Rekomendasi 4 Tempat Wisata Di Lumajang Terfavorit Yang Perlu Di Ketahui

Tempat Wisata di Lumajang memang terbilang belumlah begitu populer di telinga para traveler nusantara. Namun kehadirannya justru menambah deretan nama-nama tempat wisata Jawa Timur kian lengkap dan beragam. Memiliki beberapa destinasi tujuan wisata unggulan Lumajang, dewasa ini pun mulai menapaki keeksistensiannya di dunia pariwisata Indonesia. Melalui video viral/postingan foto di berbagai media sosial, seakan menjadi ajang promosi bagi kota ini. 

Ya, seiring perkembangan jaman dan dunia teknologi tak bisa dipandang sebelah mata, melalui informasi-informasi yang terdapat dunia maya inilah, yang pelan tetapi pasti mulai menampaki jalan menuju kepopuleran. Tak terkecuali, oleh objek wisata di Lumajang yang dilirik oleh khalayak umum, dikarenakan banyak beredarnya foto-foto tempat indah di dunia maya. Kendati demikian beberapa tempat wisata ini masih membutuhkan perhatian khusus dari pihak Pemprov ataupun Dinas Pariwisata Daerah untuk mulai menata dan mengelola dengan baik, agar kelak dapat bersaing dengan kota-kota besar lainnya. 

Apakah kalian tau dimanakah letak Lumajang? baiklah, bagi kamu yang masih cukup asing saya akan memberikan gambaran singkatnya. Kabtupaten Lumajang, terletak cukup strategis kenapa demikian? Pasalnya dengan lokasinya yang terletak bersebelahan dengan Kota Probolinggo, Malang, Jember dan Banyuwangi, menjadikannya sangat mudah untuk diakses. Mungkin dahulu, kota Lumajang hanya dikenal sebagai kota penghubung saja. Namun seiring waktu berjalan, pembangunan dan pemerataan kesejahteraan mulai dirasakan oleh para warga Lumajang. Perbaikan disegala aspek seakan menjadi angin segar bagi para warganya, termasuk dalam aspek pariwisata daerah. Dengan memiliki potensi yang sangat baik, membuat berbagai panorama alamnya sangat potensial untuk dikembangkan. Beberapa potensi alam yang dimiliki Lumajang antara lain ialah terdapatnya rangkaian wilayah pegunungan Bromo-Tengger-Semeru yang di kenal dengan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dimana untuk Puncak Semeru memiliki ketinggiaan sekitar 3.676 mdpl, bagi para pecinta alam mungkin sudah cukup akrab dengan gunung tertenggi di Pulau Jawa ini. Sedangkan untuk gunung fenomenal yakni Gunung Bromo dengan puncak ketinggian sekitar 2.392 mdpl. Selain itu, untuk bagian timur laut Lumajang terdapat rangkaian Pegunungan Iyang dengan puncak tertingginya yakni Gunung Argopuro yang berada antara Gunung Semeru dan Gunung Raung. Sebelum lanjut, kamu dapat membaca pula tentang KenPark Surabaya dan Wisata Dieng Plateau.

Mengingat semua hal tersebut, membuat wisata alam Lumajang sangat berpotensi untuk dikembangkan. Menjadikannya wisata bertaraf internasional pun bukanlah hanya sekedar mimpi, namun memang dibutuhkan perhatian dan usaha nyata oleh Pemerintah setempat. Berikut adalah rekomendasi 4 tempat wisata di Lumajang Jawa Timur terfavorit. 

lumajang
alun-alun kota Lumajang
Pada sore hari ini saya akan mengulas secara detail tentang rekomendasi 4 tempat wisata di Lumajang yang perlu di ketahui. Semoga dari informasi yang tersaji dapat dijadikan sumber referensi tambahan bagi kamu ataupun para pembaca budiman lainnya.

1. Bukit B29 

Sepintas seperti sebuah brand dari sabun colek, namun tentulah bukan hal itu yang saya maksud. Apakah kamu pernah mendengar tentang Puncak B29? bukit ini dikenal juga dengan Puncak Argosari yang notabene sebagai puncak tertinggi dari kawasan Gunung Bromo. Nama B29 itu sendiri memiliki arti yakni sebuah bukit yang memiliki ketinggian sekitar 2.900 mdpl. Sedangkan untuk puncak Gunung Bromo hanyalah sekitar 2.392 mdpl, sudah jelas membuat tempat wisata B29 ini disebut dengan "Negeri Di Atas Awan".

b29
view dari Puncak Bukit B29
Letaknya yang strategis sehingga bukit ini memiliki panorama alam yang sangat indah antara lain seperti panorama perkebunan di kawasan Gunung Semeru dan melihat kaldera populer yaitu Lautan Pasir Bromo. Ditambah lagi para pengunjung dapat melihat fenomena sunset dan sunrise yang juga tak kalah indah dari Puncak Bromo. Bagi kamu para pecinta kegiatan outdoor, rasanya sangat rekomended untuk mengunjungi B29, pasalnya dari tempat ini kamu pun dapat meneruskan perjalanan untuk menuju Ranupane (sebuah pos pendakian Gunung Semeru), sehingga kamu dapat puas menyusuri segala keindahannya hingga Puncak Mahameru

Tak ingin lelah mendaki Gunung Semeru? kamu dapat juga memilih wisata camping di B29 dengan memiliki cuaca yang sejuk serta pemandangan gugusan gunung sekitar seperti Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Batok. Selain itu masih terdapat pula view padang savana dan cemoro lawang. Sehingga memang pantaslah disebut sebagai Negeri Di Atas Awan, kamu pun dapat membaca secara detail tentang Bukit B29.
 
2. Air Terjun Goa Tetes

Sepintas memang agak bingung bukan sebenarnya sebuah air terjun atau goa?  Taukah kamu kenapa dinamakan Goa Tetes? tempat wisata ini memang terbilang cukup unik dan eksotis. Pasalnya goa ini terletak persis dibawah sebuah air terjun. Sudah terbayang bukan dengan keindahannya? ya, keindahan dari resapan aliran air yang melalui bebatuan stalagmit dan stalagtit dan menetes kedalam goa, sehingga disebutlah dengan Goa Tetes.

goa tetes
stalagmit dan stalagtit di Goa Tetes
Wisata Goa Tetes memang begitu mempesona, sehingga belakangan ini menjadi pilihan opsi destinasi baru bagi para wisatawan. Letak Goa Tetes tepatnya di Desa Sidomulyo, Pronojiwo, Lumajang dengan jarak sekitar 50 Km dan lama perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota Lumajang. Tertarik untuk mengunjungi Goa Tetes, kamu dapat membaca selengkapnya di Air Terjun Goa Tetes.

3. Air Terjun Tumpak Sewu

Lokasi tempat wisata selanjutnya ialah Air Terjun Tumpak Sewu yang memiliki arti dalam bahasa Jawa "Tumpak" berarti Terjun/Jatuh dan "Sewu" berarti Seribu. Sehingga nama tersebut dapat memiliki makna sebuah air terjun yang memiliki sumber air yang banyak dalam satu lokasi. Sungguh keindahan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Untuk membuktikan kecantikannya, kamu haruslah merasakan langsung wisata Air Terjun Tumpak Sewu ini.

tumpak sewu
view dari Air Terjun Tumpak Sewu
Tumpak Sewu miliki pula nama lain yang seperti Coban Sewu atau Grojogan Sewu. Untuk lokasi Tumpak Sewu ini sebetulnya tak terlalu jauh dari Air Terjun Goa Tetes. Sehingga kamu dapat mengunjungi kedua tempat wisata air terjun di Lumajang ini dalam satu hari atau one day trip. Kamu dapat membaca secara detail tentang Air Terjun Tumpak Sewu.

4. Air Terjun Coban Pawon

Tempat wisata berikutnya ialah Coban Pawon yang dikenal pula dengan nama lain Antrukan Pawon. Apakah kamu tau mengapa disebut dengan "Coban Pawon"? Dinamakan demikian dikarenakan bentuk air terjun ini cukup unik, yakni dari atas tebing memiliki kucuran air yang langsung terjun ke dalam sebuah goa berbentuk bulat, sehingga sepintas menyerupai sebuah tungku yang gunakan di dapur untuk memasak air. Oleh alasan tersebutlah para warga menggunakan nama "Pawon" yang berarti dapur untuk menamai air terjun eksotis ini.

coban pawon
view Coban Pawon dari bawah
Untuk menikmati segala keindahan Coban Pawon, para pelancong biasanya memasuki bagian goa untuk dapat mengabadikan kecantikannya melalui foto. Bias cahaya yang menembus kucuran air terlihat begitu sempurna bila tertangkap oleh lensa kamera. Selain itu, kamu pun dapat berfoto dibagian atas goa sehingga dapat jelas melihat bentuk bulat dari goa tersebut. Penasaran dengan tempat wisata yang satu ini? ada baiknya kamu simak terlebih dahulu selengkapnya tentang Air Terjun Coban Pawon.

Itulah ke empat tempat wisata di Lumajang terpopuler yang dapat kamu jadikan rekomendasi kala melancong ke kota ini. Potensi alamnya begitu luar biasa dan terbilang cukup unik, sehingga mungkin tak terdapat dikota-kota lainnya. Mengingat segala keindahannya maka sangat sayang bilamana kamu melewatkan pilihan wisata di Lumajang ini. 

Melihat panorama alam yang begitu indah, dapat dibayangkan kebesaran akan Sang Pencipta. Tuhan adalah sesosok zat yang Maha Kaya, sehingga tak perlulah kita sibuk mencari dimana Tuhan itu sebenarnya berada. Tuhan berada dalam setiap hati manusia, dengarlah suara kecil di hati mu maka kamu akan yakin akan suara baik tersebut adalah suara Tuhan. Melalui alam semesta lah kamu dapat meyakini kebesarannya dan melalui dirimulah kamu cermin akan kebaikan dari semua sifat-sifatNya. Pecayalah itu dan jadilah orang baik.

Kamu dapat membaca juga tentang Wisata BeeJay Restort Bakau Probolinggo dan Pantai Gatra Malang.

Demikian ulasan saya kali ini perihal rekomendasi 4 tempat wisata di Lumajang terfavorit yang perlu di ketahui. Semoga informasinya dapat diterima dan membantu bagi kamu atau para pembaca budiman lainnya tentang beragam info tempat pariwisata di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel