Tempat Wisata Di Malang atau Wisata Kota Batu dan Wisata Gunung Bromo

Tempat wisata di Malang atau wisata kota Batu dan Wisata Gunung Bromo jika berbicara mengenai kota Malang mungkin sebagian dari anda akan menjawab bakso, buah apel atau kota Batu. Ketiga jawaban tersebut memang sudah menjadi ciri khas dari kota yang berada di daratan tinggi serta memiliki udara sejuk ini.

Sebagai kota yang paling populer di daerah Jawa Timur, Malang memiliki banyak tempat wisata menarik yang dapat melepas rasa stress. Tempat-tempat menarik tersebut berupa wisata alam, kuliner ataupun wisata belanja. Tempat pariwisata tersebut dibangun serta dikelola langsung oleh pemerintah daerah setempat ataupun pihak-pihak swasta. 

Dalam kesempatan kali ini, saya akan membuka pesona indah yang tersembunyi dari kota Malang yang tidak banyak diketahui masyarakat. Berikut ulasannya mengenai tempat wisata di Malang atau wisata Kota Batu dan wisata Gunung Bromo

Tempat Wisata Di Malang atau Wisata Kota Batu dan Wisata Kota Batu dan Wisata Gunung Bromo

Tempat Wisata Malang
kota Malang


1. Pantai Goa Chinna
Pantai ini berada di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Sumbermajing Wetan. Pada awalnya pantai ini bernama "Pantai Rowo Indah", namun dikarenakan mitos yang beredar di masarakat pantai ini berubah namanya menjadi "Pantai Goa Chinna". Menurut mitos tersebut, dahulu kala ada seorang keturunan china yang meninggal saat bertapa di goa sekitar pantai ini. Selain mitos tersebut yang menjadi daya tarik tersendiri,  pantai ini memiliki ombak khas pantai selatan yaitu pertemuan 3 arus ombak yaitu arus dari selatan, timur dan barat.

Tempat Wisata Malang
indahnya pantai goa chinna

2. Pantai Bajul Mati
Tidak jauh lokasinya dari pantai goa china kurang lebih hanya sekitar 10 menit saja teatnya di Desa Bajulmati, Gajah Rejo. Pantai ini menawarkan suasana berbeda karena Pantai Bajul Mati memiliki teluk yang memukau. Sehingga anda dapat bermain dan juga berfoto disana. Selain teluk dan juga keindahan alam pantai selatan,pantai ini pun menawarkan pada anda pemandangan bukit-bukit disebrang pantai yang sepintas jika dilihat seperti buaya mati. Oleh karena itu dari sanalah nama bajul mati diambil untuk dijadikan nama pantai ini.

Tempat Wisata Malang
suasana pantai bajul mati

3. Pantai Sendang Biru
pantai populer ini memang menjadi daya tarik tersendiri, selain memiliki ombak biru pantai ini pun menjadi andalan dalam kegiatan nelayan sekitarnya oleh karena itu tak heran banyak perahu yang diparkir di pantai ini. Pantai Sendang Biru ini berlokasi di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan. Pantai ini sering dijadikan tempat penyebrangan untuk menuju Pulau Sempu, yang memang terletak persis didepan Pantai Sendang Biru.

Tempat Wisata Malang
pantai sendang biru

4. Pulau Sempu
destinasi tempat wisata ini memang populer dikalangan backpaker, bagaimana tidak perjuangan yang tidak mudah untuk datang ke tmpat ini. Sehingga anda harus menyebrang dahulu dari melalui Pantai Sendang Biru yang menjadi gerbang untuk menuju ke Pulau Sempu. Perjalanan menyebrang menggunakan perahu nelayan setempat ini tidak memakan waktu yang lama hanya kurang dari 30 menit maka anda akan sampai ke pulau ini.

Namun perjuangan anda belum sampai disitu saja, anda masih harus tracking atau berjalan kaki menembus hutan cagar alam sekitar 1 jam kedalam pulau. Barulah anda akan sampai di segara anakan atau sebuah laguna yang sangat indah. Di laguna tersebut air laut yang masuk dari pantai terjebak ditengah pulau, oleh karena itu air di laguna tersebut sangatlah jernih sehingga anda dapat melihat dasar laguna tampat alat bantu namun perlu jadi catatan anda karena aera Pulau Sempu adalah cagar alam alangkah bijaknya jika anda kesana harap menjaga kebersihan agar tetap bisa melestarikan keindahan pulau tersebut.

Tempat Wisata Malang
cantiknya pulau sempu

5. Pantai Tiga Warna
merupakan pantai tercantik di kota Malang, bagaimana tidak saat anda datang ke pantai ini sangatlah bersih dan sangat dijaga kelestariannya. Karena area ini masuk dalam konservasi hutan mangrove maka setiap harinya pengunjung atau wisatawan hanya dibatasi sekitar 100 orang saja. Hal ini dinilai sangat bijak mengingat jika banyak pengunjuk datang secara otomatis banyak sampah dan kemungkinan tangan-tangan jail akan merusak ekositem di area ini. Pantai ini berlokasi di Sendang biru, Sitiarjo Malang Selatan. Bilamana kamu ingin berkunjung, maka kamu diharuskan dahulu datang ke Pantai Gatra sebagai akses menuju Pantai Tiga Warna. Kamu dapat juga membaca secara detail tentang Jelajah Pantai 3 Warna.

Tempat Wisata Malang
pantai tiga warna

Sebelum lanjut ke pembahasan selanjutnya untuk menambah pengetahuan anda dapat membaca wisata jogja atau tempat terbaik berwisata di kota jogja

6. Pantai Balekambang
panta ini terkenal karena terdapat pura kecil ditengah-tengah pulau, oleh karena itu masyarakat sekitar sering menyebut pantai ini serua seperti Tanah Lot Bali. Moment terbaik jika anda mampir ke pantai ini adalah menjelang sore hari karena sunset di pantai ini sangatlah indah dimana matahari berwarna orange dengan bentuk bulat sempurna akan tenggelam sangatlah indah jika anda abadikan moment ini dengan kamera. Kamu dapat juga membaca secara detail tentang Pesona Pantai Balekambang.

Tempat Wisata Malang
pantai balekambang

7. Pantai Jembatan Panjang
jika anda berkunjung ke Pantai Balekambang sudah pasti anda akan melihat Pantai Jembatan Panjang karena pantai ini letaknya bersebelahan. Tidak kalah cantik dengan pantai lainnya, Pantai Jembatan Panjang memiliki air biu yang jerning dan juga pepohanan hutan yang masih sangat asri. Di pantai ini anda daat berfoto ria di ikon pantai ini yaitu jembatan tua yang terputus.

Tempat Wisata Malang
pantai jembatan panjang

8. Pantai Banyu Anjlok
berlokasi di kecamatan Tirto Yudho, Malang Selatan dan untuk akses rutenya anda bisa melalui Pantai Lenggoksono. Pantai Bayu Anjlok ini mempunyai arti dalam bahasa jawa Banyu (air) dan Anjlok (jatuh) jadi arti dari banyu anjlok adalah air yang jatuh atau terjun. Nama ini berasal dari sebuah air terjun yang tidak terlalu tinggi kurang lebih sekitar 5 meter yaang airnya langsung jatuh ke tepi pantai. Sungguh pantai yang unik dan memiliki panorama alam yang sangat indah.

Tempat Wisata Malang
uniknya pantai banyu anjlok

9. Gunung Banyak
terletak tidak jauh dari kota batu hanya sekitar 30 menit saja, maka anda akan sampai di Gunung Banyak. Di tempat ini anda bisa menikmati indahnya kota Batu dari atas, karena anda dapat mencoba merasakan wahana paralayang disini.

Tempat Wisata Malang
bermain paralayang di gunung banyak

10. Batu Night Spectacular
tempat ini mampu menghadirkan suasana malam kota Batu dengan menjuguhkan berbagai wahana permainan, dengan konsep hiburan bagi keluarga yang terintegrasi dengan mall, market, permainan, sport dan hiburan dalam satu tempat. Batu Night Spectacular berlokasi di Jalan Raya Ora-ora Ombo no. 2000 Kota Wisata Batu.

Tempat Wisata Malang
gemerlap batu night spectacular

11. Jatim Park 1 
jika anda kunjungi Jatim Park 1 ini maka anda akan merasakan kesejukan, kenyamanan dan keindahan nuansa pegunungan yang menjadi background kota Batu. Di tempat ini meruakan objek wisata yang memadukan konsep pendidikan dan juga wisata dalam satu tempat. Sangat cocok jika anda ajak si buah hati bermain disini yang berlokasi di Jalan Kartika no. 2 Kota Batu. Sebelum lanjut kamu juga dapat membaca Wisata Pantai Sendiki Malang.

Tempat Wisata Malang
pintu masuk jatim park 1

12. Jatim Park 2
objek wisata baru yang mempunyai 2 wahana utama yaitu Secret Zoo dan Museum Satwa. Mengusung konsep belajar ilmu alam, biologi dan pembelajaran tentang satwa disajikan dengan latar belakang habitatnya. Sangat cocok untuk menambah pengetahuan utra dan putri anda mengenai dunia satwa, anda bisa langsung datang mengunjuk Jatim Park 2 yang berlokasi di Jalan Ora-ora Ombo no. 9 Kota Wisata Batu.

Tempat Wisata Malang
jatim park 2

13. Eco Green Park
berlokasi tepat disamping Jatim Park 2 memiliki wahana yang berkonsep memadukan wisata alam, kebudayaan, lingkungan dan seni yang inspiratif dan menarik serta mendidik. Sangat cocok untuk datang dan berlibur dengan putra dan putri anda.

Tempat Wisata Malang
pintu masuk eco green park

14. Museum Angkut
terletak di Jalan Terusan Sultan Agung, tempat ini memiliki berbagai jenis alat transportasi dari yang antik hingga dengan yang canggih. Jenis-jenis alat transportasi ang ada dalam museum ini dibuat semirip mungkin dengan aslinya begitu juga dengan tempat asal kendaraan tersebut. Bagi anda yang ingin si buah hati bertambah pintar silakan kunjungi Museum Angkut ini.

Tempat Wisata Malang
museum angkut

15. Kebun Bunga Selecta
Tempat wisata ini adalah tempat wisata tertua di kota Batu, dibuat pada tahun 1930an oleh seorang bangsawan asal negara Belanda bernama Rutyer de Wildt hingga saat ini Kebun Bunga Selecta masih menjadi destinasi favorite untuk para anggota keluarga. Diarea Kebun Bunga ini terdapat fasilitas pendukung seperti restoran dan juga hotel. Berlokasi Kebun Bunga Selecta di Desa Tulungrejo, Bumiaji.

Tempat Wisata Malang
kebun bunga selecta

16. Kusuma Argo Wisata
Diperkebunan ini anda bisa merasakan menjadi petani apel, dimana anda bisa mencoba memetik apel sendiri dan bahkan anda bebas memakannya. Saat memetik apel anda akan didampingi oleh pemandu yang akan mendampingi dan menginfokan bagaimana cara membedakan apel yang telah masak dan belum. Jika anda ingin merasakan engalaman seru ini silakan datang ke Jalan Abdul Ghani Atas.

Tempat Wisata Malang
memetik buah apel di kusuma argo wisata

17. Puncak Gunung Pananjakan
lokasi ini merupakan tempat favorite berkumpul para wisatawan untuk dapat menikmati sunrise Gunung Bromo. Biasanya sudah sejak malam ramai para wisatawan menunggu sang fajar muncul dan akan mengabadikan moment tersebut dengan kamera.

Tempat Wisata Malang
moment sunrise di puncak pananjakan

18. Padang Rumput Savana
padang rumput ini sering juga disebut sebagai bukit teletubbies, dimana terbentang luas sejauh mata memandang hamparan rumput yang subur menghiasi tempat ini. Padang rumput ini terletak disebelah timur Gunung Bromo. Untuk aksesnya anda dapat menaiki mobil jeep yang juga banyak menawarkan paket keliling Gunung Bromo.

Tempat Wisata Malang
savana

19. Lautan Pasir Bromo dan Kawah Bromo
salah satu keindahan Gunung Bromo yang menjadi daya tarik para wisatawan adalah pemandangan lautan pasir yang sangat luas, dengan luas area lautan pasir kurang lebih sekitar 10 hektar maka tak jarang para wisatawan senang berfoto ria di area ini. Jika anda datang dengan menggunaakan mobil jeep yang telah disewa maka untuk menuju aera ini anda harus melanjutkan dengan jalan kaki atupun dengan menaiki kuda. Karena mobil jeep tidak ada berani mengantarkan anda jauh lebih masuk di area ini.

Tempat Wisata Malang
lautan pasir

20. Pura Poten
yaitu pura umat hindu tengger bromo yang terletak dikaki Gunung Bromo, jika anda akan menuju kawah bromo pasti anda akan melewati pura ini. Pura Poten digunakan oleh para umat hindu tengger untuk beribadah dan juga melakukan upacara adat seperti upacara kasada bromo.

Tempat Wisata Malang
suasana pura poten

21. Pasir Berbisik
berawal dengan dippakainya lokasi ini untuk sebuah sinetron pada salah satu stasiun tv lokal yang berjudul pasir berbisik, maka nama lokasi ini diberi nama sesuai dengan nama sinetron tersebut. Dan memang jika diperhatikan dengan seksama memang akan ada suara isik-isik atau desiran pasir yang menghasilkan suara akibat tiupan angin yang lembut, sungguh tempat yang indah.

Tempat Wisata Malang
pasir berbisik

Kota Malang memang banyak memberikan kenyamanan bagi setia orang yang berkung ke kota ini, dan pengalaman akan tempat-tempat wisata di kota ini mampu memperkaya pengetahuan anda terhadap bumi pertiwi dan khususnya wisata malang

Selain nama-nama tempat wisata di atas masih banyak lagi lokasi pantai yang tak kalah indah berada di Malang dan juga di kota Batu pun banyak dikelilingi oleh pengunungan yang membuat sejuk dan meliliki panorama yang indah. Pegunungan-pegunungan yang terdapat pada kota Batu diantaranya Gunung Arjuno, Gunung Anjasmoro, Gunung Banyak, Gunung Kawi, Gunung Welireng dan yang paling terkenal adalah Gunung Panderman.

 Kamu juga dapat membaca Tempat Wisata di Lumajang

Demikian informasi yang dapat saya tuangkan dalam artikel ini dan mudah-mudahan setiap info mengenai tujuan tempat-tempat wisata dapat berguna bagi anda memahami potensi wisata di Malang atau wisata kota Batu dan wisata Gunung Bromo 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel