Panduan Lengkap Wisata Pulau Tidung Di Kepulauan Seribu Jakarta

Pulau Tidung merupakan salah satu nama pulau populer yang terdapat di kawasan Kepulauan Seribu Jakarta. Dengan akses dan rute jalan yang cukup mudah, sehingga tak mengherankan bilamana waktu libur tiba pulau ini akan diserbu para wisatawan dari daerah di sekitar Jakarta. Ditambah dengan biaya yang tergolong terjangkau banyak lapisan masyarakat, membuat nama Pulau Tidung menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta terfavorit bagi kaum urban.

Wisata Pulau Seribu memang tak pernah mengenal kehabisan cara untuk membuat siapapun kagum akan keindahannya. Memiliki deretan pulau-pulau yang tersebar, membuat potensi wisata tak pernah sepi pengunjung. Lihat saja contohnya pada Pelabuhan Muara Angke yang menjadi salah satu akses untuk menuju ke Pulau Seribu. Sejak pagi hari, pelabuhan ini sudah ramai dengan hiruk-pikuk para wisatawan yang ingin menyebrang. Besarnya animo masyarakat untuk dapat berlibur memang begitu tinggi, tak peduli musim penghujan atau tidak, para wisatawan akan tetap berdatangan. Lokasinya yang tak terlalu jauh menjadi faktor utama bagi kamu yang ingin membawa sanak keluarga untuk dapat merasakan liburan di Pulau Tidung.

Kepulauan Seribu memang memiliki banyak nama pulau yang banyak menjadi tujuan wisata terfavorit, diantaranya seperti Pulau Pramuka, Pulau Harapan, Pulau Bidadari, Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung dan masih banyak lagi. Belum lagi beberapa nama pulau tak berpenghuni yang dewasa ini menjadi tujuan wisata alternatif untuk berlibur. Namun khusus dalam kesempatan kali ini, wisata Pulau Tidung akan menjadi sorotan utama dalam konten artikel berikut ini. Memiliki panorama alam yang indah serta sarana fasilitas yang cukup lengkap, membuat pulau ini menjadi lokasi sempurna untuk dapat menghabiskan waktu liburan. Penasaran akan potensi wisatanya? ada baiknya kamu simak terlebih dahulu panduan lengkapnya.

Pada malam hari ini saya akan memaparkan secara detail perihal panduan lengkap wisata Pulau Tidung di Kepulauan Seribu Jakarta. Semoga dari segala informasi yang akan disampaikan nanti, dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu ataupun para pembaca budiman dimanapun berada.

pulau tidung
jembatan cinta di Pulau Tidung
Pulau Tidung merupakan sebuah pulau berpenghuni, sehingga suasananya tak begitu jauh dengan perkampungan pada umumnya. Hanya saja yang membedakannya ialah letaknya yang berada di tengah lautan. Para warga masyarakat Pulau Tidung secara umum berprofesi sebagai nelayan, namun tak sedikit pula yang beralih profesi sebagai juru guide wisata ataupun travel wisata. Berbagai tawaran paket wisata liburan Pulau Tidung dapat kamu dapatkan secara mudah saat ini, dimana perihal biaya/buged dapat disesuaikan dengan keinginan kamu. Cukup mudah bukan? Mungkin hal ini pula lah yang mempengaruhi besarnya minat para wisatawan untuk dapat berwisata di Pulau Tidung.

Akses untuk menuju Pulau Tidung, dapat ditempuh melalui dua opsi yakni menggunakan kapal fery tradisional dari Pelabuhan Muara Angke ataupun menggunakan perahu speedboat dari Dermaga Marina Bay Ancol. Tentu saja hal tersebut memiliki perbedaan, misalnya perihal biaya/budeg, bila kamu menggunakan jasa travel maka secara otomatis akan mempengaruhi akumulasi biaya yang dikenakan oleh pihak travel tersebut. Selain hal tersebut, bilamana kamu menggunakan kapal fery tradisional, maka waktu tempuh yang diperlukan untuk menuju Pulau Tidung sekitar 3 jam perjalanan. Sedangkan bila menggunakan speedboat, maka diperlukan waktu sekitar 2.5 jam saja. Namun itu hanyalah sebuah estimasi saja, tetap kondisi laut lah yang memegang peranan penting dalam perjalanan laut.

pulau tidung
suasana di dermaga Pulau Tidung
Lokasi Pulau Tidung terletak di selatan kawasan Kepulauan Seribu atau tepatnya dekat dekat Pulau Pari. Pulau Tidung terbagi menjadi dua bagian yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, yang dihubungkan dengan sebuah jembatan kayu yang membentang membelah lautan. Dimana terdapat sebuah spot lokasi bernama "Jembatan Cinta" yang dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul bagi banyak para wisatawan untuk menghabiskan waktu di pulau cantik ini. Selain menjadi tempat untuk berkumpul, jembatan ini sering dijadikan pula spot untuk berfoto, dengan background Pulau Tidung Kecil dan warna perairan biru yang cukup jernih akan tertangkap oleh kamera sehingga akan menghasilkan foto yang cukup indah. Kemudian terdapat keseruan lainnya kala berada di jembatan ini, dimana kamu dapat mencoba sedikit memacu adrenalin dengan melompat dari atas lengkungan jembatan setinggi 10 meter.

Perihal untuk bermalam tak perlu khawatir, sudah banyak tersedia penginapan dengan berbagai fasilitas yang dapat kamu pilih, mulai dari penginapan standart hingga yang menyerupai sebuah cottage. Namun tentu saja memiliki harga yang berbeda, sesuai dengan fasilitas dan bentuk fisik ari bangunan penginapan tersebut. Bagi yang ingin menekan budeg, kamu dapat menyewa rumah warga, kamu dapat langsung bernegosiasi dengan pemilik rumah dan biasanya mereka akan membuka penawaran pertama berkisar antara Rp. 300.000-Rp. 500.000/malam untuk ukuran satu rumah. Ingin sedikit memiliki sensasi yang berbeda, kamu dapat pula mencoba berkemah di sekitar Pulau Tidung Kecil. Keseruan lainnya yang dapat dilakukan kala berlibur di Pulau Tidung ialah bermain beberapa jenis wahana air seperti banana boat, flying fish, donat boat, perahu kano hingga jetski. Selain itu masih terdapat pula outbound dan paintball, bersepeda santai, snorkeling dan memancing.

Berbagai keseruan dapat kamu lakukan di pulau cantik ini, terlebih bila kamu datang dalam jumlah rombongan. Tentu suasana yang akan didapat akan lebih terasa meriah, aneka kegiatan seru hingga acara BBQ dapat kamu lakukan di pulau ini. Sungguh pengalaman liburan yang selalu dirindukan di tengah padatnya rutinitas kehidupan metropolitan.

*Tips
  • Agar biaya lebih minimalis, sebaiknya kamu datang dengan jumlah rombongan.
  • Jangan terlambat datang di Pelabuhan Muara Angke, pasalnya kapal fery tradisional akan berangkat pada pukul 08.00 pagi.
  • Bila ingin backpaker, jangan ragu untuk bertanya perihal penginapan pada warga sekitar.
  • Bagi kamu yang ingin berkemah/camping di Pulau Tidung Kecil bawalah lotion anti nyamuk.
  • Berkemahlah dengan jumlah orang yang banyak agar tak terasa seram, pasalnya mengingat keadaan di Pulau Tidung Kecil yang tak berpenghuni dan keadaan hutannya yang agak lebat. Selain itu terdapat makam bagi para warga Pulau Tidung yang wafat, sehingga kesan seram menyelimuti kawasan ini. 
Kamu dapat juga membaca tentang Pulau Melinjo

Berlibur di Pulau Tidung dan melewatkan waktu bersama para orang terkasih membuat suasana lebih terasa menyenangkan. Dengan canda dan tawa menghiasi sepanjang hari, membuat diri ini terbebas akan beban kehidupan sehari-hari. Berlibur seyogyanya tak perlu membutuhkan biaya yang besar, dengan biaya yang minim pun akan terasa menyenangkan. Terlebih kebahagiaan itu bersifat abstrak dan hanya dapat dirasakan dalam hati. Banyak orang BODOH yang mencari dengan susah payah untuk hanya sekedar mendapatkan kebahagiaan. Kebahagiaan bukan berarti tercermin dalam segi finansial saja, melainkan kebahagiaan berasal dari hati yang tulus, tanpa dibuat-buat dan mengalir apa adanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel