Wisata Ke Pulau Harapan | Pulau Kelapa Di Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau Harapan memang sudah cukup populer bagi kamu para warga Jakarta dan sekitarnya. Namun bagi yang berdomisili di luar Jakarta, mungkin masih cukup asing mendengarnya. Satu lagi pulau cantik selain Pulau Pari ataupun Pulau Tidung, yaitu Pulau Harapan. Pulau Harapan itu sendiri berada di kawasan wisata Kepulauan Seribu yang terletak di Jakarta Utara. Keindahan dan berjuta keseruan dapat kamu lakukan kala berlibur ke pulau ini.

Wisata ke Pulau Harapan memang memberikan pengalaman seru, dimana memiliki beberapa gugusan pulau lain disekitar yang memiliki alam asri dan perairan yang masih terjaga. Sehingga para wisatawan dapat puas menikmati pengalaman berwisata bahari di kawasan ini. Pulau Harapan merupakan sebuah pulau yang cukup luas, terlebih pulau ini sudah sejak lama memiliki akses jalan yang menghubungkan dengan pulau tetangga yaitu Pulau Kelapa, sehingga sepintas pulau ini menjadi satu kesatuan. Kedua pulau ini adalah pulau berpenghuni, dengan ramah tamah para warga membuat kamu akan merasa betah berlama-lama menghabiskan waktu liburan kamu di tempat ini.

Selain keindahannya, ternyata Pulau Harapan juga dijadikan sebagai tempat transit bagi para wisatawan yang ingin melanjutkan ke beberapa pulau sekitar, seperti Pulau Bira, Pulau Macan, Pulau Papatheo, Pulau Melinjo, Pulau Opak dan masih banyak lagi. Mengingat akan fungsinya sebagai lokasi transit, membuat Pulau Harapan/Pulau Kelapa selalu ramai diserbu para wisatawan. Bagaimana penasaran dengan hal apa saja yang ada di pulau cantik ini? kamu dapat simak ulasan dalam konten artikel kali ini.

Pada siang hari ini saya akan memaparkan secara detail perihal wisata ke Pulau Harapan atau Pulau Kelapa di Kepulauan Seribu Jakarta. Semoga kiranya dapat diterima dan semua informasinya dapat dijadikan sumber referensi tambahan bagi kamu ataupun para pembaca budiman dimana pun anda berada.
welcome to pulau harapan
welcome to Pulau Harapan

Pulau Harapan merupakan salah satu kelurahan yang terdapat di kecamatan Kepulauan Seribu yang memiliki panorama alam yang begitu menawan. Tak heran jikalau, banyak orang menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata favorit di Jakarta. Dengan memiliki segudang potensi wisata dengan pasir pantai kecokelatan dan perairan yang cukup jernih menjadikan Pulau Harapan sebagai lokasi berenang/snorkeling terbaik di kawasan Pulau Seribu. Mengingat akan segala keindahannya, maka begitu banyak perusahaan travel yang menawarkan jasanya untuk mengamodasikan para wisatawan untuk dapat berlibur di Pulau Harapan.

Bagaimana untuk dapat mengunjungi Pulau Harapan? sebetulnya sama seperti halnya kamu ingin mengunjungi pulau-pulau lainnya di Pulau Seribu, kamu diharuskan menyebrang dari Pelabuhan Muara Angke menggunakan kapal fery tradisional dengan biaya sekitar Rp. 55.000/orang. Perihal lama penyebrangan memang terbilang cukup menyita waktu, pasalnya menuju Pulau Harapan yang notabene berada cukup jauh, sehingga membutuhkan sekitar 3 jam perjalanan laut untuk sampai di pulau ini. Dimana biasanya kapal fery tradisional akan berangkat dari Muara Angke sekitar pukul 08.00 WIB dan tiba di Pulau Harapan di siang hari sekitar pukul 11.00 WIB.

suasana dermaga pulau harapan
suasana dermaga di Pulau Harapan

Seperti dalam penjelasan sebelumnya yang menyatakan bahwasanya Pulau Harapan merupakan sebuah pulau berpenghuni yang terdiri dari 4 RW dan 11 RT dalam satu kelurahan. Secara umum para warga yang berprofesi sebagai nelayan, hidup dengan rukun tanpa pusing harus memikirkan banyak tuntutan kehidupan layaknya masyarakat urban di perkotaan. Hiruk pikuk dan lalu lalang para warga sekitar menjadi pemandangan yang menyenangkan kala berada di pulau ini. Sebagai pulau yang memiliki warga cukup banyak, Pemerintah kota Jakarta sudah memberikan berbagai fasilitas pendukung guna mempermudah para warganya, seperti contohnya sudah memiliki fasilitas puskesmas, sekolah dasar, pos polisi hingga pemakamam umum di pulau tersebut.

di pulau harapan
tiba di Pulau Harapan
tiba di pulau harapan
foto dulu
prasasti pulau harapan
prasasti Pulau Harapan
Bukan rahasia umum, bilamana dewasa ini telah banyak bermunculan perusahaan travel yang menyediakan beragam pilihan paket tour wisata Pulau Harapan. Banyaknya dari travel tersebut yang memberikan berbagai pilihan liburan kian mempermudah banyak wisatawan untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang menarik. Seperti halnya seorang teman warga Pulau Kelapa (Bang Olid-081932851673) yang sering menjadi langganan saya bilamana ingin berlibur di Pulau Seribu, kamu pun dapat menggunakan jasanya untuk mengatur segala keperluan kamu selama berada di Pulau Harapan/Pulau Kelapa. Perihal biaya biasanya harga paket tour Pulau Seribu berkisar sekitar Rp. 250.000-Rp. 350.000/orang, tergantung paketnya dan berapa lama waktunya. Namun bilamana kamu yang ingin camping di pulau-pulau tak berpenghuni disekitar Pulau Harapan, kamu hanya cukup menyewa sebuah kapal nelayan saja dengan kisaran harga sekitar Rp. 350.000-Rp. 400.000 tergantung jarak pulau yang dituju. 

Pulau Harapan memang memiliki perairan yang cukup jernih, dimana terdapat beberapa spot untuk snorkeling. Bagi kamu yang gemar dengan snorkeling, rasanya wajib untuk dapat merasakan sensai berenang di bawah laut Pulau Harapan. Pasalnya dengan memiliki perairan berkategori dangkal dan terdapat beragam jenis ikan serta terumbu karang yang masih terjaga. Tak perlu berenang jauh, bahkan cukup disekitar bibir pantai saja, kamu sudah dapat menemui beragam jenis ikan berwarna-warni. Sungguh menyenangkan bukan? Perihal snorkeling equipment, kamu hanya cukup menyewa dengan biaya sekitar Rp. 35.000/orang (snorkle, pelampung dan fin). Cukup terjangkau bukan? Selain keseruan tersebut, masih terdapat pula keseruan lainnya seperti berkeliling pulau dengan sepeda, ataupun memancing. Perihal tempat untuk bermalam, tak perlu kamu khawatir, sudah banyak tersedia homestay yang telah disediakan oleh warga yang dapat kamu sewa dengan harga yang terjangkau. Sungguh pengalaman menyenangkan dapat berlibur dengan buged yang bersahabat dengan isi dompet.

keliling pulau sekitar
ayo berangkat snorkeling!
jernihnya pulau harapan
jernihnya perairan Pulau Harapan
ikan di pulau harapan
ikan yang berlimpah
Melihat segala potensi wisata, maka tak salah memang memasukkan nama Pulau Harapan dalam list pulau favorit di Kepulauan Seribu. Berjuta keidahan alam yang tersaji akan mampu membuat siapapun untuk berlama-lama di Pulau Harapan. Dengan jarak yang tak terlalu jauh dari pusat ibukota Jakarta, membuat Pulau Seribu mudah untuk diakses siapapun, mungkin salah satu faktor inilah yang membuat Pulau Seribu selalu ramai diserbu. 

*Tips
  • Bagi kalian yang menggunakan hp, hanya tersedia jaringan untuk XL, Simpati dan M3 saja.
  • Usahakan jangan terlambat untuk jam keberangkatan dari Muara Angke, kemudian untuk kapal pulang dari Pulau Harapan berangkat sekitar siang hari pukul 10.00 WIB.
Berdiri di tepi pantai Pulau Harapan dan melihat laut luas dengan degradasi warna indahnya, membuat diri ini sungguh takjub akan kebesaran Sang Pencipta, sungguh indah ciptaanMu. Namun masih pantaskan diri ini yang kurang bersyukur, dapat mengaku sebagai hambaMu. Cukup miris memang, jika melihat banyak manusia yang kurang pandai berkaca diri dan bersyukur, namun dengan sifat Pengasih dan PenyayangMu, Tuhan kau masih saja memaafkan kami sang makhluk yang lemah ini. Berkaca pada lautan, terbesit pula cerminan akan kehidupan. Mengutip perkataan dari seorang Buya Hamka "Kehidupan layaknya seperti lautan, orang yang tidak berhati-hati dalam mengayuh perahu, memegang kemudi dan menjaga layar, maka karamlah ia digulung oleh ombak dan gelombang. Hilang di tengah samudera yang luas dan tiada akan pernah ia mencapai tanah tepian". Dari perkataan beliau dapat dipahami, bahwasanya dalam hidup seyogyanya dapat berhati-hati dalam menentukan sikap dan langkah, guna tenang dalam melangkah di kehidupan fana ini.

Demikian ulasan saya kali ini perihal wisata ke Pulau Harapan atau Pulau Kelapa di Kepulauan Seribu Jakarta. Semoga apa yang telah disampaikan dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu ataupun para pembaca budiman lainnya, yang ingin mengunjungi pulau indah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel