Liputan Pantai Sundak Tempat Wisata Di Jogja Yang Perlu Kamu ketahui

Pantai Sundak memang menjadi salah satu opsi wisata pantai di Gunung Kidul yang rasanya tak boleh dilewatkan. Memiliki panorama alam pantai yang indah dan perairan jernihnya mampu membuat bibir penuh dosa ini berdecap kagum. Kehadiran Pantai Sundak dewasa ini memang memberikan angin segar bagi pariwisata Jogja yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Mungkin bagi kamu sepintas pernah terlontar, Mengapa Jogja? dan lagi-lagi Jogja? ya, hal tersebut mungkin bisa saja terlontar. Seperti halnya saja yang kadang pun merasa heran, mengapa begitu banyak orang menyukai Daerah Istimewa ini? Walaupun secara geografis daerah setingkat provinsi terkecil setelah DKI Jakarta, Jogja begitu populer di tingkat nasional maupun mancanegara, terutama bagi tujuan wisata andalan setelah Propinsi Bali, maka tak heran memang jikalau Jogja dikenal sebagai surga wisata Indonesia. 

Begitu banyak memang tersebar tempat wisata di Jogja yang patut dijadikan sebagai rekomendasi kamu untuk berlibur. Bagi kamu yang gemar akan suasana pantai, rasanya Gunung Kidul menjadi tujuan wisata yang cocok bagi kamu. Bagaimana tidak, sudah dikenal dengan memiliki banyak pantai-pantai dengan potensi wisata yang luar biasa seperti Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Pantai Drini dan masih banyak lagi. Seperti dalam beberapa kesempatan lalu saya telah mereview segala potensi wisata dipantai-pantai tersebut, maka kali ini pula kembali saya akan mengulas tentang wisata Pantai Sundak. Masih terletak dalam satu garis dengan pantai-pantai tersebut atau lokasi Pantai Sundak tepatnya berada di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul. Memiliki alam pantai yang asri dan nyaman, serta deburan ombak khas pantai selatan, membuat siapapun senang berlama-lama di Pantai Sundak. Penasaran keindahan pantai Jogja yang satu ini? kamu dapat simak liputannya dalam artikel dibawah ini.

Pada siang hari ini saya akan memaparkan secara detail perihal liputan Pantai Sundak tempat wisata di Jogja yang perlu kamu ketahui. Semoga segala informasi yang terkandung dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu atau para pembaca budiman sekalian.

view pantai sundak
view Pantai Sundak dari tebing sisi barat
Sebelum lebih mendalam, apakah kamu tau asal usul sejarah Pantai Sundak? menurut penuturan warga seorang penyewa payung wisata menyebutkan, berawal dari sisi timur pantai ini yang bilamana musim penghujan datang membentuk sebuah aliran sepeti sebuah sungai yang membelah daratan pasir pantai. Namun jika musim kemarau tiba, maka aliran tersebut akan hilang tertutup oleh pasir yang terbawa oleh ombak. Berdasarkan hal tersebut, maka pada tahun 1930-an pantai ini awalnya diberi nama "Wedimbedah" yang berarti pasir yang terbelah. Hingga suatu saat ada sebuah kejadian unik yakni terdapat seekor anjing yang kelaparan masuk kedalam goa karang, taak lama kemudian sang anjing keluar dari goa dengan keadaan basah kuyup dan sambil menggigit setengah tubuh seekor landak. Kaget dan penasaran akan hal tersebut, maka sang pemilik bermana "Arjasangku" masuk kedalam goa tersebut untuk mengecek suasana didalam goa tersebut. Sang pemilik menemukan sisa tubuh dari landak malang tersebut, namun rupanya ia terkejut akan adanya sebuah mata air yang jernih didalam goa. Mengingat daerah Gunung Kidul yang gersang dan sulit akan air, maka mata air tersebut digunakan oleh para warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dari kejadian tersebut, maka para warga berinisiatif untuk mengganti nama Pantai Wedimbedah dengan nama Pantai Sundak, yang memiliki arti "Su" dalam bahasa jawa yakni Anjing dan "Ndak" berarti Landak. Cukup unik bukan penamaan pantai ini?

Pantai Sundak memiliki karakteristik yang tak jauh berbeda dengan pantai di Gunung Kidul umumnya. Dengan memiliki background tebing karang tinggi yang mengapit pantai serta pasir halus nan putih, membuat siapapun senang kala berada di kawasan Pantai Sundak. Hal menariknya ialah terdapat sebuah goa yang terbentuk dari batuan karang disisi timur pantai, kemudian bila kamu memasuki goa tersebut, maka kamu akan mendapati sebuah sumur tua yang digunakan oleh para warga sekitar sebagai sumber air tawar. Nah, konon dilokasi tersebutlah perkelahian antara anjing dan landak dalam kisah diatas. Padahal bila ditelusuri lebih lanjut, lokasi goa tersebut dahulunya terendam oleh air laut dan karena perubahan goegrafis maka air laut turun lebih jauh dari awalnya hingga saat ini. Terlepas dari cerita tersebut, memang cukup aneh rasanya bagaimana mungkin terdapat sebuah sumber air tawar dilokasi pantai? ya, biarlah hal tersebut menjadi rahasia atas kekuasaan Sang Khalik.

welcome to pantai sundak
pintu masuk Pantai Sundak
masjid dan lokasi goa
view tebing sisi timur Pantai Sundak
goa pantai sundak
mulut goa Pantai Sundak
Bagi kamu yang gemar snorkeling ataupun diving, memang pantai ini kurang cocok dengan hobi tersebutu, sama seperti objek wisata pantai di Gunung Kidul lainnya. Pasalnya memang terletak masih dalam satu garis pantai yang memiliki karakteristik perairan dangkal. Sehingga kamu pun dapat tergores karang bila berenang di pantai-pantai ini. Namun tak perlu khawatir, kamu masih bisa sekedar untuk bermain air disekitar bibir pantai saja. Kemudian jika keadaan air laut sedang surut, kamu pun bisa berjalan mengelilingi kawasan pantai untuk melihat secara dekat ekosistem terumbu karang di Pantai Sundak, bila beruntung kamu pun dapat menyumpai berbagai jenis ikan-ikan kecil berwarna-warni yang terjebak. 

Sebagai lokasi wisata di Jogja pada umumnya, Pantai Sundak juga telah dilengkapi oleh sarana dan fasilitas guna menunjang kegiatan pariwisata. Dimana sudah dilengkapi dengan lahan parkir yang cukup luas, masjid yang berada dekat dengan goa karang, toilet, payung wisata, saung/gazebo, warung makan dan area camping ground. Untuk penyewaan saung/gazebo kamu hanya dikenakan biaya sekitar Rp. 20.000/saung dengan kapasitas hingga 10 orang. Bila kamu ingin bermalam, memang belum tersedianya penginapan di Pandai Sundak. Sehingga kamu diharuskan berkemah/camping di Pantai Sundak dan jika mau kamu juga dapat bermalam banyak terdapat penginapan disekitar Pantai Baron dan Pantai Kukup. 

Untuk rute jalan menuju Pantai Sundak, memang memiliki akses yang cukup mudah, dimana kamu cukup mengarahkan kendaraan kamu dari Jogja menuju Wonosari, kemudian menuju Desa Tepus atau tepatnya searah dengan lokasi Pantai Baron atau Pantai Kukup. Melihat segala potensi wisata di Pantai Sundak, memang kian menjadi pelengkap daftar wisata Gunung Kidul yang sangat sayang bila dilewatkan. 

*Tips
  • Hati-hati berenang di kawasan Pantai Sundak.
  • Dikarenakan berada di kawasan wisata, maka lebih baik jika jangan datang pada waktu high season, pasalnya jalan di kawasan wisata ini akan macet.
  • Pastikan BBM kendaraan kamu cukup, dikarenakan SPBU hanya terdapat di pusat kota Wonosari saja.
Dengan hadirnya Pantai Sundak menambah daftar panjang tempat wisata di Indonesia, menjadi pengingat akan kekayaan alam di surga khatulistiwa. Begitu bangganya mereka dengan kebudaan luar negeri sehingga sedikit demi sedikit melupakan jati diri bangsa. Bentang alam Nusatara terpampang jelas sepanjang sabang hingga marauke. Maka keluarlah dan bila alam nusatara ibaratkan seperti sebuah buku, dan mereka yang tidak melakukan perjalanan berarti hanya membaca satu halaman saja.

Kamu dapat pula membaca tentang Pantai Kedung Tumpang  

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal liputan Pantai Sundak tempat wisata di Jogja yang perlu kamu ketahui. Semoga semua informasinya dapat diterima dan dijadikan sumber referensi tambahan, bilamana kamu ingin berkunjung ke pantai cantik ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel