Wisata Taman Nasional Baluran atau Baluran National Park

Wisata Taman Nasional Baluran atau Baluran National Park sebuah kawasan alam dengan luas kurang lebih 25.000 hektar, yang terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Taman Nasional Baluran merupakan ekosistem hutan kering di Pulau Jawa yang terdiri dari vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa serta hutan yang hijau sepanjang tahun. Dengan memiliki presentasi hingga sekitar luas 40% adalah padang savana. 

Memiliki padang savana yang luas tersebut, Taman Nasional Baluran menjadi padang savana terluas dan terbesar di Pulau Jawa bahkan banyak orang yang berpendapat bahwa tempat ini adalah Afrikanya Pulau Jawa. Baluran merupakan objek wisata yang unik, kenapa saya katakan unik? karena ditempat ini anda dapat melihat langsung para satwa-satwa liar yang hidup di alam bebas, tidak seperti di kebun binatang ataupun taman safari.

Dalam kesempatan kali ini saya mencoba mengulas lebih dalam perihal potensi apa saja yang dapat anda temukan di taman nasional ini. Bertujuan agar dapat menambah wawasan serta pengetahuan yang berguna sehingga akan meningkatkan rasa kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air kita. Dalam artikel ini saya akan mengulas tentang wisata Taman Nasional Baluran atau Baluran National Park

Wisata Taman Nasional Baluran atau Baluran National Park

Taman Nasional Baluran
pintu masuk utama
Kekayaan alam taman nasional ini memang cukup beragam, hal ini terbukti Taman Nasional Baluran memiliki sekitar 444 jenis tumbuhan dan di antaranya merupakan tumbuhan khas yang telah mampu beradaptasi dengan ekosistem di tempat ini. Tumbuhan-tumbuhan khas yang dimaksud seperti widoro bukol (Ziziphus rotundifolia), mimba (Azadiractha rotundifolia), pilang (Acacia leucophloea). Kemudian untuk tumbuhan-tumbuhan lainnya seperti asam jawa (Tamarindhus indica), gadung (Dioscorea hispida), kemiri (Aleurites moluccana), gebang (Corypha utan), api-api (Avicennia sp.), kendal (Cordia obliqua), salam (Syzygium polyanthum) dan kepuh (Sterculia foetida).

Bukan hanya memiliki aneka flora tetapi Baluran juga mempunyai aneka satwa-satwa liar, yaitu sekitar 26 jenis mamalia serta 155 jenis burung. Untuk jenis-jenis satwa mamalia yang terdapat dalam taman nasional ini terdiri dari banteng (Bos javanicus javanicus), kerbau liar (Bubalus bubalis), ajag (Cuon alpinus javanicus), kijang (Muntiacus munjtak munjtak), rusa (Cervus timorensis russa), macan tutul (Panthera pardus melas), kancil (Tragulus javanicus pelandoc) dan kucing bakau (Prionailurus viverrinus). Kemudian untuk jenis-jenis satwa burung yang dimiliki antara lain layang-layang api (Hirundo rustica), tuwuk asia (Eudynamys scolopacea), burung merak (Pavo muticus), ayam hutan merah (Gallus gallus), kangkareng (Antharacoceros convecus), burung rangkong (Buceros rhinoceros) dan bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus).

Taman Nasional Baluran
aneka satwa Baluran

Berbeda dengan Taman Safari yang ada dikota-kota besar, dimana anda dapat melihat dari dekat dan berinteraksi dengan satwa-satwa bahkan tak jarang para satwa mendekati mobil anda kerena mencium bau makanan. Namun tidak di Taman Nasional Baluran, jika para satwa mendengar suara bising ataupun suara kendaraan maka mereka akan langsung masuk kedalam hutan. Tidak jarang anda harus rela berjalan kaki untuk dapat melihat para satwa yang ada disini. 

Bagi anda para pecinta fotography, mengeksplore kawasan Baluran memiliki kepuasan tersendiri pasalnya anda dapat merasakan sensasi seolah-olah anda seperti menjadi seorang jurnalis Discovey yang sedang berlomba-lomba untuk mendapatkan hasil foto terbaik. Dengan tingkah lucu dan unik para satwa di habitat aslinya, maka akan sangat indah dan natural saat anda dapat abadikan dalam karya fotography. Terlebih lagi anda dapat memfoto kawanan banteng yang menjadi maskot Taman Nasional Baluran akan menjadi bonus kepuasan tambahan. Selain itu anda juga dapat mengabadikan moment dengan panorama matahari terbit atau sunrise, karena tempat ini juga dikenal mempunyai pemandangan sunrise yang sangat cantik.

Taman Nasional Baluran
gunung baluran

Untuk dapat menemui banyak satwa disarankan agar anda datang pada musim kemarau karena biasanya para satwa akan berkumpul di padang savana untuk mencari makan. Pada musim ini kawanan para banteng, kerbau liar, rusa dan burung merak keluar dari hutan menuju savana. Kemudian para pengelola biasanya menyediakan kolam-kolam air dan juga kubangan-kubangan sebagai kumpul tempat sentral para satwa untuk minum. Untuk musim terbaik datang ke tempat ini anda dapat datang di bulan Maret s/d Agustus setiap tahunnya. Namun perlu di ingat karena para satwa ini adalah binatang liar dan juga pemalu sehingga diharapkan anda jangan membuat suara gaduh yang bisa memancing mereka untuk kabur masuk ke hutan kembali. sebelum lanjut anda dapat membaca juga artikel tempat wisata di Lampung atau liburan terbaik di Lampung

Taman Nasional Baluran
cantiknya burung merak

Agar anda lebih bisa menikmati perjalanan di Taman Nasional Baluran, sebelum anda memasuki kawasan baiknya anda mengunjungi pusat informasi untuk mendapatkan penjelasan singkat tentang tempat ini. Setelah mendengar penjelasan dari petugas biasanya kita lebih bisa menghargai, tidak mengganggu, merusak, mengambil atau berburu fauna dan flora serta ekosistemnya. 

Taman Nasional Baluran
kawanan rusa di Baluran

Untuk menuju Taman Nasional Baluran anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum dengan waktu tempuh dari kota Banyuwangi sekitar 1 jam perjalanan. Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000/orang, anda sudah mendapatkan peta kawasan sebagai bekal untuk explore tempat ini. Disarankan jika anda ingin menemukan banyak satwa diharapkan agar anda dapat datang dipagi hari. 

Cara untuk mencapai lokasi ini anda dapat mengambil dua pilihan rute, yaitu

via Banyuwangi-Batangan dengan jarak sekitar 35 Km dan kemudian dilanjutkan ke Bekol dengan jarak tempuh 12 Km yang memakan waktu sekitar 45 menit.

via Situbondo-Batangan dengan jarak kurang lebih sekitar 60 Km.


Selain anda dapat menikmati suasana alam yang masih sangat alami dan juga dapat mengamati segala flora serta fauna kemudian juga melihat padang savana terbentang luas lalu pemandangan Gunung Baluran yang sudah tidak aktif namun masih tetap kokoh berdiri. Ternyata anda juga dapat mengunjungi spot-spot wisata yang sering didatangi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Berikut adalah beberapa tempat yang wajib anda kunjungi jika anda berada di kawasana Taman Nasional Baluran antara lain seperti

1. Batangan
terdapat situs peninggalan sejarah berupa goa jepang, makam putra Maulana Malik Ibrahim, atraksi buruk merak pada musim kawin antara Oktober/November dan berkemah. Di tempat ini terdapat fasilitas pusat informasi dan juga camping ground.

2. Bekol dan Semiang
terdapat tempat pengamatan satwa seperti ayam hutan, merak, rusa, kijang, banteng, kerbau liar dan burung. Fasilitas pendukung pun tersedia disini seperti wisma peneliti, wisama tamu dan menara pandang.

3. Bama, Balana dan Bilik
merupakan tempat pusat untuk aneka kegiatan bahari seperti spot memancing, snorkeling dan menyelam dan atraksi perkelahian rusa jantan di bulan Juli/Agustus serta kawanan kera abu-abu yang memancing kepiting/rajungan dengan ekornya pada saat air laut surut.

4. Manting, Air Kacip
merupakan habitat macan tutul dimana anda dapat melihatnya namun agar lebih aman harap didampingi oleh petugas serta terdapat pula mata air yang tidak pernah kering sepanjang tahun.

5. Popongan, Sejile, Sirontoh dan Kalitopo
terdapat fasilitas perahu sampan yang dapat anda gunakan untuk melihat terumbu karang serta ikan-ikan kecil yang berwarna warni serta air lautnya pun jernih. Kemudian anda juga dapat mengamati burung migran.

6. Curug Tangis
dilokasi ini terdapat fasilitas panjat tebing atau claimbing dengan ketinggian 10-30 meter dan sudut kemiringan sekitar 85%.

Taman Nasional Baluran memang menawarkan banyak kekayaan alamnya, sangat cocok bagi anda para pecinta alam jika anda datang mengunjungi kota Banyuwangi mengunjungi tempat ini adalah destinasi wajib untuk anda. Dengan lebih mengetahui dan memahami potensi apa saja yang dimiliki setiap daerah, maka makin kuat kecintaan kita terhadap tanah air. 

Demikian usalan kali ini perihal wisata Taman Nasional Baluran atau Baluran National Park mudah-mudahan dapat menambah wawasan serta dapat dijadikan referensi sebelum mengunjungi tempat ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel