Wisata Pantai Slopeng Madura | Tempat Wisata Di Madura

Wisata pantai slopeng, mungkin masih terdengar cukup asing di telinga para traveler. Ya, memang promosi yang dilakukan belum begitu gencar dilakukan, seperti yang dilakukan oleh beberapa tempat wisata di Indonesia lainnya. Akan tetapi, bagi masyarakat Jawa khususnya Madura, pantai slompeng mempunyai tempat spesial dalam hati mereka. Pasalnya pantai ini sering dijadikan tempat wisata favorite bagi warga Madura.

Sebagai salah satu tempat wisata di Madura, pantai slopeng memiliki sejuta potensi menarik yang dapat di nikmati kala kamu berkunjung. Terdapat hamparan pasir putih nan halus yang terdampar sepanjang 6 km garis pantai, seakan membuat suasana bebas kemana pun kaki melangkah. Bicara kota Madura, sudah pasti jembatan suramadu langsung terlintas dalam kepala. Namun ternyata kota ini masih memiliki beberapa tujuan wisata yang sangat indah, sebagai contohnya wisata pantai di Madura seperti pantai slopeng dan pantai lombang. Namun dalam kesempatan kali ini saya coba mengulas terlebih dahulu tentang pantai slopeng. Tertarik ingin mengetahui keseruan apa saja yang terdapat pada pantai slopeng? simak dalam ulasan konten artikel saya kali ini.

Pada malam hari ini, saya mencoba mengulas perihal wisata Pantai Slopeng Madura atau tempat wisata di Madura. Semoga kiranya informasi yang nantinya disampaikan dapat berguna dan dijadikan sumber referensi bagi kamu atau para pembaca budiman lainnya, yang ingin berkunjung ke pantai cantik ini.
Pantai Slopeng
peta pantai slopeng
Seperti penjelasan sebelumnya, pantai slopeng memang masih sepi pengunjung. Mungkin ada beberapa faktor eksternal yang menyebabkan hal tersebut. Jika saat libur sekolah datang pantai ini lebih ramai,itu pun kebanyakan wisatawan lokal atau para warga sekitar dengan rata-rata jumlahnya kurang dari 70 orang saja. Akan tetapi nilai positif yang dapat dipetik dari kejadian tersebut adalah kondisi pantai yang masih sangat asri dan bersih, sehingga kamu pun dapat merasa nyaman kala berlibur di pantai ini. Namun bicara keindahannya, jangan salah sangka. Begitu kamu menginjakkan jemari kaki dipantai ini, pastinya langsung jatuh cinta dengan surga pantai tropis ini. Pasalnya suasana di pantai slopeng memang cukup unik, jika dibandingkan dengan wisata pantai di pulau jawa pada umunya. Memiliki background bukit pasir putih yang memisahkan kawasan pantai dengan jalan raya utama. Membuat nuansa bak layaknya bukit di padang pasir, iklim panas kota Madura pun seakan tak berpengaruh disini. Dengan ditumbuhi banyak pepohonan seperti pohon kelapa, pohon cemara udang dan pohon siwalan membuat rimbun kawasan pantai slopeng. Ditambah dengan hadirnya beragam pohon-pohon kecil dan rumput ilalang yang tumbuh pada gunung pasir dengan ketinggian sekitar 16 meter tersebut kian menambah nilai estetika dari pantai ini.

Pantai Slopeng
bukit pasir
Pantai Slopeng
pohon cemara udang
Bicara jernihnya perairan laut, pantai slopeng memang punyai nilai lebih. Dengan memiliki warna kebiruan air laut yang masih sangat jernih dan ekosistem bawah laut yang masih jarang terjamah tangan manusia sehingga masih sangat direkomendasikan bagi kamu para pecinta snorkeling. Pada dasar pantai mempunyai karakteristik landai dan arus ombak dipantai ini pun terbilang cukup tenang, berbeda halnya dengan pantai pulau jawa yang berada di pesisir selatan. Dengan alasan tersebutlah, maka dirasakan cukup aman bagi kamu yang ingin membawa sanak keluarga agar dapat berlibur bersama. 

Berbagai keseruan dapat kamu lakukan di pantai slopeng mulai berenang, bermain pasir, volli pantai, berfoto ria berkeliling dengan kuda, memancing, menaiki perahu layar, selancar angin bahkan sekedar duduk bersantai nikmati angin semilir bertiup dibawah pohon pun terasa begitu menyenangkan. Sebagai tujuan wisata, tentulah pantai slopeng sudah dilengkapi sarana dan fasilitas yang terbilang cukup memadai. Mulai dari gazebo, kamar bilas, toilet, panggung hiburan, taman bermain dan beberapa kios makanan telah siap menunggu. Akan tetapi, bila kamu berniat untuk bermalam, fasilitas penginapan tak terletak persis disekitar pantai. Sehingga diharuskan kamu berjalan terlebih dahulu. Atau sebagai opsi lainnya, jika kamu mempunyai hobi outdoor maka kamu dapat menyalurkan kegemaran tersebut dengan berkemah pada sekitar pantai. Tentunya hal tersebut menambah kesan tersendiri kala melancong ke pantai ini.
Pantai Slopeng
teduh dan rimbun suasana pantai
Pantai slopeng terletak di Dasuk, kabupaten Sumenep, Madura atau tepatnya sekitar 20 Km dari kota Sumenep. Bila kamu berasal dari Surabaya dan sekitarnya, kamu dapat mengakses jembatan sura madu dengan waktu tempuh sekitar 6 jam untuk sampai ke pantai slopeng. Jika kamu ingin coba kunjungi langsung pantai cantik nan perawan ini, kamu dapat mengikuti beberapa rute ini,
  • Melalui jalur utama, jika kamu berdomisili di luar kota Madura, kamu bisa menuju jembatan Suramadu. Setelah kamu keluar tol suramadu, kamu belok kekanan dan lurus saja ikuti petunjuk jalan untuk menuju Sumenep. Setibanya kamu di kota Sumenep, bisa terus lanjutkan ke arah utara hingga kamu menjumpai tugu ayam pada pertigaan terakhir yang ada di Sumenep. Pada pertigaan tersebut silakan arahkan kendaraan kamu terus menuju utara atau berjalan lurus sekitar 20 Km untuk menuju pantai slopeng, akan tetapi jika kamu dari arah kota silakan kamu ambil arah kiri pada pertigaan tersebut.
  • Melalui jalur utara, hampir sama dengan rute sebelumnya yaitu kamu bisa gunakan tol suramadu. Kemudian kamu ambil arah kiri kearah kota Bangkalan. Setibanya kamu di RSU Bangkalan, belok kanan pada pertigaan di antara rumah dinas Kapolres Bangkalan dan KUPD Bangkalan. Setelah itu kamu lurus dan kamu akan menemukan pertigaan lalu ambil arah kanan, kemudian lurus saja hingga kamu menemukan lokasi pantai slopeng.
Cukup mudah bukan? ya, kamu tak perlu khawatir karena sudah banyak terdapat rute petunjuk jalan yang dapat kamu gunakan sebagai acuan. Bila sedikit ragu, kamu juga dapat bertanya pada warga sekitar dan pastinya akan menunjukkan arah dengan ramah. Bagaimana penasaran dengan kecantikan pantai slopeng? segera siapkan kendaraan kamu.

Dengan melihat segala keindahan yang tersaji pada pantai slopeng, patutlah Indonesia berbangga hati karena memiliki salah satu tempat wisata pantai yang patut untuk dijadikan referensi liburan. Hampir tersebar diseluruh daerah, dari Sabang hingga Marauke membuat kian indah bangsa ini. Namun bila direnungkan sejenak, rasanya semua keindahan tersebut haru rela tenggelam dengan catatan kelakukan para elite politik dan kebobrokan sistem yang merata. Mulai dari sektor perekonomian, pembangunan yang belum merata dan hingga keterbatasan wawasan masyarakat yang masih sering di adu domba oleh pihak kapitalisme demi keuntungan segelintir pihak. Jika dipikir kenapa kita terus dijajah? apa karena lemahnya kita? ataukah karena kebodohan kita? bahkan hingga saat ini kita masih dijajah oleh sistem perekonomian yang hanya berpihak pada negara tertentu. Yang jelas sejogjanya kita harus segera sadar diri untuk merubah segala paradigma konyol serta pemikiran ortodoks yang sudah ditanamkan pada bangsa ini sejak Belanda menjajah. Mengutip perkataan dari seorang Pendiri Bangsa sekaligus Presiden pertama Ir. Soekarno "Tuhan menciptakan sebuah Bangsa untuk maju melawan kebohongan elite atas, hanya bangsanya sendiri yang mampu merubah nasib Negaranya sendiri". Agar kiranya dari kutipan tersebut, kita resapi dan telaah secara mendalam, agar mampu kita mengerti arti dan maknanya. Semoga Indonesia dapat menjadi negara yang mandiri, dan selogan 'gemah ripah loh jinawi' bukan sekedar isapan jempol belaka.

Kamu dapat membaca juga Umbul Ponggok dan Pulau Banyak 

Demikianlah ulasan saya kali ini perihal wisata Pantai Slopeng Madura atau tempat wisata di Madura. Semoga kiranya informasi yang telah disamaikan dapat membantu dan menambah wawasan bagi kamu ataupun para pembaca budiman lainnya, tentang aneka info tempat pariwisata di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel