Tempat Wisata Di Lampung atau Liburan Terbaik Di Lampung

Tempat Wisata Di Lampung atau Liburan Terbaik Di Lampung terletak di selatan Pulau Sumatera, tidak begitu jauh perjalanan untuk mencapai kota ini hanya membutuhkan perjalanan laut kurang lebih sekitar 3-4 jam dari Pelabuhan Merak, Banten dengan menggunakan kapal fery. Wisata Lampung memang mempunyai banyak potensi menarik baik dari bentang alamnya, kulinernya serta objek-objek wisatanya. 

Beberapa waktu lalu memang pamor kota ini sempat redup, karena banyaknya isu yang beredar bahwa kota ini banyak terjadi tindak kriminal seperti begal. Namun saat ini kepolisian kota Lampung sudah menjamin susana yang kondusif bagi para wisatawan yang ingin melancong ke kota ini. Terkenal dengan wisata Taman Nasional Waykambas ternyata Lampung juga mempunyai wisata alam dengan panorama yang memukau, sehingga banyak menarik wisatawan dari berbagai daerah. Dengan bentang alam yang dominan berupa bukit-bukit serta pantai dengan air yang jernih merupakan modal andalan untuk menarik para wisatawan.

Dalam kesempatan kali ini saya mencoba mengulas tentang potensi tempat wisata di Lampung atau liburan terbaik di Lampung mudah-mudahan dapat menambah wawasan anda, berikut ulasannya

Tempat Wisata Di Lampung atau Liburan Terbaik Di Lampung


Tempat Wisata Lampung
logo kota Lampung

1. Pantai Pasir Putih
terletak di Jalan Trans Sumatera, Lampung Selatan atau berjarak sekitar 30-40 menit dari kota Bandar Lampung. Setibanya anda di pantai ini, langsung disambut dengan hamparan pasir putih yang bersih dan pepohonan rindang serta air laut biru yang jernih. Membuat seolah-olah meminta anda untuk segera berenang menikmati kesegaran pantai ini. Dengan harga tiket masuk hanya sebesar Rp. 20.000/orang anda sudah dapat menikmati keelokan pantai ini, dengan warna air laut berwarna kehijauan kebiruan makin menambah eksotis pantai ini.

Selain anda dapat bermain di pantai cantik ini anda juga dapat mengunjungi pulau-pulau kecil disekitar pantai ini seperti Pulau Codong dengan menyewa perahu dengan harga sekitar Rp. 150.000-Rp. 250.000. Saat anda mengunjungi Pulau Condong, anda akan dapat menemukan pasir putih yang sangat bersih kemudian anda dapat berenang dan snorkeling karena di pulau ini memiliki dunia bawah air yang sangat menawan. Dengan rangaian terumbu karang cantik dan juga ikan-ikan kecil berwarna-warni makin menambah keseruan anda. Saat anda kembali ke Pantai Pasir Putih, panorama matahari terbenam atau sunset menjadi penutup manis pengalaman anda di pantai ini.

Tempat Wisata Lampung
suasana pantai pasir putih

2. Pantai Mutun
merupakan salah satu pantai di propinsi Lampung yang mudah dikunjungi, letaknya tidak jauh dari kota Bandar Lampung atau tepatnya sekitar 25 Km. Dari jalan raya, anda harus melewati jalan berbatu untuk menuju pantai ini sekitar 1 Km. Pantai Mutun memiliki pasir pantai yang putih, berbeda dengan pantai-pantai yang ada di pulau Jawa. Air laut tergolong bersih dan jernih menarik para wisatawan untuk segera berenang dan bermain di pantai ini.

Ombaknya yang tidak terlalu besar sehingga aman untuk anda dan keluarga berenang disini. Jika anda hanya ingin duduk-duduk bersantai atau tidur-tiduran menikmati angin yang bertiup sepoy-sepoy, anda dapat menyewa gubuk disekitar pantai. Pantai Mutun memang memberikan ketenangan karena air lautnya yang biru dan jernih serta pemandangan hijau pulau disekitarnya yaitu Pulau Tangkil makin membuat panorama alam yang indah dan layak untuk dapat anda kunjungi.

Tempat Wisata Lampung
aneka wahana air di pantai mutun

3. Pulau Tangkil
terletak tidak jauh dari Pantai Mutun, anda dapat mengunjungi pulau ini dengan jarak tempuh sekitar 10-15 menit menggunakan perahyu dengan biaya yang dihitung per-orang. Pulau Tangkil memiliki luas 12 hektar, pemandangan yang indah dengan bagian belakan pulau sangat rimbun pepohonan makin membuat suasana nyaman dan asri saat anda mengunjungi pulau ini. Pulau Tangkil bisa menjadi pilihan untuk berwisata pantai dengan beragam pilihan olah raga pantai yang menantang. Terdapat juga fasilitas resort dengan harga yang terjangkau menjadi alternatif anda jika ingin merasakan bermalam di pulau ini.

Tempat Wisata Lampung
ikon pantai tangkil

4. Pantai Tanjung Setia
terletak di Desa Tanjung Setia, Lampung Barat atau dengan jarak 273 Km dari Bandar Lampung dengan waktu tempuh sekitar 6-7 jam perjalanan. Bagi peselancar dunia pantai ini termasuk surga selancar yang tersembunyi. Pantai ini tepat berada dijalur arus besar Samudera Hindia sehingga pantai ini memiliki ombak yang sempurna untuk berselancar. Selain ombak yang menantang, pantai ini juga memiliki alam yang masih sangat asri dengan hamparan pasir putih sepanjang pantai. Selain itu barisan pohon palem juga menghiasi pantai menambah kesan nnyaman dan sejuk. Pantai Tanjung Setia ini juga sering dijadikan spot untuk memancing, dengan target utama yaitu Ikan blue marline dengan tenaga yang kuat cukup menantang para pemancing untuk dapat menaklukkan ikan yang bisa tumbuh hingga berat 70 kg.

Tempat Wisata Lampung
berselancar di pantai tanjung setia

5. Pantai Sari Ringgung
terletak di Desa Sidodadi, Padang Cermin pantai ini memiliki pasir putih dan juga ombak yang tenang sehingga sangat aman bagi anda dan keluarga untuk bermain serta berenang di pantai ini. Selain itu di pantai ini terdapat sebuah fenomena alam dimana kita dapat mengunjungi sebuah daratan berpasir yang hanya muncul jika air laut sedang surut disebut oleh masyarakat sekitar dengan "Pasir Timbul", biasanya jam yang tepat untuk melihat fenomena ini diwaktu siang hari. Untuk menuju Pasir Timbul anda harus menyebrang dengan menggunakan kapal laut dari dermaga Pantai Sari  Ringgung, dimana disana anda dapat berfoto ataupun melihat aneka ikan yang terjebak bahkan ikan hiu kecil. Kemudian Pantai Sari Ringgung juga memberikan fasilitas lengkap seperti villa, cafe, lapangan futsal, arena bermain anak hingga mussolah apung.

Tempat Wisata Lampung
pasir timbul

6. Pulau Pahawang
merupakan sebuah pulau yang terletak di kecamatan Pundu Pindada, pulau ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Pulau ini menyimpan banyak keindahan, pemandangannya yang indah. Dengan memiliki potensi wisata yaitu bukit pepohonan yang hijau, pasir pantai yang putih serta dunia bawah lautnya yang kaya dengan terumbu karang serta ikan-ikan kecil yang berwarna-warni dapat anda nikmati di pulau ini. Sangat cocok bagi anda yang suka dengan kegiatan snorkeling.

Selain itu di Pulau Pahawang terdapat jembatan alami yang disebut "Tanjung Putus", jembatan alami ini menghubungkan Pulau Pahawang dengan Pulau Tanjung Putus. Dimana jembatan ini hanya dapat dilihat saat air laut surut saja. Kawasan Tanjung Putus adalah merupakan salah satu spot penyelaman atau diving yang sering dikunjungi para wisatawan. Pulau Pahawang Besar banyak terdapat rumah penduduk yang bisa anda sewa untuk bermalam dan untuk di Pulau Pahawang Kecil hanya ada satu bangunan milik warga asing yang sudah jarang ditempati. Sebelum lanjut anda dapat membaca juga wisata pulau dan pantai ora atau ora beach

Tempat Wisata Lampung
snorkeling di pahawang

Untuk menuju Pulau Pahawang anda dapat mengambil beberapa rute sebagai berikut

Via Dermaga Ketapang
anda dapat mengambil rute ini yaitu dari start awal dari Bandar Lampung langsung menuju Dermaga Ketapang kemudian menyebrang dengan menggunakan perahu kecil/besar dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam perjalanan. Dengan biaya untuk menyewa perahu sekitar Rp. 500.000 dengan kapasitas sekitar 15 orang.

Via Pantai Klara
dengan waktu tempuh dari Bandar Lampung menuju Pantai Klara sekitar 70-90 menit dan kemudian disambung dengan menyebrang dengan perahu yang disewa dari pantai ini. Untuk tarif sewa perahu bisanya bervariatif antara Rp. 350.000 - Rp. 500.000 selama satu hari.

Via Teluk Ratai, Punduh Pindada
dari Bandar lampung anda terus mengikuti petunjuk jalan menuju Teluk Betung atau Padang Cermin. Anda akan melewati Pelabuhan Perikanan Lempasing, kemudian lanjut hingga anda melewati beberapa tempat pariwisata seperti Pantai Puri Gading, Pantai Duta Wisata dan Pantai Mutun hingga sampai di Pasar Padang Cermin. Anbil jalan kekiri hingga anda menemukan petunjuk jalan menuju Pindu Pindada/Teluk Ratai. Setelah samapi di Teluk Ratai anda dapat melanjutkan perjalan menyebrang menuju Pulau Pahawang dengan menyewa perahu dengan tarif Rp. 300.000 - Rp. 500.000 dengan waktu tempuh kurang dari 30 menit.

7. Teluk Kiluan
memang untuk fasilitas yang terdapat di Teluk Kiluan masih sangat minim, mulai hanya terdiri dari home stay terapung serta listrik yang minim. Bahkan untuk listrik pun setiap harinya pasti mengalami pemadaman, bagi pengusaha home stay besar saja yang menyediakan generator untuk menyuplai listrik home stay milik mereka saja. Kemudian untuk akses jalannya pun masih sangat rusak, dimana tanjakan belokan menuruni bukit-bukit hutan akan menemani anda sepanjang jalur menuju Kiluan.

Di tambah lagi kondisi jalan yang belum beraspal dan berbatu hingga dibeberapa titik terdapat lubang-lubang besar. Ada sebuah titik tanjakan yang disebut warga sebagai "Tanjakan Setan" dimana untuk tanjakan ini sangat licin karena hanya ditutupi dengan gabah-gabah padi saja sehingga cukup menyulitkan kendaraan yang akan lewat ditambah lagi jika hujan turun maka perjalanan anda menuju Teluk Kiluan makin butuh perjuangan. Sebagai saran saya, lebih baik anda tidak menggunakan jenis mobil sedan karena dengan medan yang dilalui seperti itu sudah pasti anda akan sangat kesulitan untuk melewatinya dan sudah pasti mobil anda akan rusak. 

Tempat Wisata Lampung
menuju laguna kiluan

Namun sesampainya di Teluk Kiluan segala perjuangan anda akan dibayarkan oleh suasana yang tenang jauh dari hiruk pikuk. Anda akan disuguhkan panorama alam yang sangat indah Teluk Kiluan berbentuk seperti tapal kuda yang memiliki air laut biru yang sangat jernih. Sebelum anda menuju "Laguna Kiluan" yang terkenal anda harus tracking terlebih dahulu sekitar kurang lebih 500 meter menaiki dan menuruni bukit dan hutan hingga menemukan pantai berpasir putih yang sangat bersih. Anda dapat berenang sebentar sambil menyegarkan badan atau berfoto ria di pantai ini.

Setelah dari pantai anda berjalan ke sisi kanan dengan mengikuti garis pantai dan melewati tebing-tebing karang keras. Disini anda dituntut untuk jeli memilih jalur dan harus waspada karena ada beberapa bagian karang yang terjal dan juga licin. Hingga sampai anda menemukan sebuah "Laguna Kiluan" menyerupai kolam pemandian alami yang terbuat dari batu-batu karang sehingga air laut yang masuk akan terjebak hingga membuat seperti kolam. Anda dapat berenang hingga sedikit memantang andrenalin dengan melompat dari ketinggian batu karang. 

Tempat Wisata Lampung
berfoto ria di laguna

Setelah puas bermain di Laguna anda dapat menyewa perahu atau jukung keesokan harinya untuk menuju laut lepas melihat kawanan ikan lumba-lumba yang berenang bebas mendekati jukung anda, membuat suasana makin eksotis. Untuk dapat melihat kawanan ikan lumba-lumba ini waktu yang tepat adalah di pagi hari. Kemudian anda dapat juga mengunjungi Pulau Kelapa yang terletak dekat Teluk Kiluan. Di Pulau ini anda dapat snrokeling ataupun bermain dan bersantai hingga berfoto ria dengan latar belakang bukit-bukit hutan yang mengelilingi hingga tebing batu karang dan juga laut lepas membuat anda tidak ingin meninggalkan tempat ini.

Tempat Wisata Lampung
berenang di laguna

Untuk menuju Teluk Kiluan anda dapat mengambil rute jalan sebagai berikut

Perjalan dari Bandar Lampung menuju Teluk Kiluan memakan waktu tempuh sekitar 4 jam, dengan rute perjalanan dari Bandar Lampung kearah Padang Cermin melewati kearah Pulau Pahawang sampai menemukan persimpangan lalu masuk ke Pangkalan TNI AL. Kemudian anda terus melakukan perjalan melewati hutan dan bukit-bukit hingga sampai ke Pundu Pindada, setelah itu berjalan terus hingga menemukan Pasar Bawang, sampai dipersimpangan pasar ini anda belok kekanan dan berjalan terus melewati perkampungan warga lokal dan juga perkampungan Bali hingga anda menemukan persimpangan terakhir maka anda belok kiri dan akan menemukan gapura pintu masuk Teluk Kiluan.

Tempat Wisata Lampung
gapura pintu masuk menuju teluk kiluan

8. Pantai Gigi Hiu
merupakan sebuah pantai yang terletak Tanggamus tepatnya sekitar membutuhkan waktu 4 jam dari Bandar Lampung kearah Teluk Kiluan, dari Teluk Kiluan berjarak hanya 5 Km. Namun jalannya yang kecil dan hanya bisa dilalui dengan sepeda motor, maka anda harus melanjutkan perjalanan menggunakan ojek. Kondisi jalan yang tidak mulus penuh dengan bebatuan, lubang-lubang, aspal yang mengelupas, tanah hingga lumpur serta rute yang naik dan turun bukit hutan.

Namun jika anda telah sampaik di Pantai Gigi Hiu, maka anda akan dipuaskan dengan nuansa unik dan pemandangan pantai yang sangat eksotis dan indah. Gugusan batu karang berbentuk lancip bertebaran diantara deburan ombak, bentuk batu-batuk karang ini menyerupai gigi ikan hiu yang runcing oleh karena itu pantai ini diberi nama "Pantai Gigi Hiu". Pantai ini disebut-sebut juga dengan Hidden Paradise karena keindahan yang terkucil dalam sebuah pedalaman dan belum banyak orang yang tahu. Di pantai ini memang belum banyak wisatawan yang datang, namun bagi seorang fotografer pantai ini merupakan salah satu objek yang menarik. Oleh karena itu banyak komunitas-komunitas fotografer yang memburu pantai ini.

Tempat Wisata Lampung
berbagai ukuran batu karang menyerupai gigi hiu

9. Pulau Tanjung Putus
merupakan sebuah pulau yang masih dalam satu garis dengan Pulau Kelagian dan Pulau Pahawang. Untuk menuju pulau ini anda harus menuju Kampung Ketapang dengan waktu tempuh dari Bandar Lampung sekitar 45 menit, kemudian menyewa perahu di dermaga dengan biaya sekitar Rp. 400.000 selama satu hari. Di berikan nama "Tanjung Putus" karena dulunya pulau ini menyatu dengan Pulau Sumatera, namun karena erosi maka daratan pun terputus menjadi selat kecil. Pulau Tanjung Putus memiliki pasir berwarna kecoklatan bersih dan juga perairan yang sangat jernih serta pantai yang landai. Kekayaan dunia bawah lautnya membuat pulau ini sering dijadikan spot untuk snorkeling dan juga menyelam atau Diving. Setelah lelah snorkeling dan diving anda dapat menyewa sebuah cotage untuk merasakan bermalam di pulau yang tenang ini.

Tempat Wisata Lampung
pulau tanjung putus

10. Pulau Tegal
sebuah pulau yang terletak di Desa Gebang, Pesawaran. Pulau ini memiliki luas sekitar 95 hektar dengan dihuni sekitar 15 kepala keluarga, memiliki topografi berupa pasir pantai yang landai dibagian barat, selatan, timur dan utara serta pantai berbatu di bagian timur laut, tenggara, barat daya dan barat laut. Kemudian untuk bagian daratkan berupa daratan rata hingga lereng bukit. Dengan memiliki kekayaan bawah lautnya, pulau ini sering dijadikan spot untuk snorkeling dan diving. Ada pula banyak mahasiswa serta pelajar yang melakukan kegiatan ilmia untuk meneliti ekosistem terumbu karang. Pulau Tegal yang kaya dengan biota lautnya serta memiliki dasar laut yang landai, selain itu anda juga akan dimanjakan dengan panorama pantai yang indah hingga latar belakang perbukitan hingga huta-hutan yang masih alami.

Tempat Wisata Lampung
jernihnya pulau tegal

Rute untuk menuju Pulau Tegal anda dapat memilih beberapa rute seperti berikut

Via Pantai Mutun
membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2-3 jam 

Via BBL Hanura
membutuhkan wakyu perjalanan sekitar 1.5 jam

Via Pantai Sari Ringgung
membutuhkan waktu sekitar 20-40 menit
jalur ini sering dipilih karena yang paling dekat dengan Pulau Tegal, dengan biaya penyebrangan sekitar Rp. 100.000-Rp. 150.000 harga tersebut sudah termasuk penjalanan pulang dan pergi. 

11. Pulau Mahitam
ada dua cara untuk menuju pulu ini, yaitu dengan menggunkan perahu atau dengan berjalan kaki. Pulau ini terletak dekat dengan Desa Ketapang, saat air laut suruh maka tidak ada satu kapal pun yang berangkat ke pulau tersebut maka anda dapat berjalan kaki menyusuri perkampungan hingga benar-benar berjalan menyebrang lautan yang sudah surut hingga hanya memiliki kedalaman kesitar dada orang dewasa ataupun benar-benar kering.

Ketika anda samapi di Pulau Mahitam ini anda akan disambut dengan pasir putih yang landai dan juga perairan jernih yang dangkal. Pulau ini juga menjadi salah satu spot favorite untuk snorkeling karena selain airnya yang dangkal dan juga memiliki ombak yang tenang. Dengan kekayaan baharinya pulau ini menawarkan pengalaman unik dibawah lautnya. Selain itu terdapat pula sebuah menara suar dibalik bukit pulau ini. Dengan memiliki ketinggian sekitar 30 meter, anda dapat melihat panorama alam Pulau Mahitam dari atas yang begitu cantik dan indah.

Tempat Wisata Lampung
pulau mahitam

12. Pulau Kubur
sebenarnya merupakan gugusan karang besar dengan luas 5 hektar. Awalnya pulau ini dijadikan tempat penabur abu jenazah, oleh karena itu dinamakan "Pulau Kubur" seperti biasanya dipulau ini selalu sepi dan tenang namun saat hari libur banyak wisatawan yang pergi ke pulau ini untuk memancing. Anda dapat menyewaperahu untuk pergi ke spot-spot mancing disekitar pulau ini. Dimana sebagian besar pemancing mempunyai target buruan seperti ikan blue marline besar. Biota bawah laut di Pulau Kubur memang sangat kaya dimana banyak terdapat ikan-ikan besar didalam perairannya.

Tempat Wisata Lampung
pulau kubur

13. Pulau Condong
merupakan tempat wisata yang terletak 1 Km dar jalur bypass Bandar Lampung-Bakauheni. Pulau ini memiliki banyak potensi alam yang masih sangat alami dan sangat asri. Dimana di pulau ini terdapat lereng bukit-bukit yang ditumbuhi vegetasi hutan pantai seperti pohon merbau, waru, ketapang dan sebagainya. Bagian selatan pulau berbentuk seperti terbelahbiasa digunakan ntuk aktifitas olah raga yang menantang seperti rock climbing, pendakian, outbond serta kegiatan outdoor lainnya. Selain itu Pulau Condong memiliki perairan yang sangat jernih, dimana anda dapat melihat dari atas permukaan ikan-ikan yang berenang sangat menggemaskan.

Tempat Wisata Lampung
pulau condong

14. Danau Ranau
merupakan danau terbesar di Pulau Sumatera, terletak di Lampung Barat. Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membentuk cekungan besar. Secara geografis topografi Danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah hal tersebut membuat cuaca disekitar danau menjadi sejuk. Tepat di tengah danau terdapat Pulau Marisa, terdapat disana sumber mata air panas yang sering menjadi destinasi para wisatawan. Kemudian tersedia juga air terjun dan juga penginapan. 

Tempat Wisata Lampung
suasana danau ranau

15. Air Terjun Putri Malu
terletak di Kampung Juku Batu, Banjit Way Kanan. Lokasi Air Terjun Putri Malu ini sangat mudah sekali diakses dari Jalan lintas Sumatera, sehingga anda tidak perlu khawatir. Anda cukup menuju SMU N 1 Baratadu, karena pintu masuk air terjun ini melewati sekolahan ini. Dengan memiliki ketinggian 80 meter dan juga diujunnya aliran air seperti belok yang jika diperatikan seperti punggung manusia yang sedang mandi sehingga terkesan seperti malu-malu, oleh karena itu lah nama air terjun ini "Putri Malu". Memiliki alam yang masih sangat asri dan juga rimbun pepohonan membuat banyak pecinta alam yang berkunjung ke air terjun ini, sekedar hanya untuk bersantai dan berfoto ria dengan latar belakang air terjun ataupun berenang disegarnya air terjun ini.

Tempat Wisata Lampung
air terjun putri malu

16. Air Terjun Curup Tujuh
air terjun ini memiliki tujuh tingkat dengan total ketinggian hingga 75 meter dan dialiri sungai wan putih. Terletak di kawasan hutan lindung di Kampung Marga Jaya yang berjarak 32 Km atau sekitar 2 jam perjalan dari Lampung Tengah. Untuk menuju air terjun ini anda memang diharuskan masuk kedalam hutan namun jaraknya tidak begitu jauh, setibanya di lokasi anda akan segera disambut oleh gemuruh suara air terjun dan juga kesegaran dari embun-embun air yang mengenai tubuuh anda. Di kelilingi dengan pohon-pohon tinggi yang masih sangat asri makin membuat suasana syahdu dalam hati anda. Segala ketenangan dan juga santai akan membuat pikiran anda terhanyut dalam susana yang damai. Selain itu anda bisa merasakan bermalam dan berkemah di sekitar air terjun yang makin membuat anda bersahabat dengan alam.

Tempat Wisata Lampung
air terjun curup tujuh

17. Gunung Krakatau
merupakan kepulauan vulkanik yang masih aktif yang berada di Selat Sunda, diantara Pulau Jawa dan juga Pulau Sumatera. Selain letusan yang maha dasyat, Krakatau terkenal juga dengan medannya yang cukup menantang bagi para pecinta alam. Pada Tahun 1883, gunung ini meletus yang membuat sepertiga gunung ini hancur. Letusan yang besar, awas panas serta tsunami yang menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Bahkan dikarenakan letusannya ini mempengaruhi perubahan iklim global di masa itu, dunia sempat gelap selama dua setengah hari karena abu vulkanik menutupi atmosfer.

Kemudian matahari menjadi redup sampai setahun berikutnya, hamburan debu dapat terlihat dilangit Norwegia hingga NewYork. Akibat letusan Gunung Krakatau membuat gunung baru yang disebut dengan "Anak Gunung Krakatau" gunung baru ini muncul kepermukaan laut pada Tahun 1928 dan masih aktif sampai sekarang. Berada di kawasan Gunung Krakatau, anda dapat melakukan banyak kegiatan dari mulai mendaki, memancing, berkemah hingga menyelam. Memang disekitar gunung ini terdapat kehidupan bawah laut yang sangat indah maka tidak jarang banyak para diving profesional memburu spot-spot yang terdapat disini.

Tempat Wisata Lampung
gunung krakatau

18. Anak Gunung Krakatau
dipercaya oleh banyak para ahli bahwa tinggi dan luasnya selalu bertambah setiap waktunya. Dengan memiliki kaldera yang masih aktif sampai sekarang, hal ini dibuktikan dengan gunung ini tetap mengeluarkan asap sepanjang waktu. Untuk mencapai Anak Gunung Krakatau anda dapat melalui Pantai Anyer-Carita, namun sebelum anda mengunjungi gunung ini dibutuhkan ijin khusus yang bisa anda lakukan terlebih dahulu.

Tempat Wisata Lampung
anak gunung krakatau

Kota Lampung memang menawarkan banyak potensi, karena memiliki geografis yang terdiri dari gunung, bukit serta pantai dan juga pulau-pulau kecil disekitarnya membuat Lampung selalu ramai dikunjungi para wisatawan. 

Demikianlah ulasan saya mengenai tempat wisata di Lampung atau liburan terbaik di Lampung mudah-mudahan dapat menambah wawasan anda serta dapat dijadikan referensi sebelum mengunjungi kota ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel