Wisata Umbul Ponggok | Wisata Di Klaten Terpopuler

Wisata Umbul Ponggok, merupakan salah satu tempat wisata di Klaten yang akhir-akhir ini kian populer di mata traveler lokal. Mungkin banyak dari kamu yang sudah tak asing mendengar namanya? ya, tak mengherankan memang. Semenjak beberapa waktu lalu begitu banyak orang yang mengupload foto-foto unik di dalam bawah air pada jejaring sosial seperti instagram. Membuat semakin banyak pengguna akun instagram dibuat kian penasaran. Alhasil umbul ponggok sangat ramai diserbu para wisatawan.

Bagi kamu yang belum mengetahui umbul ponggok, saya akan coba jelaskan sedikit. Umbul ponggok merupakan sebuah kolam mata air alami, terdapat aliran air dalam tanah yang selalu mengalir dari bagian tengah kolam. Mengenal asal usul umbul ponggok, pada dahulu kala berawal dari para sesepuh memperkirakan bahwa umbul ponggok dapat menjadi sebuah telaga yang sangat besar dan bahkan bisa saja menggenangi pemukiman warga sekitar. Demi menjegah peristiwa tersebut digelarlah sebuah pertunjukan ledhek (sebuah pertunjukan tarian yang dilakukan oleh wanita), pertunjukan tersebut di iringi dengan musik gamelan. Namun anehnya sebelum dimulainya pertunjukan tersebut, gamelan yang akan digunakan secara tiba-tiba menghilang.

Kemudian tak lama berselang muncul lah seekor burung pungguk besar yang hinggap pada sebuah pohon. Burung itupun memberi tau dimana keberadaan salah satu gamelan yang berbentuk gong, yang menyumbat mata air. Hingga saat ini batu gong itu masih dapat dilihat secara jelas dan dirawat dengan baik oleh masyarakat sekitar. Untuk mengenang peristiwa tersebut, maka di namakanlah desa ini dengan Desa Ponggok. Mata airnya pun dapat digunakan untuk mandi dan bahkan dipercaya dapat membawa keberkahan. Kemudian pada masa penjajahan Belanda, konon orang-orang Belanda itu lah yang membangun kolam umbul ponggok. Pada saat penjajahannya, mereka juga membangun sebuah pabrik gula tepat disamping umbul. Terdapat juga sebuah Prasasti Bunga Tanjung yang hingga saat ini menjadi hiasan pada sekolah SD Ponggok.

Itulah gambaran singkat tentang asal usul sejarah kolam umbul ponggok, sekiranya dapat sedikit menambah wawasan bagi kamu atau para pembaca lainnya. Melihat kejernihan air di umbul ponggok, sudah tak diragukan lagi. Jika di Kalimantan terdapat Labuan Cermin dan di Ternate terdapat Pantai Sulamadaha, maka masyarakat di pulau Jawa khususnya daerah Klaten bolehlah berbangga hati karena juga mempunyai tempat wisata umbul ponggok yang juga memiliki air yang jernih. Dengan segala potensi yang dimilikinya, mulai dari sisi sejarah hingga jernihnya kolam air tawar mampu menarik besar minat para wisatawan untuk datang ke wisata di Klaten. Tertarik untuk mengunjungi umbul ponggok? silakan kamu simak terlebih dahulu dalam konten artikel saya kali ini.

Pada malam hari ini, saya akan mengulas secara detail perihal wisata umbul ponggok atau wisata di klaten terpopuler. Semoga kiranya dapat berguna dan dijadikan sumber refrensi bagi kamu atau para pembaca budiman lainnya, sebelum mengunjungi kolam istimewa ini.

Umbul Ponggok
pintu utama umbul ponggok

Umbul ponggok memang bukanlah seperti kolam pemandian biasanya, terbilang cukup unik. Sebagai kolam air tawar terbesar di Klaten dengan memiliki luas kolam sekitar 50 m x 25 m dan memiliki kedalaman sekitar 1.5 m- 3 m. Para pengunjung dapat merasakan sensasi berenang bebas di kolam air tawar dan ditemani oleh para ikan dengan berbagai ukuran dan warna. Ya, memang pihak pengelola dengan sengaja memelihara beberapa jenis ikan air tawar untuk memberikan daya tarik tambahan. Tak perlu takut akan bau amis yang berasal dari ikan, karena air kolam secara rutin diganti dengan air berasal dari mata air. Oleh karena itulah mengapa air dikolam ini selalu jernih. Pengurasan kolam menggunakan metode 2 pintu air pada dua sisi kolam, pintu yang pertama digunakan untuk membuang air dan yang ke dua digunakan untuk air masuk. Dengan pergantian air yang rutin, itu sebabnya kolam umbul ponggok tidak membutuhkan perawatan seperti kolam pada umunya. Sehingga tidak perlu ditambahkan klorin yaitu sebuah bahan kimia yang difungsikan untuk membersihkan air kolam dari bakteri, gangga atau lumut. Dikarenakan tidak mengandung bahan kimia, maka kamu bebas berlama-lama menyelam dengan para ikan dan tanpa takut membuat mata menjadi merah.

Umbul Ponggok
suasana kolam umbul ponggok


Selain faktor-faktor itu, masih ada lagi keunikan kolam ini. Dimana pada biasanya kolam pemandian memiliki dasar kolam yang terbuat dari keramik, namun tidak halnya pada umbul ponggok. Dasar kolam di design khusus menggunakan pasir, kerikil dan juga bebatuan. Sehingga terciptalah nuansa yang sangat alami.

Umbul Ponggok
ninja air
Umbul Ponggok
pak guru dalam air

Seperti halnya yang telah diungkapkan pada keterangan di atas, nama umbul ponggok memang kian populer saat ini. Pasalnya memang foto-foto yang dihasilkannya begitu menarik perhatian, sehingga banyak orang mulai membicarakannya. Bahkan lucunya, beberapa orang luar negeri berpendapat bahwa semua itu hanyalah rekayasa foto dari software photoshop ataupun software photo editor lainnya. Tak salah memang, jika mereka berasumsi demikan. Namun lain halnya jika mereka sudah datang sendiri ke umbul ponggok, pasti anggapan tersebut akan dipatahkan sendiri oleh mereka. Umbul ponggok memang mempunyai cara unik untuk dapat menarik para wisatawan. Cukup berbeda dengan pada pemandian umum lainnya. Di tempat ini para wisatawan dapat bebas mengexpresikan diri melalui foto dengan cara yang tak lazim dilakukan dibawah air atau photo underwater. Mulai berfoto dengan tema upacara bendera, berkemah, bersepeda, nonton tv, naik sepeda motor dan masih banyak lagi tema yang dapat dilakukan dibawah air. Itu semua hanya dapat dilakukan di umbul ponggok, Klaten. Tak perlu khawatir untuk penyewaan segala properti yang dapat digunakan cukup terjangkau, pihak pengelola hanya mematok harga kisaran sekitar Rp. 60.000-Rp. 100.000. Disediakan juga kamera underwater dan cassing hp atau pelindung agar dapat tetap digunakan saat dibawah air. Dengan tema wisata bawah air unik ini lah, umbul ponggok diserbu oleh para kaum muda mudi, demi untuk mendapatkan foto dan pengalaman unik yang dapat langsung mereka upload di media sosial. Menurut informasi dari pihak pengelola, dikarenakan begitu ramai dikunjunginya tempat ini rata-rata perhari bisa mencapai sekitar 600 orang, bahkan omset pendapatan yang diperoleh hingga mencapai Rp. 5 Milyar/bulan. Sungguh mencengangkan bukan?

Umbul Ponggok
tiket masuk
Umbul Ponggok
sewa kamera underwater

Sebelum lanjut, kamu juga dapat membaca wisata Pulau Banyak, Aceh.

Guna mendukung segala kebutuhan para wisatawan yang datang, pihak pengelola pun terus memberikan sarana dan fasilitasnya mulai dari kios makanan, kamar bilas dan toilet pun telah disediakan. Sehingga membuat siapapun merasa nyaman kala berkunjung ke umbul ponggok. Selain digunakan untuk sekedar berenang ataupun berfoto ria, kolam ini juga sering digunakan sebagai tempat latihan untuk para penyelam pemula. Dengan alasan keamanan, maka tempat ini sangat cocok untuk sesi latihan. Pasalnya disini tak ada ombak atauppun arus kuat, suasana bawah kolam pun hampir menyerupai lautan. Tak khayal membuat tempat ini kian diminati oleh berbagai kalangan.

Umbul Ponggok
jangan berisik ada yang lagi solat
Umbul Ponggok
berkemah di dalam air
Umbul Ponggok
foto prawedding seru

*Tips bagi kamu yang ingin berkunjung ke wisata umbul ponggok,
  1. Jangan lupa membawa kamera underwater.
  2. Bila ingin mendapatkan hasil foto terbaik, kamu bisa datang pada pukul 07.00-09.00 pagi atau pukul 14.00-16.00 sore hari. Karena untuk pagi hari air kolam akan lebih jernih dan bila sore hari cahaya matahari tidak berada tepat diatas sehingga hasilnya warna foto lebih lembut.
  3. Bagi kamu yang ingin melakukan foto prawedding, pihak pengelola menyediakan paket dengan kisaran harga sekitar Rp. 1.699.000-Rp. 2.290.000.
  4. Bila kamu tak bisa berenang, tak perlu kecil hati. Untuk dapat berfoto disini tidaklah butuh kemampuan berenang, yang dibutuhkan hanya senyum saja agar hasilnya tampak bagus.
Alamat umbul ponggok terletak di Desa Ponggok, kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Bagi kamu yang ingin mengunjunginya, memang terbilang tidak sulit namun cukup membingungkan. Karena lokasi umbul ponggok memang masih minimnya rambu petunjuk jalan dan tembok bagian luar umbul onggok pun berwarna warni sehingga dapat mengelabuhi para wisatawan. Akan tetapi, untuk memudahkan kamu dapat mengikuti beberapa rute dibawah ini.
  • Dari arah Solo dan sekitarnya. Bila kamu berdomisili di Solo, Wonogiri, Magetan, Sukoharjo, Karanganyar atau Ngawi. Kamu dapat mengikuti rute jalan raya Solo-Yogyakarta. Pada saat kamu sudah melewati Delanggau berhentilah sebentar bila kamu menemukan terminal Punggung Klaten yang berada di sisi kiri jalan. Terminal tersebut terletak tepat pada persimpangan jalan untuk menuju Desa Ponggok. Pada persimpangan tersebut ambil arah kanan dan lurus saja hingga Markas Koramil yang berada di sisi kiri jalan dekat pertigaan. Pada pertigaan tersebut, kamu arahkan kendaran belok ke kanan dan lurus saja hingga sampai di umbul pongkok.
  • Dari arah Jogja, Sleman, Prambanan, Purworejo dan Kebumen. Jika kamu berasal dari daerah-daerah tersebut, kamu dapat mengikuti rute jalan raya Yogyakarta-Solo. Bila sudah tepat dipersimpangan depan RSUD Suradji Tirtonegoro, lurus saja hingga bertemu dengan GOR Gelarsena Klaten. Setibanya di GOR tersebut, arahkan kendaraan ke arah kiri menuju Jatinom dan Polanharjo. Jalan terus hingga bertemu dengan Markas Koramil yang berada di sisi kiri jalan dan ikuti jalan hingga sampai di umbul pongkok.
  • Dari arah Boyolali, Salatiga dan Semarang. Bagi kamu yang berasal dari daerah tersebut, kamu dapat menggunakan rute Jatinom untuk menuju Klaten. Setelah kamu tiba di pasar Jatinom, kamu dapat ambil ke arah terminal Punggung Klaten. Sebelum terminal, maka akan terlihat Markas Koramil di sisi kanan jalan dan dekat pertigaan. Di pertigaan tersebut, ambil arah kanan dan lurus saja hingga sampai di umbul pongkok.
Dengan hadirnya wisata ponggok menambah daftar tempat wisata Klaten yang patut untuk dikunjungi. Demikian pula halnya dengan daftar tempat wisata Indonesia pun, bertambah koleksinya. Tentulah kian membuat bangga rasanya menjadi salah satu bagian negara ini. Namun patut ditekankan ialah diharapkan peran serta seluruh masyarakat, pemerintah dan para investor untuk tetap mendukung pariwisata Indonesia. Mungkin sedikit peran kecil kita sebagai masayarak, hanya cukup untuk merawat dan melestarikan apa yang sudah ada. Hal tersebut di rasa cukup bijak bagi kemajuan bangsa ini. Melihat semua keindahan yang tersaji di alam bumi pertiwi, sejogjanya dapat bersyukur atas segala nikmat dan kharunia yang telah di berikan Sang Khalik. Keterbatasan pengetahuan dan wawasan, seringkali menjadi penghalang yang besar guna dapat mengerti maksud dan tujuan Tuhan. Persepsi dan sudut pandang yang salah merupakan hal yang berbahaya dan jika tak segera disadari lalu di telaah secara benar. Pastinya sudah dapat diprediksi akan berakhir dengan ketidakpuasan, kemudian berubah secara disadari atau tidak seakan menantang kuasa Tuhan.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal wisata umbul ponggok atau wisata di Klaten terpopuler. Semoga kiranya informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi kamu atau para pembaca yang budiman lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel