Wisata Pulau Pagang, Padang Sumatera Barat

Wisata Pulau Pagang, Padang Sumatera Barat merupakan ikon pariwisata baru yang ada di daerah Sumaterah Barat. Bagi kamu yang sedang berada di kota Padang cobalah sempatkan untuk mampir ke Pulau Pagang.

Pulau Pagang adalah sebuah pulau yang tak terlalu besar dengan luas hanya sekitar 10 hektar, kamu hanya butuh waktu sekitar kurang lebih 1 jam untuk mengelilingi pulau ini. Sebenarnya di sekitar pulau ini terdapat pulau-pulau lainnya seperti (klik) Pulau Sikuai, Pulau Pasumpahan dan Pulau Pamutusan serta pulau-pulau lainnya. Untuk pulau-pulau tersebut nantinya akan saya ulas lebih dalam. Namun untuk kali ini saya mencoba terlebih dahulu mengulas segala Potensi wisata yang ada di Pulau Pagang.

Pada pagi hari ini saya mencoba mengulas perihal wisata Pulau Pagang, Padang Sumatera Barat. Semoga dapat berguna menambah wawasan kamu tentang referensi destinasi liburan yang ada di tanah nusantara kita.

Wisata Pulau Pagang, Padang Sumatera Barat


Pulau Pagang
pulau pagang

Apakah kamu sudah pernah dengar Pulau Pagang? Kota Padang memang menyimpan banyak potensi wisata yang menakjubkan, selain Jalan Kelok Sembilan yang sudah populer ternyata masih terdapat destinasi lainnya seperti salah satunya Pulau Pagang

Pulau cantik ini memiliki pasir putih pantai yang sangat lembut dan kehidupan bawah lautnya yang belum banyak tersentuh tangan manusia menjadi daya tarik utamanya. Bahkan jika beruntung kamu dapat bertemu dengan penyu, pasti akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Arus ombaknya pun tak terlalu besar. Sehingga kamu dapat merasa nyaman dan aman untuk bersnorkeling ria.

Pulau Pagang
jernihnya pulau pagang
Sebagai pulau kecil memang fasilitas yang ada belum terlalu lengkap. Hanya ada beberapa cottages dengan kisaran harga sekitar Rp. 250.000-Rp. 300.000/malam dan aliran listrik pun masih terbatas hanya tersedia dari pukul 6 sore hingga 12 malam. Kemudian jangan bahayangkan ponsel kamu dapat berfungsi disini, karena memang belum ada tower pemancar provider. Untuk air bersih, kamu tak perlu khawatir akrena cukup melimpah. 

Pulau Pagang
cottage

Bagi kamu yang suka dengan kegiatan outdoor, kamu juga dapat berkemah di pulau ini. Namun untuk segala bahan logistik makanan harus kamu persiapkan dengan baik. Karena di Pulau Pagang tidak terdapat warung. Serta janganlah lupa untuk membawa lotion anti nyamuk juga.

Pulau Pagang
berkemah di pagang
Banyak kegiatan yang kamu dapat lakukan di pulau ini, seperti kamu dapat mengunjungi pulau-pulau sekitar dengan tema liburan one day trip. Namun untuk peralatan snorkeling sebaiknya kamu sudah siapkan sebelum pergi ke Pulau Pagang, karena di pulau ini belum ada tempat penyewaan alat snorkeling. 

Selain menikmati keindahan perairannya, kamu juga dapat berjalan ketengah pulau untuk bercanda gurau atau berkenalan dengan para penduduk pulau. Jika beruntung kamu juga dapat minta untuk dapat diantar trekking ke bukit, dimana melihat seluruh pulau dari atas bukit tersebut sangat menyakjubkan. Warna degradasi air laut dan hijau pepohonan sangat indah bila diabadikan dalam bentuk foto.

Pulau Pagang
view dari atas bukit


Jika kamu mencari suasana liburan yang tenang, jauh dari hiruk pikuk segala kegiatan dan ingin lari sejenak dari rutinitas kehidupan kamu sehari-hari? Saya rasa Pulau Pagang menjadi jawaban terbaik untuk kamu. Dengan nuansanya yang rindang terdiri dari hutan pulau kecil serta angin laut semilir menyentuh lembut kulit kamu akan membuat suasana hati tenang. Kemudian bila kamu ingin melihat sunset, kamu dapat berjalan kebelakang pulau dimana terdapat spot untuk dapat menikmati keindahaan sang fajar terbenam sambil mensyukuri hal apa saja yang kamu lalui hari ini.

Pulau Pagang
tenangnya pulau pagang

Untuk dapat mengunjungi pulau ini kamu dapat tempuh dengan beberapa cara. Jika kamu berdomisi luar Padang, kamu dapat terbang menuju Bandara Internasional Minangkabau Padang. Kemudian kamu dapat lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum/taksi untuk menuju Pelabuhan Mauro. Setelah itu kamu dapat mencari kapal untuk mengantarkan kamu ke Pulau Pagang dengan lama perjalanan sekitar 60 menit.

Atau kamu juga dapat melewati rute pesisir selatan dengan menggunakan angkutan umum/taksi/menyewa kendaraan untuk menuju Pelabuhan Carocok Tarusan. Kemudian menyebrang dengan lama perjalanan sekitar 30 menit.

Namun untuk perihal harga penyebrangan dari kedua pelabuhan ini memang sulit ditetapkan harganya. Karena sangat bervariasi, semua tergantu pada keahlian kamu bernegosiasi dan juga moment saat kamu datang jika sedang high season atau libur hari-hari besar biasanya harganya sedikit berbeda.

Selain opsi tersebut, kamu juga dapat menggunakan rute terakhir yaitu dari Bandara kamu dapat menuju Pelabuhan Bungus menggunakan taksi dengan biaya sekitar Rp. 130.000 atau bisa juga dengan menggunakan Damri  dengan biaya Rp. 18.000/orang untuk menuju kota dan turun di Taman Melati, kemudian disambung menggunakan ojek dengan biaya Rp. 25.000-Rp. 30.000/orang menuju pelabuhan. Ada banyak kapal bermotor dengan ukuran kecil cukup untuk kapasitas 6-10 orang. Mungkin jika kamu tak mau repot, kamu dapat menggunakan jasa agent travel yang banyak menyediakan paket-paket liburan menuju Pulau Pagang.

Pulau Pagang
view dari pulau pagang

Walaupun Pulau Pagang belum sepopuler dan minim fasilitas dibandingkan destinasi bahari lainnya, namun keseruan yang dapat diberikan oleh pulau ini sangatlah berharga. Pengalaman liburan yang tak terlupakan dan jangan lupa membawa kamera saat kamu mengunjungi pulau ini. Serta tetap jagalah kebersihan dimanapun kamu berada.

Tuhan anugerai alam nusantara dengan sangat indah. Berdiri melihat biru jernih air laut di kala sunset, terbesit pemikiran alangkah kuasanya Sang Pencipta. Maka ingatlah hanya sebagai mahkluknya, kita sudah sombong? Percayalah Tuhan maha benci dengan orang yang sombong.

Demikian ulasan saya kali ini perihal wisata Pulau Pagang, Padang Sumatera Barat. Semoga dapat membantu sebelum kamu mengunjungi tempat ini. Dukung terus pariwisata Indonesia, agar dapat bicara pada dunia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel