Wisata Pulau Pasumpahan, Padang Sumatera Barat

Wisata Pulau Pasumpahan, Padang Sumatera Barat, merupakan salah satu pulau yang terletak secara administratif masuk kota Padang. Pulau Pasumpahan mulai populer dikalangan para traveler ataupun para pecinta snorkeling.

Jika sebelumnya saya mengulas lebih dalam perihal wisata Pulau Pagang, maka kali ini saya mencoba mengangkat kembali pesona apa saja yang akan ditawarkan oleh daerah Padang dan sekitarnya. Pulau Pasumpahan memang terletak berdekatan dengan (klik) Pulau Sikuai dan Pulau Pamutusan

Pada siang kali ini, saya coba untuk mengulas lebih dalam perihal wisata Pulau Pasumpahan, Padang Sumatera Barat. Semoga dapat menambah wawasan kamu tentang beberapa destinasi wisata yang ada di daerah Padang dan sekitarnya.

Wisata Pulau Pasumpahan, Padang Sumatera Barat

pasumpahan island
welcome to pasumpahan
Pulau Pasumpahan adalah pulau cantik dengan pasir lembut dan perairan jernih, yang siap akan memanjakan mata kamu. Terletak di kecamatan Bungus, Teluk Kabung. Oleh karena itu lebih mudah mengunjunginya melalui Teluk Bungus, Padang dan hanya berjarak sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Taukah kamu bahwasanya Pulau Pasumpahan, Pulau Pagang, Pulau Sikuai, Pulau Pamutusan dan masih banyak pulau-pulau lainnya disekitar masuk dalam kawasan Pulau Mandeh.

Luas pulau ini hanyalah sekitar 5 hektar saja, dengan perairan jernih yang terdiri dari 3 degradasi warna yaitu bening di pinggir pantai, kehijauan ditengahnya dan kebiruan untuk lebih ketengah lautan. 

pasumpahan island
view pulau pasumpahan

Untuk saat ini Pulau Pasumpahan sudah memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap diantaranya adalah bangku-bangku untuk para wisatawan bersantai, kamar bilas, beberapa wahanan water sport, lapangan volli, camping ground dan mussolah. Semua fasilitas pendukung tersebut, bertujuan agar kian liburan kamu semakin seru dan berkesan. Dengan nuansa pulau mungil yang asri dengan birunya air laut sebagai bonusnya.

Pulau Pasumpahan
view pantai
Selain berfoto dan bersnorkeling ria, di Pulau Pasumpahan kamu juga dapat mendaki bukit setinggi 100 meter yang berada disisi utara pulau. Melihat pemandangan dari atas bukit adalah pengalaman yang tak terlupakan terlebih lagi, jika kamu abadikan dalam foto.



Pulau Pasumpahan
mendaki bukit pasumpahan
pasumpahan island
view dari atas bukit
Pulau Pasumpahan
view dari sisi kanan bukit

Ada yang tau kenapa pulau ini dinamakan Pasumpahan? konon menurut cerita masyarakat setempat tentang seorang anak yang durhaka pada ibunya. Berawal dari seorang anak yang tumbuh dan besar menjadi seorang saudagar kaya, namun kekayaan dan kesombongan membuat anak tersebut malu untuk mengakui ibu kandungnya dikarenakan miskin. Kemudian sang ibu yang telah sakit hati mengutuk putranya tersebut menjadi sebuah batu.

Apakah kamu sudah mulai paham dengan legenda ini? Ya, benar sekali legenda yang dimaksud adalah malin kundang. Menurut masyarakat pulau setempat, bentuk bukit tersebut mirip dengan orang yang bersujud sehingga dikaitkan dengan cerita rakyat malin kundang. Oleh karena itu pulau ini diberi nama Pasumpahan, yang mengandung kata sumpah. Sebelum lanjut, kamu juga dapat membaca tentang Pulau Cubadak, Padang.

Sedikit tips bagi kamu yang ingin berkunjung ke Pulau Pasumpahan, karena ini adalah pulau kecil maka jika kamu ingin menginap siapkan segala peralatan yang dibutuhkan seperti tenda, logistik yang cukup dan lotion anti nyamuk.


Pulau Pasumpahan
berkemah di pasumpahan

Pulau Pasumpahan berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari kota Padang, dengan 2 cara yang dapat kamu lalui. Pertama kamu dapat mengikuti beberapa paket tour yang sudah banyak menyediakan tujuan wisata ke Pulau Pesumpahan. Atau kamu juga dapat kunjungi beberapa pantai di kecamatan Bungus, maka kamu akan banyak menemukan banyak agen tour yang menjediakan paket One Day Trip dengan biaya yang variatif.

Kemudian cara kedua, mungkin lebih cocok untuk kamu yang gemar dengan backpackers dan datang dengan jumlah orang yang tidak terlalu banyak. Kamu dapat menuju Sei Pisang dengan jarak sekitar 20 Km dari kota Padang. Kondisi jalan sudah bagus dan rute petunjuk pun sudah banyak tersedia, jadi kamu cukup ikuti arah menuju Painan. Kemudian akan terlihat petunjuk menuju Sei Pisang, dengan jalan agak berbatu dengan kanan dan kiri berupa hutan sekitar 4 Km. Namun jalur sangat aman sehingga kamu tak perlu khawatir. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan jenis kendaraan sedan.


Setibanya kamu di Sei Pisang, kamu sudah banyak disambut oleh para perahu nelayan yang siap untuk mengantarkan kamu ke Pulau Pasumpahan yang memakan waktu sekitar 15-20 menit penyebrangan dengan biaya sekitar Rp. 35.000-Rp. 50.000, semua tergantu kemampuan kamu bernegosiasi.

Sumatera Barat memanglah mempunyai pesona wisata yang sangat lengkap mulai dari kuliner, budaya, pegunungan, lembah dan hingga pantai serta pulau-pulau cantik. Salah satu primadona unggulannya ialah Pulau Pasumpahan. Sebuah pulau mungil yang memiliki sejuta keindahan berbeda dengan lainnya. Menawarkan segala ketenangan dengan panorama alam yang mengagumkan.
pasumpahan island
bersantai di pasumpahan

Setiap orang mempunyai caranya sendiri untuk dapat lari dari penat dan juga keramaian. Expresikan diri dan luapkan diri adalah salah satu obat untuk penyakit hati. Kemudian nikmati dan tetap syukuri apa yang telah Tuhan berikan, niscaya kelak kamu akan menjadi orang yang lebih baik lagi.

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal wisata Pulau Pasupahan, Padang, Sumatera Barat. Semoga dapat berguna bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat ini.