasi parkir yang cukup luas, berjarak sekitar 500 meter dari pantai. Namun bila kamu berniat bermalam di homestay, kamu dapat terus melanjutkan kendaraan kamu hingga tiba di homestay yang dituju. Perihal tiket masuk Pantai Kukup sekitar Rp. 9.500/orang (include Pantai Kukup, Baron, Panjang, Drini, Krakal, Sundak, Indrayati dan Pok Tunggal). Sepanjang jalan dari lokasi parkir hingga pantai, terdapat berjejer warung-warung makan, pusat oleh-oleh hingga penjual aneka ikan hias dan biota laut lainnya.

suasana parkir
suasana tempat parkir
Nuasana di Pantai Kukup begitu menyenangkan, dengan memiliki pasir pantai yang halus nan bersih serta perairan jernihnya. Bagi kamu yang membawa sanak keluarga rasanya Pantai Kukup sangatlah direkomendasikan, pasalnya putra-putri dapat berenang dengan aman. Dikarenakan perairan Kukup memiliki jenis perairan dangkal dengan arus yang tenang sejauh 85-100 meter dari bibir pantai, untuk kedalamannya rata-rata hanya semata kaki saja. Dimana terdapat sebuah deretan karang yang membatasi perairan ini, sehingga menjadi benteng alami yang melindungi dari arus pantai khas selatan yang sudah terkenal akan keganasannya. Namun tetap saja kamu diharuskan mengawasi putra-putri yang sedang berenang. Dikarenakan perairannya bukan terdiri dari pasir melainkan gugusan karang dan terumbu karang, sehingga akan berbahaya bilamana tak memperhatikan dalam melangkahkan kaki. Namun hal tersebutlah juga yang menjadikan pantai ini pembeda dari pantai lainnya, dimana kamu dapat berjalan mengelilingi perairannya dan melihat berbagai biota laut. Terdapat berbagai jenis ikan-ikan kecil yang terperangkap, bintang laut, kepiting hingga beberapa jenis siput laut. Akan tetapi bila ingin berjalan di perairannya, akan lebih baik kamu menggunakan alas kaki. Pasalnya tak jarang dapat ditemui binatang babi laut atau landak laut, yang bila terinjak tentu akan menyebabkan nyeri.

view pantai kukup
suasana di Pantai Kukup
jembatan
ini adalah jembatan yang menghubungkan Pulau Jumino
Pantai Kukup terdapat sebuah pulau karang kecil yang disebut dengan Pulau Jumino. Pada pulau tersebut terdapat sebuah bangunan yang dikenal oleh masyarakat sebagai Gardu Pandang, fungsi dari gardu ini ialah sebagai tempat untuk para wisatawan agar dapat melihat dan menikmati panorama laut lepas. dimana tempat ini seakan menjadi sebuah ikon dari Pantai Kukup. Selain untuk memikmati view dari laut lepas samudra hindia, Gardu Pandang ini digunakan sebagai lokasi terbaik untuk menikmati moment sunset di Pantai Kukup. Untuk menuju ke Pulau Jumino, para pengunjung dapat melalui sebuah jembatan yang telah dibangun untuk menghubungkannya dengan bibir pantai. Teringat akan Tanah Lot, Bali atau Pantai Balekambang, Malang? ya, hampir serupa memang. Mungkin pembangunannya bisa jadi terinpirasi oleh kedua tempat tersebut. Namun yang menjadi pembedanya ialah bila di Tanah Lot atau Pantai Balekambang terdapatnya sebuah Pura untuk beribadah, namun di Pantai Kukup hanya berupa sebuah bangunan sederhana yang digunakan untuk menikmati pemandangan saja. Akan tetapi melihat keadaan Gardu tersebut saat ini agak memperhatinkan, pasalnya terdapat banyak tulisan akibat tindakan vandalisme dari orang-orang kampungan.

Selain itu terdapat pula sebuah gedung akuarium biota laut, dimana kamu dapat melihat beberapa jenis biota laut seperti ikan-ikan kecil, bintang laut hingga kuda laut. Tertarik ingin membelinya? tak perlu khawatir sudah terdapat jajaran pedangan ikan hias yang menawarkan dagangannya yang dapat kamu beli sebagai peliharaan dirumah. Untuk air lautnya, kamu sudah dapat membelinya dikota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya atau Bandung dengan harga sekitar Rp. 20.000/liter. Ingin bermalam di Pantai Kukup? kamu bisa mengunakan beberapa homestay,cottages atau penginapan di Pantai Kukup yang menawarkan berbagai jenis type kamar, mulai dari kisaran Rp. 100.000-Rp. 350.000/malam tergantung dengan fasilitasnya. Kamu ingin juga mencoba kuliner yang berbeda? cobalah sajian kepiting goreng dengan rasa daging kepiting gurih yang mampu menggoyang lidah kamu.

pedagang ikan hias
para pedagang ikan hias
kepiting goreng
kepiting goreng
Setelah  puas bermain dan menikmati keindahan Pantai Kukup, kamu dapat mengunjungi pantai-pantai lainnya disekitar kawasan ini yang masih satu garis pantai. Sebagai contohnya kamu dapat mengunjungi Pantai Drini merupakan pantai nelayan, sehingga banyak didapati perahu-perahu mereka berjejer dibeberapa titik pantai. Pantai Baron sama-sama pantai nelayan, namun keadaannya saat ini cukup memperatinkan karena kotor, namun kamu dapat membeli aneka jenis ikan laut dikarenakan ditempat ini terdapat pasar pelelangan ikan. Pantai Sepanjang merupakan sebuah pantai yang dibuka untuk umum sekitar 2003 yang lalu, namun masih minim fasilitas hingga saat ini. Pantai Krakal memiliki pasir pantai yang cukup kasar jika dibandingkan dengan Pantai Kukup, menurut para nelayan sekitar mungkin hal tersebut dikarenakan pasir di Krakal sering dieksploitasi untuk dijual.

*Tips
  • Gunakanlah smartphone sebagai panduan untuk menuju lokasi Pantai Kukup.
  • Untuk kamu yang menggunakan kendaraan pribadi pastikan untuk BBM yang digunakan cukup. Pasalnya SPBU hanya terdapat di wilayah Jogja untuk yang Non Subsidi dan di kota Wonosari untuk yang berSubsidi seperti Premium dan Solar.
  • Seperti halnya ditempat wisata lainnya, untuk aneka jenis jajanan dan makanan tentulah agak berbeda harganya. Oleh karena itu kamu haruslah pandai-pantai menawar harga.
Melihat segala potensi wisata yang terdapat di Pantai Kukup, memang tak salah jikalau tempat ini dimasukkan dalam list tempat wisata pantai di Jogja yang patut untuk dikunjungi. Dimana kamu dapat bersantai menikmati segala yang tersaji dengan apik, ketenangan dan ramah tamah para penjual serta warga sekitar menjadikan suasananya semakin mencair. Berbagai cara rasanya sah-sah saja untuk sekedar mengekspresikan diri, namun tentu saja semua itu janganlah melanggar norma-norma dan ketentuan yang suda ada.

Kamu dapat pula membaca tentang Tempat Wisata di Lumajang

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal ayo kunjungi Pantai Kukup Beach Gunung Kidul tempat wisata di Jogja. Semoga informasinya dapat diterima dan bermanfaat bagi kamu ataupun para pembaca budiman dimanapun anda berada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel